Manfaat Teh Hijau

Ingin tampil cantik seperti orang Jepang, maka teh hijau menjadi pilihan untuk menambah kecantikan kulit anda. Wanita Jepang memiliki kulit cantik yang sehat dan mulus karena rutin minum teh hijau. Di Jepang, kebiasaan mengonsumsi teh hijau merupakan hal yang tak asing lagi karena sudah dianggap sebagai tradisi karena manfaat teh hijau yang baik.

Masyarakat Indonesia sendiri juga memiliki kebiasaan minum teh sehari-hari, tetapi terkadang teh yang di konsumsi bukan teh hijau melainkan teh hitam. Memang begitu banyak jenis-jenis teh yang tersebar di Indonesia dan memiliki cita rasa serta khasiatnya masing-masing. Berikut kandungan yang terdapat dalam teh hijau.

Baca Juga: Kelebihan Teh Hitam Yang Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh

Kandungan Teh Hijau

Gambar via pixabay.com

Yang membuat teh hijau spesial adalah kandungan senyawa yang ada di dalamnya melebihi kandungan yang ada pada jenis teh lain, tetapi juga tidak jauh beda dengan jenis teh lainnya. Teh hijau memiliki berbagai kandungan senyawa seperti zat antioksidan, kafein, polifenol, L-Theanine, katekin, minyak esensi, flavanols, chloropil, monocitrate, vitamin b kompleks, fluoride, vitamin c, vitamin k, juga vitamin e.

Semua kandungan yang terdapat dalam teh hijau tersebut memiliki keunggulan masing-masing sebagai berikut :

 

1.     Zat Antioksidan

Senyawa ini memiliki khasiat yang dapat mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan usia. Khasiat tersebut adalah mencegah penuaan dini dan menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh yang memberikan efek pada kulit, wajah, dan lainnya.

 

2.     Kafein

Kafein pada teh hijau memiliki manfaat yang cukup baik bagi tubuh, antara lain untuk meningkatkan konsentrasi, dapat membantu memperlancar peredaran darah dan membantu kinerja fungsi ginjal, serta dapat menstimulasi pusat saraf.

 

3.     Polifenol

Senyawa ini juga sangat bermanfaat untuk melarutkan lemak, juga memiliki fungsi antioksidan, dan memperlancar pencernaan serta membunuh bakteri disentri.

 

4.     L-Theanine

Senyawa ini memiliki kandungan asam amino alami yang dapat meningkatkan energi dan mengurangi stres. Senyawa ini sangat cocok di kombinasikan dengan kafein, karena kafein meningkatkan konsentrasi, dan L-Theanine mengurangi gugup dan gelisah. Kafein dan Theanine dapat ditemukan secara alami di dalam teh hijau.

 

5.     Katekin

Katekin secara medis dapat mencegah kanker, dapat mengobati jerawat, menurunkan kadar gula dalam darah serta menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dan membantu mencegah terjadinya batu empedu pada ginjal.

 

6.     Minyak Esensi

Minyak esensi merupakan sumber aroma dari teh hijau, bermanfaat untuk memperlancar pencernaan serta melarutkan lemak.

 

7.     Flavanols

Senyawa yang terkandung dalam teh hijau lainnya adalah flavanols. Flavanols dapat bekerja untuk menguatkan pembuluh darah serta meningkatkan fungsi antioksidan.

 

8.     Chloropil

Bagi yang memiliki masalah dengan bau mulut, teh hijau sangat cocok untuk di konsumsi karena mengandung chloropil yang dapat membantu mengharumkan mulut.

 

9.     Monocitrate

Kalau chloropil dapat mengharumkan mulut, monocitrate dapat mencegah bau mulut dan napas tidak segar. Keduanya saling melengkapi, maka teh hijau sangat cocok sekali untuk orang yang bermasalah dengan bau mulut.

 

10. Vitamin B kompleks

Senyawa yang terkandung dalam teh hijau yang satu ini sangat baik bagi tubuh, karena dapat membantu metabolisme karbohidrat.

 

11. Fluoride

Fluoride dapat membantu mencegah kerusakan pada gigi anda.

 

12. Vitamin C

Vitamin c yang terkandung dalam teh hijau memiliki banyak sekali manfaatnya antara lain mengurangi stress, menurunkan tekanan darah tinggi, memiliki fungsi antioksidan, melindungi kornea mata dan mencegah katarak, serta dapat mencegah dan melawan influenza.

 

13. Vitamin K

Vitamin k memiliki fungsi yang baik bagi tubuh, yaitu dapat mencegah pendarahan yang disebabkan akibat pendarahan di seluruh tubuh atau akibat luka. Vitamin k juga dapat membuat tulang menjadi kuat.

 

14. Vitamin E

Vitamin e dapat mencegah pembentukan lemak yang terjadi di pembuluh darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, serta dapat mencegah penuaan dini.

 

Itulah senyawa yang terkandung dalam teh hijau, begitu banyak senyawa yang sangat bermanfaat khususnya bagi tubuh. Selanjutnya akan di bahas mengenai manfaat dari teh hijau itu sendiri

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Kopi Hitam (Pahit)

Manfaat Teh Hijau

Gambar via pixabay.com

1.     Dapat Mempercantik Kulit Wajah

Mengonsumsi teh hijau secara teratur dapat membuat kulit lebih cerah, cantik, dan terawat. Teh hijau dapat membantu mengeluarkan racun melalui kulit, mengurangi peradangan, menyembuhkan dan mengurangi noda bekas luka, juga dapat meningkatkan kelenturan kulit.

 

2.     Mencegah Penuaan Dini

Senyawa polifenol yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu untuk mencegah penuaan dini. Teh hijau akan menetralisir berbagai macam radikal bebas yang berbahaya dan terjadi dalam tubuh, radikal bebas sendiri dapat merusak signifikan di kulit, sehingga proses penuaan akan semakin cepat.

