Manfaat Buah Pinang

Buah pinang, kalau ditempat mimin nama lainnya adalah buah jambe yang kebanyakan digunakan oleh orang tua untuk memperkuat gigi, atau dalam sebutan lainnya ialah nginang. Perlu anda ketahui, bahwa manfaat buah pinang yang memiliki rasa pahit ini ternyata banyak sekali yang dapat diperoleh jika mengonsumsinya. Namun, karena rasanya yang pahit membuat sebagian orang tidak kuat mengonsumsinya langsung, sehingga ada alternatif lain dari pinang yang dibuatkan sebagai ramuan jamu tradisional.

Penasaran kan? Apa saja sih manfaat buah pinang yang masih satu keluarga dengan buah palem ini? Yuk simak selengkapnya sebagai berikut.

Baca Juga :

 

Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan

juraganesia.net

 

  1. Memperkuat Gigi

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa banyak orang yang menggunakan buah pinang untuk memperkuat gigi. Tentu manfaat buah pinang yang satu ini sangat baik sekali, apalagi untuk orang tua agar gigi mereka tetap kuat dan kokoh. Biasanya pinang dicampur dengan sirih lalu dikunyah-kunyah sehingga akan meresap ke seluruh bagian gigi. Tak heran jika orang-orang dulu memiliki gigi yang kuat walaupun sudah tua, ternyata ini rahasianya.

 

  1. Mengatasi Mulut Kering

Bagi orang yang memiliki mulut kering bisa mencoba menggunakan pinang untuk mengatasi mulut kering tersebut. Bagaimana caranya? Caranya ialah, dengan melakukan nginang/nyirih secara teratur. Mulut kering yang rajin menyirih perlahan-lahan akan basah akibat kelenjar ludah yang keluar terus-menerus karena disebabkan dari efek buah pinang.

 

  1. Sebagai Obat Kumur

Banyak dipasaran beredar obat kumur dengan nama-nama perusahaan yang besar, namun kali ini akan membuat obat kumur dari bahan alami. Kuntungan obat kumur dari bahan alami ini tentunya lumayan kan? Yuk tunggu apalagi, buktikan sendiri dirumah.

 

  1. Mengobati Cacingan

Mimin masih ingat waktu kecil dikasih pinang karena dulu  memang pernah mengalami cacingan. Cacingan merupakan penyakit yang biasanya menyerang anak-anak, tetapi juga mungkin terjadi pada orang dewasa. Penderita cacingan akan mengalami kekurangan nutrisi sehingga badan akan menjadi kurus serta kurang tenaga. Untuk itu, salah satu manfaat buah pinang ialah sebagai obat cacingan. Bisa dikonsumsi langsung, atau bisa meminum air rebusan pinang yang dicampur dengan temulawak dan kunyit.

 

  1. Membuat Awet Muda

Memiliki kulit yang awet muda pasti menjadi dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Pasalnya kulit akan terbebas dari berbagai tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus. Dengan mengonsumsi pinang, anda akan mendapatkan kulit cerah, segar, dan terlihat awet muda. Hal ini wajar, sebab buah pinang memang berperan penting untuk mengurangi minyak berlebih dan mencegah komedo.

Baca Juga : Manfaat Cuka Apel (Efektif Untuk Jerawat)

 

  1. Meningkatkan Gairah

Kabar baik nih bagi pasangan suami-istri, karena salah satu manfaat buah pinang itu mampu meningkatkan gairah, tetapi yang belum pasangan sah jangan dicoba yah, takut dosa hehe. Hal ini disebabkan karena buah pinang memiliki senyawa yang sangat baik untuk menstimuli hormon. Untuk penerapannya juga mudah, anda hanya perlu mengonsumsi buah pinang yang masih muda, atau bisa mengonsumsi air rebusan pinang jika makan secara langsung terasa pahit.

 

  1. Mengobati Luka Pada Kulit

Ingat! Manfaat buah pinang bukan mengobati luka dihati, melainkan mengobati luka pada kulit. Yang baru patah hati jangan baper yah hehe. Pinang memang dipercaya dapat mengobati luka pada kulit karena sifatnya yang mampu meregenerasi kulit secara cepat. Caranya ialah dengan membalurkan buah pinang yang telah ditumbuk halus pada kulit yang terluka. Cukup mudah bukan?.

 

  1. Mengatasi Sakit Pinggang

Sakit pinggang sering kali membuat penderitanya merasakan sakit yang luar biasa, bisa terjadi akibat kelelahan maupun kebanyakan duduk. Untuk itu, rebuslah 2 buah pinang dengan 2 gelas air bersih, tambahkan gula aren dan kunyit yang di geprek sedikit saja, biarkan saja mendidih sampai air rebusan menyusut menjadi segelas. Saringlah hasil rebusan tersebut lalu minum secara rutin 2 kali sehari. Atau bisa mengoleskan daun pinang yang telah ditumbuk pada bagian punggung yang sakit.

 

  1. Mengobati Difteri

Apa itu difteri? Difteri adalah penyakit yang berbahaya karena menyerang pada bagian saluran pernapasan. Gunakan buah pinang untuk mengobati penyakit berbahaya ini dengan cara meminum ramuan buah pinang. Cara membuat ramuannya juga mudah, cukup rebus 2 pinang muda sampai mendidih, lalu saring air rebusan tadi, campurkan dengan 1 sdm madu, aduk hingga rata lalu minum sampai habis minimal 1 kali sehari.

 

  1. Mengencangkan Organ Intim

Salah satu manfaat buah pinang juga baik untuk wanita, yaitu untuk mengencangkan organ intim. Wanita sesudah melahirkan biasanya pada bagian intimnya akan terasa lebih longgar. Tentu hal ini bisa saja membuat tidak nyaman. Untuk itu, tumbuklah buah pinang muda sampai halus, lalu oleskan cairan pinang yang telah ditumbuk tadi pada organ intim. Gunakanlah secara teratur, sebab pinang baik untuk membantu pemulihan organ intim.

 

  1. Mengatasi Rabun Mata

Rabun mata merupakan penyakit yang cukup merepotkan di mana si penderita tidak bisa melihat dengan jelas tanpa bantuan kacamata. Anda bisa menggunakan buah pinang untuk membantu mengurangi rabun mata anda. Caranya, kunyahlah buah pinang muda dan hisap airnya saja sampai pinang tersebut benar-benar kering dan menjadi ampas. Jangan lupa ampas tersebut dibuang, jangan malah dimakan.

 

  1. Mencegah Pendarahan

Pendarahan memang bermacam-macam sekali penyebabnya, seperti luka, mimisan atau kudis. Untuk mengatasi hal-hal tersebut, anda bisa mengonsumsi air rebusan pinang dengan rutin hingga luka benar-benar mengering. Jika perlu, lakukan hal ini secara berulang sampai luka mengering.

Baca Juga :

 

Itulah beberapa manfaat buah pinang untuk kesehatan pada kali ini. Hal ini tidak mengedepankan pinang sebagai obat utama, melainkan sebagai alternatif obat alami lainnya. Gunakanlah buah pinang sesuai dengan aturan agar tidak menimbulkan efek samping yang justru merepotkan nantinya.

Tinggalkan komentar