Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah

Wajah berminyak, berjerawat, bahkan pori-pori wajah juga besar, tentunya semua permasalahan pada wajah tersebut dapat merusak penampilan seseorang. Hal ini sangat mengganggu sekali sehingga menurunkan kepercayaan diri seseorang, terutama pada wanita yang selalu menjaga penampilannya agar tetap terlihat cantik. Banyak cara mengecilkan pori pori wajah yang dilakukan oleh para wanita, mulai dari konsultasi kepada dokter kecantikan atau melakukan perawatan wajah secara alami yang bisa dilakukan di rumah.

Pori-pori yang membesar bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kulit berminyak, kotoran dan lainnya. Selain itu, salah satu hal yang sering banyak ditemukan adalah karena penggunaan make up. Memang menggunakan make up fungsinya untuk mempercantik diri, namun hal itu justru mengakibatkan kelenjar minyak tersumbat sehingga sel-sel kulit mati terperangkap dalam folikel. Hal itulah yang mengakibatkan pori-pori tersumbat, akibatnya semakin terlihat membesar.

Efek lain yang muncul ketika pori-pori melebar adalah munculnya komedo, jerawat, wajah berminyak, kulit kusam dan permasalahan wajah lainnya. Sungguh sayang sekali apabila permasalahan wajah tersebut terjadi pada kulit wajah cantikmu. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan membahas artikel tentang bagaimana cara mengecilkan pori pori wajah.

Baca Juga Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Secara Alami

pixabay.com

Banyak bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai alternatif cara mengecilkan pori pori wajah secara cepat, alami dan tentunya ampuh. Langsung saja simak cara mengecilkan pori pori secara alami dengan bahan alami yang akan dibahas sebagai berikut.

 

  1. Es Batu

pixabay.com

Selain digunakan untuk minuman, ternyata es batu sangat bermanfaat sekali untuk mengecilkan pori-pori yang membesar secara alami. Bukanlah hal yang sulit untuk mencari es batu karena sudah tersedia di mana-mana atau bisa membuatnya sendiri dirumah. Caranya cukup mudah, ambil es batu secukupnya lalu bungkus dengan kain bersih, bisa sapu tangan atau handuk wajah. Setelah itu, oleskan pada wajah secara merata sekitar 10-15 menit untuk mengecilkan pori-pori.

 

  1. Tomat

pixabay.com

Salah satu buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi ini juga bisa membantu untuk mengecilkan pori-pori. Hal ini dikarenakan tomat mengandung senyawa anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas pada kulit, hasilnya sel-sel kulit mati yang  menyebabkan pori-pori membesar tidak menumpuk. Cara penggunaannya dengan menumbuk tomat sampai halus, bisa menggunakan blender atau lainnya. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan sekitar setengah jam, setelah itu bilas dengan air hangat/air dingin bersih.

 

  1. Madu

pixabay.com

Madu sangat bagus juga untuk mengecilkan pori-pori karena mengandung anti oksidan sehingga sel-sel kulit mati akan terangkat. Untuk penggunaannya bisa dengan madu asli (tanpa campuran) atau madu yang sudah dicampur dengan bahan lainnya sesuai seleramu. Lebih rincinya ambil madu secukupnya, oleskan pada wajah, tunggu sekitar 30 menit sampai benar-benar meresap, terakhir bilas dengan air hangat/ air dingin bersih.

 

  1. Jeruk Nipis

pixabay.com

Sudah pasti banyak yang tahu dengan buah yang satu ini. Jeruk nipis dapat membantu mengatasi berbagai macam permasalahan pada wajah seperti mengatasi kulit berminyak, membuat wajah semakin cerah, mengatasi jerawat dan mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Oleh sebab itu, khasiat jeruk nipis sangat bermanfaat sekali untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah. Caranya juga cukup mudah, dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis kepada wajah secara teratur.

