Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan pola makan sehat yang dipopulerkan sejak tahun 1955 oleh pemerintah. Pasti waktu kecil pernah mendapatkan pelajaran tentang makanan 4 sehat 5 sempurna ini. Makanan yang dibagi atas dasar 4 sumber nutrisi yang sangat penting, mulai dari makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan menjadi 5 sempurna jika ditambah dengan susu bila mana mampu.

Konsep makanan 4 sehat 5 sempurna ini menekankan betapa pentingnya 4 golongan makanan sebagai sumber nutrisi berupa kalori sebagai tenaga, protein untuk pertumbuhan, serta sayur dan buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral yang baik bagi pemeliharaan tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa makanan merupakan sumber utama yang dibutuhkan oleh tubuh agar semua organ tubuh berkembang dan bekerja dengan baik.

Oleh karena itu, pada kali ini mimin akan membahas mengenai apa saja menu makanan 4 sehat 5 sempurna ini barang kali sudah lupa hehe. Yuk simak selengkapnya sebagai berikut.

Baca Juga :

 

Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Beserta Contohnya

Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna via samishare.com

 

  1. Makanan Pokok

Makanan Pokok via inspiradata.com

Makanan pokok merupakan makanan yang sangat penting bagi tubuh sebagai sumber energi. Makanan yang memiliki sumber energi yang diperlukan tubuh merupakan makanan yang kaya akan karbohidrat. Karbohidrat sendiri berperan untuk meningkatkan dan menjaga energi yang ada pada tubuh. Apa saja sih makanan pokok yang kaya akan karbohidrat. Berikut contoh makanan yang kaya akan karbohidrat:

  • Nasi putih/ Nasi merah
  • Jagung
  • Gandum
  • Sagu
  • Kentang, singkong
  • Oat
  • Umbi-umbian
  • Roti

Kebanyakan orang Indonesia mengonsumsi Nasi sebagai makanan pokoknya karena memang nasi sumber karbohidrat yang baik sekali bagi tubuh. Tak hanya nasi putih saja, ternyata nasi merah juga memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang lebih tinggi dari nasi putih.

Jika anda tidak suka dengan nasi putih maupun nasi merah, anda bisa mencukupi kebutuhan karbohidrat dengan makanan pokok lain diatas.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

 

  1. Lauk Pauk

Lauk Pauk via raramahalia.blogspot.com

Lauk pauk merupakan makanan pendamping makanan pokok yang berguna sebagai sumber utama zat pembangun bagi tubuh. Makanan lauk pauk ialah makanan yang memiliki kandungan protein yang tak lain berguna untuk membangun jaringan tubuh baru, mengganti jaringan tubuh yang rusak, melarutkan berbagai vitamin, memelihara keseimbangan terhadap asam basa, dan membangun bagian sel-sel tertentu. Beberapa contoh makanan lauk pauk yang banyak mengandung protein ialah sebagai berikut:

  • Ikan: ikan merupakan lauk pauk yang banyak dikonsumsi karena mengandung protein nabati dan omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak. Ikan yang sangat baik dikonsumsi ialah ikan salmon dan tuna.
  • Daging Ayam, Sapi Kambing, dan Bebek: Tak hanya daging ikan, daging dari hewan juga baik sekali untuk tubuh. Fenomena sekarang ini lauk pauk daging yang paling digemari masyarakat ialah daging ayam. Ayam memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein hewani dan lemak. Namun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi ayam setiap hari karena hal itu kurang baik untuk tubuh.
  • Telur: sumber protein juga bisa didapatkan dari telur, terutama pada bagian kuning telur. Protein yang ada pada telur dipercaya mampu memperkuat jaringan otot dan mengatur keasaman pH pada tubuh karena mengandung magnesium yang baik untuk tubuh.
  • Tahu dan Tempe: orang Indonesia pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini karena merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia. Tahu dan tempe menjadi makanan favorit karena harganya yang murah, pengolahannya yang mudah, dan memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh.

Baca Juga : Peluang Usaha Makanan Yang Menjanjikan

 

  1. Sayur-sayuran

Sayuran via pixabay.com

Sayur-sayuran sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh agar tetap sehat, terutama pada masa pertumbuhan dan perkembangan. Menurut para ahli, sayuran yang baik biasanya yang berwarna hijau dan segar. Warna hijau pada sayur menandakan bahwa sayuran tersebut memiliki kandungan klorofil sebagai sumber antioksidan, serta memiliki kandungan isothiocynate dan sulfarophane yang memiliki sifat anti kanker. Berikut beberapa macam sayuran yang banyak manfaatnya:

