Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa memang butuh banyak sekali perjuangan apalagi jika mahasiswa perantauan, pastinya harus mandiri dong. Tak jarang banyak mahasiswa yang terkena penyakit kanker alias kantong kering akibat banyaknya pengeluaran yang tidak ter-organisir. Apakah kamu sebagai mahasiswa hanya mampu pasrah dan hanya mengandalkan uang kiriman dari orang tua? Bangkit dong! Mulailah mandiri, banyak bisnis yang cocok untuk mahasiswa agar bisa menambah uang sakumu.

Perlu kamu ketahui, menjalankan bisnis itu memiliki banyak tantangan tergantung bisnis apa yang kamu jalankan. Namun, semua itu akan terbalaskan oleh penghasilan dan pengalaman yang akan didapatkan. Coba bandingkan antara mahasiswa biasa dengan mahasiswa yang menjalankan bisnis, pasti pengalaman dan pemikiran mereka berbeda. Untuk itu, apa saja sih bisnis yang cocok untuk mahasiswa tersebut? Simak selengkapnya.

Baca Juga : Usaha Yang Menjanjikan di Masa Depan

Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil

  1. Bisnis Online

Bisnis online via pixabay.com

Bisnis online atau online shop sangat menguntungkan bagi mahasiswa. Lihat saja saat ini, banyak pebisnis online yang rata-rata masih duduk dibangku kuliah. Mereka menjual berbagai macam barang seperti pakaian, produk kecantikan, sandal, sepatu, dan lainnya. Kamu bisa mempromosikan kepada teman, dosen, pacar, gebetan atau orang lain melalui sosial media. Kunci sukses untuk menjalankan bisnis online ialah harus tekun dan sabar.

 

  1. Jualan Pulsa

Pulsa elekktrik via miffttah.blogspot.com

Tak salah jika banyak yang menjalankan bisnis ini, sebab menjadi salah satu bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Jualan pulsa memang sangat menguntungkan, selain bermodal kecil, target pasarnya juga mudah yaitu teman lingkup kampus. Siapa sih yang tidak butuh pulsa? Kan sekarang sudah jamannya gadget, jadi pasti akan cepat laku dan balik modal. Namun, juga ada kekurangan yang sering terjadi, antara lain ialah teman yang hutang pulsa haha.

 

  1. Menjual Makanan Kecil

Makanan ringan via wirausahabrilian.bri.co.id

Menjual makanan kecil juga termasuk bisnis bagi mahasiswa yang cukup menguntungkan. Tak jarang banyak mahasiswa yang malas pergi ke kantin karena jauh, dan akhirnya membeli makanan kecil dari kamu. Untuk sistem penjualannya bisa menawarkan langsung ke teman kelas, teman lain kelas, atau menggunakan sistem kantin kejujuran. Memang kantin kejujuran rawan risiko, namun tanamkanlah pada pikiran kamu bahwa rejeki itu sudah ada yang mengatur.

 

  1. Menjual Makanan Berat

Catering makanan via nikojulius.com

Kabar baik nih bagi yang suka memasak, kamu bisa memanfaatkan skill masak tersebut untuk membuat berbagai macam makanan berat yang menguntungkan. Untuk penjualannya bisa dititipkan ke kantin kampus, lewat kantin kejujuran, atau lewat pemesanan. Jika masakanmu banyak disukai orang, sebaiknya persiapkan diri untuk menerima kenyataan bahwa kamu akan mengalami banjir orderan, hebat bukan.

 

  1. Jasa Ketik atau Print

Jasa ketik via pixabay.com

Bagi kamu yang jago ngetik sebaiknya coba bisnis yang satu ini deh. Kamu bisa menawarkan jasa untuk ketik tugas, ketik skripsi, ketik makalah, dan juga sekalian jasa untuk print. Jangan khawatir, banyak mahasiswa yang malas mengetik dan menggunakan jasa ketik untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Jadi peluang bisnis yang satu ini sangat terbuka lebar, tetapi selain modal kemampuan menulis, kamu juga harus punya laptop/komputer beserta printer agar lebih mudah.

 

  1. Membuka Jasa Les Privat

Les privat via lesprivatdibogor.com

Jika kamu memiliki bakat untuk mengajar tak ada salahnya jika mencoba untuk membuka les privat bagi pelajar SD, SMP, maupun SMA. Namun bakat mengajar saja tidak cukup, kamu harus menguasai berbagai macam materi pelajaran-pelajaran tersebut. Membuka les privat juga akan menambah pengalaman dalam mengajar, penguasaan materi, serta tambahan uang saku. Biasanya jasa les privat akan sangat laris ketika menjelang Ujian Nasional siswa.

