Tips Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh langsing serta ideal merupakan hal yang menjadi minat banyak orang. Memang salah satu kecantikan seseorang dapat dilihat melalui tubuh yang indah. Tidak heran jika banyak wanita yang rela menghabiskan uang untuk membeli obat penurun badan yang belum tentu aman untuk menurunkan berat badan. Salah satu tips menurunkan berat badan yang aman ialah dengan olahraga, namun banyak yang berpikir pesimis karena olahraga itu melelahkan.

Apakah kamu merupakan orang yang cepat lelah berolahraga? Atau tidak bisa membagi waktu karena super sibuk dengan pekerjaan? Jika iya kamu harus mencari cara lain yang cocok untuk menurunkan berat badan. Cobalah berbagai tips menurunkan berat badan berikut yang pastinya aman dan menyenangkan.

Baca Juga : Cara Diet Sehat Alami

Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

pixabay.com
  1. Sarapan

Menurunkan berat badan bukan berati kamu berhenti untuk melewatkan sarapan pagi. Kamu bisa memilih sarapan dengan menu diet sehat seperti oat, sayur-sayuran, buah-buahan, yogurt rendah lemak, omelet, putih telur, dan makanan sehat lainnya. Pastikan makanan seperti buah dan sayur harus kamu cuci terlebih dahulu pada air yang mengalir. Untuk porsi sarapan sewajarnya saja, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit.

 

  1. Mengunyah Makanan Perlahan

Pernahkah kamu merasa saat sedang makan tidak sadar bahwa yang saat itu kamu lakukan ialah makan? Jika pernah kemungkinan besar kamu makan dengan tergesa-gesa dan memikirkan banyak hal seperti tugas atau pekerjaan lainnya. Untuk itu mulailah makan dengan mengunyah secara perlahan sehingga kamu sadar bahwa kamu sedang makan. Percaya atau tidak jika kamu mengunyah pelan-pelan maka rasa kenyang akan bertambah dan baik untuk pencernaan.

 

  1. Cemilan Pagi

Terkadang memang perut sering lapar lagi walaupun kita belum lama sudah makan. Alhasil cemilan menjadi salah satu pilihan untuk mengganjal perut yang kembali lapar. Namun ngemil sembarang bisa saja membuat dietmu gagal sehingga harus hati-hati dalam memilih cemilan. Makanan yang bisa kamu konsumsi sebagai cemilan pagi ialah buah-buahan. Makanlah buah jika belum lama setelah sarapan perut kembali lapar.

 

  1. Pakai Piring Kecil

Memakai wadah atau piring kecil merupakan salah satu trik yang dapat menjaga porsi makanmu saat sedang diet. Memang hal yang lumayan sepele, tetapi ini berfungsi untuk melatih otak anda karena makanan dalam piring kecil akan terlihat lbih besar dibandingkan memakai piring besar. Tentu menggunakan piring besar juga boleh jika makanan yang kamu konsumsi itu makanan sehat.

 

  1. Atur Porsi Makan Lebih Sedikit

Mengatur porsi makan lebih sedikit bukan berarti makan sedikit banget. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa porsi makanmu harus batas wajar. Semisal dulu sering makan satu setengah piring maka sekarang atur porsi makan tersebut menjadi satu piring. Hal ini untuk melatihmu terbiasa makan porsi yang lebih sedikit dari biasanya ketika lapar.

 

  1. Makan Siang

Menu makan siang yang dianjurkan ialah makanan yang tidak mengandung lemak jahat seperti pasta maupun olahan keju. Kamu bisa menggantinya dengan makanan yang mengandung lemak baik seperti alpukat dan ubi. Makanan lain yang cocok dijadikan menu makan siang ialah ikan tuna dan dada ayam karena makanan tersebut mengandung protein yang baik untuk tubuh.

 

  1. Konsumsi Banyak Protein

Protein memang zat penting yang mampu membantu tubuh mengonsumsi sedikit kalori dengan meningkatkan rasa kenyang. Protein bisa kamu dapatkan pada telur, ikan, dada ayam, kacang almond, dan greek yogurt. Telur merupakan salah satu sumber protein yang bagus untuk sarapan karena dipercaya mampu memasukan asupan kalori lebih sedikit saat makan siang.

 

  1. Cemilan Siang

Bagi yang terbiasa makan tidak heran jia setelah makan siang perut merasa lapar kembali. Untuk itu, kamu bisa mengganjal perut dengan cemilan yang sama seperti cemilan pagi yaitu buah-buahan. Konsumsi buah-buahan merupakan cara yang efektif untuk menahan rasa lapar. Kamu juga bisa mengonsumsi biji-bijian seperti kacang almond atau kenari sebagai cemilan.

 

  1. Jangan Menaruh Makanan Tidak Sehat di Sembarang Tempat

Penting sekali untuk menaruh makanan yang tidak sehat di tempat yang tidak terlihat atau lebih baik di simpan saja. Tanpa disadari kita sering menaruh makanan tinggi kalori di tempat yang mudah dijangkau dan mudah dilihat sehingga akan membuatmu tergiur untuk mencicipinya. Perlu kamu ketahui bahwa cemilan-cemilan yang tidak sehat akan membuat dietmu gagal karena cemilan tersebut bisa menaikkan berat badan.

 

  1. Makan Malam

Pastikan menu makan malammu berupa makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan, serta bisa menambahkan sedikit makanan yang mengandung protein seperti ikan salmon atau dada ayam. Jangan lupa untuk selalu mencuci makanan tersebut sebelum kamu makan. Jika ada, kamu juga bisa menambahkan pasta gandum atau ubi jalar pada menu makan malam.

