Manfaat Teh Hitam

Teh bagi warga Indonesia memang sudah tidak asing lagi karena banyak kebun teh yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Sejak dulu, teh telah menjadi minuman yang pas saat santai, baik pagi hari maupun sore hari. Banyak sekali jenis teh yang tersebar seperti yang dulu pernah dibahas pada artikel manfaat teh hijau. Namun, kali ini berbeda dengan teh hijau, yang akan admin bahas ialah manfaat teh hitam untuk kesehatan. Walaupun teh hitam tak terlalu terkenal seperti teh hijau, tetapi khasiatnya tidak boleh diragukan.

Teh hitam dalam proses pembuatannya cukup unik, daun teh digiling lalu dibiarkan sampai berwarna cokelat melalui proses fermentasi yang sempurna, sehingga rasa dan warna yang dihasilkan akan berbeda dengan teh lainnya.

Nah, penasaran kan seperti apa manfaat teh hitam tersebut. Yuk! Simak informasi selengkapnya.

Baca Juga : Teh Hijau Yang Kaya Akan Manfaat (Bisa Bikin Kamu Tambah Cantik)

Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan

Gambar: pixabay.com
  1. Menurunkan Berat Badan

Tak diragukan kembali bahwa teh hitam memiliki fungsi yang sama seperti teh hijau yaitu untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kandungan flavonoid atau polifenol yang biasa disebut katekin pada teh. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa bahwa teh hitam efektif untuk menurunkan berat badan. Kandungan polifenol tersebut dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori atau energi yang cukup, sehingga berat badan akan menurun.

 

  1. Meningkatkan Kinerja Otak

Pastinya anda tahu yang namanya kafein, tidak hanya ada pada kopi melainkan teh hitam juga memiliki kandungan kafein ini. Tidak hanya itu, teh hitam juga memiliki kandungan L-theanine yang mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik akibat interaksi kedua kandungan tersebut. Neurotransmiter penghambat otak juga akan dilepaskan oleh kedua kandungan ini, sehingga fungsi otak akan menjadi lebih baik.

 

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ternyata minum teh hitam minimal 3 cangkir sehari mampu mengurangi risiko terjadinya stroke dan juga risiko kerusakan pada arteri koroner. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Memang inilah salah satu manfaat teh hitam yang sangat baik, karena teh hitam sangat kaya akan antioksidan yang bagus untuk kesehatan.

 

  1. Meningkatkan Kewaspadaan

Kewaspadaan memang sangat penting bagi diri sendiri maupun orang lain. Jika anda kurang waspada, lelah, atau mengantuk sebaiknya minumlah teh hitam karena dapat membantu meningkatkan kewaspadaan. Sangat ajaib bukan manfaat teh hitam yang satu ini, sebab teh hitam mengandung zat teofolin yang bermanfaat untuk meningkatkan denyut jantung dan merangsang pikiran.

 

  1. Meningkatkan Fungsi Tulang dan Gigi

Tak beda jauh dengan teh hijau, teh hitam juga mampu meningkatkan fungsi tulang dan gigi akibat efek dari kandungan fluoride pada teh. Tetapi kandungan fluoride pada teh hitam lebih banyak dibanding teh hijau, sehingga teh hitam lebih efektif untuk meningkatkan struktur tulang, serta mencegah dan memperkuat gigi agar terhindar dari gigi berlubang.

 

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Menurut berbagai studi yang mempelajari tentang manfaat teh hitam menunjukkan hasil bahwa teh hitam mampu mengurangi pembentukan plak pada gigi, serta mampu mencegah bakteri penyebab gigi rusak dan gigi berlubang. Hal ini disebabkan karena kandungan polifenol pada teh hitam yang berfungsi mencegah dan membunuh bakteri yang mengganggu kesehatan mulut dan gigi.

 

  1. Menurunkan Risiko Kanker Ovarium

Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya apabila tidak segera ditangani. Penyakit kanker juga sangat beragam baik dialami pria maupun wanita, termasuk kanker ovarium yang menyerang sebagian wanita. Untuk itu minumlah teh hitam supaya dapat mengurangi risiko terjadinya kanker ovarium. Proliferasi sel kanker ovarium juga akan terhambat oleh theaflavin atau antioksidan polifenol yang dimiliki oleh teh hitam.

 

  1. Memperlancar Pencernaan

Jika anda terkena diare bisa diobati dengan minum teh hitam. Memang teh hitam sangat baik untuk hal ini, sebab terdapat kandungan tanin yang memiliki sifat anti bakteri. Tidak hanya itu, teh hitam juga sangat baik untuk memperlancar pencernaan sehingga sangat cocok sekali dikonsumsi pada saat diare atau gangguan pencernaan lainnya.

 

  1. Antioksidan

Salah satu manfaat teh hitam yang sangat bermanfaat untuk kesehatan ialah sebagai antioksidan. Kandungan polifenol yang merupakan antioksidan dapat mengatasi kerusakan pada DNA serta mencegah racun lainnya masuk ke tubuh. Perlu diingat, bahwa kandungan antioksidan teh hitam itu berbeda dengan buah dan sayuran, sehingga jika anda mengonsumsi teh hitam akan mendapatkan manfaat yang baik bagi tubuh.

