Tips Menjadi Orang Sukses

Sukses merupakan hal yang wajar menjadi impian semua orang, namun sukses itu tidak semudah yang anda pikirkan. Orang-orang sukses pasti pernah mengalami pahitnya hidup, berbagai tantangan, dan kerja keras yang lumayan lama. Mereka memang orang-orang dengan semangat yang luar biasa sehingga perjuangannya patut dijadikan panutan. Memang tidak ada resep atau ilmu khusus tentang tips menjadi orang sukses, setiap pengalaman dan jalan sukses orang pasti berbeda-beda. Tapi tenang saja berikut beberapa kebiasaan orang-orang sukses yang patut anda tiru.

Sebelum kita masuk ke pembahasan alangkah baiknya kita sedikit memperdalam lagi apa itu sukses.

Baca Juga : Tips Jitu! Tingkatkan Rasa Percaya Dirimu

Apa Itu Sukses?

Gambar: pixabay.com

Banyak sekali penafsiran tentang sukses. Beberapa penafsiran tersebut ialah orang sukses adalah orang dengan harta terbanyak. Orang sukses adalah orang yang memiliki jabatan yang tinggi. Orang sukses adalah orang dengan jumlah pengikut terbanyak.

Pernyataan-pernyataan tersebut memang tidak ada yang salah. Mereka berhak menafsirkan makna sukses berdasarkan ideologinya sendiri.

Kalau menurut penulis “orang sukses adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menjalani tantangan hidup sehingga mencapai tujuan yang di inginkan dan menikmatinya bersama orang-orang tercinta ”.

Sukses memang akan terasa lebih bermakna jika kita menikmatinya bersama orang-orang tercinta, apalagi sekarang ini banyak orang sukses yang mengajak orang lain untuk sukses. Jika anda telah menjadi orang sukses bukan berarti perjuangan telah berakhir, jika terus bekerja keras akan memberikan peluang tinggi untuk kesuksesan yang lain.

 

Modal Dasar Kesuksesan

Gambar: pixabay.com

Modal dasar kesuksesan merupakan hal yang wajib dimiliki oleh orang yang ingin sukses. Ada dua modal dasar yang harus anda miliki yaitu hard skill dan soft skill. Kedua hal inilah yang akan menghantarkan anda menuju kesuksesan.

Hard skill merupakan kemampuan teknis seseorang yang di dapat dari belajar otodidak atau belajar melalui pelatihan dan pendidikan. Contoh; anda ingin sukses dibidang kuliner, maka hard skill yang harus anda miliki ialah pengetahuan tentang memasak dan harus bisa memasak.

Soft skil merupakan kemampuan untuk mengelola diri sendiri dan juga orang lain. Contoh soft skill yang harus anda miliki antara lain; tidak mudah menyerah, bekerja keras, optimis, networking, mampu beradaptasi, berani gagal, kerja sama yang tinggi, integritas, respon yang baik terhadap pujian dan kritikan, serta soft skill lain yang mendukung kesuksesan anda.

Jika anda memiliki kedua modal utama ini dan mampu memaksimalkannya maka kesuksesan semakin dekat dengan anda.

 

Sukses Yang Harus Diperjuangkan

Gambar: pixabay.com

Sukses bukan hanya materi semata, namun ada beberapa kesuksesan yang harus anda perjuangkan seperti halnya berikut ini.

  • Sukses Spiritualitas

Apa jadinya jika memikirkan dunia semata, urusan akhirat juga harus anda pikirkan. Kesuksesan ini merupakan sukses terhadap spiritualitas terhadap agama yang anda peluk. Bagi umat muslim kesuksesan spiritualitas bisa dikatakan jika berhasil melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

  • Sukses Keluarga

Sukses keluarga bisa dilihat dari keharmonisan rumah tangga keluarga tersebut, apakah tetap harmonis dan semakin harmonis, atau berantakan dan semakin berantakan. Keluarga harmonis bisa dilihat dari pasangan yang mesra, anak-anak yang taat, sholeh dan sholehah, menghormati kedua orang tua, serta rukun terhadap saudara dan tetangga.

  • Sukses Sosial

Ini dia salah satu kesuksesan yang paling penting bagi anda. Anda harus bisa mewujudkan sosial yang baik terhadap orang lain. Tentu setiap orang pasti membutuhkan orang lain, tidak mungkin bisa hidup sendirian. Hal ini bisa anda wujudkan dengan lebih aktif bersosial di masyarakat, di tempat kerja, dan yang paling penting anda harus bisa bersosial jika anda berada pada lingkungan yang baru anda kenal.

  • Sukses Finansial

Kesuksesan finansial memang berhubungan dengan harta, bahkan ada yang sampai rela bekerja lembur untuk medapatkan uang. Apakah mereka rakus? Tentu saja tidak. Mereka tetap membutuhkan uang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Manfaat lain jika kesuksesan finansial anda terwujud, anda bisa menikmatinya dengan orang-orang tercinta.