 

  1. Membuka Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar via pixabay.com

Selain les privat, bimbingan belajar atau disingkat bimbel ini juga banyak peminatnya loh. Bimbingan belajar dibutuhkan oleh banyak orang untuk menguasai berbagai mata kuliah yang ingin dikuasai. Tetapi bimbel tidak hanya pada akademis, bisa juga non akademis seperti bimbingan sepak bola, badminton, musik, menyetir, dan sebagainya. Kunci utama bisnis ini ialah kesabaran, sebab penguasaan setiap orang itu berbeda, ada yang cepat dan sebaliknya.

 

  1. Bisnis Jasa Fotografer dan Videografer

Fotografer via pixabay.com

Seperti yang tertulis dalam sebuah judul lagu, darah muda.. darahnya para remaja.. Yap, mahasiswa memang seorang remaja yang darahnya sedang menggebu-gebu sehingga banyak ide-ide kreatif yang ada dipikirannya. Kreativitas bisa diterapkan pada foto dan video, jika kamu memiliki tingkat kreativitas yang tinggi bisa membuka jasa fotografer atau videografer untuk dokumentasi acara-acara tertentu di kampus maupun luar kampus.

 

  1. Membuka Jasa Tata Rias

Penata rias via pixabay.com

Bisnis yang satu ini biasanya banyak diminati oleh kalangan wanita. Dandan atau merias diri memang sudah biasa bagi wanita, namun merias juga bisa dijadikan usaha yang cukup menjanjikan loh. Misalnya ada acara-acara penting seperti wisuda misalnya, pasti banyak yang ingin tampil cantik maksimal pada saat wisuda karena merupakan moment sekali seumur hidup.

 

  1. Menjual Bucket

Bucket bunga via pixabay.com

Bisnis yang cocok untuk mahasiswa satu ini merupakan bisnis musiman saat acara penting seperti wisuda, ulang tahun, atau lainnya. Namun, kamu tetap bisa membuka bisnis ini dengan cara pre order atau pemesanan terlebih dahulu, sehingga meminimalisir laku tidaknya bucket yang dijual. Untuk bucketnya sendiri bisa jenis bucket bunga, bucket snack, maupun bucket cokelat.

Baca juga : Strategi Pemasaran Jitu Tingkatkan Penjualanmu

  1. Menawarkan Bakat Lewat Internet

Bakat nyanyi via pixabay.com

Bakat setiap orang memang berbeda-beda, oleh karena itu kamu bisa menawarkan bakat khususmu lewat internet. Semisal kamu pandai menyanyi dan menawarkannya di internet, kemungkinan akan ada orang yang tertarik menggunakan bakatmu untuk acara penting seperti pernikahan misalnya. Tak jarang menawarkan bakat lewat internet dapat membuat seseorang terkenal sehingga peluang akan mengalir dengan sendirinya.

 

  1. Jasa Desain Grafis

Desain grafis via pixabay.com

Jasa desain grafis hampir tidak pernah sepi karena banyaknya permintaan sebuah desain untuk berbagai acara. Hal ini menjadi peluang yang sangat mulus bagi mahasiswa yang pandai desain grafis untuk menambah uang saku. Asahlah kemampuan desain grafis kamu supaya orang-orang akan tertarik untuk memesan desain dari kamu seperti desain kartu nama, poster, logo, undangan, banner, dan banyak lagi lainnya.

 

  1. Menjual Kerajinan Tangan

Contoh kerajinan telur via sarungpreneur.com

Selain menjual bucket, kamu juga bisa menjual berbagai macam kerajinan tangan. Banyak ide-ide kerajinan tangan yang bisa kamu cari di Google. Biasanya orang yang suka dengan hal-hal unik akan tertarik untuk membeli kerajinan tanganmu, dan juga kerajinan tangan bersifat awet sehingga mampu bertahan dalam jangka panjang. Penjualannya sendiri bisa pada event-event besar di kampus.

 

  1. Jasa Ojek Online

Ojek online via suarakumandang.com

Semakin berkembangnya jaman juga memunculkan berbagai inovasi antara lain ialah ojek online. Ojek online sendiri bermodal kendaraan dan juga gadget untuk menerima orderan. Ojek online sendiri banyak yang dilakukan oleh mahasiswa dengan memanfaatkan jam kosong kuliah untuk menarik orderan. Tentu penghasilannya juga tak diragukan lagi, apalagi jika menarik orderan sekitar kampus atau sekolahan.