Baca Juga : Menu Makanan Diet Sehat Alami

  1. Perbanyak Makanan Berserat

Salah satu tips menurunkan berat badan yang efektif ialah dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat. Serat kental merupakan jenis serat penting yang bisa ditemukan pada sayur, buah-buahan, sereal gandum, biji rami, dan kacang-kacangan. Serat ini berfungsi membentuk gel jika kontak dengan air sehingga gel tersebut akan meningkatkan waktu penyerapan nutrisi, memperlambat pencernaan, sehingga lambung kosong lebih lambat dan merasa kenyang lebih lama.

 

  1. Catat Makanan yang Kamu Makan

Catatan tentang apa yang kamu makan memang sangat penting untuk mengetahui apa saja yang telah dimakan, berapa banyak kalori yang masuk, sehingga kamu bisa menyesuaikan jumlah kalori yang seharusnya masuk ke tubuh. Menurut beberapa artikel, orang yang mencatat apa saja yang dimakannya lebih cepat dalam menurunkan berat badannya dibanding orang yang tidak mencatat.

 

  1. Hindari Makanan Cepat Saji

Tahukah kamu bahwa makanan cepat saji atau junkfood merupakan makanan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh, malahan lemak akan semakin bertambah. Untuk itu kamu harus stop dulu makan junkfood jika ingin berat badanmu turun, sebab makanan tersebut mengandung MSG yang tinggi sehingga akan dengan cepat menaikkan berat badan.

 

  1. Minuman

Menjaga minuman yang masuk ke tubuh merupakan satu langkah lebih sukses untuk menurunkan berat badan. Air minum yang baik untuk melancarkan proses diet ialah mengonsumsi lebih banyak air putih minimal 2 liter/hari. Usahakan hindari minuman-minuman manis yang dapat merusak program dietmu. Selain air putih kamu juga bisa mengonsumsi kopi atau teh herbal tanpa gula, tetapi lebih baik air putih saja selama diet.

 

  1. Minum Air Jeruk Nipis

Minum segelas air jeruk nipis hangat pada pagi hari dipercaya efektif untuk menurunkan berat badan. Jeruk nipis mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi tubuh seperti vitamin b1, vitamin c, kalsium, lemak, karbohidrat, air, dan zat besi. Jeruk nipis akan bekerja untuk detoks semua racun dan kotoran pada tubuh sehingga pencernaan lancar dan rutin buang air besar.

 

  1. Hindari Stres dan Menjaga Pola Tidur

Stres yang berlebihan memang sangat mengganggu kesehatan, apalagi jika kamu sedang melaksanakan diet. Stres akan meningkatkan hormon kortisol yang berakibat buruk pada kinerja hormon-hormon lain. Pernah kan ketika stres yang ingin kamu lakukan hanyalah makan. Ini merupakan akibat dari teganggunya hormon-hormon tersebut. Selanjutnya, kamu juga harus menjaga pola tidurmu jangan sampai kamu kurang tidur karena dapat memengaruhi kesehatan.

 

  1. Batasi Konsumsi Garam

Garam merupakan bumbu pengawet yang memberikan rasa asin. Makanan kemasan yang banyak dijual di toko-toko mengandung kadar natrium tinggi. Untuk itu sangat penting untuk memilih makanan yang mengandung natrium rendah sekitar 140 mg/sajian. Jika kamu membatasi konsumsi garam ke dalam tubuh, maka hal ini akan memberikan hasil yang baik untuk menurunkan berat badan.

 

  1. Aktif Bergerak

Tidak memiliki waktu untuk olahraga bukan berarti kamu tidak aktif bergerak sama sekali. Kegiatan kecil yang sering dilakukan membuktikan bahwa aktif bergerak itu mudah. Contoh hal kecil tersebut ialah berjalan-jalan keliling komplek, membersihkan rumah, menaiki tangga, pergi belanja, pergi ke pasar, dan kegiatan lain yang sekiranya membuatmu aktif bergerak.

 

  1. Angkat Barbel Ringan

Memang mengangkat barbel merupakan olahraga, tetapi apa salahnya jika kamu mencoba untuk mengangkat barbel yang ringan sekitar 2 kg saja. Dengan berat barbel tersebut pastinya tidak akan menguras energi yang terlalu banyak. Perlahan saja tapi rutin jika memang cepat lelah saat olahraga. hal ini akan mengubah berat badanmu menjadi otot sehingga tubuh akan lebih ramping.

 

  1. Pantangan

Selama kamu melaksanakan proses diet ada beberapa pantangan yang harus kamu hindari. Pantangan tersebut antara lain mengonsumsi karbohidrat olahan semacam roti putih, kue kering, kentang, atau pasta putih. Makanan dan minuman yang mengandung gula juga harus kamu hindari seperti permen atau minuman bersoda. Pantangan selanjutnya yang paling dilarang keras ialah mengonsumsi minuman beralkohol karena bisa merusak tubuh.

Baca Juga : √ Olahraga Pendukung Diet Sukses

Itulah pembahasan tentang tips menurunkan berat badan versi uplur. Jika kamu memiliki tips lain yang jauh lebih baik lagi jangan sungkan untuk menuliskan pendapatmu di kolom komentar. Jangan lupa untuk tetap semangat dan konsisten dalam menjalani proses diet untuk hasil yang baik.

Berikut video yang bisa kamu jadikan referensi untuk penyemangat dalam proses diet.

Tinggalkan komentar