Gaya Hidup Minimalis

Welcome back guys, kali ini kita akan membahas tema yang sangat menarik nih yaitu “Gaya hidup minimalis”. Apakah kalian tahu apa itu gaya hidup minimalis? Gaya hidup minimalis bisa diartikan usaha yang dilakukan seseorang untuk menentang yang namanya hidup konsumtif. Ya, hidup minimalis berarti membatasi diri untuk membeli sesuatu dan membeli yang sekiranya dibutuhkan saja.

Trend hidup minimalis memang sangat bagus untuk kehidupan, apalagi bagi mahasiswa yang belajar di kota orang (anak rantau) dengan keterbatasan sarana yang ada karena jauh dari rumah. Ingatlah bahwa minimalis bukan berarti pelit atau ngga punya modal, melainkan untuk lebih mengutamakan kebutuhan dari pada untuk bergaya yang justru membuat pengeluaran membengkak.

Baca Juga: Cara Menghemat Uang Paling Efektif

Konsep Hidup Minimalis

from: mediapijar.com

Menerapkan gaya hidup minimalis tak hanya membatasi barang-barang yang ingin sobat beli, tetapi bagaimana caranya untuk memiliki hidup yang bermakna. Saat tulisan ini dibuat tanpa kita sadari bahwa anak-anak muda diluar negeri sudah banyak yang menerapkan gaya hidup minimalis. Mereka tidak malu untuk menerapkan gaya hidup minimalis, bahkan menganggapnya sebagai bagian dari hidup yang bisa mendatangkan ketenangan dan kebahagiaan.

Baca Juga: Cara Dapat Jutaan Rupiah Dari Bisnis Online

Manfaat Hidup Minimalis

from: pixabay.com

Banyak manfaat yang bisa diambil dengan menerapkan gaya hidup minimalis. Tentu bukanlah suatu hal yang tidak berguna, tapi sangat berguna dan bermanfaat sekali bagi yang menerapkannya, antara lain:

 

  1. Mempererat Hubungan dengan Orang Lain

Menerapkan gaya hidup minimalis akan sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan hubungan dengan orang lain. Orang yang menerapkan ini akan lebih mudah bergaul karena tidak membedakan status sosial seseorang, entah itu orang kaya atau orang miskin sama saja.

 

  1. Hidup Menjadi Lebih Tenang

Terkadang memiliki banyak barang bukanlah ide yang bagus, sebab hal ini akan menimbulkan keterikatan terhadap barang yang dimiliki. Keterikatan juga akan membuat rasa takut meningkat akan kehilangan sesuatu. Oleh karena itu, dengan menerapkan gaya hidup minimalis akan memberikan pelajaran bahwa sesuatu yang dimiliki bukanlah segalanya.

 

  1. Lebih Fokus Terhadap Tujuan Hidup

Mengurangi sesuatu yang tidak diperlukan akan mengurangi beban seseorang. Hidup mereka akan lebih tertata, lebih fokus memikirkan masa depan, kontrol diri menjadi teratur, dan menjadi lebih berani tanpa takut kehilangan sesuatu apapun. Hal ini akan membuat sesorang tersebut memperoleh kepercayaan diri yang tinggi sehingga ia akan fokus terhadap apa yang menjadi tujuannya di masa depan.

 

  1. Lebih Sehat dan Tidak Gampang Stress

Percaya atau tidak percaya tetapi boleh dicoba yah guys bahwa menerapkan hidup minimalis akan membuat seseorang lebih sehat dan tidak gampang stress. Perilaku konsumtif dan mengikuti trend secara tidak langsung akan terhindar dari kita. Pikiran akan menjadi lebih jernih karena terbebas dari tekanan sosial yang bersifat materiil, sehingga akan membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari stress.

 

  1. Memberikan Banyak Pengalaman

Kekayaan yang sebenarnya bukanlah kaya akan harta, tahta, atau aset yang mereka miliki, melainkan kekayaan akan pengalaman yang mereka lalui dalam menjalankan hidup. Tak jarang banyak orang yang lebih mengutamakan uang untuk pengalaman, daripada mengutamakan uang untuk membeli sesuatu yang belum tentu benar-benar butuh.

 

  1. Meningkatkan Minat dan Bakat

Gaya hidup minimalis menjadikan kita lebih leluasa untuk memanfaatkan waktu luang. Tentu kabar baik nih guys, hal ini bisa kita manfaatkan untuk mendalami minat, bakat, atau hobi yang kita miliki. Sering kali orang-orang meninggalkannya karena sibuk dengan sesuatu yang dimilikinya.

Baca Juga: Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Cara Hidup Minimalis

from: imasndra.com
  1. Merapikan Kamar

Hal yang sepele tetapi jarang dilakukan. Untuk memulai hidup minimalis langkah yang paling utama adalah merapikan kamar. Memang langkah kecil sih, tetapi bisa jadi ini yang menentukan kamu sukse atau tidak menjalani hidup minimalis. Bayangkan jika merapikan kamar saja tidak bisa apalagi merapikan kehidupan. Untuk itu, pilihlah barang yang masih terpakai dan sudah tidak terpakai. Maka hasil yang kamu dapatkan ialah kamar lebih rapi dan terkesan luas sehingga akan menekan keinginan untuk membeli barang yang lain.

