Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Apakah anda pernah mengalami hidung tersumbat? Jika pernah berarti kita mengalami hal yang sama. Terkadang orang yang mengalami hidung tersumbat sangat tersiksa sekali akibat pernapasannya terganggu. Hidung tersumbat juga bikin pusing dan merubah mood seketika, lihat saja saat ingin beraktivitas tiba-tiba hidung tersumbat, pasti aktivitas sangat terganggu. Untuk itu, jika anda mencari cara mengatasi hidung tersumbat disinilah tempatnya.

Tetapi sebelum membahas tentang cara mengatasi hidung tersumbat, ketahuilah terlebih dahulu penyebab hidung tersumbat itu agar nantinya bisa dicegah.  Yuk! Simak selengkapnya sebagai berikut.

Baca Juga :

 

Penyebab Hidung Tersumbat

Flu menyebabkan hidung tersumbat via pixabay.com

 

  1. Flu

Flu atau yang sering disebut influenza merupakan salah satu penyebab terjadinya hidung tersumbat. Influenza yang disebabkan oleh virus akan mengganggu sistem pernapasan, antara lain ialah hidung, tenggorokan, serta paru-paru. Flu akan lebih berbahaya sekali apabila sampai komplikasi, oleh karena itu jangan anggap remeh yang satu ini.

 

  1. Batuk Pilek

Batuk pilek memang bisa menyerang kapan saja akibat adanya kotoran yang masuk pada sistem pernapasan. Hal ini membuat hidung dan tenggorokan mengalami infeksi atau radang sehingga memungkinkan saat batuk pilek mengalami hidung tersumbat.

 

  1. Sinusitis Akut

Sinusitis akut merupakan kondisi di mana hidung mengalami peradangan dan membengkak sehingga membuat rongga hidung akan menyempit. Hal ini juga meningkatkan produksi lendir yang menjadi penyebab hidung tersumbat. Perlu anda ketahui, bahwa kondisi ini disebabkan karena batuk pilek dan bisa sembuh sendiri sekitar 10 hari. Jadi, perhatikan kesehatan anda  agar tidak mengalami kondisi ini.

 

  1. Alergi

Penderita alergi akan menjadi sangat sensitif terhadap zat-zat yang membuatnya alergi sehingga menimbulkan berbagai macam reaksi. Reaksi alergi ternyata juga bisa mengganggu kinerja sistem pernapasan, termasuk peningkatan produksi lendir pada rongga hidung sehingga membuat bersin atau pilek yang bisa membuat hidung tersumbat.

Baca Juga :

 

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Mudah

Hidung tersumbat via shopback.co.id

 

  1. Perbanyak Minum Cairan

Memperbanyak minum cairan memang telah dipercaya ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat. Cairan akan berfungsi untuk mengencerkan lendir yang mengendap di hidung dan menjaga tenggorokan agar tetap lembap. Cairan sangat mudah dicari, anda bisa minum air putih hangat, teh hangat, lemon madu, jahe hangat, dan minuman lainnya.

 

  1. Sering Membuang Ingus

Jika hidung anda tersumbat jangan lupa untuk membuang ingus secara teratur agar tidak mengganggu  pernapasan. Cara  yang paling baik ialah membuang ingus dengan menutup aliran udara menggunakan jari pada satu lubang secara bergantian. Saat membuang ingus disarankan jangan terlalu kasar karena bisa membuat kuman masuk ke telinga sehingga menyebabkan sakit pada telinga.

 

  1. Matikan Kipas Angin dan AC

Jika tempat anda menggunakan kipas angin atau AC sebaiknya dimatikan dahulu saat sedang terkena hidung tersumbat. Dengan begitu udara akan menjadi hangat dan lembap sehingga baik untuk meredakan pembengkakan pada pembuluh darah, meredakan radang, dan juga mengencerkan lendir yang ada dalam sinus. Selain itu, anda juga bisa menggunakan humidifier/alat pelembap udara yang mampu mencairkan lendir pada hidung.

 

  1. Menghirup Uap Air Hangat

Uap hangat juga masuk sebagai alternatif cara mengatasi hidung tersumbat loh. Menghirup uap hangat akan menjadikan hidung semakin lega dan lendir yang ada pada hidung mencair. Anda bisa menghirup uap air hangat yang baru mendidih secara perlahan-lahan agar hidung tidak melepuh. Selain itu, anda juga bisa menghirup uap air hangat pada saat mandi dengan air hangat. Dengan begitu hidung tersumbat akan semakin lega, dan badan semakin rileks akibat air hangat.

