Cara Menghilangkan Jerawat

Hallo sobat uplur, udah nggak sabar nih nunggu artikel terbaru dari kami yang pastinya bermanfaat dong. Kali ini admin akan membahas artikel tentang cara menghilangkan jerawat secara alami. Jerawat tentu menjadi masalah serius pada wajah, juga sangat dibenci banyak orang baik pria maupun wanita. Memang jerawat sangat mengganggu penampilan sehingga membuat tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri.

Banyak sekali penyebab jerawat bermunculan di wajah mulai dari pola hidup yang kurang sehat, wajah berminyak dan masih banyak penyebab lainnya. Padahal hal yang pertama kali paling berkesan pada seseorang adalah wajah. Terkadang jerawat juga menimbulkan gemas ingin memencetnya supaya hilang, alhasil jerawat malah bertambah parah dan semakin banyak. Oleh karena itu, mari simak cara menghilangkan jerawat secara alami berikut.

Namun sebelum masuk ke pembahasan alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu penyebab jerawat secara lengkap.

Artikel Terkait:

 

Penyebab Jerawat

pixabay.com

 

  1. Pori-pori Tersumbat

Pori-pori yang tersumbat disebabkan karena adanya sel-sel kulit mati pada wajah. Hal ini dapat menyebabkan berkembangnya bakteri penyebab jerawat, sehingga sisa radikal bebas akan merusak jaringan kulit dan menimbulkan jerawat pada wajah. Tentunya hal tersebut harus diatasi lebih dini sebelum jerawat bertambah parah.

 

  1. Pubertas

Pada saat seseorang beranjak usia remaja pasti sebagian pernah mengalami jerawatan. Memang pada masa puber kelenjar minyak akan menghasilkan sebum yang cukup banyak sehingga memungkinkan muncul jerawat. Tidak hanya itu, hormon testosteron yang memicu jerawat muncul pada seseorang juga meningkat.

 

  1. Make Up

Make up kebanyakan digunakan oleh wanita, tetapi digunakan oleh sebagian pria seperti artis dan lainnya. Perlu kamu ketahui, make up memang fungsinya untuk mempercantik diri, namun jika pemakaian make up berlebihan tanpa membersihkan wajah akan menimbulkan jerawat muncul. Sisa-sisa make up pada wajah itulah yang dapat menimbulkan jerawat.

 

  1. Pola Hidup Yang Kurang Sehat

Salah satu faktor penyebab jerawat yang paling banyak ditemui adalah pola hidup yang kurang sehat. Banyak sekali contohnya seperti konsumsi makanan yang tidak sehat, memakai baju yang kotor, tidak pernah mencuci sarung bantal, tidak pernah olahraga dan masih banyak lainnya. Untuk itu, mulailah memperbaiki pola hidupmu agar tidak mengakibatkan jerawat menyerang penampilan wajahmu.

 

  1. Memencet Jerawat

Jika kamu sudah terlanjur jerawatan, jangan memencet-mencet jerawat yang muncul, sebab memencet jerawat bukannya hilang malah bertambah banyak dan semakin parah. Tanpa disadari memencet jerawat memang sudah menjadi kebiasaan saat wajah berjerawat, padahal belum tentu tangan kamu bersih dan terbebas dari bakteri.

 

  1. Ponsel Kotor

Ternyata ponsel kotor juga berpengaruh sekali untuk memicu pertumbuhan jerawat. Ponsel merupakan hal yang hampir tidak pernah ketinggalan meskipun ke toilet. Pasti pernah sebelum memegang ponsel tangan menyentuh benda-benda lain yang diragukan kebersihannya. Akibatnya bakteri pada ponsel berkembang sangat pesat sehingga bakteri akan berpindah saat ada kontak kulit wajah dengan ponsel.