 

3.     Dapat Mengobati Jerawat

Jerawat tentunya sangat mengganggu penampilan, apalagi bagi wanita, karena jerawat membuat kepercayaan diri seseorang berkurang. Katekin yang terkandung dalam teh hijau akan membantu mengobati jerawat karena sifatnya anti bakteri dan anti inflamasi, sehingga hormon yang menimbulkan jerawat akan stabil.

 

4.     Mengurangi Lingkaran Hitam dan Mata Bengkak

Sering dikatain mata panda sama temen, jangan khawatir teh hijau akan membantu mengurangi semua permasalah itu. Teh hijau memiliki kandungan antioksida dan tanin yang memiliki zat alami untuk membantu mengurangi lingkaran hitam pada mata, dan mengurangi peradangan serta pembengkakan pada mata.

 

5.     Bisa Untuk Toner Kulit

Tidak perlu mencari toner kulit yang mahal, karena dengan memanfaatkan teh hijau juga dapat digunakan untuk toner kulit. Teh hijau mampu mengecilkan pori-pori, mengangkat kotoran yang masih tertinggal di kulit, serta dapat membuat kulit menjadi lebih lembab.

 

6.     Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Teh hijau dapat membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh dengan baik. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang sedang menjalankan proses diet. Agar metabolisme tubuh baik, maka konsumsilah teh hijau secara rutin.

 

7.     Membantu Pembakaran Lemak

Selain olahraga, mengonsumsi teh hijau juga dapat membantu proses pembakaran lemak. Dengan rutin olahraga dan dibantu dengan teh hijau, tubuh ideal yang anda idam-idamkan akan terwujud.

 

8.     Dapat Membantu Metabolisasi Lemak dari Sel Lemak

Teh hijau sangat berguna sekali dalam hal ini dengan kandungan senyawa EGCG (Epigallocatechin gallate) yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, kandungan senyawa ini dapat membantu proses pembakaran lemak, karena sel lemak harus dipecah untuk bisa disalurkan ke aliran darah.

 

9.     Membantu Menghilangkan Lemak Abdominal

Dengan mengonsumsi teh hijau akan membantu menghilangkan lemak abdominal yang sangat berbahaya bagi tubuh, dan lemak ini juga bersarang di bawah kulit tubuh. Penyakit lain yang disebabkan oleh lemak ini adalah resistensi insulin, peradangan dalam tubuh, bahkan penyakit jantung.

 

10. Membuat Tubuh Mengonsumsi Sedikit Kalori

Dengan nafsu makan yang berkurang akibat teh hijau, maka akan membantu menurunkan berat badan secara alami. Kalori yang berlebihan dalam tubuh akan berkurang dengan mengonsumsi teh hijau.

 

11. Membantu Memperbaiki Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan akan semakin lancar jika mengonsumsi teh hijau secara rutin. Hal ini disebabkan oleh kafein yang ada dalam teh hijau, kafein teh hijau berbeda dengan kafein yang terdapat dalam kopi. Kafein teh hijau akan membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik.

 

12. Membantu Menurunkan Terjadinya Risiko Kanker

Kanker tentunya menjadi penyakit yang berbahaya bagi manusia. Dengan teh hijau, dapat menurunkan risiko kanker karena zat antioksidan yang ada di dalamnya. Berbagai macam kanker dapat dicegah dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin.

 

13. Meningkatkan Fungsi Otak

Kafein yang terkandung dalam teh hijau juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Kafein yang masuk ke otak akan memblokir Adenosine yang sering disebut neurotransmitter penghambat. Proses yang terjadi akan menembakan neuron serta konsentrasi neurotransmitter sehingga fungsi otak akan meningkat.

 

14. Mengurangi Risiko Kardiovaskular

Kardiovaskular merupakan penyakit jantung dan stroke. Penyakit ini dapat dicegah dengan teh hijau, kandungan antioksidan berguna sebagai pelindung partikel LDL (Lipoprotein densitas rendah) dari oksidasi. Sehingga risiko terjadinya kardiovaskular akan berkurang.

 

15. Membantu Menurunkan Risiko Diabetes

Dengan kandungan yang terdapat didalam teh hijau, diabetes dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi teh hijau setiap harinya. Tentunya hal ini sangat bagus, karena diabetes menjadi salah satu penyakit yang sangat mematikan.

 

16. Meningkatkan Kesehatan Kesehatan Mulut dan Gigi

Seperti yang telah dijelaskan pada kandungan senyawa teh hijau diatas. Teh hijau dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi, dengan membunuh bakteri penyebab plak dan gigi berlubang yang sering disebut dengan bakteri Streptococcus.

Baca Juga: Gula Aren Yang Kaya Akan Manfaat

Cara Menyeduh Teh Hijau Sesuai Takaran

Gambar via pixabay.com

Agar manfaat yang terkandung di dalam teh hijau tidak hilang atau berkurang, maka harus diperhatikan cara penyeduhannya.

  1. Ambil sekitar 10 gram teh hijau atau setara satu sendok makan, dan masukan teh ke dalam teko
  2. Tuangkan air mendidih sebanyak 1 liter ke dalam teko
  3. Diamkan selama 5-10 dengan ditutup rapat
  4. Tuangkan teh hijau yang telah siap diminum ke dalam gelas

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa (Obat Untuk Menghilangkan Racun)

Untuk anjuran mengonsumsi teh hijau adalah 3-5 cangkir sehari secara teratur sesuai takaran, supaya anda dapat merasakan manfaat yang ada dalam teh hijau.

Tuliskan Komentarmu