Oleh Oleh Khas Jogja

Bagi kamu yang sedang berlibur di Jogja bersama sahabat, pacar, teman atau keluarga, jangan sampai lupa untuk membeli oleh oleh khas Jogja yah guys. Kota Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jogja ini memang memiliki berbagai macam keindahan alam, seni, budaya dan kuliner. Tak heran jika hal ini membuat kota Jogja menjadi tempat singgah bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Tentunya jika kamu berlibur ke Jogja pasti ingin mengabadikan moment atau kenangan saat berada dikota ini. Foto saja tidak cukup untuk memberikan kenangan yang berkesan karena Jogja memang  memiliki ciri khas tersendiri. Untuk itu, kamu bisa membeli berbagai macam oleh oleh khas Jogja mulai dari kuliner, souvenir dan kerajinan yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta.

Apa saja sih oleh oleh khas Jogja tersebut? Yuk simak ulasan artikel berikut supaya kenangan mantan, eh.. maksudnya kenangan di kota Jogja lebih berkesan dengan berbagai macam buah tangan khas Jogja ini.

Baca Juga:

 

Oleh Oleh Khas Jogja Yang Paling Terkenal

 

Bakpia

dictio.id

Oleh oleh khas Jogja yang paling terkenal sejak dahulu ya bakpia jawabannya. Siapa sih yang tak kenal dengan bakpia, kue bulat yang terbuat dari adonan tepung terigu dan didalamnya berisi berbagai macam varian seperti kacang hijau, cokelat, durian, keju dan masih banyak lagi lainnya. Bakpia sangat mudah sekali ditemukan karena sudah banyak pedagang bakpia yang tersebar di berbagai wilayah Jogja seperti kawasan Malioboro, pasar Beringharjo, daerah Pathuk, pusat oleh-oleh dan wilayah lainnya.

 

Gudeg

indonesiafoodbiz.com

Salah satu makanan khas Jogja yang paling terkenal adalah gudeg. Gudeg merupakan makanan yang terbuat dari nangka muda dengan cara memasaknya bersama santan. Loh, bukannya gudeg jika dibuat oleh-oleh akan cepat basi yah. Tenang saja, sekarang ini ada juga gudeg kering yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga. Rekomendasi gudeg yang paling terkenal di Jogja yaitu Gudeg Yu Djum di Jalan Kaliurang 5, Yogyakarta.

 

Yangko

omiyago.com

Apakah kamu tahu mochi, iya mochi itu loh makanan khas Jepang, nah yangko ini merupakan makanan yang hampir mirip dengan mochi. Yangko merupakan makanan yang terbuat dari tepung ketan, berbentuk kotak dan berisi berbagai macam varian rasa. Tidak hanya itu, teksturnya yang kenyal, memiliki warna yang beragam dan rasanya yang manis membuat sensasi lidah tak tertahankan untuk menyantapnya.

Rekomendasi yangko yang paling enak menurut admin ialah Yangko Pak Prapto yang telah melegenda sejak tahun 1921. Yangko Pak Prapto bisa kamu dapatkan di Jalan Pramuka No.82, Yogyakarta. Tetapi, kamu juga tetap bisa menemukan makanan ini di berbgai wilayah Jogja jika tidak sempat membeli yangko Pak Prapto walaupun rasanya beda.

 

Batik Jogja

bursabatik.wordpress.com

Hampir setiap daerah memiliki kerajinan batik, namun batik dari setiap daerah itu berbeda-beda seperti batik Jogja ini. Batik Jogja memang sangat terkenal sekali untuk dijadikan oleh-oleh. Keindahan maupun makna yang terkandung didalamnya menjadikan batik Jogja ini banyak diburu oleh wisatawan. Banyak berbagai macam bentuk dari batik seperti pakaian, tas, sandal dan lainnya. Untuk mendapatkan batik Jogja juga tidak terlalu sulit, kamu bisa membelinya dikawasan Mailoboro, pasar Beringharjo dan wilayah lainnya.