 

  1. Jeruk

pixabay.com

Fungsi jeruk merupakan cara mengecilkan pori pori wajah yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jeruk nipis diatas. Jeruk mampu mengatasi permasalahan pada wajah sehingga banyak orang yang menggunakan jeruk untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya pun sama dengan jeruk nipis, dengan mengoleskan perasan jeruk ke wajah lalu diamkan dan bilas dengan air bersih.

Baca Juga Manfaat Air Putih

  1. Kulit Jeruk

pixabay.com

Jika tadi menggunakan air perasan jeruk untuk wajah, sekarang beda lagi walaupun sama-sama mengandung kata jeruk. Ya, kulit jeruk sangat baik untuk mengecilkan pori-pori wajah dengan nutrisi vitamin C yang ada pada kulit jeruk. Untuk penggunaannya adalah sebagai masker. Kulit jeruk dijemur dan ditumbuk hingga halus lalu campur dengan air secukupnya hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah dan diamkan hingga meresap lalu bilas dengan air bersih.

 

  1. Lemon

pixabay.com

Buah yang satu ini memang masih satu keluarga dengan jeruk yang mengandung anti oksidan sehingga mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah. Cara penggunaan lemon untuk mengatasi pori-pori besar adalah dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah secara merata, lalu diamkan sampai benar-benar meresap sekitar 10-15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

 

  1. Cuka Apel

pixabay.com

Cuka apel sangat-sangat bermanfaat sekali untuk mengatasi masalah pori-pori membesar. Walaupun cuka apel memiliki rasa asam dan bau yang cukup menyengat tidak menurunkan khasiat cuka apel. Nyatanya sifat asam yang dimiliki cuka apel dapat meregenerasi kulit sehingga sel-sel kuli mati akan terangkat. Cukup dengan menuangkan cuka apel sekita 1 sdm pada segelas air bersih, setelah itu oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas.

Baca Juga Manfaat Cuka Apel

  1. Minyak Zaitun

pixabay.com

Bagi orang yang beraga islam pasti tidak asing lagi mendengar yang namanya zaitun. Perlu kamu ketahui bahwa kandungan pada minyak ini sangat baik untuk kulit wajah karena mengandung zat linoleic acid. Selain itu, juga ada anti oksidan yang akan membantu mengecilkan pori-pori dan melindungi sel-sel kulit wajah dari kerusakan. Untuk hasil yang maksimal bisa dicampur dengan madu murni dan digunakan sebagai masker wajah.

 

  1. Oatmeal

pixabay.com

Salah satu bahan yang bisa mengecilkan pori-pori wajah adalah oatmeal. Oatmeal sendiri merupakan makanan sereal kaya akan serat yang terbuat dari gandum. Bagi yang belum memiliki oatmeal bisa membelinya di toko atau supermarket terdekat. Penggunaannya dengan menumbuk oatmeal hingga halus lalu campurkan madu alami dan susu bubuk sampai berbentuk pasta. Oleskan pada wajah, tunggu sampai meresap sekitar 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Baca Juga Cara Diet Sehat Alami

  1. Lidah Buaya

pixabay.com

Cara mengecilkan pori pori wajah selanjutnya adalah menggunakan lidah buaya. Lidah buaya atau yang dikenal dengan nama lain aloe vera ini memang sudah terbukti mampu merawat kuli wajah. Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada wajah lalu diamkan sekitar 10-15 menit hingga meresap lalu bilas dengan air bersih. Jika tidak ingin ribet mencari lidah buaya untuk diambil gelnya bisa membeli yang sudah dikemas dipasaran.

 

  1. Mentimun

pixabay.com

Salah satu cara mengecilkan pori pori secara alami adalah dengan menggunakan mentimun. Mentimun sangat kaya akan vitamin dan mineral yang mampu membantu mengecilkan pori-pori wajah. Cara menggunakan mentimun ini adalah dengan mengiris mentimun secara tipis-tipis lalu letakan pada wajah secara merata. Tunggu sekitar 30 menit agar hasil maksimal, setelah itu bilas dengan air bersih.

