Manfaat Wedang Jahe

Siapa sih yang nggak kenal dengan jahe? Jahe merupakan rempah-rempah yang mempunyai banyak sekali manfaat. Bagi orang Indonesia bukanlah hal yang sulit untuk menemukan jahe. Selain diolah sebagai jamu atau bahan masakan, ternyata jahe juga bisa diolah menjadi minuman berkhasiat yang  dikenal dengan sebutan wedang jahe. Manfaat wedang jahe juga tidak perlu diragukan lagi.

Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman panas. Jadi, wedang jahe merupakan minuman panas khas Indonesia ber bahan dasar jahe yang direbus dengan air, gula merah, serta potongan batang serai. Akan terasa lebih nikmat jika diminum saat cuaca dingin atau saat memasuki musim penghujan. Ingin tahu apa saja manfaat wedang jahe ini? Berikut penjelasannya, simak sampai akhir yah…

Baca Juga : Manfaat Baik Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

Manfaat Wedang Jahe Untuk Kesehatan

Gambar: pixabay.com
  1. Menghangatkan Tubuh

Cuaca dingin, atau memasuki musim hujan? Cocok sekali untuk mengonsumsi minuman yang hangat. Jika anda sering mengonsumsi kopi atau teh, sekarang bisa anda coba menggantinya dengan wedang jahe. Wedang ini bisa membuat tubuh menjadi lebih hangat, dan juga terasa lebih nyaman setelah meminumnya.

 

  1. Menyehatkan Sistem Pernapasan

Manfaat wedang jahe yang pertama ialah bisa membuat sistem pernapasan lebih sehat. Jika anda mengalami gangguan pernapasan seperti flu atau batuk, bisa mencoba wedang jahe untuk meredakannya. Hal ini karena wedang jahe mengandung anti bakteri yang ampuh membersihkan racun pada saluran pernapasan.

 

  1. Meredakan Nyeri dan Sakit

Jahe juga mengandung gingerol dan fenol yang merupakan senyawa kimia bersifat antinyeri dan bisa meredakan rasa sakit. Beberapa nyeri akibat gejala iritasi lambung, menstruasi, dan nyeri otot selepas berolahraga bisa diredakan dengan minum wedang jahe. Selain itu, menurut sejumlah penelitian air jahe bekerja lebih bagus untuk mengatasi nyeri saat migrain dibanding obat pereda nyeri biasa.

 

  1. Menghilangkan Mual

Saat perjalanan jauh dan kondisi badan kurang fit, kemungkinan akan mengalami rasa mual yang amat merepotkan. Tapi tenang saja, jika anda mengalami hal tersebut bisa mencoba minum wedang jahe untuk meredakan mual. Rasa mual hilang, perut juga menjadi lega.

 

  1. Mengurangi Peradangan Rematik dan Osteoarthritis

Jika umur menginjak usia 40-60 tahun, terkadang akan mengalami berbagai masalah peradangan yang disebabkan oleh rematik dan nyeri sendi osteoarthritis. Jahe memiliki kandungan aktif seperti gingerol, gingerdione, zingeron, dan oleoresin yang mampu mengurangi dampak peradangan secara perlahan. Untuk itu, disarankan mengonsumsi wedang jahe sehari sekali agar peradangan berkurang.

Baca Juga : Manfaat Teh Hitam Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan

  1. Memperbaiki Sirkulasi Darah

Menurut berbagai pendapat, wedang jahe dapat memperbaiki sirkulasi darah pada tubuh. Sebab, pada jahe terkandung vitamin, mineral, serta asam amino. Jika sirkulasi darah lancar, akan berakibat baik bagi tubuh. Sehingga anda akan terhindar dari penyakit kardiovaskular, stroke, bahkan serangan jantung.

 

  1. Menurunkan Berat Badan

Kabar baik nih untuk kaum hawa. Ternyata selain menyehatkan tubuh, jahe juga berperan penting untuk menurunkan berat badan. Tidak seperti obat diet pada umumnya, jahe merupakan bahan alami yang mampu menghancurkan lemak menumpuk pada tubuh, membakar kalori, dan menurunkan kolesterol.

