Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Tahukah anda? Selain digunakan untuk membuat minuman dingin, ternyata es batu juga dapat bermanfaat untuk menyehatkan kulit loh, khususnya untuk menambah kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Memang sudah banyak yang membuktikan mengenai manfaat es batu untuk wajah ini. Mereka juga menggunakan es batu karena relatif lebih murah dan terbukti efektif untuk kulit wajah dibandingkan perawatan yang mahal tapi belum tentu efektif.

Jika banyak yang menganggap manfaat es batu untuk wajah hanyalah mitos belaka, mungkin mereka belum pernah mencoba sendiri untuk membuktikan manfaatnya. Tertarik mencobanya? Yuk simak manfaat es batu untuk wajah dibawah ini. Namun sebelum masuk ke pembahasan akan dijelaskan tentang cara penggunaan es batu pada wajah yang baik dan benar.

Baca Juga :

 

Cara Penggunaan Es Batu Pada Wajah

Kompres es batu dengan plastik via gifer.com

 

Untuk penggunaan es batu pada wajah yang baik dan benar, simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pastikan wajah anda selalu bersih sebelum menggunakan es batu terlebih dahulu.
  • Bungkuslah es batu dengan kain tipis yang bersih atau bisa diganti dengan kantong plastik, lalu kompres secara menyeluruh pada wajah.
  • Setelah wajah di kompres dengan merata, selanjutnya biarkan saja beberapa menit sampai mengering.

Perhatian! Jangan tempelkan es batu langsung pada wajah tanpa dibungkus kain, sebab hal ini akan mengganggu kapiler pada jaringan yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan wajah lainnya. Serta jangan sampai melebihi 1 jam saat kompres, sebab bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah di wajah.

Baca Juga :

 

Lengkap! Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Pemakaian es batu pada wajah via oyinews.com

 

  1. Meredakan Jerawat

Jerawat sangat mengganggu penampilan wajah, apalagi jika jerawat terjadi pada wanita, mungkin bisa menimbulkan stress karena tidak bisa tampil cantik. Tenang saja, anda bisa menggunakan es batu untuk meredakan jerawat yang mengganggu penampilan. Tetapi anda harus menggunakan es batu yang dibuat dari air yang bersih, serta saat anda hendak menggunakannya pastikan kain yang digunakan bersih dan tangan anda juga harus bersih agar jerawat terhindar dari bakteri.

 

  1. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak sering kali menjadi permasalahan yang serius bagi, sebab kulit yang berminyak akan terlihat sangat jelas sekali pada wajah, tak jarang orang yang memiliki minyak berlebih bisa memiliki gangguan kulit wajah lainnya. Oleh karena itu, es batu bisa mengontrol kadar produksi minyak pada kulit wajah.

 

  1. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ternyata sensasi dingin pada es batu mampu mengecilkan pori-pori lebar pada wajah. Memiliki pori-pori besar tentu sangat rawan sekali terkena berbagai permasalahan kulit wajah lainnya, sebab debu, kotoran, maupun partikel berbahaya lainnya akan masuk dengan mudah melalui pori-pori. Inilah salah satu manfaat es batu untuk wajah yang mampu membuat wajah lebih sehat.

 

  1. Menghilangkan Bekas Jerawat

Memang es batu dapat menghilangkan jerawat, namun terkadang bekas jerawat masih belum hilang seperti noda-noda hitam pada wajah. Untuk itu, anda bisa menggunakan es batu kembali untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut. Murah sekali kan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan hanya menggunakan es batu. Sayang jika menggunakan produk penghilang bekas jerawat yang relatif mahal dan tidak alami karena mengandung bahan kimia.

 

  1. Menghaluskan Kulit Wajah

Salah satu manfaat es batu untuk wajah selanjutnya ialah untuk menghaluskan kulit wajah secara alami. Siapa sih yang tidak ingin kulit wajahnya menjadi halus? Pasti semua orang ingin mendapatkan kulit wajah yang halus. Untuk itu, gunakanlah es batu pada wajah sebelum tidur, lakukanlah selama beberapa hari dan lihat betapa indah hasil yang didapat.