 

  1. Baking Soda

pixabay.com

Mungkin ada sebagian orang yang baru mendengar baking soda sebagai alternatif cara mengecilkan pori pori wajah. Memang banyak sekali manfaat baking soda yang belum banyak diketahui oleh sebagian orang, antara lain adalah manfaat untuk kulit wajah ini. Cara menggunakan baking soda cukup mudah, dengan mencampurkan baking soda dengan air bersih dan aduk hingga berbentuk seperti krim. Aplikasikan kepada wajah, diamkan sekitar 30 menit lalu bilas hingga bersih.

 

  1. Pepaya

pixabay.com

Salah satu kandungan pepaya yang baik untuk meregenerasi kulit yaitu adanya enzim papain, vitamin A, vitamin C dan vitamin E yang akan berperan sebagai anti oksidan pada kulit wajah. Oleh karena itu, pepaya sangat dianjurkan bagi kamu yang ingin mengecilkan pori-pori. Caranya yaitu dengan menghaluskan pepaya lalu oleskan pada wajah, tunggu hingga menyerap ke pori-pori sekitar 30 menit setelah itu bilas sampai bersih.

 

  1. Air Cucian Beras

bumil-balita.blogspot.com

Pada saat ingin menanak nasi pastinya beras dicuci terlebih dahulu, tetapi jangan terburu-buru untuk membuang air cucian beras tersebut. Air cucian beras terdapat kandungan allantoin dan asam ferullic yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit serta mampu mengecilkan pori-pori pada wajah. Caranya sangat mudah, air cucian beras dibiarkan beberapa waktu supaya mengendap, setelah itu gunakan sebagai masker alami dari endapan cucian beras tadi.

Baca Juga Menu Diet Sehat

  1. Alpukat

pixabay.com

Selain dibuat jus, alpukat berfungsi melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dan keriput pada bagian wajah. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung banyak vitamin seperti vitamin E, vitamin C dan karotenoid anti oksidan. Oleh karena itu, alpukat mampu mengatasi permasalahan kulit wajah seperti pori-pori yang membesar. Caranya yaitu menggunakan alpukat yang telah dihaluskan dagingnya sebagai masker alami, tunggu hingga meresap ke kulit, setelah itu bilas hingga bersih.

 

  1. Kopi dan Gula

id.fanpop.com

Salah satu cara mengecilkan pori pori wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan kopi dan gula. Bahan ini dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah secara sempurna sehingga membuat pori-pori wajah mengecil. Penggunaannya yaitu dijadikan scrub dengan cara mencampurkan kopi dan gula masing-masing 1 sdt, tuangkan sedikit air bersih sampai berbentuk pasta, gosok scrub tersebut pada wajah supaya sel kulit mati terangkat sempurna.

 

  1. Pisang

pixabay.com

Sama halnya buah-buah yang lainnya, pisang mengandung banyak vitamin yang mampu merawat kulit wajah dan juga mampu memutihkan kulit wajah secara alami. Selain itu, pisang juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori wajah dengan rutin menggunakan masker pisang. Cara pembuatannya cukup mudah, haluskan 1 buah pisang dan campur dengan 1 sdm madu murni, setelah itu oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

 

  1. Teh Hijau

piaxabay.com

Satu lagi bahan alami yang sangat ampuh untuk mengecilkan pori-pori wajah yaitu dengan menggunakan teh hijau. Kandungan anti oksidan yang terkandung dalam teh hijau mampu menangkal radikal bebas. Kulit yang terjaga dari radikal bebas akan beregenerasi dengan sempurna sehingga kulit mati akan terangkat dan pori-pori wajah mengecil. Gunakan the hijau sebagai masker wajah, tetapi rendam terlebih dahulu teh tersebut dengan air panas baru bisa dioleskan pada wajah.

