Manfaat Air Putih

Selain untuk menghilangkan dahaga, ternyata manfaat air putih sangat penting sekali bagi tubuh. Sebagian besar seluruh bagian organ tubuh manusia pastinya membutuhkan yang namanya cairan.

Jika dibandingkan dengan soft drink, minuman isotonik, atau jus buah yang termasuk minuman tinggi gula dan kalori, air putih lebih baik untuk konsumsi sehari-hari.  Fakta menunjukkan kebanyakan orang Jepang melakukan terapi minum air putih setiap bangun tidur pada pagi hari. Hal ini yang menjadi salah satu rahasia wanita Jepang yang memiliki tubuh ideal dan cantik.

Rutin mengonsumsi air setelah bangun tidur akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut manfaat yang akan anda peroleh jika rutin mengonsumsi air putih setiap harinya.

Baca Juga Manfaat Baik Air Hangat Bagi Kesehatan

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

Gambar via Pixabay.com
  1. Mengurangi Rasa Lelah

Setelah beraktivitas berlebihan, biasanya tubuh akan merasakan letih dan capek. Hal ini bisa diakibatkan karena tubuh kekurangan cairan. Biasanya kekurangan cairan atau dehidrasi bisa ditandai dengan tubuh yang terasa sangat capek dan letih, jantung berdenyut kencang karena kinerja jantung yang berlebih untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Langkah yang paling tepat untuk mengurangi rasa lelah adalah dengan mengonsumsi air putih sebanyak 3 gelas, lalu istirahatlah untuk menghilangkan rasa lelah anda.

 

  1. Membantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kekurangan air putih juga dapat menyebabkan sembelit dan sistem pencernaan akan terganggu. Dengan rutin mengonsumsi air putih, maka metabolisme tubuh akan meningkat, sistem pencernaan anda akan lancar. Sangat cocok sekali untuk orang yang sedang melaksanakan program diet karena akan membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik.

 

  1. Membantu Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Tidak hanya pada malam hari saja tubuh anda mengeluarkan racun dari tubuh. Dengan mengonsumsi air putih pada waktu perut kosong saat bangun tidur di pagi hari, racun ditubuh anda akan keluar bersamaan dengan saat anda buang air kecil, karena semakin banyak air yang dikonsumsi maka semakin sering buang air kecil.

 

  1. Memperlambat Penuaan Dini

Minum air putih setiap hari juga dapat membantu memperlambat penuaan dini, karena air putih menjaga kulit tetap lembab dan mengirimkan nutrisi esensial kepada sel-sel kulit. Elastisitas kulit juga dapat terjaga oleh air putih, sehingga tanda-tanda penuaan seperti keriput dan kerutan akan berkurang.

 

  1. Menjaga Mood

Terlalu banyak masalah yang menimpa seseorang dapat merubah mood yang awalnya baik menjadi buruk, apalagi jika saat terlalu banyak masalah tubuh kekurangan asupan cairan secara terus-menerus. Hal ini bisa diatasi jika tubuh telah menerima cairan yang cukup maka mood akan kembali menjadi baik.

 

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi air putih saat perut kosong dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh anda. Air putih akan bekerja melawan penyakit atau infeksi yang sering menyerang kesehatan tubuh, sehingga air putih sangat diperlukan untuk menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan dan tidak mudah terkena penyakit.

 

  1. Mengurangi Sakit Kepala

Kekurangan air putih juga dapat menyebabkan sakit kepala atau migrain. Tentu sakit kepala sangat mengganggu, apalagi bagi orang-orang yang mempunyai banyak pekerjaan. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup maka sakit kepala yang anda rasakan akan menjadi ringan.

 

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Mengonsumsi air putih akan dapat membantu meningkatkan nafsu makan karena air putih dapat melancarkan pencernaan, jika pencernaan lancar maka perut akan kosong dan nafsu makan pun akan meningkat.

 

  1. Dapat Mencegah Batu Ginjal

Semakin banyak air putih yang anda konsumsi sesuai dengan porsi tubuh, maka zat dalam urine yang menyebabkan batu ginjal akan menipis. Tentu sangat bermanfaat untuk mencegah terlebih dahulu daripada menyesal kemudian.

 

  1. Memperkuat Tulang

Air putih dapat berfungsi untuk membangun kerusakan persendian dan mengurangi pengeroposan tulang. Maka alangkah baiknya rutin mengonsumsi air putih setiap hari untuk menjaga tulang anda tetap sehat.

