Cara Diet Alami

Pada zaman modern ini menemukan makanan cepat saji atau junk food memang sangat mudah. Banyak sekali makanan-makanan yang enak tetapi malah menimbulkan penyakit seperti obesitas. Kelebihan berat badan (obesitas) juga dapat menimbulkan penyakit lainnya seperti diabetes, kolesterol, bahkan penyakit jantung. Diet menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan, baik dengan ramuan atau dengan cara diet alami tanpa obat.

Penjual obat atau ramuan pelangsing pun banyak bermunculan. Tentunya pemakaian obat atau ramuan pelangsing bisa saja menimbulkan efek samping.  Maka solusinya adalah diet secara alami yang pastinya aman. Sebelum membahas cara diet alami, perlu diketahui apa saja penyakit yang akan ditimbulkan bagi penderita obesitas.

 

Penyakit Yang Akan Muncul Bagi Penderita Obesitas

 

  1. Obesitas

Obesitas menurut kesehatan ialah saat berat badan seseorang mencapai 15 persen dari berat badan ideal pada umumnya. Obesitas juga dibagi menjadi 3 yaitu: obesitas ringan, obesitas sedang, dan obesitas berat. Obesitas ringan yaitu saat berat badan mencapai 20 sampai 40 persen dari berat badan idealnya. Obesitas sedang yaitu saat berat badan mencapai 41 sampai 100 persen dari berat badan idealnya. Obesitas berat yaitu saat berat badan mencapai 100 persen dari berat badan idealnya.

hellosehat.com

 

  1. Penyakit Jantung

Obesitas juga dapat menyebabkan penyakit jantung karena pembuluh darah pada jantung tersumbat oleh lemak yang berlebihan. Hal ini juga dapat menyebabkan serangan jantung koroner. Gejalanya pun sangat beragam antara lain: rasa sakit pada bagian dada, leher terasa tercekik sampai ke lengan kiri, rasa sakit pada ulu hati, denyut nadi mulai melemah, jumlah produksi keringat meningkat pesat dan cepat.

pixabay.com

 

  1. Gangguan Otak

Obesitas juga dapat memengaruhi kerja otak karena berbagai macam hal:

  • Kerja sistem imun berubah, risiko terjadinya inflamasi meningkat, sehingga memengaruhi otak dan merusak beberapa bagian yang memengaruhi suasana hati berubah, maka sulit mengendalikan kebiasaan makan berlebihan.
  • Tubuh dan pikiran menjadi mudah stress akibat obesitas, hal ini sering disebut dengan Demensia, karena ukuran otak mengecil akibat lemak di perut.
  • Lemak menyebabkan inflamasi sehingga membuat seseorang hilang ingatan atau rusak memorinya akibat inflamasi pada bagian kognitif.
pixabay.com

 

  1. Diabetes

Diabetes juga menjadi penyakit yang berbahaya pada penderita obesitas, karena adanya insulin yang dihasilkan dari pankreas dan terganggu oleh berbagai macam komplikasi obesitas sehingga kinerjanya tidak maksimal untuk menyerap glukosa. Kinerja insulin yang tidak stabil dapat menghasilkan insulin yang berlebih dan efeknya mengakibatkan kemampuan pankreas menurun untuk memproduksi insulin.

medicalnewstoday.com

 

  1. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga terjadi pada obesitas. Akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan penyebab darah tinggi, berlemak, dan berkolesterol  yang memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah hingga tekanan darah.

1tulah.com

 

  1. Gangguan Saluran Pernapasan

Penimbunan lemak yang berlebih pada bagian bawah diafragma dan pada bagian dinding dada sampai menekan paru-paru yang dapat mengganggu saluran pernapasan. Gangguan saluran pernapasan yang sering berhenti sementara pada saat tidur disebut obstructive sleep apnea. Tentunya hal itu sangat mengganggu bagi penderita obesitas.

hellosehat.com

 

  1. Stroke

Risiko memiliki tubuh obesitas juga rentan terkena stroke, karena didalam tubuhnya memiliki kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan juga diabetes dapat memicu stroke.

medicalnewstoday.com

 

Cara Diet Alami

 

