Cara Menghemat Uang

Sering terkena kanker (kantong kering) merupakan hal yang sangat wajar bagi kehidupan manusia. Banyak kebutuhan-kebutuhan yang tidak terkendali seperti membelanjakan uang untuk membeli baju model terbaru, sepatu model terbaru, makan harus di restoran, sehingga uang bulanan pun cepat habis. Untuk itu, perlu anda ketahui bagaimana cara menghemat uang supaya uang bulanan tidak boros dan kebutuhan tetap terpenuhi.

Kebiasan boros sering kali menimbulkan masalah, baik untuk diri sendiri maupun orang lain nantinya. Kenapa demikian, jika seseorang tidak mempunyai uang dan belum memasuki jatah uang bulanan atau terima gaji, maka yang akan terjadi adalah tradisi utang piutang yang tentu sangat merepotkan.

Apabila banyak orang yang beranggapan bahwa menghemat uang itu sulit itu salah, mungkin belum baca artikel cara menghemat uang yang akan dibahas sebagai berikut.

Baca Juga Tips Menyimpan Video Instagram

Cara Menghemat Uang Secara Cermat

pixabay.com

Ya tentu, dalam artikel ini memang sangat berguna sekali untuk keseharian, karena memang sangat mudah sekali tips yang akan admin berikan pada kali ini.

 

  1. Menyusun Rencana Anggaran

Hal yang paling penting dalam menghemat uang adalah menyusun anggaran secara matang dan tepat. Anda bisa mencatatnya dalam buku khusus untuk rencana anggaran, atau bisa juga di HP agar lebih simpel dan pasti setiap harinya tidak lepas dari benda satu ini. Dengan menyusun anggaran yang baik pengeluaran uang juga akan semakin teratur.

 

  1. Belanja Sesuai Kebutuhan Saja

Terkadang dalam berbelanja itu seperti ada semacam sihir yang mendorong untuk membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan tetapi malah dibeli, maka bedakan yang mana kebutuhan dan keinginan. Jangan khawatir, hal semacam ini bisa di minimalisir dengan memikirkan terlebih dahulu barang yang akan dibeli dan dibandingkan harganya jika sudah menemukan.

Semisal ada sepatu harga 50 ribu dan sepatu harga 80 ribu tetapi kualitas yang harga 50 ribu hampir sama dengan yang 80 ribu maka pilih saja yang 50 ribu. Tips tersebut untuk menghemat uang dan kebutuhan seseorang juga terpenuhi, lagian fungsinya juga sama.

 

  1. Membawa Bekal Sendiri Saat Bepergian

Hal ini tentunya bertujuan untuk menghemat jatah uang jajan. Terkadang seseorang tergoda oleh jajanan yang ada di sekeliling saat bepergian. Alangkah baiknya untuk stop membeli jajanan luar, gantilah dengan membawa bekal makanan dan air minum sendiri. Manfaat membawa bekal sendiri ialah praktis dan tentunya higienis. Oleh sebab itu, jangan sungkan untuk membawa bekal saat anda bepergian.

 

  1. Tabunglah Uang Anda

Menabung sangat bermanfaat sekali untuk memenuhi kebutuhan yang mendadak. Tentunya seseorang pernah diajarkan untuk menabung sejak kecil. Untuk itu, buatlah rekening tabungan untuk menyimpan uang secara aman.

Di Indonesia juga banyak bank yang menyediakan rekening untuk anak-anak, jadi yang masih berusia 17 ke bawah jangan khawatir karena tetap bisa menabung dengan aman di bank. Kenapa harus bank, karena bank lebih aman, dibandingkan memakai celengan atau kaleng yang tidak aman dan cepat rusak bagi uang kertas.

 

  1. Jangan Lupa Untuk Bersyukur dan Bersedekah

Perlu dicatat yang sekarang dibahas adalah cara menghemat uang, bukan cara menghemat bersedekah. Jadi, walaupun sedang menghemat uang jangan lupa untuk tetap bersedekah. Tentunya dalam bersedekah itu harus ikhlas dan apapun rezeki yang diterima harus disyukuri. Apabila banyak yang beranggapan sedekah membuat lebih miskin, itu salah besar. Banyak orang-orang sukses yang bersedekah sampai setengah dari hartanya tetapi tidak jatuh miskin dan malah tambah kaya raya.

 

  1. Cek Harga Secara Online Sebelum Membeli Sesuatu

Survey harga secara online sangat bermanfaat sekali sebelum belanja, anda jadi bisa menentukan rencana anggaran dari barang yang akan dibeli. Tetapi, survey secara online terdapat kelemahan karena harganya beda dengan yang ada di supermarket. Jika memungkinkan anda bisa membelinya secara online, sekarang banyak toko online yang menawarkan produk murah berkualitas, bahkan sampai gratis ongkos kirim.