 

  1. Perubahan Hormon

Perubahan hormon juga memengaruhi timbulnya jerawat. Memang jerawat tidak hanya menyerang anak-anak remaja, orang dewasa juga bisa memiliki jerawat akibat perubahan hormon. Perubahan hormon kebanyakan adalah kaum wanita, saat menstruasi dan kehamilan perubahan hormon menjadi tidak stabil sehingga jerawat bermunculan.

 

  1. Sering Cuci Muka

Mungkin banyak yang beranggapan terlalu sering mencuci muka dengan pembersih wajah akan membuat wajah lebih bersih, namun semua itu salah kaprah. Muka yang terlalu sering dicuci akan mengakibatkan kekurangan kadar minyak pada wajah sehingga membuat wajah menjadi kering. Setidaknya aturan mencuci muka yang baik ialah sebanyak 2 kali sehari.

 

Itulah penyebab-penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Selanjutnya apa saja si cara menghilangkan jerawat secara alami, yuk simak selengkapnya.

Baca Juga:

 

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

hellosehat.com

 

  1. Membersihkan Wajah Dengan Benar

Loh tadi bukannya membersihkan wajah bisa menimbulkan jerawat. Ya, memang membersihkan wajah dapat memicu jerawat jika dilakukan dengan berlebihan. Untuk itu, seperti yang disarankan tadi bahwa membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari dengan benar. Kamu bisa menggunakan micellar water untuk membersihkan debu atau sisa make up yang menempel, lalu setelah itu bisa mencuci muka dengan face wash.

 

  1. Bawang Putih

Jerawat juga bisa hilang dengan bawang putih loh guys. Bumbu dapur yang satu ini ternyata efektif untuk menghilangkan jerawat karena memiliki kandungan sulfur didalamnya. Gunakan bawang putih dengan cara menggosokkan bawang putih yang telah dipotong ke jerawat, tunggu sekitar 15 menit lalu basuh dengan air hangat.

 

  1. Es Batu

Pada artikel cara mengecilkan pori-pori wajah tertulis bahwa es batu sangat bermanfaat untuk wajah. Dengan mengompreskan es batu pada jerawat akan membantu mengurangi jerawat secara perlahan. Gunakan kain yang benar-benar bersih untuk membalut es batu yang akan digunakan, setelah itu baru boleh mengompresnya.

 

  1. Lemon

Lemon sangat efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah dan membantu mengatasi masalah jerawat. Selain itu, bahan alami ini juga dapat membantu menghilangkan noda dan mencerahkan kulit wajah secara alami. Oleskan air perasan lemon pada wajah, biarkan sekitar 15 menit, bilas wajah dengan air bersih secara menyeluruh, keringkan dengan handuk secara lembut.

 

  1. Pasta Gigi

Bukan hal yang sulit untuk mencari yang satu ini karena mudah sekali dicari. Pasta gigi dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat, sebab pasta gigi mengandung silica yang mampu mempercepat pengeringan jerawat. Namun, tidak diperkenankan menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride atau mentol karena bisa menyebabkan iritasi.

 

  1. Madu

Jerawat memang tidak semanis madu, namun madu dapat menghilangkan jerawat secara alami. Madu sendiri mengandung anti bakterial yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat dan menyembuhkan luka. Cara menggunakannya juga cukup mudah, oleskan madu murni pada wajah, tunggu sekitar 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

 

  1. Jeruk Nipis

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga berperan aktif untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Kamu harus siap untuk menahan perih jika menggunakan jeruk nipis atau lemon, tapi tenang saja tidak seperih luka yang ditinggalkan mantan. Oleskan air jeruk nipis pada wajah, tunggu sekitar 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

 

  1. Timun

Tidak perlu yang mahal-mahal untuk menghilangkan jerawat, dengan timun/mentimun ini juga jerawat bakalan hilang asal rutin menggunakannya. Hal ini karena timun bersifat anti racun, pelembap kulit dan penghilang jerawat. Dengan kandungan berbagai macam vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya. Tempelkan timun yang telah di iris tipis pada wajah, tunggu sekitar 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

 

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan sejenis tanaman loh, jangan salah mengartikannya sebagai lidah dari hewan buaya. Khasiat lidah buaya untuk wajah memang sudah terbukti mampu menghilangkan jerawat. Oleskan lidah buaya pada wajah secara merata, tunggu sekitar 15 menit hingga meresap ke pori-pori, bilas wajah dengan air sampai bersih.

