Tips Percaya Diri

Pernahkah kamu merasa tidak percaya diri, apalagi saat mengerjakan suatu hal yang penting atau berbicara di depan publik? Kami yakin setiap orang pasti pernah yang mengalami krisis kepercayaan diri. Rasa kurang percaya diri tentu menjadi masalah yang cukup serius, kamu akan menjadi pesimis saat mengerjakan suatu hal. Banyak orang yang mencari tips percaya diri untuk mengatasi lemahnya tingkat percaya dirinya. Seseorang yang memiliki tingkat percaya diri yang besar bisa jadi karena ia telah mengalami banyak hal dalam kurun waktu yang lama, sehingga kepercayaan pada dirinya terus meningkat dan semakin kuat.

Dari sedikit ulasan diatas bisa kita petik pelajarannya bahwa percaya diri itu bisa dibentuk dan tidak ada batasannya. Hal tersebut tentu akan terjadi jika ada kemauan dari diri sendiri untuk mengubahnya. Secara sosial orang yang memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi akan lebih mudah diterima dan dicintai oleh banyak orang. Jadi, apakah kamu masih bertahan dengan kepercayaan diri yang lemah? Berikut kami sajikan tips-tips untuk meningkatkan rasa percaya diri versi uplur yang bisa kamu coba agar tidak dianggap orang lemah.

Baca Juga: Tips! Keren Untuk Gaya Hidup Minimalis

Tips Percaya Diri Paling Jitu!

Gambar via pixabay.com
  1. Selalu Bersyukur

Bersyukur merupakan salah satu untuk membuat kepercayaan diri meningkat. Dalam hal ini wujud dari syukur yang paling baik adalah selalu berpikir positif, tidak cepat putus asa, dan pantang menyerah. Yakinlah bahwa segala hal yang saat ini kamu miliki tidak lain adalah nikmat yang diberikan oleh-Nya kepada hambanya yang selalu bersyukur. Dengan begitu hati kita akan tentram, kepercayaan diri meningkat karena merasa selalu diawasi oleh-Nya.

 

  1. Kenali Diri Sendiri

Terkadang kita tidak bisa mengenali diri sendiri. Bahkan orang lain lah yang lebih kenal terhadap diri kita. Maka cobalah untuk mengenali diri sendiri mulai dari mencari tahu mengapa kita kurang percaya diri, apa passion yang kita miliki, sehingga akan lebih mudah untuk memperbaikinya.

 

  1. Kembangkan Minat dan Bakat

Mengenali diri sendiri akan membantu seseorang untuk mengenali apa saja minat dan bakat yang dimilikinya. Seseorang mengerjakan suatu hal yang ia sukai atau yang ia pandai dalam hal tersebut pasti akan terasa lebih enjoy. Beda dengan seseorang yang mengerjakan suatu hal yang tidak disukai dan tidak ada bakat sama sekali, pasti akan merasa malas dan kurang percaya diri.

 

  1. Jangan Takut Mengambil Tantangan

Mengambil banyak tantangan akan membuatmu semakin memiliki banyak pengalaman. Terkadang bukan pengalaman manis, melainkan pengalaman pahit (kegagalan). Memang kegagalan akan membuat down, tapi kita ambil sisi baiknya, bahwa kegagalan adalah sebuah batu loncatan untuk memicu semangat dan percaya diri sehingga kita akan semakin dekat dengan kesuksesan.

 

  1. Berdoa Sebelum Melakukan Sesuatu

Melakukan sesuatu tidak mesti lancar, terkadang ada saja hambatan-hambatan yang muncul. Apakah kamu tidak sadar bahwa ini semacam kode agar dalam mengerjakan sesuatu utamakanlah berdoa dahulu. Yakinlah bahwa Tuhan Yang Maha Esa akan membantu dalam mengerjakan sesuatu.

 

  1. Jangan Berharap Pada Kesempurnaan

Tidak ada orang yang sempurna di dunia ini, semua orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Terima dan hargailah apa yang menjadi kelebihan dan kekuranganmu sehingga tidak akan merasa minder dan frustrasi akibat kekurangan yang dimiliki.

 

  1. Kelebihan Orang Lain, Itulah Kesempatan Untuk Mengembangkan Diri

Pernahkan kamu melihat orang lain yang lebih hebat darimu? Tanpa disadari terkadang kita sering membandingkannya dengan apa yang kita miliki. Jika membandingkan yang positif tentu baik, tetapi bagaimana yang negatif. Untuk itu, latihlah otak kamu agar selalu positif. Misal temanmu juara lomba sains, maka berpikirlah bahwa sebentar lagi bisa untuk menjadi sepertinya, jangan sebaliknya.

