Manfaat Minum Air Hangat

Ingin menjalani hidup sehat sebenarnya tidaklah susah, dengan hal kecil seperti minum air putih hangat akan sangat bermanfaat sekali bagi tubuh anda. Namun hal ini jarang dilakukan oleh sebagian masyarakat, sebab negara tropis seperti Indonesia ini memiliki suhu yang hangat. Hal ini membuat banyak orang lebih memilih meminum air dingin dibandingkan air hangat, padahal manfaat minum air hangat sangat banyak sekali. Mulailah membiasakan minum air hangat karena jika sudah terbiasa pasti akan menjadi kebiasaan yang baik.

Salah satu manfaat minum air hangat ialah melegakkan tenggorokan dan membantu fungsi pernapasan. Pastinya sudah tidak asing lagi dengan anjuran ahli kesehatan untuk mengonsumsi air putih minimal delapan gelas/hari. Nah, kalau bisa konsumsi air putih yang hangat minimal pada pagi hari setelah bangun tidur, dan malam hari sebelum bangun tidur.

Sejumlah manfaat minum air hangat yang lain akan kita bahas sampai tuntas. Yuk! Lanjutkan bacanya.

Baca Juga: Rahasia Manfaat Air Putih Yang Jarang Diketahui

Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari

Manfaat Minum Air Hangat via pixabay.com

Pagi-pagi selepas bangun tidur itu paling enak ya minum air hangat. Yang pasti tubuh menjadi lebih sehat dan lebih hangat dari serangan hawa dingin di pagi hari. Manfaatnya antara lain.

  1. Melancarkan Pencernaan

Saat bangun tidur merupakan waktu yang tepat untuk minum air hangat. Sistem pencernaan yang tadinya beristirahat akan kembali bekerja seperti semula. Air hangat akan membantu memperlancar pencernaan sehingga akan mudah untuk buang air. Buang air di pagi hari memang sangat penting untuk menghilangkan sisa makanan yang menumpuk. Jadi, usahakan jangan terlewat yah.

 

  1. Melancarkan Pernapasan

Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa air hangat itu bermanfaat untuk melancarkan pernapasan. Banyak orang yang sehabis bangun tidur mengalami berbagai macam gangguan pernapasan seperti flu dan hidung tersumbat. Tak lain penyebabnya adalah debu dan kotoran yang secara tidak sadar terhirup pada saat sedang tidur. Maka peran air hangat akan cukup membantu untuk menghilangkan lendir pada hidung sehingga akan terasa lebih lega.

 

  1. Meringankan Sembelit

Sembelit merupakan masalah perut yang disebabkan karena kurangnya air dan tidak ada pergerakan usus pada tubuh. Sembelit memiliki efek yang cukup menyiksa bagi yang mengalaminya. Saat pagi hari ketika perut kosong merupakan waktu yang tepat untuk meringankan sembelit. Minumlah air hangat pada waktu itu, maka sembelit anda akan berkurang dan akan kembali normal.

 

  1. Memberikan Kebugaran

Terkadang bangun tidur tubuh bukannya merasa segar malah merasa lelah, bahkan terkadang ada bagian tubuh yang terasa pegal dan nyeri. Sebenarnya ini bisa disebabkan karena posisi tidur yang kurang baik, dan juga akibat aktivitas yang terlalu berlebihan. Cara untuk mengembalikan kebugaran tubuh ialah dengan mengonsumsi air hangat pada pagi hari. Tetapi juga disarankan untuk melakukan olahraga kecil agar bisa pulih lebih cepat.

 

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kabar baik nih buat para wanita yang sedang melakukan program diet. Air hangat dipercaya mampu mendorong metabolisme tubuh sehingga akan tubuh membakar lebih banyak kalori. Perlu diingat bahwa air hangat itu dapat membantu menurunkan berat badan, tapi jika berat badan anda tidak turun kemungkinan karena pola makan atau olahraga yang jarang diperhatikan.

 

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang kurang sehat memungkinkan terjadinya penyakit jantung sehingga harus perlu diwaspadai. Air hangat akan membantu menghilangkan tumpukan lemak yang terakumulasi pada sistem saraf. Air hangat ini akan membuat jaringan otot lebih longgar dan sirkulasi darah meningkat.

Baca Juga: Manfaat Air Milagros Untuk Kesehatan

Manfaat Minum Air Hangat Setiap Hari

Manfaat Minum Air Hangat via pixabay.com
  1. Mengurangi Rasa Nyeri

Nyeri saat haid, atau nyeri karena sakit kepala. Cobalah untuk mengonsumsi air hangat untuk meredakannya. Air hangat merupakan obat alami untuk meredakan nyeri serta memberikan efek menenangkan pada otot perut. Ini akan membantu meredakan kram dan kejang pada otot.