  1. Perbanyak Porsi Sarapan di Pagi Hari

Kenapa harus perbanyak sarapan, karena dengan memperbanyak porsi sarapan akan terjadi penurunan hormon kelaparan (ghrelin). Sehingga sebelum waktunya makan siang tidak tergoda oleh camilan yang dapat merusak program diet anda.

pixabay.com

 

  1. Pilih Makanan Yang Tepat dan Atur Porsinya

Makanan juga penting sangat penting untuk kelancaran diet. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah makanan yang tidak mengandung lemak dan gula tinggi, serta hindari makan gorengan dan makanan kemasan. Makanan tersebut memang dapat membahayakan tubuh dan merusak program diet anda, sebaiknya atur pola makan dengan perbanyak makan sayur dan buah. Nasi atau lauk juga agak dikurangi agar proses diet lancar.

pixabay.com

Untuk mengatur porsi bisa dikonsultasikan ke ahli gizi. Kenapa harus ke ahli gizi, karena setiap kebutuhan gizi di setiap orang itu berbeda. Atau mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang antara vitamin, karbohidrat, lemak, protein, dan mineral.

 

  1. Jangan Telat Makan Yang Dapat Mengakibatkan Kelaparan

Sering kali banyak orang yang berniat untuk diet dengan cara menahan lapar tetapi malah balas dendam dengan makan yang berlebihan. Untuk itu, jangan biarkan tubuh anda kelaparan karena akan sulit mengendalikan nafsu pada saat makan nantinya. Untuk mengantisipasinya sediakan bekal yang sehat agar tubuh tidak kelaparan.

pixabay.com

 

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih berperan penting karena mineral yang terkandung didalamnya sehingga dapat membantu proses diet anda. Oleh karena itu, setidaknya mengonsumsi 8 gelas sehari atau setara 2 liter air putih.

hellosehat.com

 

  1. Rutin Olahraga

Dengan olahraga akan membantu membakar lemak yang ada dalam tubuh sehingga secara alami berat badan akan turun. Bagi anda yang tidak pernah olahraga maka mulailah paling tidak 30 menit setiap harinya. Olahraga yang mudah dan cocok untuk menurunkan berat badan ialah jalan santai, jogging, senam aerobik, shit up, push up, atau lainnya.

pixabay.com

 

  1. Berpikir Optimis

Janganlah berpikiran terlalu berat yang dapat mengakibatkan stress, atau membayangkan lezatnya suatu makanan yang justru berbahaya. Maka berpikirlah optimis untuk melancarkan program diet anda.

pixabay.com

 

  1. Tidur Yang Cukup

Karena terlalu banyak aktivitas seperti olahraga diatas, maka tidurlah yang cukup setidaknya 6 sampai 8 jam sehari. Kurang tidur dapat mengakibatkan kesehatan berkurang dan rentan terhadap diabetes. Untuk itu, mulailah memperbaiki kebiasaan begadang untuk tidur yang cukup.

pixabay.com

 

  1. Perbanyak Konsumsi Makanan Kaya Akan Serat

Makanan berserat sangat baik karena memiliki manfaat yang sangat banyak termasuk menurunkan berat badan. Makanan yang banyak mengandung serat banyak juga mudah dijumpai antara lain: pisang, kacang polong, pepaya, brokoli, alpukat, pir, jagung, kubis, dan juga beras merah.

pixabay.com

 

  1. Kurangilah Mengonsumsi Garam

Makanan yang gurih dan mengandung banyak garam juga dapat membuat tubuh rusak, karena kesusahan memproses metabolisme lemak akibat konsumsi sodium yang terlalu banyak. Biasakanlah memasak tanpa menggunakan garam atau bisa mengganti dengan cottage cheese untuk memberikan rasa gurih.

pixabay.com

 

  1. Membiasakan Pola Hidup Sehat

Dengan pola hidup sehat, kesehatan akan lebih terjaga dan program diet yang anda lakukan akan lebih membuahkan hasil. Beberapa cara diatas juga sudah termasuk pola hidup sehat, maka jangan sungkan untuk melakukannya.

pixabay.com

Itulah beberapa tips diet secara alami semoga bermanfaat dan membuahkan hasil bagi orang yang sedang melakukan diet. Akan tetapi, jangan buat diet menjadi beban karena harus olahraga, konsumsi ini dan itu. Semua itu anda yang akan merasakan manfaatnya, anda sehat keluarga pun senang.

Baca Juga Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Tinggalkan komentar