Manfaat Susu Kedelai

Berbicara mengenai manfaat susu kedelai sebenarnya banyak sekali manfaatnya. Susu sehat penuh gizi ini terbuat dengan bahan dasar herbal yaitu kedelai, sangat cocok dikonsumsi untuk orang yang alergi terhadap susu sapi. Tidak hanya untuk orang yang alergi dengan susu sapi, semua kalangan termasuk anak kecil hingga orang dewasa dapat mengonsumsi susu kedelai ini. Tak jarang juga orang yang sedang menjalani proses diet mengonsumsi susu kedelai ini.

Wah.. kelihatannya susu kedelai sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan yah. Ya, tentu saja sangat baik untuk kesehatan karena susu kedelai memiliki banyak sekali kandungan-kandungan gizi dan vitamin yang sangat baik sekali bagi tubuh. Sebelum membahas manfaat susu kedelai pastinya ingin tahu terlebih dulu apa saja kandungan dalam susu kedelai tersebut. Langsung saja simak infonya dibawah ini.

Baca Juga: Khasiat Susu Beruang (Bear Brand]) Paling MANTUL!

Kandungan Susu Kedelai

Gambar via pixabay.com
  1. Protein

Susu kedelai bisa menjadi sumber protein yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan protein dalam susu kedelai setara dengan susu sapi, namun kalori susu kedelai lebih rendah. Tidak hanya itu, protein dalam susu kedelai mengandung asam amino esensial yang terdiri dari arginin, lisin, lesitin, niasin, glisin, leusin, isoleusin, triptofan, trionin dan fenillalanin.

 

  1. Vitamin

Susu kedelai memiliki berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin-vitamin tersebut antara lain adalah vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Vitamin B12 yang membantu memproduksi sel darah merah untuk mencegah anemia. Vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, serta vitamin E yang berkhasiat untuk mencegah kanker kulit, mencegah kulit keriput, mencegah impotensi, membantu mengobati penyakit jantung, dan antioksidan.

 

  1. Mineral

Mineral yang terkandung pada susu kedelai sendiri mampu membantu menambah daya pada sistem kekebalan tubuh untuk menangkal berbagai macam penyakit, menguatkan tulang gigi, dan menguatkan struktur bagian kuku.

 

  1. Kalsium

Pastinya sudah banyak yang tahu apa khasiat dari kalsium. Kalsium dari susu kedelai dapat memperkuat tulang, membentuk kandungan tulang baru, memperlancar peredaran darah, memperbaiki fungsi otot, dan membatasi asam lemak pada usus.

 

  1. Kolesterol Baik (HDL)

Kandungan kolesterol baik (HDL) pada susu kedelai dapat membantu mencegah pengapuran dengan melawan kolesterol jahat (LDL). Dalam tubuh pasti terdapat kolesterol jahat yang dapat menuai pengapuran pada pembuluh darah.

 

  1. Lemak dan Zinc

Kandungan asam lemak pada kedelai cukup tinggi seperti omega-3 yang berguna untuk membantu mengurangi kadar lemak darah/kolesterol jahat, sehingga sangat baik untuk mengurang risiko ancaman serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Zinc sendiri dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Itulah berbagai macam kandungan-kandungan yang terapat dalam susu kedelai. Berikut akan dibahas mengenai manfaat susu kedelai yang akan diperoleh jika rutin mengonsumsinya sebagai berikut.

Baca Juga: Khasiat Yoghurt Yang Sering Diabaikan

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Gambar via pixabay.com
  1. Mengurangi Kadar Kolesterol Darah

Kandungan lesitin pada susu kedelai membantu mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh. Lesitin akan melarutkan kolesterol dalam darah sehingga tidak ada lagi penyumbatan dan penyempitan. Berbeda dengan susu sapi, nutrisi dari susu kedelai lebih sehat, rendah lemak, dan kolesterol.