Baca Juga: Tips! Menghemat Uang Paling Efektif

  1. Berpikir Positif, Stop! Pikiran Negatif

Tenangkan pikiran, kurangi beban, dan kurangi pikiran negatif akan membuat pikiran lebih positif. Seseorang yang berpikir positif akan mengerjakan suatu hal dengan senang dan percaya diri. Untuk mengubahnya tergantung seberapa besar keinginanmu untuk berubah.

 

  1. Manfaatkan Perasaan Gelisah

Perasaan gelisah yang sering kamu alami ternyata juga bisa di manfaatkan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Pasti pernah kan dikala gelisah melanda pikiran, dalam hati sering berbicara sendiri, bahasa lainnya ialah curhat dengan diri sendiri. Nah, kondisi ini bisa memunculkan pertanyaan pada dirimu sehingga kamu juga akan memikirkan penyebab dan solusi untuk mengatasinya.

 

  1. Perbaiki Penampilan

Memang menurut sebagian orang penampilan bisa mencerminkan sifat dan karakter seseorang. Tak jarang juga penampilan membuat seseorang tidak percaya diri. Misal ingin bertemu kekasih tetapi penampilan acak-acakan, baju belum di setrika, sepatu kotor, dan lainnya. Maka, dengan memperbaiki penampilan secara tidak langsung kepercayaan diri akan meningkatkan.

 

  1. Bangun Citra Yang Baik

Pemalu, pendiam, tidak biasa, dan kelakuan lainnya memang membuat seseorang terheran-heran, “kok ada ya orang itu”. Menurut kami bukanlah masalah, mereka tidak memiliki apa yang kamu miliki. Jangan membuat diri sendiri susah. Dengan berinteraksi sosial yang menurut kamu nyaman tidak akan membuatmu stress. Kata yang paling pas untuk ini ialah “kamu itu unik” udah itu aja.

 

  1. Baca Buku

Buku adalah jembatan ilmu, dengan membaca buku ilmu-ilmu yang kita pelajari akan melekat pada memory kamu. Ini sangat bermanfaat bagi semua orang, tidak hanya kalangan pelajar saja. Apabila mendapat masalah akan cepat untuk mencari solusinya karena kaya akan pengetahuan. Terus, apa yang akan terjadi? Ya, kepercayaan dalam diri akan meningkat drastis. Luar biasa bukan.

 

  1. Catat dan Evaluasi

Tips percaya diri yang satu ini bukanlah suatu hal yang asing, sudah banyak yang menerapkannya. Apabila kamu mendapatkan suatu hal atau suatu masalah yang baru lebih bagus untuk mencatatnya. Maka pulpen dan buku saku akan berguna sekali, jika terpaksa tidak membawa catat di Handphone juga bisa. Jika memiliki waktu luang, bukalah catatan tersebut dan evaluasi apa yang kurang dan apa yang harus diperbaiki.

 

  1. Senyum, Salam, Sapa

Ternyata ilmu yang kita pelajari saat kecil juga sangat berguna untuk meningkatkan percaya diri. Terapkan senyum, salam, sapa pada teman, keluarga, guru, bahkan orang baru kenal sekali pun. Dengan menyapa mereka, suasana akan lebih nyaman dan tidak tegang.

 

  1. Kontak Mata dengan Lawan Bicara

Kesalahan yang sering dilakukan saat seseorang berbicara dengan orang lain adalah kurangnya kontak mata. Selain bisa meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara, juga terkesan lebih menghargai apa yang sedang dibicarakan oleh lawan bicara.

 

  1. Gunakan Media Sosial

Jika kamu orang yang sangat pemalu, bisa gunakan sosial media untuk berinteraksi sosial. Memang sosial media akan membuatmu mengenal seseorang lebih jauh, tetapi juga akan mengurangi interaksi sosial pada dunia nyata. Jadi, jangan terlalu sering berkenalan lewat sosial media, lebih baik secara langsung. Anggap sosial media sebagai perantara sementara jika memang diperlukan.

Baca Juga: Apa Itu Sosial Media

  1. Lakukan Persiapan Sebaik Mungkin

Gugup saat berbicara dengan kekasih, atau gugup saat melakukan presentasi didepan teman-teman? Mungkin penyebabnya karena kamu kurang persiapan. Untuk itu, persiapkanlah sebaik mungkin apa yang diperlukan sehingga akan meminimalisir kegugupan dan meningkatkan percaya diri.

