Manfaat Air Kelapa

Bagi sebagian orang air kelapa adalah penghilang dahaga pada saat terik matahari membakar tenggorokan hingga kering. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, ternyata banyak manfaat air kelapa yang jarang diketahui orang. Kelapa sendiri berasal dari pohon kelapa yang terkenal dengan sebutan pohon seribu manfaat. Nama itu diambil karena semua bagian yang ada pada pohon kelapa bisa dimanfaatkan, mulai dari akar hingga ujung daun pohon kelapa.

Konon katanya air kelapa banyak sekali manfaatnya bagi tubuh karena kaya akan nutrisi yang terkandung pada air kelapa. Untuk itu, mengonsumsi air kelapa secara rutin akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Dari uraian diatas mungkin sudah ada gambaran mengenai manfaat air kelapa.

Baca Juga Manfaat Susu Kedelai

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh

hellosehat.com

 

Perlu diketahui bahwa sesuatu yang menyehatkan tubuh pasti terdapat berbagai macam nutrisi yang terkandung. Begitu pula air kelapa, tiap 30 ml air yang menyegarkan ini mengandung 5,5 kalori, 1,5 gram gula, 60 mg kalium dan 5,5 mg natrium. Selain itu, ada juga berbagai macam vitamin dan mineral lainnya seperti vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, magnesium, kalsium, mangan, seng, asam folat dan fosfor.

Dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin akan memberikan manfaat bagi kesehatan seperti yang akan dijelaskan berikut.

 

Mencegah Penuaan

tirto.id

Memasuki usia senja tetapi ingin tampil seperti anak muda jaman sekarang, bisa mencoba mengonsumsi air kelapa. Ya, air kelapa sangat cocok sekali untuk mencegah penuaan, apalagi bagi orang yang masih berumur muda tapi wajah kelihatan tua atau sering disebut penuaan dini. Air kelapa akan membantu kamu tampil cantik kembali, kulit akan terlihat muda, lebih halus dan terlihat cerah. Maka, jangan sungkan untuk rutin mengonsumsi air kelapa.

 

Mengatasi Dehidrasi

idntimes.com

Salah satu manfaat yang paling penting bagi tubuh adalah mengatasi dehidrasi. Saat aktivitas padat semua cairan tubuh akan menghilang, maka air kelapa berperan untuk menggantikan cairan tubuh tersebut. Hal ini disebabkan karena air kelapa mengandung elektrolit dan plasma yang tinggi sehingga mampu membantu mengatasi semua itu.

 

Memperlancar Pencernaan

nulis.co.id

Bagi yang memiliki masalah pencernaan bisa mencoba air kelapa sebagai obatnya. Jangan khawatir tentang obat alami yang satu ini karena sudah banyak yang membuktikan bahwa air kelapa mampu memperlancar pencernaan. Hal ini dikarenakan karena air kelapa memiliki kandungan enzim-enzim yang membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan memperbaiki sistem pencernaan.

 

Menetralisir Racun

strategidanbisnis.com

Manfaat yang tentunya sangat baik dari air kelapa adalah menetralisir racun yang ada pada tubuh. Kandungan antioksidan, anti racun, enzim dan lainnya memiliki sifat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Dari hal tersebut, banyak orang sakit yang mendapatkan rekomendasi untu rutin mengonsumsi air kelapa karena dapat membantu meningkatkan kesehatan agar tubuh sehat kembali.

 

Menurunkan Berat Badan

jiwaragaku.com

Berat badan yang berlebih pasti membuat orang kurang leluasa untuk bergerak serta membuat kepercayaan diri seseorang berkurang apalagi bagi wanita. Nah, untuk para wanita yang ingin memiliki tubuh langsing dan berat badan yang seimbang, bisa menggunakan air kelapa untuk membantu program diet supaya hasilnya maksimal. Tidak perlu khawatir tentang efek samping karena air kelapa merupakan obat diet alami yang aman bagi tubuh.

 

Mengatur Tekanan Darah dan Kolesterol

kusehat.site

Menurut berbagai penelitian menegaskan bahwa air kelapa bermanfaat sekali untuk menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan sirkulasi darah, serta dapat mengurangi risiko terjadinya stroke dan serangan jantung. Tak ketinggalan bagi penderita kolesterol karena dengan air kelapa kolesterol baik yang ada pada tubuh semakin meningkat.

 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

4tu.org

Berbagai macam kandungan vitamin dan mineral pada air kelapa dapat membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh. Hal ini terjadi karena air kelapa mempunyai sifat menghilangkan bakteri penyebab penyakit pada tubuh. Jadi, tunggu apalagi untuk mengonsumsi air kelapa. Seperti kata pepatah yang sudah sangat terkenal yaitu “mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Meningkatkan Vitalitas Pria

idntimes.com

Vitalitas pria yang menurun biasanya disebabkan oleh nikotin yang terkandung dalam rokok. Mungkin akan sangat terasa sekali jika seorang perokok berat muali rutin mengonsumsi air kelapa. Dengan air kelapa, tingkat kesuburan pria akan terus meningkat, serta membantu mengatasi permasalahan yang mengganggu vitalitas pria.

 

Meningkatkan Stamina

gbika.org

Manfaat lain yang sangat spesial dari air kelapa adalah sebagai minuman penambah stamina. Berbeda dengan minuman-minuman kemasan penambah stamina lainnya, air kelapa lebih banyak manfaatnya dari semua minuman itu. Hal ini sudah sewajarnya karena air kelapa merupakan minuman alami, sedangkan minuman penambah stamina lainnya mengandung bahan-bahan yang justru cukup membahayakan tubuh.

 

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil dan Janin

orami.co.id

Tak heran jika banyak ibu hamil yang meminum air kelapa sewaktu mengandung, sebab air kelapa sangat baik manfaatnya untuk ibu hamil dan janin. Tak hanya itu, manfaat air kelapa diatas juga berlaku bagi ibu hamil. Jadi, sarankan meminum air kelapa kepada keluarga atau kerabat yang sedang hamil karena itu akan sangat membantu sekali bagi kesehatan.

 

Itulah berbagai macam manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh yang dapat admin bahas kali ini. Jika anda tertarik pada artikel-artikel kami, silakan subscribe blog kami agar selalu mendapatkan artikel terbaru lainnya. Untuk berlangganan tidak dipungut biaya apapun alias gratis, hanya dengan mendaftarkan email anda untuk mendapatkan notifikasi dari kami.

Baca Juga Manfaat Cuka Apel

Tuliskan Komentarmu