 

  1. Mencegah Anemia

Vitamin B12 yang terdapat dalam susu kedelai berkhasiat membantu produksi sel darah merah seperti yang telah dijelaskan pada keterangan kandungan diatas. Jadi dalam hal ini, susu kedelai sangat bermanfaat sekali untuk mencegah anemia.

 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari susu kedelai adalah menjaga kesehatan jantung. Menurut beberapa penelitian susu kedelai lebih baik dari susu sapi dalam hal menurunkan tekanan darah. Sehingga mengonsumsi susu kedelai akan sangat membantu menjaga tekanan darah sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

 

  1. Mengatasi Intoleransi Laktosa

Mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa merupakan sebuah istilah yang sering dipakai untuk orang-orang yang alergi terhadap susu sapi dikarenakan enzim lactase yang terbatas pada tubuh. Akibatnya usus akan sulit untuk mencerna susu sapi yang bisa mengakibatkan mual, muntah, sakit perut, dan lainnya. Untuk itu, alternatif lain yang paling baik adalah susu kedelai.

 

  1. Mencegah Diabetes Melitus

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa susu kedelai mengandung asam amino glisin dan asam amino arginin yang mampu menstabilkan keseimbangan hormon insulin. Sebab, penyakit diabetes melitus muncul akibat tubuh kekurangan insulin, sehingga dapat mengakibatkan kelainan metabolisme karbohidrat, lemak, protein, air, dan elektrolit.

 

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Yang sangat diidam-idamkan oleh para wanita adalah tubuh yang ideal. Untuk itu, bagi kamu yang sedang melakukan program diet bisa mencoba mengonsumsi susu kedelai untuk membantu memperlancar program diet tersebut. Susu kedelai sangat baik untuk diet karena memiliki kadar gula yang rendah, rendah lemak, juga rendah kalori dibanding susu lainnya.

 

  1. Membantu Memperkuat Pembuluh Darah

Asam lemak omega-3 yang terkandung pada susu kedelai sangat efektif untuk melindungi pembuluh darah dari luka dan juga pendarahan. Dikatakan sangat efektif karena kandungan yang terdapat dalam susu kedelai mampu mengikat pembuluh darah serta menjaga sel-sel lapisan dari radikal bebas dan kolesterol.

 

  1. Membantu Mengurangi Gejala Pasca Menopause

Hal yang paling berbahaya bagi wanita adalah pasca menopause, sebab pada masa ini wanita akan cenderung memiliki risiko yang tinggi seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas akibat menurunnya produksi hormon estrogen. Kandungan isoflavone pada kedelai dapat dapat membantu mengatasi sindroma menopause dengan menjaga kadar hormon estrogen.

 

  1. Membantu Penderita Autisme

Autisme merupakan sebuah gangguan pada perkembangan anak sehingga ia serasa berada didunia sendiri dan susah untuk berinteraksi sosial. Banyak hal yang harus dihindari oleh penderita autisme antara lain asupan protein susu, dan protein tepung karena sulit untuk dicerna pada penderita autisme, bahkan dapat menyebabkan fungsi otak semakin terganggu. Untuk itu, susu kedelai dapat dijadikan alternatif pengganti susu sapi agar anak autisme tetap mendapat kandungan dari susu.

 

  1. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan masalah yang sering dialami wanita terkait usia menopause dan hormon. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya kalsium pada tubuh sehingga memungkinkan untuk terjadinya penyakit tersebut. Susu kedelai mengandung fitoestrogen yang mampu menyeimbangkan penyerapan kalsium pada tubuh.

Baca Juga: Manfaat Baik Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

  1. Mencegah Kanker (Anti Karsinogenik)

Menurut sejumlah penelitian, susu kedelai dapat membantu menurunkan risiko terjadinya kanker prostat pada pria. Penurunan kadar testosteron merupakan hal yang baik untuk mengurangi terjadinya kanker prostat. Maka, susu kedelai sangat berpengaruh sekali karena kedelai termasuk sumber fitoestrogen yang berkhasiat menghambat dan mencegah produksi hormon testosteron pada pria.

