Menu Diet Sehat

Hello ladies.. pastinya tubuh yang ideal menjadi hal yang sangat didambakan oleh kalangan wanita, tak lain hal yang dilakukan untuk mendapatkan tubuh ideal adalah dengan cara diet alami. Kenapa harus dengan cara diet alami? Sebab dengan cara ini akan lebih aman bagi kesehatan. Selain olahraga untuk diet, pilihan menu diet sehat juga menjadi salah satu peran penting untuk menyukseskan program diet kamu. Dengan pola diet yang baik dan seimbang akan membantu mempercepat penurunan berat badan kamu.

Bagi yang sedang mencari referensi tentang menu diet sehat disinilah tempatnya. Kali ini admin akan membahas mengenai artikel tersebut yang sebelumnya pernah dibahas mengenai cara diet alami dan olahraga untuk diet. Tak lengkap rasanya jika belum membahas mengenai menu diet sehat ini.

Sebelum lanjut ke pembahasan pasti ada yang bertanya-tanya kenapa hal yang harus diperhatikan dalam diet adalah makanan. Sangat jelas sekali makanan menjadi kunci utama diet, sebab makanan mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin. Simaklah terlebih dahulu pentingnya nutrisi dan vitamin yang terdapat pada makanan bagi tubuh sebagai berikut.

Baca Juga Cara Diet Sehat Alami

Nutrisi dan Vitamin Makanan Yang Sangat Penting Untuk Tubuh

 

Karbohidrat

Banyak sekali makanan yang mengandung karbohidrat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan lainnya. Memang karbohidrat sangat penting bagi tubuh karena karbohidrat sendiri merupakan sumber energi utama untuk tubuh, serta berfungsi untuk memaksimalkan kinerja otak jika diberi asupan yang cukup. Tetapi, karbohidrat selain dari yang disebutkan diatas harus dikurangi seperti nasi, minuman bersoda, aneka kue manis, minuman kemasan, dan lainnya karena dapat membahayakan tubuh jika terlalu banyak.

 

Lemak

Hal yang sering dilupakan saat diet adalah meninggalkan makanan-makanan yang berlemak. Tidak selamanya diet menghindari makanan berlemak, tubuh membutuhkan asupan lemak untuk menjaga sistem imun, menjaga struktur sel, meningkatkan kinerja tubuh untuk menyerap vitamin, dan menjaga agar jaringan tubuh bekerja dengan baik. Namun, kebutuhan lemak juga harus dibatasi agar tidak menyebabkan obesitas yang dapat memicu penyakit lain.

 

Protein

Sama halnya dengan karbohidrat, protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh karena protein ini bisa dibilang sebagai sumber energi untuk tubuh. Untuk menemukan makanan yang mengandung protein tidaklah sulit, banyak makanan sehat yang kaya akan protein seperti kedelai, ikan, telur, dan lainnya. Fungsi protein sendiri sangat baik untuk pertumbuhan jaringan pada tubuh dan menjaga kesehatan tubuh.

 

Vitamin dan Mineral

Seperti yang kamu ketahui sendiri bahwa vitamin terdiri dari vitamin A, B, C, D, E, dan K yang memiliki fungsinya masing-masing untuk kesehatan tubuh. Sementara itu, mineral juga berperan sama dengan vitamin yang yang dapat menjaga kesehatan tubuh tetap normal. Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh terdiri dari zat besi, kalsium, kalium, selenium, dan zinc.

 

Kalori

Kebutuhan kalori setiap orang memang berbeda-beda, ada yang kebutuhan kalorinya sedikit dan ada juga yang membutuhkan banyak kalori sesuai kondisi seseorang. Perlu diketahui, bahwa kalori sangat penting bagi tubuh untuk menjaga dan menurunkan berat badan, serta membuat tubuh semakin berenergi. Saran untuk tidak mengonsumsi kalori yang melebihi kebutuhan tubuh, karena dapat berubah menjadi lemak yang menumpuk pada tubuh.

 

Air

Salah satu yang paling penting dan tidak boleh ditinggalkan adalah kebutuhan air untuk tubuh. Tidak hanya dari air putih, untuk mendapatkan cairan bisa dengan mengonsumsi sayur atau buah-buahan. Sekitar setengah bagian dari tubuh manusia komposisi utamanya terdiri dari air. Banyak sekali manfaat air putih yang sangat baik sekali bagi tubuh, untuk itu selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari.