 

  1. Mulai Menabung

“Hidup enak itu terbebas dari hutang”. Memang betul jika hidup enak itu terbebas dari hutang karena pengelolaan uang akan lebih terstruktur. Orang yang memiliki hutang sudah pasti memiliki beban lebih, apalagi jika hutang tersebut bisa lunas dalam jangka waktu yang lama. Langkah yang tepat untuk menghindari hutang adalah dengan menabung. Dalam hidup memang hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi entah itu kecelakaan, bangkrut, dan lainnya. Tentu saja jika kita memiliki tabungan akan merasa lebih aman dan nyaman apabila kelak terjadi suatu hambatan karena ada uang tabungan.

 

  1. Membeli Barang Yang Dibutuhkan Saja

Seiring berkembangnya zaman membuat banyak orang mengikuti trend perkembangan tersebut. Mulai sekarang stop! berpikiran seperti itu. Mulailah membeli barang-barang yang sangat dibutuhkan saja dan sebisa mungkin membeli yang berkualitas tinggi, walaupun sedikit mahal tetapi terjamin kualitasnya dan bisa bertahan lebih lama. Secara perlahan akan membuat sisa uang bulananmu lebih banyak dan bisa kamu tabung.

 

  1. Memperhatikan Masalah Waktu

Hal yang juga penting dalam menerapkan gaya hidup minimalis adalah memperhatikan masalah penggunaan waktu. Dengan memperhatikan waktu, kamu akan mendapatkan waktu luang yang sangat berharga untuk meningkatkan minat dan bakat. Gunakanlah waktu untuk memperkaya diri melalui kegiatan bermanfaat dan kurangilah kegiatan yang unfaedah sehingga waktu menjadi lebih berharga.

 

  1. Nikmatilah Sesuatu Tanpa Obsesi

Orang yang menikmati sesuatu dengan terobsesi akan merasa dirinya kurang puas, sebisa mungkin apa yang dimilikinya ialah yang paling up to date. Perlu diperhatikan kawan bahwa ini sesungguhnya penyakit. Orang yang paling bahagia bukanlah orang yang memiliki barang paling baru. Jadi, cukuplah membatasi keinginan tersebut dan belilah barang sesuai kebutuhan saja.

 

  1. Jangan Menyimpan Barang Yang Sama

Terkadang tanpa disadari kita sering membeli barang-barang yang memiliki bentuk dan fungsi sama. Misal kita membeli sepatu sport padahal dirumah sudah ada, karena tergiur dengan brand atau diskon gede-gedean sehingga terpancing untuk membeli. Hal tersebut hanya membuat barang semakin menumpuk, juga belum tentu kedua sepatu itu sering dipakai, pasti salah satu ada yang tidak terpakai.

 

  1. Rawat Barang dengan Baik

Barang yang sudah dibeli juga jangan lupa dirawat agar awet dan bertahan lama. Nah, karena itu tadi di jelaskan bahwa membeli barang itu yang memiliki kualitas tinggi karena selain bagus dari segi fisik, juga bagus dari segi umur barangnya.

 

  1. Kurangi Barang Bawaan Saat Bepergian

Bepergian merupakan bagian hidup yang tidak bisa di tinggalkan, entah itu pergi berlibur, maupun pergi bekerja. Barang bawaan yang banyak bisa membuatmu stress apabila kamu hendak bepergian. Berbeda dengan orang yang membawa barang bawaan yang lebih sedikit, mereka akan lebih merasa enjoy dengan perjalanannya.

 

  1. Kurangi Jajan Makanan

Mengurangi jajan makanan juga sangat berpengaruh bagi orang yang menerapkan gaya hidup minimalis. Orang yang mengurangi jajan makanan akan lebih hemat pengeluarannya sehingga sisa uangnya bisa di tabung. Tetapi bagaimana jika lapar? Maka dari itu lebih baik menyediakan bekal dari rumah, selain hemat, makanan yang dibuat sendiri akan lebih enak dan sehat.

 

  1. Kurangi Bermain Game

Bermain game tidak hanya menghabiskan waktu, orang yang kecanduan bermain game juga akan rela mengeluarkan sejumlah uang untuk game mereka. Misal game yang sedang booming dikalangan remaja saat ini adalah game gratis yang bisa berbayar jika ingin fasilitas lebih. Terlebih lagi banyak game yang berbasis online sehingga akan boros dalam pemakaian data.

Baca Juga: Usaha Yang Menjanjikan di Masa Depan

Gimana guys? Udah ada gambaran belum nih untuk menerapkan gaya hidup minimalis?. Memang sih tidak mudah, tetapi akan jauh lebih sulit lagi jika kamu tidak melangkah maju. Konsisten menerapkan cara diatas ada kemungkinan hidupmu berubah lebih baik. Tapi juga tidak harus menerapkan sesuai tulisan diatas karena cara setiap orang pasti berbeda-beda.

 

2 pemikiran pada “Gaya Hidup Minimalis”

Tuliskan Komentarmu