 

Geplak

jualo.com

Kamu suka yang manis-manis? Liat mimin aja pasti akan terasa manis, hehe bercanda kok. Oleh oleh khas Jogja yang satu ini memang memiliki cita rasa manis sama seperti bakpia dan yangko. Geplak merupakan makanan berbahan dasar kelapa dengan sajian variasi warna serta variasi rasa membuat geplak menjadi salah satu kuliner favorit di Jogja. Untuk mencari geplak juga tidak sulit, kamu bisa mencarinya di pusat oleh-oleh atau datang langsung ke pembuatnya.

 

Cokelat Monggo

justgola.com

Pencinta cokelat harus coba nih, cokelat khas Jogja dengan cita rasa ala Belgia. Cokelat monggo merupakan cokelat khas Jogja yang diracik sejak tahun 2005 oleh Thiery Detournay dari Belgia. Jadi tak heran jika cita rasa cokelat monggo setingkat internasional. Biji cokelatnya pun juga biji pilihan yang berasal dari pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Kamu bisa membeli cokelat monggo yang beralamat di Jl. Dalem KG III/978, Kotagede, Yogyakarta.

 

Kerajinan Perak

triptrus.com

Yogyakarta memiliki berbagai macam kerajinan perak yang konon katanya sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram. Kualitas perak ini sudah pasti tidak diragukan lagi, sebab telah mengalami perkembangan sehingga banyak hasil kerajinan perak yang di ekspor ke luar negeri. Bentuk kerajinan perak sangat beragam mulai dari perhiasan, hiasan dinding dan lainnya. Tempatnya juga sama seperti cokelat monggo, yaitu di daerah Kotagede, Yogyakarta.

 

Blangkon

spesialisblangkonjogja.blogspot.com

Blangkon merupakan penutup kepala khas jogja sebagai pasangan dari surjan/kemeja batik khas Jogja. Blangkon banyak diburu oleh wisatawan lokal maupun asing, tetapi lebih banyak wisatawan asing. Mungkin blangkon merupakan oleh oleh khas Jogja yang wajib dibawa pulang karena di negara mereka tidak ada blangkon. Untuk mendapatkan blangkon juga tidak susah mulai dari pedagang pinggir jalan atau sekitar Malioboro.

 

Gerabah Kasongan

kabarwisata.com

Selain kerajinan batik dan kerajinan perak, jangan lupa untuk tidak meninggalkan kerajinan gerabah kasongan yang satu ini. Gerabah kasongan merupakan kerajinan yang terbuat dari tanah liat dan memiliki berbagai macam bentuk seperti teko, vas bunga, guci, asbak, miniatur dan hiasan lainnya. Sesuai dengan namanya, jika kamu mencari kerajinan ini yang bagus ya di daerah Kasongan.

 

Kaos Dagadu

prelo.co.id

Jangan sampai ke Jogja tidak membeli kaos dagadu yang sangat terkenal di kota pelajar ini. Kaos dagadu merupakan oleh oleh khas Jogja yang unik dengan ciri khas plesetan lucu khas Jogja. Jadi, tidak akan sia-sia jika kamu membeli kaos dagadu untuk dijadikan buah tangan. Dagadu sendiri merupakan bahasa walikan/bahasa gaul khas Jogja yang berarti “matamu’. Kaos unik ini bisa ditemukan di Mall Malioboro, Yogyatourium Dagadu Jalan Gedongkuning 128, Yogyakarta serta di Ambarukmo Plaza.

 

Itulah oleh oleh khas Jogja yang dapat admin bahas kali ini. Sebenarnya banyak sekali oleh oleh khas Jogja yang belum admin sampaikan, namun lain lagi ceritanya jika membahas lebih banyak. Yang dibahas kali ini kan oleh oleh khas Jogja yang paling terkenal, jadi semoga lain kali admin dapat melanjutkan tentang oleh oleh khas Jogja lainnya.

Baca Juga:

Tuliskan Komentarmu