 

  1. Kulit Jeruk

Tidak seperti kacang yang lupa akan kulitnya. Kulit jeruk masih memiliki manfaat yang sama dengan buahnya yaitu mampu menghilangkan jerawat secara alami. Gunakan kulit jeruk sebagai masker yang sebelumnya sudah dijemur dan dihaluskan menjadi serbuk. Campurkan serbuk dengan air bersih hingga berbentuk pasta, oleskan pada wajah, tunggu hingga meresap, bilas dengan air bersih, keringkan dengan handuk.

Baca Juga:

 

  1. Minyak Zaitun

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan minyak zaitun. Khasiat minyak zaitun untuk berbagai permasalahan pada wajah memang sudah terbukti dan banyak yang menggunakannya. Oleskan minyak zaitun pada bagian wajah yang memiliki jerawat, diamkan saja semalaman, lalu bersihkan wajah dengan air bersih.

 

  1. Putih Telur

Kandungan enzim lysonzim pada putih telur memang sangat bermanfaat sekali untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Ingat!, hanya gunakan putih telurnya saja tidak dengan kuningnya. Oleskan putih telur pada wajah yang berjerawat, untuk mengurangi amis bisa mencampurnya dengan lemon atau jeruk nipis. Biarkan sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

 

  1. Daun Sirih

Apakah bisa, daun sirih digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami? Tentu saja bisa, daun sirih kaya akan anti oksidan yang membuat daun sirih mampu mengatasi jerawat. Haluskan daun sirih sampai halus, campurkan dengan air hangat, oleskan hasil campuran tadi ke wajah, tunggu sekitar 15-30 menit setelah itu bilas dengan air bersih.

 

  1. Pepaya

Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami adalah dengan menggunakan pepaya. Pepaya sendiri mengandung banyak vitamin seperti enzim papain yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit wajah. Haluskan pepaya sampai benar-benar halus, oleskan pada area berjerawat di wajah, bisa dicampur dengan air lemon atau madu murni, tunggu sekitar 15 menit, bilas sampai bersih dengan air hangat.

 

  1. Tomat

Tomat merupakan bahan yang sering digunakan untuk memasak atau dibuat jus karena memang rasanya yang enak dan kaya akan vitamin. Namun, tomat juga berperan penting untuk membantu mengatasi masalah jerawat. Tempelkan tomat yang telah di iris tipis pada wajah, biarkan sekitar 15 menit, angkat tomat dan bilas sampai bersih dengan air hangat.

 

  1. Baking Soda

Baking soda/soda kue tidak hanya digunakan untuk membuat kue saja, tetapi juga bisa untuk membersihkan jerawat yang membandel. Campurkan soda kue dengan air secukupnya sampai mengental, oleskan pada wajah yang berjerawat, biarkan sekitar 15 menit, bilas wajah dengan air bersih secara menyeluruh.

 

  1. Scrub Gula

Gula murni memang memiliki rasa yang manis, lebih manis lagi jika kamu tahu bahwa gula dapat membersihkan bakteri penyebab jerawat dan sel-sel kulit mati sehingga akan mengurangi jerawat. Campurkan gula dengan air hangat secukupnya hingga menjadi pasta, oleskan pada wajah, tunggu sekitar 15 menit, bilas wajah dengan air hangat, lalu keringkan wajah dengan handuk bersih.

