Manfaat Kopi Hitam

Tahukah anda, bahwa manfaat kopi hitam itu sangat banyak sekali untuk kesehatan walaupun rasanya pahit. Tentu hal ini menjadi kabar gembira bagi para pencinta kopi di seluruh wilayah Indonesia. Seperti yang anda ketahui, wilayah Indonesia sangat luas sekali dan memiliki iklim tropis yang membuat tanaman tumbuh subur. Banyak jenis kopi yang tumbuh di Indonesia dengan ciri khas dan rasa yang berbeda-beda karena memang seperti itulah kopi Indonesia.

Saat ini kopi menjadi booming sekali terutama bagi kalangan anak muda yang suka nongkrong sambil minum kopi. Ya, tentu sangat menguntungkan sekali bagi si penjual kopi karena bisa meraup penghasilan yang tidak sedikit. Kreativitas yang disajikan oleh Barista (Pelayan Bar) membuat nilai suatu kopi semakin tinggi. Misalnya kopi hitam, memang kopi hitam tidak seenak expresso atau lainnya, namun berkat kreativitas si Barista membuat kopi hitam terasa lebih enak.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai manfaat kopi hitam untuk kesehatan. Akan tetapi, mengonsumsi kopi itu harus diperhatikan takarannya karena kopi mengandung kafein, akan bahaya bagi kesehatan jika kafein yang masuk ke tubuh terlalu banyak. Yuk! Simak manfaat kopi hitam sebagai berikut.

Baca juga :

 

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan

  1. Mengatasi Depresi

pixabay.com

Stress atau depresi sering kali menyerang banyak orang, terutama seorang pekerja berat yang banyak pikiran. Dengan minum secangkir kopi dapat membuat anda lebih rileks, lebih fokus, membuat daya tangkap lebih cepat dan mengurangi stress. Hal ini disebabkan oleh kafein yang terkandung dalam kopi, karena kafein tersebut dapat mempercepat kerja otak lebih baik dari sebelumnya.

 

  1. Mencegah Rasa Kantuk

pixabay.com

Tidak perlu di pungkiri kembali juga sudah banyak yang tahu bahwa salah satu manfaat kopi hitam itu mencegah rasa kantuk. Tentu hal ini bisa terjadi karena kafein yang terkandung pada kopi. Seperti penjelasan diatas, kopi akan membuat otak bekerja lebih aktif karena kafein, tetapi kafein juga membuat rasa kantuk hilang setelah meminumnya.

 

  1. Memperlancar Metabolisme Tubuh

ibudanmama.com

Kopi juga bermanfaat bagi kaum perempuan yang sedang melaksanakan program diet atau menurunkan berat badan. Kopi hitam akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kopi hitam cocok sekali sebagi minuman pendukung diet. Ayo jangan sungkan untuk rutin minum kopi hitam, ingin memiliki tubuh ideal yang menjadi idaman bukan?

 

  1. Meredakan Sakit Kepala

pixabay.com

Sakit kepala merupakan penyakit yang terjadi sewaktu-waktu tanpa adanya tanda-tanda terlebih dahulu. Sakit kepala bisa terjadi karena peradangan, atau pembengkakan pembuluh darah yang membuat aliran darah kurang lancar. Tenang saja, jika anda menemui masalah tersebut solusinya adalah minum secangkir kopi hitam untuk meringankan sakit kepala.

 

  1. Menyehatkan Organ Hati

jambur.com

Selain mengatasi stress, kopi hitam juga dapat menyehatkan organ hati loh. Dengan mengonsumsi kopi hitam, anda akan mendapatkan manfaat yang baik seperti mencegah kanker, penyakit hati, hepatitis dan sirosis hati. Kopi hitam sendiri memang dipercaya baik untuk meningkatkan dan memperbaiki kondisi organ hati. Menurut sumber lain, meminum kopi hitam sebanyak 4 cangkir akan membantu proses detoksifikasi pada organ hati.

 

  1. Mencegah Kanker

tabloidbintang.com

Mendengarnya saja sudah membuat merinding karena kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Banyak penyakit kanker yang dapat dicegah oleh kopi, antara lain : kanker hati, kanker payudara, kanker usus, kanker kulit, dan lainnya. Kanker bisa saja terjadi akibat diri sendiri yang kurang perhatian pada kesehatan, misal kanker kulit. Kanker kulit merupakan penyakit yang disebabkan karena pancaran sinar ultraviolet (UV) berlebih pada tubuh.

 

  1. Mencegah Penyakit Jantung

pixabay.com

Salah satu manfaat kopi hitam yang paling bermanfaat bagi tubuh adalah mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kopi hitam mengandung kalium yang sangat baik untuk menjadikan otot-otot jantung lebih kuat. Jantung sendiri merupakan organ tubuh yang berfungsi mengalirkan darah keseluruh tubuh, sehingga sangat disarankan untuk tetap dijaga kesehatannya agar kinerja jantung tetap stabil.

 

  1. Sebagai Sumber Antioksidan

otcdigest.id

Kopi hitam juga sebagai sumber antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Antioksidan ialah zat alami yang asalnya dari tubuh dan berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Biasanya untuk mendapatkan sumber antioksidan harus mengonsumsi buah dan sayuran, tetapi ada juga yang tidak suka mengonsumsi buah dan sayuran sehingga kopi cocok sekali sebagai alternatif masalah tersebut.

 

  1. Mengurangi Risiko Diabetes

pixabay.com

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan akibat tubuh kekurangan hormon insulin yang mengatur kadar gula dalam darah. Selain itu, diabetes bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat sehingga memicu terjadinya diabetes. Kabar baiknya, kopi hitam dapat membantu mencegah diabetes asalkan tidak memakai gula dan mengonsumsinya secara teratur.

 

  1. Meningkatkan Stamina

pixabay.com

Ternyata minum kopi hitam sebelum olahraga dapat membantu meningkatkan stamina loh. Setelah minum kopi, stamina akan lebih besar karena kafein pada kopi berperan untuk menyimpan energi saat olahraga. Selain itu, kadar Epinefrin (Adrenalin) pada darah akan meningkat sehingga tubuh siap untuk melakukan aktivitas berat seperti olahraga.

 

  1. Mencegah Parkinson dan Alzheimer

pixabay.com

Parkinson dan Alzheimer merupakan jenis penyakit neurodegeneratif yang membuat si penderita mengalami penurunan fungsi saraf, demensia, perubahan kepribadian, hingga hilang ingatan. Untuk mencegah kedua penyakit ini sebaiknya rutin mengonsumsi kopi hitam setiap hari. Menurut sebuah penelitian juga diterangkan bahwa orang yang rutin minum kopi akan mengurangi risiko terkena Parkinson dan Alzheimer.

 

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

solusikesehatankita.wordpress.com

Tulang merupakan komponen penting dalam tubuh yang wajib dijaga kesehatannya. Apabila tulang kekurangan kalsium dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit tulang, apalagi pada usia yang tidak muda lagi alias sudah tua. Kopi sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan kesehatan tulang karena mengandung kalsium yang mampu mencegah penyakit tulang.

 

Demikianlah artikel tentang manfaat kopi hitam untuk kesehatan pada kali ini, semoga bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat. Namun, mengonsumsi kopi hitam harus sesuai batasannya supaya tidak malah menimbulkan gangguan kesehatan. Jika artikel ini bermanfaat, silakan anda bagikan agar yang lain juga mendapatkan manfaat dari apa yang anda tahu.

Baca Juga :

Tuliskan Komentarmu