  • Sawi: pada sawi mengandung zat hijau yang bisa membuat tulang lebih sehat, baik untuk diabetes, mencegah kanker, menyehatkan kulit dan rambut, serta membantu suasana hati lebih baik dan tidur lebih nyenyak. Sawi juga memiliki kandungan lain seperti vitamin K yang juga mengandung folat, thiamin, kalium dan niacin fosfor.
  • Wortel: wortel sangat baik untuk baik sekali bagi tubuh terutama untuk kesehatan mata. Wortel memiliki kandungan beta karoten, zeaxathin, serta vitamin C yang ada pada warna kuning/orange wortel. Kalium pada sayuran kuning bisa menurunkan tekanan darah tinggi, memperlancar metabolisme tubuh, serta meningkatkan insulin dalam darah.
  • Kubis, brokoli, kembang kol: ketiga sayuran ini memiliki kandungan indoles tinggi yang berguna sebagai perlindungan anti kanker seperti pada usus dan payudara. Selain itu, kembang kol dan juga brokoli memiliki kandungan flavanoid yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat sayuran secara umum ialah:

  • Sumber serat yang baik: dengan mengonsumsi sayuran setiap hari akan membuat pencernaan lebih lancar. Serat yang ada pada sayur juga mampu mencegah wasir dan sembelit karena berfungsi menyerap air ekstra pada usus.
  • Anti kanker: sayuran juga bisa disebut sumber antioksidan yang dapat mengurangi risiko kanker. Hal ini karena pada sayur terdapat indoles atau zat pelindung anti kanker.
  • Protein dan asam amino: asam amino merupakan zat yang berguna untuk mengganti protein yang hilang. Sayuran yang banyak mengandung asam amino ialah bayam dan kacang-kacangan.

Baca Juga : Cara Menanam Sayuran Hidroponik

 

  1. Buah-buahan

Buah-buahan via pixabay.com

Buah-buahan ialah makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral, serta memiliki kandungan air dan serat yang tinggi sehingga baik sekali untuk membuat pencernaan lebih sehat. Hampir semua jenis buah-buahan berperan baik dalam kesehatan tubuh sehingga dapat menjaga tubuh tetap bugar. Adapun manfaat buah berdasarkan dari warnanya sebagai berikut:

  • Buah warna hijau: buah warna hijau memiliki beberapa kandungan antara lain vitamin C, folat, beta karoten dan kalsium. Vitamin dari buah warna hijau sendiri mampu mendukung kesehatan mata, menurunkan kolesterol, menstabilkan waktu pencernaan dan untuk melawan radikal bebas.
  • Buah warna kuning: pada buah berwarna kuning memiliki berbagai kandungan seperti beta karoten, vitamin C dan kalium. Kalium tersebut dipercaya mampu melancarkan metabolisme tubuh dan menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, warna kuning pada buah juga memiliki sifat anti kanker sehingga efektif untuk penyakit kanker.
  • Buah warna ungu: buah berwarna ungu sangat baik untuk kesehatan antara lain memiliki kandungan magnesium yang berfungsi melancarkan pencernaan serta menurunkan kadar kolesterol. Tak hanya itu, buah warna ungu juga bermanfaat untuk mencegah peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Buah warna merah: buah warna merah memiliki kandungan ellagic dan hesperidin yang mampu mencegah kanker dan menghambat radikal bebas pada tubuh.

Baca Juga : Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan

 

  1. Susu

Susu via pixabay.com

Susu merupakan penyempurna atau pelengkap dari 4 makanan sehat diatas. Susu dianggap sebagai penyempurna karena memiliki kandungan yang bisa mencukupi kebutuhan gizi. Dalam susu terdapat kalsium, vitamin A, vitamin B12, vitamin D, fosfor, protein hewani, dan lainnya. Susu memiliki berbagai manfaat antara lain untuk mencegah kanker usus, mencegah kerusakan gigi, membentuk otot, melancarkan pencernaan, mencegah risiko penyakit jantung, mencegah osteoporosis dan menghaluskan kulit.

Ada juga susu rendah lemak yang bisa dikonsumsi jika anda kelebihan berat badan dan takut gemuk sebagai berikut:

  • Susu kedelai: susu kedelai memiliki lemak jenuh rendah sehingga cocok sekali untuk orang yang sedang diet sebagai pengganti susu sapi.
  • Susu almond: jika anda memiliki alergi pada laktosa bisa mengonsumsi susu almond ini. Pada umumnya mengonsumsi laktosa berlebih akan berefek pada produksi gas dan diare.
  • Susu kambing: susu kambing memiliki sifat anti alergi yang juga baik untuk tubuh. Hal ini karena pada susu kambing terdapat 170 kalori, 27 mg kolesterol dan 10 gram lemak.
  • Susu sapi: susu sapi merupakan susu yang banyak mengandung kalori sekitar 80-150 kalori. Oleh sebab itu susu sapi sangat cocok untuk mengurangi stress dan menambah energi saat PMS bagi wanita.

Baca Juga :

Untuk mendapatkan tubuh sehat jangan lupa untuk rutin mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna ini yah guys. Dengan begitu nutrisi yang dibutuhkan tubuh akan terpenuhi sehingga saat beraktivitas akan selalu merasa bahagia karena tubuh yang sehat. Jangan lupa untuk selalu imbangi dengan air putih yang kaya sekali akan manfaatnya.

Tuliskan Komentarmu