 

  1. Mengencangkan dan Mencerahkan Kulit

Perlu kamu ketahui bahwa es batu juga bisa mencegah penuaan dini loh. Dengan menggunakan es batu kulit anda akan terasa lebih kencang dan perlahan-lahan kulit wajah menjadi lebih cerah secara alami. Hal ini bisa terjadi karena es batu mampu memperlancar sirkulasi darah yang ada pada wajah, sehingga membuat kulit lebih kencang dan bercahaya.

 

  1. Mengatasi Mata Sembap atau Mata Panda

Jika anda salah satu orang yang suka begadang sampai malam, pastinya mata anda sering kelelahan sehingga muncul lingkar hitam pada kantong mata atau yang disebut mata panda. Atau mungkin hal lain yang muncul ialah mata menjadi membengkak akibat kurang tidur. Semua permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mengompres daerah sekitar mata menggunakan es batu.

 

  1. Membuat Make Up Tahan Lama

Ternyata mengompres wajah menggunakan es batu mampu membuat make up lebih awet dan tahan lama. Sensasi dingin pada es batu membuat pori-pori menjadi kecil, serta kadar minyak pada wajah berkurang. Hal inilah yang membuat penggunaan make up akan lebih awet dan tahan lama. Caranya juga cukup mudah, kompreskan es batu pada wajah anda sebelum memakai make up, tunggulah hingga mengering dan baru boleh menggunakan make up.

 

  1. Meredakan Kulit yang Memerah Akibat Sinar Matahari

Siang hari memang saat di mana matahari sedang panas-panasnya. Hal ini tentu menjadi permasalahan yang cukup serius karena bisa membuat kulit wajah memerah akibat terbakar sinar matahari, apalagi jika aktivitas di luar ruangan sangat padat. Untuk mengurangi perih, panas, dan kemerahan pada wajah akibat efek terbakar tersebut, bisa menggunakan es batu dengan cara mengompreskan pada bagian kulit yang terbakar tadi.

 

  1. Mengurangi Bengkak dan Kemerahan

Bengkak atau kemerahan biasanya terjadi akibat luka memar, keseleo, kena pukul, jerawat, atau luka lainnya sehingga membuat area tersebut bengkak dan memerah. Kita ambil contoh jerawat, jerawat yang sangat parah bisa saja menyebabkan rasa perih, bengkak, dan membuat kulit wajah memerah. Tentu hal ini bisa anda atasi dengan menggunakan es batu untuk mengurangi bengkak dan kemerahan akibat jerawat tersebut.

 

  1. Pelembap Alami Untuk Melembutkan dan Mencerahkan Bibir

Bibir yang sehat, cerah, dan kenyal merupakan tipe bibir yang enak dipandang dibandingkan bibir yang kering, tidak sehat, bahkan terlihat pecah-pecah. Hal ini bisa disebabkan karena anda kurang menjaga kesehatan bibir, dan membiarkan tubuh kekurangan air putih. Untuk itu, anda bisa menggunakan es batu untuk melembapkan permukaan bibir tersebut. Jika anda rutin menggunakan es batu, pasti perlahan-lahan bibir akan menjadi lebih lembut dan cerah.

 

  1. Menyegarkan Kulit Wajah

Seperti yang anda ketahui sendiri bahwa sifat es batu ialah mendinginkan. Hal ini sangat bermanfaat sekali untuk menyegarkan kulit wajah agar terhindar dari dehidrasi, kulit kering, dan kusam, terlebih lagi saat musim panas. Namun anda tetap harus perhatikan penggunaan es batu tersebut, jangan karena cuaca sedang panas anda berlebihan menggunakan es batu pada wajah.

 

  1. Menghilangkan Rambut di Wajah

Rambut atau bulu yang tumbuh disekitar wajah sering kali mengganggu penampilan seorang wanita. Kenapa hanya wanita saja, kalau pria ditumbuhi rambut di wajah kan akan membuat gagah seperti jambang dan kumis hehe. Tetapi anda harus bersabar jika ingin menggunakan es batu, sebab prosesnya tidak instan. Caranya gunakanlah es batu sebelum memakai scrub wajah sehingga secara perlahan akar rambut pada wajah akan hilang dengan cara ini.

Baca Juga :

 

Bagaimana artikel diatas? Semoga bermanfaat untuk anda. Cukup sekian pembahasan artikel manfaat es batu untuk wajah pada kali ini. Jangan lupa nantikan artikel-artikel menarik lainnya yang akan kami bahas dilain waktu dan pasti bermanfaat kok.

Tinggalkan komentar