Manfaat Cuka Apel

Cuka apel (Apple Cider Vinegar) merupakan hasil fermentasi dari sari buah apel segar menjadi alkohol dengan mencampur bakteri dan ragi. Kandungan gula sari apel diubah menjadi asam asetat oleh bakteri penghasil asam asetat. Setelah itu, sari buah apel akan berubah menjadi berwarna kecoklatan ketika proses fermentasi telah selesai dan cuka apel tersebut akan memiliki bau yang menyengat serta tajam.

Tidak hanya digunakan sebagai bahan masakan dan minuman tetapi juga dapat digunakan untuk merawat kulit wajah. Manfaat cuka apel memang sudah terkenal sejak dahulu untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah, ya tentu begitu karena cuka apel dipercaya sangat ampuh dalam mengatasi hal ini.

Bagi yang memiliki aktivitas luar yang sangat padat pasti tidak dapat menghindari yang namanya debu, polusi, dan kotoran. Akibatnya wajah menjadi berkerut, kusam, bahkan berjerawat, sehingga mengurangi kesehatan kulit wajah dan mengurangi rasa percaya diri. Tenang saja, kamu bisa mencoba mengatasi semua masalah itu dengan cuka apel. Untuk itu, kenalilah berbagai macam manfaat cuka apel untuk kulit wajah sebagai berikut.

Baca Juga Manfaat Teh Hijau

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

pixabay.com

 

Mencegah Jerawat

Katakan tidak pada jerawat, dengan menggunakan cuka apel secara rutin akan membantu mengobati dan mengatasi masalah jerawat. Cuka apel sendiri dapat membantu mengembalikan dan menjaga keseimbangan pH (potensial hydrogen) kulit sehingga jerawat akan teratasi. Selain itu, cuka apel memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang membantu membersihkan dan melawan bakteri penyebab jerawat.

 

Mengurangi Noda Hitam di Wajah

Penuaan dini yang sering dialami sebagian wanita dapat menyebabkan efek yang cukup serius bagi wajah, yaitu munculnya noda hitam pada wajah. Tentunya bagi wanita ingin selalu tampil cantik setiap harinya, maka cuka apel dapat digunakan untuk membantu mengurangi noda hitam. Cukup dengan mencuci muka menggunakan campuran air bersih dan cuka apel.

 

Mencegah dan Melawan Keriput

Efek dari penuaan dini tidak hanya noda hitam tetapi juga dapat membuat wajah cepat keriput dan bergaris. Kepercayaan diri wanita seakan jatuh saat garis-garis halus dan keriput wajah muncul karena mereka beranggapan sudah tua dan tidak cantik lagi. Hal ini dapat diatasi dengan mengaplikasikan cuka apel ke bagian kulit wajah yang keriput dan bergaris.

 

Meredakan Kulit Wajah yang Terbakar

Memang berlibur di luar itu sangat asyik seperti mendaki gunung, ke pantai, atau lainnya. Tetapi masalah kemungkinan muncul adalah kulit wajah kering dan terbakar akibat panas sinar matahari yang menyengat. Dengan mengoleskan campuran cuka apel dan air bersih kepada wajah yang terbakar akan membantu meredakannya.

 

Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

Kulit kamu berminyak dan terlalu kering, kemungkinan besar karena pH yang tidak seimbang. Sumber potasium yang terkandung dalam cuka apel akan membantu menyeimbangkan pH kulit wajah. Produksi minyak yang berlebihan akan menjadi seimbang berkat pH yang normal, sehingga kulit kering dan berminyak akan teratasi.

 

Menghilangkan Racun pada Wajah

Racun yang didapat akibat debu, kotoran, dan polusi yang didapatkan akibat aktifitas bisa menimbulkan racun pada wajah. Akibat racun tersebut kulit wajah akan menjadi rusak, tidak sehat, kusam, dan berjerawat. Untuk itu, kamu dapat mengatasi masalah ini dengan rutin menggunakan cuka apel pada wajah.

 

Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori yang lebar juga salah satu penyebab wajah berminyak. Bagi kamu yang memiliki pori-pori lebar mungkin sangat mengganggu penampilan. Untuk itu, manfaat lain dari cuka apel ini adalah membantu mengecilkan pori-pori wajah sehingga wajah akan terasa lebih lembut dan halus.

 

Sebagai Toner Wajah

Cuka apel sangat bermanfaat sekali untuk digunakan sebagai toner wajah, apalagi bagi orang yang memiliki masalah kulit wajah yang berminyak. Dengan menggunakan toner dari cuka apel minyak berlebih diwajah akan berkurang, membantu mengecilkan pori-pori, wajah akan menjadi lebih kenyal, halus, dan segar.

 

Itulah manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Berikut cara penggunaan cuka apel untuk kulit wajah.

Baca Juga Manfaat Air Putih

Cara Penggunaan

journal.sociolla.com

 

Untuk cara penggunaannya simak dibawah ini:

  • Ambil 1 sendok makan cuka apel dan campurkan dengan 2 sendok makan air bersih atau lebih sesuai takaran yang tepat dengan jenis kulit anda.
  • Oleskan campuran cuka apel tadi ke wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas kencatikan.
  • Diamkan terlebih dahulu sekitar 10 menit dan jangan terlalu lama lalu bilas dengan air hangat.
  • Lakukanlah cara ini secara rutin seminggu 2 kali agar kulit menjadi lebih sehat, cerah, jerawat hilang dan tidak muncul kembali.

 

Jika artikel tersebut bermanfaat bisa kamu coba terapkan sendiri dirumah agar kulit wajah menjadi lebih cantik. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan jumlah takaran cuka apel dan air agar sesuai dengan jenis kulit kamu. Semua itu bertujuan supaya kulit wajah tidak rusak dan iritasi akibat takaran yang salah. Selamat mencoba.

Baca Juga Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Tinggalkan komentar