Manfaat Yoghurt

Siapa sih yang nggak kenal Yoghurt? Makanan yang berbahan dasar susu yang memiliki rasa asam dan tekstur yang kental dan kenyal karena proses fermentasi laktosa (gula susu) menjadi asam laktat ini. Perlu kamu ketahui bahwa ternyata banyak sekali manfaat yoghurt yang akan didapatkan jika mengonsumsinya. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi semua orang, sebab selain rasanya yang enak tubuh juga akan menjadi lebih sehat dan kuat.

Yoghurt dipercaya baik bagi kesehatan tubuh karena memiliki banyak kandungan seperti protein hewani, riboflavin, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, kalsium, potasium, fosforus, magnesium, dan masih banyak lainnya. Sungguh melimpah sekali kandungannya bukan? Selain itu yoghurt juga termasuk kedalam makanan probiotik atau yang berarti bakteri baik. Sejumlah organisme baik yang hidup pada yoghurt mampu memberikan efek positif bagi kesehatan apabila sesuai anjuran.

Apa saja sih manfaat yoghurt bagi kesehatan tersebut? Yuk simak selengkapnya sebagai berikut

Baca Juga:

 

Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan

Yoghurt via pixabay.com

 

  1. Bagus Untuk Pencernaan

Salah satu manfaat yoghurt yang sangat baik bagi tubuh ialah untuk membantu mengatasi masalah pencernaan. Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa yoghurt mengandung bakteri baik, nah salah satu fungsi bakteri tersebut yaitu membantu mengatasi gangguan pencernaan sehingga usus akan lebih lancar dan terawat.

 

  1. Sumber Vitamin

Mengonsumsi yoghurt akan membantu memenuhi segala vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dari penjelasan diatas sudah tertulis jelas kandungan-kandungan yang terdapat pada yoghurt. Tak heran jika ada yang mengemukakan bahwa mengonsumsi lebih banyak yoghurt akan membantu memenuhi segala nutrisi bagi tubuh.

 

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Memang yoghurt dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi, hal ini disebabkan karena dalam yoghurt memiliki kalium yang bagus untuk menurunkan tekanan darah. Biasanya dalam tubuh akan ditemukan natrium yang merupakan mineral penyebab tekanan darah meningkat. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi 2-3 porsi yoghurt perhari kalium yang terkandung didalamnya akan membantu menurunkan tekanan darah hingga 50% daripada yang tidak mengonsumsi yoghurt.

 

  1. Menurunkan Berat Badan

Kabar baik nih bagi yang menginginkan berat badan, kini dengan mengonsumsi yoghurt secara rutin mampu membantu menurunkan berat badan. Selain untuk menurunkan tekanan darah, kalium juga berfungsi untuk membakar lemak yang ada pada tubuh. Jadi sangat cocok sekali jika yoghurt dijadikan menu diet sehat yang pastinya enak dan nggak bakalan bikin perut terasa mual. Akan lebih lengkap jika kamu menyajikannya dengan buah-buahan yang juga kaya akan vitamin.

 

  1. Menunda Lapar

Salah satu manfaat yoghurt yang baik untuk membantu menurunkan berat badan ialah mampu membuat perut kenyang lebih lama. Hal ini sangat baik sebab mengonsumsi yoghurt akan lebih efektif menunda rasa lapar jika dibandingkan makanan lainnya. Jadi bagi yang sedang menjalankan proses diet boleh dicoba nih, siapa tau cocok.

 

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan kondisi di mana kualitas jaringan tulang menurun sehingga tulang akan menjadi rapuh. Memang penyakit ini banyak dialami oleh orang yang sudah lanjut usia, namun tidak ada salahnya jika selagi muda menjaga kesehatan tulang agar tidak terkena osteoporosis. Hal ini juga dibuktikan oleh sejumlah penelitian yang menunjukkan jika seseorang rutin mengonsumsi yoghurt cenderung memiliki kekuatan dan kepadatan tulang yang jauh lebih baik.

 

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kadungan magnesium, selenium dan zinc yang terdapat pada yoghurt dipercaya mampu menjaga dan memperkuat sistem imunisasi atau kekebalan tubuh. Jadi dengan yoghurt sistem kekebalan tubuh akan meningkat, lebih kebal terhadap infeksi dan virus, serta mampu membuat penyembuhan lebih cepat ketika sakit. Untuk mendapatkan manfaat yoghurt yang satu ini setidaknya cukup dengan mengonsumsi yoghurt setiap hari minimal 400 gram.