 

Terima kasih telah bersabar untuk menyimak penjelasan diatas. Sekarang saat yang dinatikan mengenai apa saja menu diet sehat alami akan dibahas sebagai berikut. Jangan lupa untuk terus simak sampai akhir agar tidak salah paham.

Baca Juga Olahraga Untuk Diet

Menu Diet Sehat Alami

 

Oatmel

pixabay.com

Menu diet sehat yang pertama adalah oatmel.  Makanan yang terbuat dari bahan dasar oat ini sangat baik sebagai pendukung diet. Oatmel mengandung vitamin B1, fosfor, magnesium, dan protein sebagai penghasil energi bagi tubuh. Tidak hanya itu, oatmel juga memiliki nilai glikemik rendah dan berserat tinggi yang cocok untuk menjaga massa tubuh tetap rendah. Jadi, bagi kamu yang sedang diet diusahakan untuk rutin mengonsumsi makanan yang satu ini.

 

Sayuran

pixabay.com

Sayuran merupakan menu diet yang wajib untuk dikonsumsi karena sayuran mengandung, vitamin, mineral, dan berserat tinggi yang baik untuk tubuh. Cara mengonsumsi sayur sangat bervariasi bisa dijadikan salad, bisa direbus, bisa dimasak, bahkan ada sayur yang dapat dikonsumsi mentahan sehingga tidak akan membuatmu bosan untuk makan sayur.

 

Buah-buahan

pixabay.com

Ada sayur pasti tak lepas dengan makanan pendamping yang satu ini yaitu buah-buahan. Tak perlu dijelaskan lagi pastinya sudah banyak yang tahu bahwa buah sangat kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh. Sama seperti sayur, cara mengonsumsi buah juga sangat bervariasi misal ada yang dimakan langsung, ada yang dibuat salad, jus buah, dan sup buah. Tetapi kurangi bahan tambahan yang justru membahayakan seperti gula.

 

Ikan

ikan salmon from pixabay.com

Banyak juga orang-orang yang mengonsumsi ikan untuk melancarkan proses dietnya. Tak salah jika ikan masuk kedalam menu diet sehat karena ikan mengandung lemak baik yang membantu menurunkan berat badan. Kandungan lemak pada ikan sendiri termasuk jenis lemak omega-3 yang sangat baik untuk kecerdasan otak. Kandungan lemak ini bisa ditemukan pada ikan laut seperti ikan tuna, sarden, salmon, dan lainnya.

 

Biji-bijian

indonesiaraya.co.id

Selanjutnya adalah biji-bijian. Makanan yang satu ini banyak mengandung vitamin, serat, dan protein yang akan membantu proses diet kamu secara alami. Makanan yang tergolong biji-bijian antara lain adalah jagung, kacang, gandum, dan lainnya. Untuk biji-bijian sendiri bisa dimakan bersamaan dengan sayur dan buah, jadi akan lebih banyak lagi manfaat yang didapatkan.

 

Putih Telur

dewapokerdomino.blogspot.com

Putih telur juga tergolong kedalam menu diet sehat yang sangat baik dikonsumsi pada saat diet. Tentunya kandungan yang ada pada telur sangat baik yaitu kaya akan protein namun rendah lemak. Usahakan mengonsumsi putih telur dengan makanan sehat lainnya agar kebutuhan tubuh terpenuhi. Cara untuk memasaknya sendiri bisa dijadikan omelet atau telur rebus. Ingat! Hanya putih telurnya saja karena kuning telur kandungan lemaknya lebih tinggi.

 

Camilan Rendah Kalori

hellosehat.com

Ingin berat badan berkurang tetapi tidak bisa menghentikan kebiasaan ngemil pasti menjadi salah satu masalah yang kerap dijumpai saat diet. Sebenarnya ngemil saat diet boleh-boleh saja asalkan camilan yang dikonsumsi rendah kalori tidak mengandung lemak dan gula yang dapat menggagalkan diet kamu. Untuk itu, dalam membeli camilan harus memerhatikan ketiga hal tersebut

 

Sekian pembahasan kali ini, jika ada yang belum admin sebutkan atau ada pendapat lain dari pembaca, silakan tuliskan pada kolom komentar dibawah. Tidak ada salahnya berbagi satu sama lain, supaya apa yang dibahas pada artikel menu diet sehat ini bermanfaat bagi orang lain terutama bagi yang sedang menjalankan diet. Semoga cepat mendapatkan tubuh ideal yang diinginkan.

Baca Juga Manfaat Air Putih

Tuliskan Komentarmu