 

  1. Mengurangi Risiko Diabetes

Ternyata risiko diabetes juga dapat berkurang jika rutin mengonsumsi teh hitam. Diabetes sendiri merupakan penyakit kelainan metabolik yang berbahaya untuk kesehatan. Oleh karena itu, banyak sejumlah penelitian untuk mengatasi penyakit diabetes ini, salah satunya ialah dengan teh hitam. Para ilmuwan juga mengemukakan bahwa orang yang rutin minum teh hitam memiliki risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 lebih rendah daripada lainnya.

Baca Juga : Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

  1. Meringankan Asma

Asma atau sesak napas merupakan penyakit yang amat menyiksa penderitanya. Bagaimana tidak, penderita asma akan mengalami kesulitan bernapas sehingga akan mengganggu kesehatan. Untuk meringankan asma bisa dengan cara mengonsumsi teh hitam panas, memang pada umumnya minuman panas bisa membantu meringankan asma seseorang sehingga membuat semakin lega untuk bernapas.

 

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh juga bisa ditingkatkan dengan teh hitam loh, sebab teh hitam kaya akan antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas. Selain itu juga terdapat antigen alkilamin yang mampu meningkatkan respons terhadap sistem kekebalan tubuh, dan juga kandungan tanin yang menjaga tubuh dari berbagai macam serangan virus dan bakteri.

 

  1. Mencegah Kanker Payudara

Tidak hanya mencegah kanker ovarium, teh hitam juga mampu mencegah kanker payudara pada wanita. Umumnya kanker payudara terjadi pada wanita yang memasuki usia senja, namun sekarang ini juga ada wanita muda yang mengalami kanker payudara. Hal ini bisa dicegah jika rutin mengonsumsi teh hitam. Kandungan theaflavins yang ada dalam teh hitam akan berfungsi menghancurkan sel abnormal yang melekat pada tubuh.

 

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson

Parkinson umumnya banyak terjadi pada orang tua. Untuk mengurangi risiko penyakit tersebut bisa dengan mengonsumsi teh hitam secara rutin. Kandungan polifenol memiliki efek untuk menjaga kesehatan saraf otak atau sering disebut efek neuroprotektif. Efek tersebut menurut sejumlah penelitian mampu untuk mengurangi risiko terkena penyakit parkinson.

 

  1. Meredakan Stress

Tak jarang semakin banyak kejadian yang berwarna-warni dalam hidup membuat sebagian orang mengalami stress. Untuk itu, dengan mengonsumsi teh hitam akan membantu mengurangi hormon stress pada tubuh sehingga akan membuat orang terasa lebih rileks dan bahagia.

 

  1. Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat teh hitam untuk kesehatan selanjutnya ialah untuk menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Menurut studi kasus yang mengemukakan bahwa orang yang mengonsumsi teh hitam memiliki peluang untuk menurunkan kolesterol jahat lebih besar. Penyerapan kolesterol baik pada tubuh juga akan meningkat akibat efek dari teh hitam tersebut.

 

  1. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Lagi-lagi teh hitam sangat bermanfaat bagi wanita yang sudah memasuki usia senja. Wanita tua yang rutin mengonsumsi teh hitam akan cenderung memiliki tulang yang sehat dan kuat. Hal ini tentu sangat baik meminimalisir patah tulang pinggul pada orang-orang tua baik pria maupun wanita.

 

  1. Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Dengan rutin mengonsumsi teh hitam, seseorang akan 8% lebih sedikit untuk terkena risiko pembentukan batu ginjal. Untuk itu, jika anda menginginkan ginjal yang sehat sebaiknya budayakan untuk hidup sehat, dan minum teh hitam sebagai pendukungnya.

Baca Juga : Manfaat Air Putih Hangat Yang Terlupakan

Efek Samping Teh Hitam

Gambar: pixabay.com

Ingin mendapatkan manfaat teh hitam secara maksimal bukan dengan cara mengonsumsi teh hitam terlalu banyak. Jika anda terlalu banyak mengonsumsi teh hitam yang tidak sesuai takaran pada umumnya akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan antara lain:

  • Sakit kepala
  • Detak jantung tidak teratur
  • Cemas dan susah tidur
  • Napas menjadi lebih cepat
  • Tremor
  • Gelisah dan gugup
  • Buang air kecil berkali-kali
  • Mual atau muntah
  • Telinga berdengung

Baca Juga : Rasakan Manfaatnya Rutin Konsumsi Air Putih Setiap Hari

Cara Penyajian Beserta Dosis yang Tepat

Gambar: anggaputra.com

Teh hitam sangat baik disajikan saat masih panas dan diseduh menggunakan air mendidih sekitar 3-5 menit. Tetapi jika teh tersebut terlalu lama pada air panas, akan membuat teh hitam menjadi pahit akibat zat tannin yang dikeluarkan. Jika anda suka rasa pahit tidak masalah, jika tidak suka bisa mencampurnya dengan madu, susu, atau lemon. Namun alangkah lebih baik jika mengonsumsi murni teh hitam tanpa campuran apapun karena disitulah manfaat teh hitam didapat.

Untuk dosis konsumsi teh hitam yang tepat ialah sekitar 4-5 cangkir sehari dengan cangkir yang berisikan 230 ml teh. Hal ini dipertimbangkan karena adanya kandungan kafein didalamnya yang terkandung sekitar 14-70 mg, sehingga jika terlalu banyak masuk ke tubuh akan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan diatas.

Baca Juga : Air Milagros Yang Mantap! Untuk Kesehatan

Cukup sekian pembahasan artikel tentang manfaat teh hitam pada kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu banyak orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya, karena sehat itu mahal bukan.

Tuliskan Komentarmu