Baca Juga:

 

  1. Sumber Energi Setelah Berolahraga

Olahraga pastinya sering dilakukan oleh banyak orang. Tahukah anda bahwa setelah berolahraga energi yang ada dalam tubuh berkurang, untuk itu yoghurt mampu menggantikan energi anda yang terkuras selama berolahraga. Terlebih baik lagi jika setelah itu ditambah minum segelas air putih karena akan mempercepat proses rehidrasi pada tubuh.

 

  1. Mengatasi Jerawat

Yoghurt juga sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan pada kulit wajah salah satunya ialah jerawat. Hal ini dikarenakan karena vitamin dan mineral pada yoghurt mampu menekan berkembangnya bakteri penyebab jerawat pada wajah. Caranya juga cukup mudah, bisa anda gunakan sebagai masker wajah atau juga bisa dikonsumsi secara langsung.

 

  1. Mencerahkan dan Menyegarkan Kulit Wajah

Tidak hanya untuk jerawat, salah satu manfaat yoghurt yang bisa dirasakan oleh kulit wajah ialah dapat membantu mencerahkan kulit wajah secara alami. Yoghurt bisa melakukan semua itu karena memiliki kandungan hydroxyl dan lactic acid yang bisa melembutkan dan menjadikan kulit lembap. Hal ini membuat kulit wajah terasa lebih segar dan perlahan-lahan akan lebih cerah secara alami.

 

  1. Mencegah Penuaan Dini

Memiliki garis halus, kulit keriput, dan noda hitam pada wajah merupakan tanda-tanda bahwa anda sudah tidak muda lagi. Namun tak jarang orang yang masih memiliki usia muda juga mengalami ini yang biasa disebut penuaan dini. Salah satu solusi yang bisa anda lakukan ialah dengan menggunakan yoghurt sebagai masker wajah. Selain dapat mencegah penuaan dini ternyata yoghurt juga dapat menangkal radikal bebas yang masuk pada tubuh loh.

 

  1. Mengatasi Lingkar Hitam di Bawah Mata

Lingkaran hitam di bawah mata atau yang sering disebut mata panda memang kerap kali dimiliki oleh banyak orang. Tak lain ialah akibat mata terlalu lelah dan bisa karena efek begadang. Untuk itu tak perlu mahal mencari obatnya, cukup mengoleskan yoghurt pada bagian mata akan membantu mengurangi lingkar hitam tersebut. Selanjutnya pijatlah secara lembut agar yoghurt merata, setelah itu diamkan sekitar 30 menit baru bilas sampai bersih.

 

  1. Meredakan Kulit Yang Terbakar Sinar Matahari

Hati-hati jika cuaca sedang terik sekali karena bisa membuat kulit anda terbakar loh. Kulit terbakar akan nampak seperti gosong, kemerah-merahan, dan terasa perih apabila tersentuh sedikit saja. Untuk meredakan kulit terbakar, anda bisa menggunakan yoghurt yang dicampur dengan essential oil seperti lavender atau peppermint pada kulit yang terbakar.

 

  1. Sebagai Conditioner Rambut

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh dan kulit, kesehatan rambut juga bisa didapatkan melalui yoghurt. Memang tidak banyak yang tahu bahwa yoghurt bisa digunakan sebagai conditioner yang mampu melembapkan dan menutrisi rambut menjadi lebih sehat dan berkilau. Sifat anti bakteri pada yoghurt juga mampu menjaga kebersihan rambut dari ketombe loh.

Caranya gunakan yoghurt pada rambut secara merata lalu pijatlah perlahan, tunggu sekitar 10 menit atau lebih setelah itu bilas hingga bersih.

 

  1. Menjaga Kesehatan Intim Perempuan

Manfaat yang tentunya sangat baik bagi perempuan yang bisa didapatkan dari yoghurt ialah untuk menjaga kesehatan pada area intim. Seperti yang telah anda ketahui bahwa yoghurt memiliki bakteri baik salah satunya ialah Lactobacillus yang bisa menstabilkan pH pada daerah intim wanita. Selain itu, bakteri ini juga akan mengurangi dan membunuh jamur penyebab infeksi dan keputihan.

Baca Juga:

 

Itulah sedikit ulasan mengenai berbagai macam manfaat yoghurt bagi kesehatan. Bagi yang memiliki alergi terhadap susu atau terhadap laktosa sebaiknya tidak disarankan untuk mengonsumsi yoghurt. Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman maupun kerabat anda agar mereka bisa untuk memulai hidup yang jauh lebih sehat bersama yoghurt.

Tuliskan Komentarmu