 

  1. Menjadi Blogger

WordPress blog via pixabay.com

Blogger termasuk ke dalam bisnis online yang menjanjikan bagi mahasiswa. Tetapi menjadi seorang blogger harus dibutuhkan kesabaran dan ketekunan, sebab mencari visitor tidak mudah. Kamu perlu posting tulisan-tulisan berkualitas agar visitor banyak, setelah visitor banyak, kamu bisa memasang iklan dari google adsense, atau menjual produk sendiri. Skill kamu dalam dunia blog juga boleh ditawarkan jika ada yang membutuhkan solusi mengenai blog atau website.

 

  1. Menjadi Youtuber

Youtubers via selasar.com

Menjadi Youtuber memang sangat menjanjikan karena penghasilan dari YouTube sendiri terbilang sangat besar. Banyak Youtuber Indonesia yang sukses di usia muda. Untuk menentukan kontennya, kamu bisa membuat konten sesuai dengan skill dan bakat kamu. Misal kamu pandai cover lagu maka kamu bikin konten tentang cover lagu, begitupun yang lainnya.

 

  1. Jasa Penerjemah

Jasa penerjemah via seomedan.com

Kamu pandai bahasa asing? Pas sekali untuk melakukan bisnis yang cocok untuk mahasiswa ini, yaitu sebagai penerjemah. Baik mahasiswa maupun orang diluaran sana banyak juga loh yang menggunakan jasa penerjemah. Tetapi bisnis ini membutuhkan skill bahasa asing yang benar-benar bagus dan tidak asal-asalan, atau bisa mencari rekan yang memiliki kemampuan bahasa asing diatas rata-rata.

 

  1. Menjadi Penulis Lepas

Penulis via pixabay.com

Lagi-lagi kemampuan menulis bisa dimanfaat untuk bisnis yang satu ini. Menjadi penulis lepas memang menjanjikan dan waktunya juga tidak terlalu mengganggu perkuliahan. Kamu bisa mencari situs web yang membayar sebuah tulisan, atau kamu bisa menjadi penulis artikel lepas dan menjualnya kepada para blogger. Jangan heran, banyak juga blogger-blogger lama yang sudah bosan menulis dan membeli tulisan untuk mengisi blognya.

 

  1. Jasa Event Organizer

Event organizer via dodisyahputra.wordpress.com

Kemampuan mengatur dan menyusun sebuah acara juga banyak dicari banyak orang loh. Mereka menyewa jasa event organizer untuk menyukseskan sebuah acara-acara penting seperti seminar, acara pelatihan, ulang tahun, dan lain-lain. Untuk itu, bagi kamu yang memiliki skill dalam hal ini bisa dicoba siap tau cocok. Jika perlu, rekrutlah beberapa teman untuk dijadikan tim agar dapat membantumu merancang kegiatan.

 

  1. Jual Beli Buku Bekas

Buku via pixabay.com

Barang bekas yang masih bagus ternyata bisa kamu jual untuk menambah uang saku, misalnya buku bekas. Kamu bisa menjual buku bekas yang masih layak pakai kepada teman maupun orang lain yang membutuhkan. Buku bekas kuliah pasti kamu punya banyak sekali, sebab ada juga dosen yang mewajibkan membeli buku tertentu untuk pelajarannya.

 

  1. Jasa Install Laptop atau Komputer

Install ulang via brojamz.blogspot.com

Ternyata jasa install laptop atau komputer sangat laris pada lingkungan kampus, sebab tak lain ialah banyak laptop yang erorr dan perlu install ulang. Jika kamu perhatikan pasti di sekitar jalan kampus banyak sekali yang menawarkan jasa install. Kamu harus mengetahui cara install komputer dengan benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika kamu pandai tentang komputer, boleh juga membuka jasa service laptop atau komputer asal tahu tekniknya.

Baca Juga : Tips Menjadi Orang Sukses

Itulah berbagai macam bisnis yang cocok untuk mahasiswa versi uplur.com. Sebenarnya banyak sekali bisnis-bisnis untuk mahasiswa, namun setiap orang itu berbeda pemikiran dan skill. Ada yang sukses di bisnis A dan ada yang sukses di bisnis B, tergantung bagaimana mereka mengembangkan bisnis tersebut. Salah satu ilmu yang admin peroleh dari seorang guru ialah “jika kamu menggeluti sebuah usaha, fokuslah pada satu usaha tersebut”, semoga bermanfaat.

2 pemikiran pada “Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa”

Tinggalkan komentar