Cara Menghilangkan Bau Sepatu

Berbicara mengenai sepatu pasti tidak lepas dari yang namanya bau sepatu. Sepatu yang bau bisa menyebabkan perasaan tidak enak bagi pemakainya. Apalagi saat berada di tempat yang ramai dan harus melepas sepatu, pasti menjadi suatu hal yang sangat memalukan akibat bau pada sepatu. Solusi untuk mengatasi masalah ini ialah dengan cara menghilangkan bau sepatu tersebut.

Bau sepatu biasanya disebabkan oleh keringat yang keluar melalui kaki. Hal ini menyebabkan sepatu tetap bau meski sepatu telah dicuci, sebab bakteri pada kulit akan mengeluarkan kotoran dengan bau yang menyengat melalui keringat. Oleh karena itu, kali ini admin akan membahas artikel tentang cara menghilangkan bau sepatu yang terbukti ampuh dan cepat sebagai berikut.

Baca Juga :

 

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Secara Cepat dan Ampuh

 

  1. Jaga Kebersihan Kaki

hipwee.com

Yang paling penting untuk menghilangkan bau tidak sepatu ialah menjaga kebersihan kaki. Jika kaki kotor dan cepat berkeringat akibat udara panas, akan membuat bakteri pada kulit maupun sepatu memakan keringat anda sehingga bakteri lebih aktif memproduksi asam yang berbau sangat menyengat.

Untuk menjaga kebersihan kaki, sebaiknya anda merendam kaki pada air garam, merendam kaki dengan cuka dan merendam kaki dengan teh. Cara ini bertujuan untuk menyerap kelembapan pada kulit kaki sehingga akan mengurangi jumlah bakteri yang ada.

 

  1. Mencuci Sepatu

pixabay.com

Wajar saja jika sepatu yang tidak pernah dicuci menyebabkan bau yang menyengat karena sudah pasti kotor dan banyak bakteri. Untuk itu, cucilah sepatu minimal 1 minggu sekali agar tidak menimbulkan bau. Apabila anda khawatir jika nantinya sepatu rusak setelah dicuci, maka hal yang harus anda ketahui adalah cara mencuci sepatu yang baik dan benar sesuai bahannya seperti yang telah admin tulis sebelumnya.

 

  1. Mengeringkan Sepatu

kompas.com

Sepatu yang basah sehabis dicuci sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu sampai benar-benar kering sebelum dipakai. Ingat, jangan mengeringkan sepatu dibawah sinar matahari langsung karena dapat membuat sepatu rusak. Keringkan sepatu dengan cara di angin-anginkan ditempat yang terhindar dari sinar matahari untuk menjaga sepatu tetap bagus.

 

  1. Gunakan Kaos Kaki Yang Tepat

id.tindung.co

Semakin majunya perkembangan, juga semakin banyak variasi yang ada di dunia ini, salah satunya adalah kaos kaki. Kaos kaki sangat bermacam-macam bentuk dan bahannya, namun pilihlah kaos kaki yang mampu menyerap keringat dan bisa membuat kulit kaki leluasa untuk bernapas. Bagi anda yang memiliki produksi keringat berlebih, sebaiknya membawa kaos kaki cadangan. Jadi, apabila kaos kaki sudah sangat lembab anda bisa menggantinya segera.

 

  1. Kopi

idntimes.com

Kopi memang sangat nikmat sekali untuk dinikmati, apalagi jika baru diseduh dengan air panas yang mengeluarkan bau harum dari kopi. Tidak hanya itu, kopi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau sepatu loh. Caranya dengan membungkus bubuk kopi pada tisu lalu dimasukkan kedalam sepatu, tapi sebelumnya sepatu harus bersih dan kering agar bubuk kopi tidak menempel dan berceceran. Biarkan seharian agar kopi tersebut bekerja maksimal.

 

  1. Kantong Teh

kabarnesia.com

Sama seperti kopi, teh juga dapat menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Anda pasti tahu sendiri, bahwa teh memiliki aroma yang sangat wangi dan khas sehingga bau sepatu akan kalah dengan bau teh. Caranya masukan 2-3 kantong teh kedalam sepatu, biarkan semalaman untuk hasil maksimal. Catatan penting!, pastikan sebelumnya sepatu dalam keadaan bersih dan benar-benar kering.

 

  1. Baking Soda

idntimes.com

Soda kue atau yang sering disebut baking soda ini memang sangat banyak sekali manfaatnya, salah satunya ya untuk menghilangkan bau sepatu. Caranya juga cukup mudah, tetapi pastikan sepatu dalam kondisi bersih dan kering karena baking soda berbentuk bubuk. Anda bisa membungkus baking soda dengan tisu, sama seperti bubuk kopi tadi, atau juga bisa menaburkan langsung pada sepatu. Setelah itu, biarkan semalaman agar hasil memuaskan.