 

  1. Banyak Berlatih Sampai Pandai

Tanamkanlah dalam hati bahwa dengan berlatih akan membuatmu semakin terbiasa sehingga akan membuat dirimu berbeda dari sebelumnya. Berlatih juga usahakan jangan setengah-setengah, ngga mau kan mendapatkan hasil yang setengah-setengah juga.

 

  1. Tetapkan Tujuan

Menetapkan tujuan tidak harus yang besar, yang baik ialah dengan menetapkan tujuan-tujuan kecil dulu baru yang besar. Dengan kata lain secara bertahap. Tujuan kecil yang berhasil akan membuat percaya diri meningkat. Secara tidak sadar pikiran akan condong ke hal positif, bahwa kelak juga bisa melakukan yang lebih besar dari yang sekarang.

 

  1. Temukan Hal yang Membuatmu Bahagia

Hal-hal yang sangat spesial dalam hidupmu akan memberikan pikiran positif dan energi positif. Tanamkan dalam hati bahwa kamu itu sangat berharga, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Jika kamu rutin menemukan hal yang membuat bahagia, pikiran akan menjadi tenang dan lebih percaya diri.

 

  1. Belajar dari Kesalahan

Kesalahan memang terkadang terjadi begitu saja tanpa kita harapkan. Untuk itu, jadikanlah kesalahan-kesalahan di masa lalu sebagai pembelajaran untuk memperbaikinya. Jangan terburu-buru, pelan tapi pasti karena sesuatu yang dikerjakan secara terburu-buru hasilnya tidak baik.

 

  1. Selalu Memotivasi Diri

Membaca kata-kata motivasi juga ada baiknya loh. Kata-kata tersebut secara tidak langsung akan menyadarkanmu betapa pentingnya percaya terhadap diri sendiri. Yakinlah bahwa kata-kata motivasi akan membuat hidupmu lebih semangat lagi.

 

  1. Ikuti Kata Hati

Soal rasa hati emang ngga bisa bohong. Udah kaya iklan kecapa aja nih tulisan. Memang betul sih bahwa kata hati terkadang bisa membuat seseorang lebih percaya diri. Hati kecil kan bukan hanya sekedar bagian dari tubuh, tapi apa yang menjadi keyakinan dalam hati itulah yang membuat pribadi seseorang menjadi lebih baik lagi.

 

  1. Selalu Menambah Teman Baru

Saat berada di lingkungan yang baru dengan orang yang berbeda maka manfaatkan untuk menambah teman baru. Di dunia ini banyak sekali orang dengan sifat dan karakter yang berbeda-beda. Dengan menambah teman baru, akan membuatmu jadi paham akan sifat orang lain dan kepercayaan diri akan meningkat karena sudah paham karakter banyak orang.

 

  1. Ikut Organisasi atau Kelompok

Perlu digaris bawahi, yang dimaksud organisasi atau kelompok ialah yang baik-baik, bukan yang mengarahkan kepada hal yang buruk. Dengan bergabung pada organisasi, kamu akan mendapatkan pengalaman yang berharga. Teman juga akan bertambah karena tempat berkumpulnya banyak orang. Interaksi sosial yang sering, tugas organisasi yang cukup, akan bisa membuatmu lebih percaya diri.

 

  1. Keberanian

Salah satu untuk tips percaya diri yaitu dengan keberanian. Berani berkenalan, berani menghadapi tantangan, berani berbicara di depan publik, merupakan langkah untuk menuju pribadi yang lebih baik. Dengan demikian perasaan malu, takut, dan minder akan berkurang.

 

  1. Jadilah Diri Sendiri

Kenapa point yang satu ini ditulis paling akhir? Sebab setelah melewati semuanya bukan berarti menjadi orang lain, melainkan tetap jadi diri sendiri. Kamu ya kamu, karena ingin menjadi lebih percaya diri bukan berarti harus menjadi seperti orang lain. Tenang, enjoy saja, nikmati prosesnya, jangan terburu-buru.

Baca Juga: Usaha Yang Menjanjikan di Masa Depan

Bagaimana perasaanmu? Apakah jauh lebih percaya diri dari sebelumnya setelah membaca tulisan ini? Jika ada ide lain atau hal yang perlu di diskusikan, silahkan tulis saja pada kolom komentar dibawah.

Tinggalkan komentar