  • Sukses Kesehatan

Kesehatan itu mahal. Apalah artinya jika anda sakit, semua kesuksesan yang anda raih tidak bisa dinikmati dengan tubuh yang sehat. Maka anda perlu untuk menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat seperti makanan 4 sehat 5 sempurna.

Baca Juga : Gaya Hidup Minimalis Ala Orang Sukses

Tips Menjadi Orang Sukses

Gambar: pixabay.com
  1. Bangun Pagi

Tips menjadi orang sukses yang sepele tapi sangat penting yaitu bangun pagi. Jangan ngaku kepengin sukses jika bangun tidur aja masih molornya minta ampun. Mulai saat ini jika kepengin sukses anda harus membiasakan diri untuk bangun pada pagi hari. Bangun pagi membawa semangat pagi untuk menyambut hari dengan lebih tenang dan tidak tergesa-gesa berangkat kerja. Bangun pagi juga memiliki manfaat agar anda sempat sarapan, olahraga sejenak, dan menambah literasi dengan membaca koran atau media lainnya.

 

  1. Tingkatkan Kualitas Diri

“Kenapa sih harus meningkatkan kualitas diri, aku udah pantas kok”. Balik lagi pada point diatas bahwa untuk meraih kesuksesan anda harus memiliki hard skil dan soft skill. Jika ditanya penting atau tidak penulis jawab sangat penting sekali, karena Kualitas diri merupakan bekal yang harus anda miliki untuk meraih kesuksesan. Anda bisa memulainya dengan rajin menambah literasi dibidang yang anda minati, mengikuti pelatihan, dan yang paling penting menurut penulis itu belajar dari lingkungan sekitar.

 

  1. Maksimalkan Apa Yang Anda Miliki Sekarang

Memiliki sesuatu terbatas dan apa adanya bukan menjadi penghalang untuk meraih kesuksesan. Anda harus pintar untuk me-manajemen sesuatu apa saja yang anda miliki saat ini. Anda memiliki ilmu pengetahuan, bisa jadikan batu loncatan untuk kesuksesan semisal dengan menjadi guru les. Jika anda mempunyai motor maka alihkan fungsi motor tersebut, tidak hanya anda pakai untuk jalan-jalan saja, manfaatkan motor tersebut untuk membuka peluang baru semisal ojek online.

 

  1. Kerja Sama Dengan Orang Lain

Bekerja sama dengan orang lain bisa membuat anda sukses, percayakah? Anda harus percaya karena setiap orang pasti tidak bisa hidup sendiri, mereka butuh seseorang bukan? Dengan bekerja sama pekerjaan akan terasa lebih mudah. Apa yang tidak bisa anda lakukan bisa saja orang lain bisa melakukannya. Tetapi bekerja sama dengan orang lain harus saling percaya satu sama lain, karena pada dasarnya fondasi dalam bekerja sama ialah “kepercayaan”.

 

  1. Tidak Mudah Puas dan Selalu Ingin Belajar

Jika anda merupakan orang yang mudah puas apabila telah meraih sesuatu maka hilangkanlah sifat tersebut. Hal ini bertujuan untuk memotivasi diri sendiri dan mengantisipasi jika terjadi hal yang diluar dugaan. Tidak ada salahnya jika anda mudah puas tetapi memiliki keinginan yang kuat untuk mempelajari hal-hal baru dan menentukan target baru. Manfaat yang didapat anda akan lebih semangat dan terus belajar agar peluang-peluang baru muncul dari ide anda.

 

  1. Tanggung Jawab

Salah satu ciri-ciri orang sukses ialah memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap suatu hal yang ia jalani. Kebanyakan orang sukses juga menyukai tantangan dan tidak lari dari tantangan tersebut karena tanggung jawabnya yang tinggi. Hal ini akan menambah wawasan dari pengalaman dan hal-hal baru yang bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.

Baca Juga : Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

  1. Membangun Jaringan Pertemanan

Jangan anggap pertemanan itu suatu hal yang biasa-biasa saja, bahkan ada yang beranggapan pertemanan itu hal yang tidak penting. Perlu digaris bawahi bahwa membangun relasi/pertemanan itu sangat penting sekali bila anda ingin meraih kesuksesan. Dengan membangun pertemanan anda akan semakin dekat dengan kesuksesan karena relasi akan menambah ilmu dan pemecahan suatu masalah dari sudut pandang yang bebeda dari anda.