 

  1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Jahe memang sudah banyak sekali hasil penelitiannya, salah satunya ialah mampu menurunkan kadar gula darah, serta mampu mengatur respon insulin pada pengidap diabetes. Jahe juga memiliki sifat antiradang yang bisa mencegah komplikasi diabetes seperti retinopati, stroke, dan penyakit jantung. Jika memungkinkan, anda bisa menambahkan kayu manis pada wedang jahe agar lebih banyak manfaatnya.

 

  1. Kaya Antioksidan

Jahe merupakan sumber antioksidan yang tinggi, terutama pada jahe kering. Antioksidan bisa melindungi tubuh dari radikal bebas yang kerap didapat dari luar. Radikal bebas sendiri bisa menyebabkan penyakit kronis seperti kanker, tumor, penyakit jantung, menurunnya penglihatan, hingga gangguan saraf seiring bertambahnya usia.

 

  1. Mengurangi Risiko Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh sangat berpotensi sekali menimbulkan berbagai macam penyakit serius. Jahe dipercaya mampu menurunkan kadar (LDL) kolesterol jahat, gejala penyakit jantung, dan trigliserida.

Baca Juga : Teh Hijau Yang Kaya Akan Manfaat (Bisa Bikin Kamu Tambah Cantik)

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Bagi yang nafsu makannya kurang mungkin disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya ialah asam lambung. Asam lambung memang sangat mengganggu sekali karena serasa mual dan ingin muntah. Mengonsumsi wedang jahe akan menambah nafsu makan secara perlahan, sehingga asam lambung akan berkurang dengan sendirinya.

 

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya ialah pola makan yang tidak teratur sehingga bisa mengakibatkan susah buang air besar. Wedang jahe dipercaya mampu membuat pencernaan menjadi lebih baik dan pastinya buang air besar lebih lancar.

 

  1. Mengatasi Sakit Perut

Pernah mengalami sakit perut? Pastinya sangat mengganggu sekali, apalagi jika aktivitas padat yang tidak bisa ditinggalkan. Untuk mengatasi ini, anda bisa mengonsumsi wedang jahe hangat. Tunggu beberapa saat hingga terasa reaksinya.

 

  1. Meningkatkan Immune Tubuh

Salah satu manfaat wedang jahe yang juga sangat baik ialah dapat meningkatkan immune tubuh. Wedang jahe akan membantu mengeluarkan racun dari tubuh melalui keringat yang dihasilkan setelah minum wedang jahe. Efek baiknya tubuh akan jauh lebih kebal dari penyakit.

 

  1. Menghilangkan Stress

Ternyata minum wedang jahe bisa membuat nyaman karena aromanya yang memberikan efek relaksasi sehingga dipercaya mampu menghilangkan stress. Coba saja konsumsi wedang jahe jika hati anda sedang gelisah, atau mengalami hari-hari yang buruk, secara perlahan pikiran akan lebih tenang.

Baca Juga : Minum Air Putih Bisa Bikin Kamu Tambah Sehat

  1. Mengatasi Jerawat

Menurut sebuah penelitian, jahe memiliki peran yang baik bagi kulit, yaitu bisa mencegah timbulnya jerawat yang biasa muncul pada kulit wajah. Caranya cukup mudah, dengan mengonsumsi wedang jahe dalam kondisi hangat, bukan dengan cara mengoleskan ke wajah yah.

 

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala saja, jahe juga dapat meningkatkan fungsi otak yang memiliki potensi sebagai obat penyakit Alzheimer. Hal ini dikuatkan oleh beberapa riset yang menunjukkan bahwa jahe mampu meningkatkan fungsi kognitif, serta mampu melindungi saraf otak.

 

  1. Mencegah Siklus Menstruasi Yang Tidak Teratur

Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa berbahaya bagi wanita. Oleh karena itu, bagi wanita yang sedang menstruasi dianjurkan mengonsumsi wedang jahe ini. Selain bisa mencegah siklus yang tidak teratur, juga bisa meredakan nyeri saat menstruasi.