 

  1. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Kekurangan air putih akan menyebabkan dehidrasi, sehingga hal itu juga akan memengaruhi rambut menjadi kusut, kering, dan kasar. Dengan minum air putih akan membantu menjaga rambut tetap lembab tidak kering dan kasar.

 

  1. Kinerja Otak Akan Meningkat

Pernah lihat mungkin iklan Aqua di TV yang menjelaskan tentang kekurang air putih mengakibatkan kurang fokus. Hal itu disebabkan karena kurangnya air putih yang merupakan sumber oksigen, karena jika kekurangan oksigen dapat memperlambat kinerja otak. Maka konsumsi air putih sangat penting untuk meningkatkan kinerja otak.

 

  1. Melancarkan Saluran Pernapasan

Akibat dihidrasi juga dapat mengakibatkan sistem pernapasan terganggu dan kemungkinan akan membuat anda terkena asma. Maka rutinlah untuk mengonsumsi air putih supaya anda terhindar dari gangguan pernapasan.

 

  1. Mencukupi Kebutuhan Energi

Terkadang sering kali tubuh merasa lemas karena kekurangan energi. Minum air putih di pagi hari dapat membantu untuk meningkatkan energi didalam tubuh anda, sehingga hari-hari anda akan terasa menyenangkan.

 

  1. Membantu Mengatur Suhu Tubuh

Saat anda olahraga cairan yang anda keluarkan akan sangat banyak melalui keringat. Keringat tersebut muncul saat air yang berada dilapisan kulit menguap saat tubuh memanas. Jika air yang tersimpan sedikit dikhawatirkan tubuh tidak mampu menahan yang namanya regangan panas. Maka air putih dibutuhkan untuk membantu mengatur suhu tubuh anda.

 

Untuk Memperoleh manfaat air putih tentunya harus rutin mengonsumsinya, dan mengonsumsi air putih juga harus sesuai dengan takaran sehingga tidak menimbulkan penyakit akibat kelebihan minum air putih. Berikut akan dibahas mengenai jumlah takaran yang harus dikonsumsi, tips menerapkan kebiasaan mengonsumsi air putih setiap hari, dan juga gangguan yang muncul akibat kelebihan mengonsumsi air putih.

Baca Juga Manfaat Minum You C 1000

Jumlah Takaran Normal Mengonsumsi Air Putih

 

Terkadang jumlah asupan cairan setiap orang itu berbeda-beda. Orang dewasa dianjurkan mengonsumsi air putih sebanyak 2-2,6 liter setiap hari atau 8 gelas sehari, bisa dengan takaran gelas sedang. Untuk anak-anak dianjurkan mengonsumsi air putih 1-1,5 liter setiap harinya. Umumnya tubuh manusia menerima cairan air putih dan juga menerima cairan dari sayur dan buah. Rutinlah untuk mengonsumsi air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

 

Tips Memenuhi Kebutuhan Air Putih

  1. Biasakanlah minum air putih pada saat bangun tidur saat bagi minimal satu gelas.
  2. Biaskan minum air putih pada saat sebelum dan sesudah makan.
  3. Bawalah bekal air putih untuk memenuhi kebutuhan air putih anda saat beraktivitas.
  4. Hindarilah minuman sepeti soft drink, kopi, minuman beralkohol, dan menggantinya dengan air putih.

 

Gangguan Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Air Putih

 

  1. Water Intoxication

Gambar via es.123rf.com

Gangguan ini sering disebut dengan keracunan air, hal ini disebabkan akibat terlalu banyak mengonsumsi air putih melebihi batas wajar dalam waktu singkat. Keracunan air dapat mengganggu kinerja fungsi otak, bahkan dapat menyebabkan kematian akibat elektrolit yang awalnya seimbang dipaksa untuk keluar akibat efek konsumsi air putih terlalu banyak.

Gangguan ini dapat dirasakan apabila muncul gejala seperti sakit kepala yang begitu menyiksa, mual, muntah, penglihatan kacau, sesak napas, tekanan darah tinggi, hingga melemahnya saraf otot. Untuk itu minumlah air putih sesuai takaran batas wajar supaya tidak terkena gangguan intoxication ini.

Baca Juga Khasiat Air Milagros (Mantap!)

Tuliskan Komentarmu