 

  1. Menghirup Uap Air Hangat degan Campuran Minyak Kayu Putih

Jika anda telah mencoba menghirup uap air hangat namun belum efektif, silakan coba untuk mencampur air hangat dengan minyak kayu putih. Caranya cukup mudah, tuangkan air hangat/air panas kedalam mangkuk atau wadah lainnya, campurkan minyak kayu putih beberapa tetes saja, setelah itu hiruplah uap tersebut sekitar 10 menit cukup. Cara ini memang dipercaya sangat efektif untuk mengatasi hidung tersumbat sehingga perlu dicoba.

 

  1. Mencuci Hidung Menggunakan Air Garam

Cara mengatasi hidung tersumbat yang satu ini memeang terbilang mudah karena cukup menggunakan bahan rumahan saja. Garam memang berfungsi untuk melegakan hidung tersumbat, namun juga mampu menghilangkan berbagai macam bakteri yang ada pada hidung.

Caranya:

  • Campurkan 3 sdt garam dengan 1 sdt baking soda, aduk hingga merata lalu simpan pada wadah kedap udara.
  • Ambillah 1 sdt campuran tersebut dan tambahkan air hangat sekitar 230 ml sebagai larutan.
  • Miringkanlah kepala anda dengan bersandar, kemudian tuangkan larutan tadi pada salah satu lubang hidung.
  • Tunggu hingga larutan mengalir keluar melalui lubang hidung satunya.

Perhatian! Cara ini bisa membuat anda tidak bisa bernapas sementara, sehingga saat proses berlangsung anda harus bernapas menggunakan mulut.

 

  1. Tidur Dengan Bantal Yang Tinggi

Saat hidung anda tersumbat sebaiknya jika tidur menggunakan bantal yang lebih tinggi dari biasanya. Hal ini akan membuat lendir pada hidung mengalir melalui tenggorokan sehingga akan membantu meringankan hidung tersumbat tersebut. Tidur dengan bantal yang tinggi juga bertujuan menjaga posisi kepala tidak miring supaya bisa meredakan hidung tersumbat.

 

  1. Semprotkan Saline atau Dexongestan Topikal (oxymetazoline)

Saline atau dexongestan topikal (oxymetazoline) mampu mengurangi hidung tersumbat, mengencerkan lendir pada hidung, dan memberikan efek lega di hidung. Anda bisa mendapatkan larutan ini di apotek kesayangan anda. Namun alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mengenai anjuran pemakaiannya agar tidak menimbulkan efek samping yang justru membahayakan.

 

  1. Menggunakan Lap Hangat

Lap hangat ternyata bisa menjadi alternatif cara mengatasi hidung tersumbat. Hal ini juga diutarakan oleh MedlinePlus, menurut mereka menggunakan lap hangat akan membantu menguras lendir pada hidung. Letakan lap hangat pada wajah saat anda merasa ada lendir yang mau keluar dari hidung. Saran yang baik ialah lakukan secara rutin jika lendir keluar kembali.

 

  1. Meniup Hidung

Percaya atau tidak bahwa meniup-niup hidung dengan lembut mampu mengatasi hidung tersumbat. Mayo Clinic Amerika Serikat juga berpendapat demikian, cara itu sedikit banyak mampu membantu mengatasi dan menghilangkan lendir pada saluran hidung.

 

  1. Mengunyah Bawah Putih

Jangan abaikan bawang putih, ternyata bumbu dapur yang satu ini juga bermanfaat sekali untuk mengatasi hidung tersumbat. Bawang putih memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur yang mampu mengatasi hidung tersumbat yang disebabkan demam atau flu. Jika mengunyah bawang putih mentah terasa tidak enak, anda bisa menumisnya dengan sayuran, atau bisa mencampurkannya dengan air hangat sehingga bisa menguapi wajah.

 

  1. Memijat-mijat Hidung Secara Ringan

Ini nih salah satu cara mengatasi hidung tersumbat yang paling murah dan mudah. Anda cukup memijat-mijat hidung menggunakan jari telunjuk atau ibu jari agar membuat hidung menjadi lega. Pijatlah mulai dari atas hidung secara ringan menggunakan gerakan-gerakan memutar sampai hidung menjadi lega.

 

  1. Mengonsumsi Makanan Pedas

Siapa sih yang tak kenal dengan makanan pedas? Kabar baik nih, ternyata makanan pedas juga mampu meredakan hidung tersumbat akibat efek pedas yang mampu mencairkan lendir hidung. Sangat menyenangkan bukan cara yang satu ini, apalagi jika anda termasuk orang yang gemar dengan makanan-makanan pedas.

Baca Juga :

 

Begitulah berbagai cara mengatasi hidung tersumbat versi kami, semoga bermanfaat. Jika menggunakan cara-cara diatas hidung tersumbat anda tak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut pada dokter. Jangan lupa simak artikel-artikel menarik lainnya yang pasti bisa mewarnai hidupmu.

Tinggalkan komentar