Baca Juga Manfaat Teh Hijau Untuk Tubuh

  1. Strawberry

pixabay.com

Strawberry mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori wajah karena mengandung ellagic yang sangat baik bagi wajah. Penggunaan strawberry untuk kesehatan wajah adalah menggunakannya sebagai masker alami. Caranya dengan mencampurkan strawberry yang telah dihaluskan dengan susu hingga berbentuk pasta. Setelah itu oleskan pada wajah, tunggu hingga meresap lalu bilas dengan air bersih.

 

  1. Kentang

pixabay.com

Kentang merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan vitamin dan mineral. Oleh karena itu, kentang bermanfaat sekali untuk meregenerasi kulit wajah, memperlambat penuaan, mengangkat sel kulit mati, bahkan mampu mengecilkan pori-pori wajah. Tentunya cukup mudah sama seperti yang lain dengan mencampurkan kentang halus yang telah direbus dengan 2 sdm susu sampai mengental. Lalu oleskan pada wajah dan diamkan ampai meresap setelah itu bilas sampai bersih.

 

  1. Bengkoang

harianhaluan.com

Bengkoang merupakan buah yang termasuk jenis umbi-umbian karena buahnya tumbuh didalam tanah. Manfaat bengkoang sangat banyak sekali untuk wajah antara lain untuk mengecilkan pori-pori wajah dan memutihkan wajah secara alami. Tak heran jika banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai bahan utamanya. Gunakan bengkoang sebagai masker dengan menggunakan air sari bengkoang yang telah diparut.

 

  1. Putih Telur

hellosehat.com

Kali ini adalah dengan menggunakan putih telur. Bukanlah hal yang sulit untuk mendapatkannya karena dirumah pun juga pasti ada, kalau tidak ya bisa membelinya di warung terdekat. Putih telur sendiri mengandung protein dan mikronutrien yang mampu mengenyalkan wajah dan membuat pori-pori wajah mengecil. Oleskan putih telur pada wajah sebagai masker, bisa menambahkan jeruk untuk menghindari amis, setelah itu tunggu hingga meresap lalu bilas hingga bersih.

 

  1. Yogurt

pixabay.com

Yogurt merupakan alternatif cara mengecilkan pori pori wajah selanjutnya. Kandungan zinc dan kalsium pada yogurt berguna sekali untuk mencegah dehidrasi dan kulit kering, serta mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah. Tidak hanya itu, yogurt juga memiliki vitamin B kompleks yang membuat wajah menjadi sehat dan bersinar secara alami sehingga membuat pori-pori mengecil dan tersamarkan. Gunakan yogurt sebagai masker wajah, diamkan sampai benar-benar meresap, setelah itu bilas sampai bersih.

 

  1. Susu

pixabay.com

Susu kaya akan vitamin seperti vitamin D dan vitamin B6 yang masing-masing mampu meningkatkan produksi kolagen dan merawat kulit agar tetap sehat. Pastinya sudah pada tahu bahwa wajah itu memiliki kolagen sehingga susu sangat bai sekali untuk peningkatan kolagen pada wajah. Campur susu dengan madu secukupnya kurang lebih 2:1 sdm, gunakan sebagai masker, tunggu sekitar 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Baca Juga Manfaat Susu Kedelai

  1. Lobak Putih

pixabay.com

Tidak hanya untuk masakan saja, lobak juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Hal ini wajar saja karena lobak putih memiliki kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, zinc dan fosfor yang mampu merawat kesehatan kulit wajah dan melembabkan kulit. Gunakan sebagai masker dengan cara mengoleskan pada wajah hasil parutan lobak putih, tunggu sekitar 20-30 menit, bilas dengan air bersih.

 

Itulah berbagai macam cara mengecilkan pori pori wajah secara alami yang dapat admin bahas kali ini. Apabila suka dengan artikel yang ada di blog ini, silakan subscribe blog ini sehingga kamu akan menerima email jika ada artikel terbaru dari kami. Apabila artikel ini bermanfaat, boleh share kepada teman, kerabat atau keluarga lainnya sehingga mereka juga mendapatkan manfaat dari artikel ini. Terima Kasih.

Baca Juga Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Tinggalkan komentar