 

  1. Menjaga Kesehatan Mental

Susu kedelai memiliki kandungan vitamin B dan magnesium yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan serotonin neurokimia (hormon penenang) dan mampu meningkatkan suasana hati/mood seseorang. Magnesium dan vitamin D yang ada pada susu kedelai juga memiliki peran sebagai obat alami antidepresan. Oleh karena itu, susu kedelai sangat cocok sekali dikonsumsi untuk memperbaiki suasana hati yang tidak menentu.

 

  1. Mengobati Migrain

Migrain merupakan sakit kepala sebelah yang terjadi secara tiba-tiba dan berulang tanpa diketahui penyebabnya. Penyakit ini merupakan penyakit yang lebih sering diderita oleh wanita dikarenakan siklus hormonal wanita yang menjadi penyebab utamanya. Susu kedelai jika dikonsumsi secara rutin akan membantu meredakan dan mencegah migrain.

 

  1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Karidovaskular merupakan penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah dan jantung. Pada susu kedelai mengandung vitamin E yang dapat mencegah plak pada pembuluh darah arteri yang merupakan penyebab utama pembuluh darah tersumbat. Kardiovaskular bisa terjadi karena adanya stress oksidatif melalui oksidasi kolesterol jahat serta kanker melalui DNA.

 

  1. Sebagai Anti Oksidan

Kolseterol jahat (LDL) paa tubuh bisa menjadi senyawa yang sangat berbahaya untuk kesehatan seperti risiko kerusakan hati dan merusak kulit. Susu kedelai sendiri memiliki efek anti oksidan serta pelindung hati sehingga dapat membantu menurunkan stress oksidatif dan berbagai kerusakan yang terjadi pada tubuh.

 

  1. Melancarkan Pencernaan

Selain enak dikonsumsi, ternyata susu kedelai sangat baik sekali untuk melancarkan pencernaan. Kandungan isoflavone yang terkandung didalamnya membantu meningkatkan absorpsi usus yang membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

 

  1. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini sering kali membuat sebagian orang menjadi kurang percaya diri terutama pada wanita. Untuk itu, perlu dicoba dengan mengonsumsi susu kedelai secara rutin untuk mencegah penuaan dini. Kandungan fitoestrogen serta anti oksidan pada susu kedelai dapat membantu mengurangi dan mencegah penuaan dini dengan baik.

 

  1. Melembabkan Kulit dan Mengatasi Kulit Berminyak

Susu kedelai juga mengandung pelembap alami yang membantu memperbaiki sel kuli mati serta mencegah dehidrasi organ dalam tubuh. Masalah lain yang kemungkinan akan muncul selain sel kulit mati adalah kulit wajah yang kusam dan berminyak dengan mengonsumsi susu kedelai secara rutin wajah akan terasa halus dan lembab dan juga kadar minyak berlebih akan berkurang.

 

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Menurut berbagai penelitian, mengonsumsi susu kedelai secara rutin dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. Kandungan susu kedelai yang berperan untuk meningkatkan kecerdasan otak adalah lesitin. Untuk itu, sangat baik sekali diberikan kepada anak-anak agar semakin cerdas.

Baca Juga: Manfaat Ajaib Air Putih Yang Jarang Diketahui

Dari uraian diatas bisa disimpulkan bahwa banyak sekali manfaat susu kedelai yang baik untuk kesehatan. jadi, janganlah ragu untuk mengonsumsi susu kedelai secara rutin. Ajaklah keluarga anda untuk hidup lebih sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman herbal, sebab yang terbuat dari bahan alami tanpa campuran bahan kimia bisa dipastikan lebih sehat. Apabila masih ada manfaat lain yang belum admin ketahui atau belum tercantumkan, silakan coret-coret pada kolom komentar dibawah.

Tinggalkan komentar