 

  1. Jangan Fokus Pada Uang

Apa sih makna kesuksesan yang sebenarnya? Apakah kaya akan harta dan tahta? Menurut pandangan penulis harta itu bukan segalanya. Banyak orang kaya yang latar belakangnya berasal dari keturunan orang kaya. Jika anda menjadi orang kaya dengan memulainya dari nol atas usaha sendiri dan mampu menjadi inspirasi banyak orang itulah yang namanya kesuksesan sejati. Memang orang-orang tersebut mampu menginspirasi dengan melihat prosesnya yang tidaklah mudah meraih sukses. Ada masanya terpuruk dan ada masanya menikmati hasil kerja keras tersebut.

 

  1. Bijak Mengelola Keuangan

Dalam hal ini ada 2 tipe orang yang menurut penulis sangat perlu diperhatikan yaitu; orang sukses beneran dan orang sukses bohongan. Orang yang benar-benar sukses cenderung bijak dalam mengelola uang seperti salah satu tokoh yang sangat menginspirasi alm. Bob Sadino. Sedangkan orang sukses bohongan adalah orang yang memiliki kekayaan tetapi lemah dalam mengelola keuangan. Alhasil, mereka cenderung lebih boros karena berbagai alasan seperti ingin tampil kekinian dengan membelanjakan barang yang seharusnya tidak terlalu dibutuhkan.

 

  1. Perbanyak Bacaan

Pada era digital ini membaca menjadi hal yang jarang dilakukan, padahal dengan membaca akan menambah informasi yang akan melekat pada memori otak. Oke kita tidak bisa menyalahkan perkembangan zaman. Bagi anda yang malas membaca buku dan lebih tertarik dengan gadget tidak apa-apa, alihkan fungsi gadget sebagai media bacaan lain. Anda bisa membaca ebook, jurnal, artikel, atau bacaan positif lain yang bisa diakses melalui gadget.

 

  1. Belajar Dari Kegagalan

Orang sukses itu ditempa melalui berbagai pengalaman pahit yang memiliki risiko dan kegagalan. Hal inilah yang membuat orang sukses itu kuat dan tegar jika menghadapi suatu masalah karena mereka belajar dari kegagalan di masa lalu. Dengan demikian bukan hanya kesuksesan yang didapat, melainkan serangkaian kegagalan dan pengalaman pahit akan membuat mereka tumbuh menjadi pemimpin yang jaug lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga : Usaha Yang Menjanjikan di Masa Depan

  1. Menentukan Target Harian

Salah satu  tips menjadi orang sukses yang selanjutnya ialah menentukan target harian. Rata-rata orang sukses memiliki target harian sehingga hari-harinya produktif. Apa yang akan dilakukan, bagaimana menyelesaikan pekerjaan tersebut, apakah ada masalah atau tidak telah diatur sebelumnya dan mereka hanya menyesuaikan pada target harian tersebut. Target yang jelas tentu akan menambah semangat dalam bekerja untuk meraih kesuksesan.

 

  1. Bertindak

Target telah anda buat tetapi tidak ada tindakan sama saja omong kosong. Kapan suksesnya jika tidak ada tindakan nyata. Untuk itu, anda harus bertindak sesuai rencana yang telah dibuat jangan biarkan malas melekat pada diri anda. Selanjutnya, utamakan tugas yang menjadi prioritas terlebih dahulu baru ke tugas yang lain. Jika perlu anda bagilah pekerjaan yang menurut anda sangat penting, penting, dan kurang penting. Dengan begitu tugas-tugas tersebut terlihat jelas dan terstruktur dengan baik.

 

  1. Evaluasi

Setiap hal yang anda kerjakan sangat penting sekali untuk di evaluasi. Kaji lebih dalam apa yang kurang terhadap pekerjaan anda, bagaimana penyelesaian masalahnya, dan apa saja yang harus dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui akar permasalahan dari pekerjaan anda.

 

  1. Bersyukur

Bersyukur merupakan cara mengungkapkan rasa terima kasih terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas segala sesuatu yang telah di capai. Niscaya dengan bersyukur rezeki yang telah didapat akan semakin melimpah.

 

  1. Sedekah

Hal yang penting tetapi sering dilupakan saat seseorang telah mencapai puncak ialah sedekah. Sedekah tidak akan membuat anda miskin, malahan akan semakin bertambah kaya. Anda bisa sedekah dengan bentuk apapun pada yayasan, panti asuhan, korban bencana, dan orang yang membutuhkan.

Baca Juga : Tips Jitu! Menghemat Uang Sakumu

Bagaimana tips menjadi orang sukses diatas? Apakah anda tertarik mencobanya? Walaupun tips diatas tidak menjamin pasti sukses karena sukses setiap orang itu melalui proses yang berbeda-beda, tetapi apa salahnya jika kita menjadikannya pembelajaran untuk diri sendiri dan orang lain. Semoga kelak apa yang kita inginkan tercapai dan jangan lupa sedekah!

Tinggalkan komentar