 

  1. Menghidrasi Tubuh

Mengonsumsi wedang jahe bisa bermanfaat untuk tubuh tetap terhidrasi. Memang tubuh yang terhidrasi sangat mendukung dari aspek kesehatan sehingga aktivitas akan terasa ringan. Minum segelas wedang jahe saja setiap hari akan membantu tubuh terhidrasi. Hal ini dilakukan karena tak jarang orang yang kurang cairan setiap hari akibat tidak minum air yang cukup.

 

  1. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Antioksidan dan vitamin yang terkandung dalam jahe juga bermanfaat untuk membuat kulit berkilau secara alami. Tak hanya itu, tekstur rambut anda juga akan meningkat karena vitamin a dan c yang ada pada jahe.

Baca Juga : Air Milagros Yang Mantap! Untuk Kesehatan

Kandungan Wedang Jahe

Gambar: pixabay.com

Manfaat wedang jahe yang begitu istimewa ini tentunya tidak terlepas dari kandungan yang ada didalamnya:

  1. Kalium

Jahe mengandung kalium yang merupakan kandungan untuk mengatur keseimbangan cairan, mengendalikan otot-otot dan jantung. Kalium memungkinkan mengurangi 20% risiko kematian dari berbagai sebab seperti  penurunan risiko stroke, penurunan tekanan darah, penurunan batu ginjal, serta menjaga kepadatan tulang dan mineral.

 

  1. Magnesium

Tubuh yang kekurangan magnesium akan berpengaruh buruk bagi kesehatan termasuk otak, otot, pembuluh darah, hingga jantung. Jahe dapat membantu memenuhi kebutuhan magnesium pada tubuh sehingga tubuh tidak kekurangan magnesium.

 

  1. Vitamin C

Seperti yang telah diketahui bahwa jahe memiliki vitamin C yang mampu meningkatkan sistem immune tubuh, mengatasi kanker, mengatasi keracunan timbal, mengurangi hipertensi, serta mengatasi stroke. Vitamin C sendiri merupakan asam karbonat yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mempertahankan jaringan ikat pada tubuh.

 

  1. Tembaga

Tembaga pada jahe merupakan mineral yang dapat membentuk hemoglobin serta kolagen pada tubuh. Kekurangan tembaga juga bisa berakibat bagi sel darah merah yang tidak terbentuk dengan sempurna, atau yang biasa disebut sebagai anemia.

 

  1. Mangan

Mangan merupakan salah satu unsur yang penting bagi kesehatan. Kandungan ini berfungsi membentuk jaringan ikat,tulang, hormon seks, dan juga faktor pembekuan darah. Selain itu, metabolisme lemak dan karbohidrat juga salah satu fungsi dari kandungan ini.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa (Obat Alami Untuk Menghilangkan Racun)

Efek Samping Minum Wedang Jahe

Gambar: pixabay.com

Perlu diperhatikan bahwa jahe tidak dianjurkan bagi penderita kelainan darah yang sedang mengonsumsi obat warfarin. Sebab jahe bisa berisiko membuat memar, juga pendarahan akibat adanya obat pengencer darah dan jahe yang saling berinteraksi.

Tak hanya penderita kelainan darah, penderita diabetes juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi wedang jahe. Hal ini dikarenakan akan memberikan efek buruk pada obat penurun gula darah, sehingga bisa membuat kadar gula darah turun drastis.

Mengonsumsi jahe yang berlebihan bisa memberikan efek samping yang buruk untuk kesehatan. Kemungkinan bisa saja nyeri pada ulu hati, diare, dada terasa panas akibat asam lambung naik, sakit perut, perut kembung dan terasa panas. Untuk ambil amannya, anda bisa mengonsumsi secangkir wedang jahe tiap harinya.

Baca Juga : Rasakan Khasiatnya Minum You C 1000

Manfaat wedang jahe memang baik sekali bagi kesehatan. Namun, anda harus tetap memperhatikan jumlah takaran yang dianjurkan. Jangan lupa juga bagi yang memiliki penyakit seperti yang telah disebutkan diatas, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi wedang jahe. Konsultasikan ke dokter sebelum anda mengonsumsi wedang jahe bagi orang-orang yang telah disebutkan diatas.

Tinggalkan komentar