 

  1. Bengkoang

Tidak hanya sebagai bahan untuk rujak, bengkoang juga bisa menjaga kesehatan kulit wajah dan mampu mengurangi jerawat. Haluskan bengkoang hingga benar-benar halus, kemudian peras bengkoang tersebut untuk diambil endapan airnya. Oleskan endapan air bengkoang pada wajah yang berjerawat, tunggu hingga meresap, lalu bilas dengan air bersih.

 

  1. Yogurt

Yogurt juga dipercaya mampu menghilangkan jerawat secara alami karena mengandung bakteri baik, asam laktat dan asam alfa hidroksi. Gunakan yogurt tanpa rasa karena memang jenis itulah yang sangat baik digunakan. Campurkan yogurt dengan madu murni secukupnya lalu aduk hingga merata, oleskan pada wajah dan biarkan sekitar 15 menit, bilas wajah sampai bersih menggunakan air hangat.

 

  1. Alpukat + Madu

Kombinasi alpukat madu merupakan salah satu obat mujarab yang banyak digunakan untuk mengatasi jerawat. Kandungan vitamin E pada alpukat yang baik untuk pori-pori, serta kandungan hidrogen peroksida pada madu yang bersifat anti bakteri sehingga membuat kombinasi ini sempurna sekali.

Campurkan daging alpukat yang telah dihaluskan dengan 1 sdm madu murni, aduk hingga merata, oleskan pada wajah sebagai masker, tunggu sekitar 15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

 

  1. Cuka Apel

Khasiat cuka apel untuk mengatasi jerawat memang sudah tidak bisa diremehkan. Cuka apel memiliki antiseptik yang mampu membasi bakteri-bakteri penyebab jerawat. Untuk mengurangi bau yang menyengat bisa mencampurkan cuka apel dengan air secukupnya. Celupkan kapas pada campuran tadi, oleskan pada bagian yang berjerawat, tunggu beberapa menit lalu bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

 

  1. Kentang

Sama seperti artikel yang telah dibahas sebelumnya, kentang dapat membantu mengatasi pori-pori yang tersumbat dan ampuh sekali untuk mengatasi jerawat. Haluskan kentang terlebih dahulu, oleskan kentang tadi pada wajah sebagai masker, biarkan sekitar 15-30 menit, lalu basuh sampai bersih.

 

  1. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau yang biasa disebut minyak pohon teh ini sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Banyak produk-produk kecantikan yang mengandung minyak pohon teh ini, sebab mengandung zat terpenoid yang mampu mengatasi bakteri penyebab jerawat.

Campurkan 5 ml minyak ini dengan 95 ml air bersih, oleskan pada jerawat menggunakan kapas, lakukan 2-3 kali sehari. Perlu diingat, ada sebagian orang yang alergi terhadap minyak ini. Untuk itu, uji terlebih dahulu pada pergelangan tangan, jika tidak terjadi apa-apa setelah 2 jam berarti aman digunakan.

 

  1. Strawberry

Salah satu cara menghilangkan jerawat yang selanjutnya adalah menggunakan strawberry. Buah yang memiliki rasa khas manis keasam-asaman ini dipercaya mampu mengatasi berbagai permasalah wajah. Oleskan strawberry yang telah dibelah pada wajah secara perlahan, biarkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

 

  1. Minyak Lavender

Selain memiliki aroma khas lavender yang harum dan menenangkan, ternyata minyak lavender juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat. Cara penggunaan minyak lavender berbeda dengan yang lainnya, cukup meneteskan minyak ini pada area yang berjerawat, biarkan sampai meresap. Usahakan lakukan pada saat pagi dan malam hari, mudah bukan.

 

Itulah berbagai macam cara menghilangkan jerawat secara alami. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, memang jerawat dapat mengganggu penampilan seseorang. Namun, hal yang lebih buruk dari jerawat ialah bekas yang ditinggalkan karena sulit untuk dihilangkan. Untuk itu, jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman, kerabat, atau keluarga supaya mereka juga mendapatkan manfaat dari apa yang kamu ketahui.

Baca Juga:

Tuliskan Komentarmu