 

  1. Bayar Cash Jika Membeli Sesuatu

Yang dimaksud bayar cash adalah membayar transaksi secara penuh atau lunas. Terkadang karena kebutuhan tertentu banyak yang terlilit utang akibat tidak bayar lunas atau mengambil kredit. Jika mempunyai banyak uang tidak masalah, tetapi yang mempunyai uang pas untuk kebutuhan sehari-hari akan sulit melunasi utang tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk membelanjakan uang dengan bijak.

Baca Juga Tips Mencuci Sepatu

  1. Tentukan Tanggal Untuk Uang Bulanan

Bagi anak kuliahan uang bulanan sangat penting untuk biaya hidup. Uang bulanan memang harus ditentukan tanggalnya karena keuangan akan semakin teratur nantinya. Sering kali terjadi uang habis sebelum jatah uang bulanan berikutnya. Maka, buatlah kesepakatan terkait tanggal uang bulanan dengan orang tua. Jika sudah ditentukan nantinya akan berpikir terlebih dahulu untuk menggunakan uang agar tidak cepat habis sampai jatah bulan berikutnya.

 

  1. Jangan Tergiur Barang Diskon

Salah satu tips yang saya dapatkan adalah jangan tergiur apabila ada diskon besar-besaran, karena sebelum dijual barang tersebut di naikan harganya terlebih dahulu, kebanyakan juga barang-barang cuci gudang atau barang lama. Tentunya rugi apabila membeli barang tersebut, juga belum tentu barang tersebut bagus dan berguna nantinya. Tetapi itu tergantung pribadi masing-masing, karena memang masih ada juga pedagang yang benar-benar memberikan diskon secara jujur.

 

  1. Perbanyaklah Kegiatan Yang Bermanfaat

Ternyata seseorang yang memiliki banyak kegiatan akan lebih mudah menghemat uang, sebab mereka memanfaatkan waktu untuk kegiatan yang bermanfaat seperti organisasi, olahraga, dan lainnya. Jika seseorang mempunyai sedikit kegiatan, maka akan cenderung bosan dan memicu hal lain seperti pergi belanja, pergi ke tempat wisata, nonton film bioskop, main game, yang mana semua itu membutuhkan dana yang dibilang lumayan.

 

  1. Jangan Remehkan Barang Bekas

Barang bekas terkadang dipandang sebelah mata, karena rata-rata orang berpikiran untuk membeli barang yang baru. Memang barang baru masih bagus untuk digunakan, tetapi sekarang juga banyak barang bekas yang kualitasnya masih bagus dan perawatannya yang baik. Atau bisa juga anda yang menjual barang bekas, selain mendapatkan uang juga bermanfaat bagi orang lain.

 

  1. Buatlah Kebiasaan Baru

Kurangilah kebiasaan buruk di masa lalu seperti pemakaian uang dengan boros dengan mengganti kebiasaan baru yang baik. Langkah ini akan sangat membantu dalam mengatasi masalah pemborosan pada diri anda. Biasakanlah secara perlahan pasti kebiasaan boros anda akan mulai berkurang dan berkurang.

 

  1. Jagalah Kesehatan

Kesehatan sangat penting, jika badan sakit pasti mengeluarkan uang untuk berobat. Sakit memang tidak bisa dianggap remeh, maka jagalah kesehatan supaya tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit, karena sakit itu sangat merugikan terutama dalam hal aktivitas dan berobatnya pun mahal.

 

  1. Jangan Bersaing Dengan Teman

Kebanyakan orang rata-rata memilih bersaing dalam hal gaya hidup, padahal semua itu sia-sia dan hanya menyebabkan pengeluaran semakin lebar. Misalnya motor atau smart phone, karena merasa tersaing akhirnya membeli barang yang ternama, sedangkan barang tersebut hanya ingin dipamerkan untuk menyaingi temannya saja.

 

  1. Hargailah Waktu

Jangan biarkan waktu terbuang sia-sia, manfaatkanlah untuk hal yang bermanfaat atau hal yang dapat menghasilkan tambahan uang. Jika ada penghasilan tambahan, bisa digunakan untuk membeli keperluan dengan menggunakan uang tersebut dan uang bulanan bisa ditabung.

 

Itulah beberapa tips-tips cara menghemat uang secara cermat dan tepat, semoga bermanfaat dan sukses bagi yang membaca artikel ini sampai habis. Sebenarnya banyak sekali tips-tips menghemat uang yang dapat dicoba, tetapi admin hanya menyebutkan yang paling baik dari yang terbaik.

 Baca Juga Bisnis Online Menjanjikan

Tinggalkan komentar