 

  1. Membersihkan Racun dalam Tubuh

Akibat pola makan yang kurang sehat bisa membuat tubuh lebih mudah terkena racun. Racun pada tubuh akan menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Untuk itu konsumsilah air hangat. Air hangat akan menetralisir racun yang ada pada tubuh dan membuat tubuh lebih sehat.

 

  1. Mencegah Penuaan Dini

Banyaknya toksin dalam tubuh bisa mempercepat proses penuaan sel-sel pada tubuh. Tentu saja hal ini akan membuat tubuh mengalami penuaan dini. Air hangat akan membantu memperbaiki sel kulit dan membuang toksin ya ada dalam tubuh. Hasilnya kulit akan menjadi lebih elastis dan terhindar dari penuaan dini.

 

  1. Mengatasi Jerawat

Selain bisa mencegah penuaan dini, manfaat minum air hangat yang lainnya juga mampu mengatasi kulit berjerawat. Air hangat akan membantu untuk menghilangkan penyebab jerawat dan infeksi dari dalam tubuh.

 

  1. Meredakan Stress

Salah satu manfaat minum air hangat ialah mampu melancarkan aliran darah pada seluruh tubuh, hingga ke otak. Air hangat akan memberikan efek rileks sehingga akan membuat seseorang lebih mudah mengontrol mood, terhindar dari rasa cemas, dan stress.

 

  1. Bermanfaat Untuk Rambut

Mempunyai masalah pada rambut terkadang membuat penampilan berantakan, alhasil percaya diri pun berkurang. Air hangat dipercaya bermanfaat untuk rambut seperti menghilangkan ketombe, membuat rambut tumbuh lebat, bahkan bisa membuat rambut lebih sehat dan bersinar.

 

  1. Meringankan Gejala Akalasia

Tahukah anda apa itu akalasia? Akalasia merupakan kondisi saat kerongkongan mengalami kesusahan mengantar makanan ke lambung. Umumnya disebabkan karena kesulitan menelan dan adanya makanan yang nyangkut pada tenggorokan. Orang yang mempunyai gejala akalasia dianjurkan untuk mengonsumsi air hangat agar membuat pencernaan lebih nyaman.

 

  1. Tubuh Tetap Terhidrasi

Fungsi dari air yang pasti ialah untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Minimal untuk mengonsumsi air putih yang paling baik ialah delapan gelas/hari. Dan seperti yang sudah admin katakan, usahakan pada pagi hari setelah bangun tidur minumnya air hangat, dan sebelum tidur juga minumnya air hangat.

 

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi tentunya bisa saja dipengaruhi oleh air dingin dan air hangat. Air dingin sebenarnya kurang baik untuk kesehatan gigi, sehingga air hangat lebih direkomendasikan. Kalau ingin gigi anda sehat ya usahakan mengganti minum air dingin dengan air hangat.

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa (Ampuh Hilangkan Racun)

Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Manfaat Minum Air Hangat via pixabay.com
  1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Gangguan tidur sering kali dialami anyak orang. Penyebab yang paling wajar ialah karena setiap malam suka begadang. Mulai sekarang jika anda ingin tidurnya nyenyak kurangilah begadang dan minum air hangat sebelum tidur. Air hangat akan membuat tidur anda lebih nyenyak karena memiliki efek relaksasi. Dengan itu, tubuh akan lebih segar saat bangun dan lebih sehat.

 

  1. Membantu Proses Detoksifikasi

Salah satu manfaat minum air hangat sebelum tidur ialah bisa membantu proses detoksifikasi. Air hangat akan mengeluarkan racun bersama dengan urin. Apabila racun dalam tubuh dikeluarkan, efek yang didapat tubuh menjadi lebih sehat dan segar, serta terhindar dari racun.

Baca Juga: Manfaat Teh Hijau Yang Ampuh Untuk Kecantikan Wajah

Itulah penjelasan mengenai manfaat minum air hangat untuk kesehatan tubuh. Namun masih banyak yang harus dilakukan penelitian lebih lanjut. Setidaknya dengan meminum air hangat setiap hari akan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menjaga tubuh tetap sehat.

4 pemikiran pada “Manfaat Minum Air Hangat”

  1. Ternyata manfaat minum air hangat banyak, saya kalau pagi Hari malah minum air yg Suhu ruang, minum air hangat kalau sedang nyeduh teh, tapi memang enak sih minum air hangat bikin badan jadi anget

Tuliskan Komentarmu