 

  1. Menggunakan Koran

meramuda.com

Cara menghilangkan bau sepatu yang selanjutnya adalah menggunakan koran. Jika anda mempunyai banyak koran bekas dirumah, sebaiknya jangan dibuang karena koran dapat membantu menghilangkan bau sepatu serta menjaga bentuk sepatu.

Buatlah gumpalan koran, masukan gumpalan tadi pada rongga sepatu, secara perlahan-lahan koran akan menyerap bau dan kelembapan pada sepatu. Biarkan koran tetap ada pada sepatu jika belum digunakan, sebab hal ini bermanfaat untuk menjaga bentuk sepatu tetap bagus.

Baca Juga :

 

  1. Kulit Jeruk

pixabay.com

Jeruk memang memiliki aroma segar dan wangi yang khas sekali dibanding buah yang lain. Namun, yang digunakan untuk menghilangkan bau sepatu bukan buah jeruknya melainkan kulitnya. Masukan kulit jeruk yang masih segar, boleh dari jenis jeruk apapun sesuai selera. Biarkan seharian supaya hasil maksimal, setelah itu cek sepatu anda, pasti akan jauh lebih wangi dibandingkan sebelumnya.

 

  1. Spray Penghilang Bau

fiorespray.com

Salah satu cara menghilangkan bau sepatu yang paling efektif yaitu menggunakan produk spray penghilang bau sepatu. Spray penghilang ini memang dikatakan sangat efektif, karena terdapat kandungan enzim yang mampu melawan bakteri penyebab bau pada sepatu. Cukup mudah bukan? Hasilnya juga cepat dan efektif untuk menghilangkan bau.

 

  1. Pasir Kucing

tokopedia.com

Pasir kucing terbilang sangat ampuh untuk menghilangkan bau sepatu, hal ini wajar karena pasir kucing sendiri merupakan pasir khusus yang dirancang untuk menetralkan bau. Caranya hampir sama seperti yang lain, pastikan sepatu dalam keadaan kering, lalu taburkan 1-2 sendok pasir kucing pada sepatu, biarkan semalaman untuk hasil terbaik, setelah itu bersihkan sepatu tersebut.

 

  1. Cuka Putih atau Alkohol

beritagar.id

Bahan rumah tangga yang umumnya digunakan untuk memasak ini juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan bau sepatu. Basahi lap atau handuk kecil dengan cuka putih atau alkohol secukupnya, lalu usap bagian sepatu yang bau tersebut. Setelah semua selesai, biarkan hingga kering sebelum sepatu digunakan kembali.

 

  1. Mengganti Sol Dalam Sepatu

voucherbelanjaku.com

Jika memang bau sepatu milik anda sudah parah sekali, sebaiknya gantilah sol dalam sepatu dengan yang baru. Tetapi anda juga harus memilih sol dalam sepatu yang bagus, anti bakteri, tidak mudah rusak, dan tentunya nyaman digunakan. Anda bisa membelinya di toko yang menyediakan perlengkapan sepatu.

 

  1. Bekukan Sepatu di Frezzer

wowkeren.com

Cara menghilangkan bau sepatu yang satu ini memang sedikit ekstrim untuk dilakukan. Namun, hal ini akan membunuh bakteri penyebab bau sepatu karena tidak tahan dengan suhu dingin. Tidak hanya itu, sepatu anda juga akan lebih segar setelah dibekukan seharian. Caranya ialah, bungkus sepatu dengan plastik sampai rapat sehingga tidak mengganggu makanan yang ada dalam kulkas. Setelah itu, masukan ke frezzer sampai membeku.

Peringatan! Jika anda takut menggunakan cara yang satu ini, sebaiknya gunakan cara yang lain saja, karena hasil setiap orang berbeda-beda.

 

  1. Minyak Esensial

pixabay.com

Cara menghilangkan bau sepatu yang selanjutnya adalah menggunakan minyak esensial. Minyak esensial ini sangat bermanfaat sekali untuk mengubah bau busuk pada sepatu, menjadi bau yang sangat wangi. Teteskan minyak wangi ke dalam sepatu, lalu biarkan semalaman agar kering dan hasilnya maksimal. Lihat hasilnya, sepatu anda akan jauh lebih wangi dari sebelumnya.

 

Demikianlah artikel tentang cara menghilangkan bau sepatu yang terbukti ampuh dan cepat versi uplur.com. Jika anda memiliki tips lain yang lebih efektif dan lebih ampuh, silakan tuliskan pada kolom komentar dibawah. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat, karena berbagi pengetahuan itu indah.

Baca Juga :

Tinggalkan komentar