Manfaat Daun Sirsak

Pasti pernah dengar apa itu buah sirsak, buah berdaging putih yang memiliki rasa asam manis menyegarkan dan berasal dari Amerika Tengah ini ternyata banyak sekali manfaatnya. Selain manfaat yang ada pada buah sirsak manfaat daun sirsak juga sangat baik bagi kesehatan. Apalagi sejumlah penelitian menyatakan pada daun sirsak memiliki senyawa yang mampu mengobati berbagai macam penyakit yang berbahaya salah satunya ialah penyakit kanker.

Memang baik itu buah, biji, maupun daun sirsak sangat banyak sekali digunakan untuk berbagai macam obat. Namun pada kali ini akan dibahas mengenai manfaat daun sirsak yang konon katanya mampu menangani berbagai macam penyakit. Simak selengkapnya sebagai berikut.

Baca Juga :

 

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Gambar via pixabay.com

 

  1. Mengobati Kanker

Salah satu manfaat daun sirsak yang paling populer ialah untuk mengobati penyakit kanker. Kandungan Acetogenin yang terkandung pada daun sirsak akan membantu menghambat proses penyebaran sel kanker lebih cepat dibandingkan kemoterapi. Tak hanya itu, Acetogenin juga berfungsi untuk menghambat sel tumor yang berkembang. Anda cukup merebus 3 gelas air dengan 10 lembar daun sirsak hingga airnya tersisa setengah saja. Saring air rebusan tersebut lalu minum setiap pagi selama 3-4 minggu.

 

  1. Mengobati Diabetes

Anda memiliki kadar gula yang tinggi? Tenang saja sekarang anda dapa menurunkan kadar gula darah lebih rendah dan stabil. Memang daun sirsak dipercaya mampu menstabilkan kadar gula darah pada tubuh sehingga menjadikan daun sirsak sebagai obat herbal untuk diabetes. Kandungan polifenol, bioflavonoid, dan saponin merupakan sejumlah senyawa pada daun sirsak yang mampu mengatasi diabetes.

 

  1. Mengobati Asam Urat

Apakah anda pernah mengalami asam urat? Jika pernah pasti anda mengalami sakit yang sangat menyiksa sekali. Untuk itu, jika asam urat anda kambuh bisa mencoba alternatif yang satu ini, yaitu dengan menggunakan daun sirsak. Hal ini terbukti karena pada daun sirsak mengandung senyawa yang mampu mengobati asam urat seperti Acetogenin, Asam Gentisic, Annomuricin, Caclourin, Annocatalin, dan Asam Linoleat.

Untuk pengobatan anda perlu minum air rebusan 10 lembar daun sirsak sama seperti untuk kanker diatas.

 

  1. Mengobati Wasir atau Ambeien

Penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang terbilang cukup menyiksa bagi penderitanya. Hal ini karena wasir merupakan penyakit yang terjadi pada anus. Penyakit ini akan membuat anus mengalami pembengkakan sehingga nyeri sering dirasakan oleh penderitanya. Untuk itu, salah satu manfaat daun sirsak yang selanjutnya ialah untuk mengobati wasir. Dengan manfaat daun sirsak, pendarahan pada anus berhenti, serta membuat otot di sekitar anus menjadi lebih rileks.

 

  1. Mengobati Kista Ovarium

Penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang menyerang sebagian besar wanita. Kista ovarium juga disebut dengan tumor jinak yang muncul di daerah ovarium wanita. Apabila penyakit ini dibiarkan saja dikhawatirkan akan terus berkembang menjadi penyakit kanker. Untuk itu, anda bisa mengonsumsi air rebusan daun sirsak untuk membantu mengobati penyakit kista ovarium ini.

 

  1. Mengobati Nyeri Punggung

Nyeri punggung bisa diakibatkan oleh tidur yang salah dan pola hidup yang kurang sehat. Menggunakan obat-obatan kimia tentu saja memiliki efek samping yang bisa dibilang kurang baik untuk kesehatan. Solusi yang bagus untuk mengobati nyeri punggung ialah menggunakan obat herbal. Salah satu obat herbal yang sangat berkhasiat untuk mengobati nyeri punggung ialah daun sirsak. Konsumsilah rebusan daun sirsak agar nyeri punggung anda cepat sembuh.

 

  1. Mengobati Kolesterol

Anda memiliki kolseterol tinggi? Sebaiknya obatilah menggunakan daun sirsak. Menurut sejumlah penelitian, daun sirsak dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh. Di dalam daun sirsak terdapat berbagai macam zat yang mampu mengurangi kolseterol yang ada pada tubuh. Hal ini membuat daun sirsak aman dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami.

Baca Juga : Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan

 

  1. Mengobati Eksim dan Rematik

Rematik sering kali menyerang orang tua. Untuk mengatasi penyakit rematik anda bisa memanfaatkan daun sirsak sebagai alternatif obat nyeri akibat rematik. Anda cukup membalurkan daun sirsak pada area tubuh yang terasa nyeri akibat rematik. Selain itu, tumbukan daun sirsak tadi juga berfungsi untuk mengobati area tubuh yang terkena eksim. Cukup mengoleskan ramuan tadi secara teratur 2 kali sehari dan rasakan manfaatnya.

 

  1. Mengobati Penyakit Paru-paru

Salah satu manfaat daun sirsak yang selanjutnya ialah untuk mengobati penyakit yang satu ini. Penyakit paru-paru memiliki 2 macam jenis, penyakit paru-paru basah dan penyakit paru-paru kering. Daun sirsak sangat berperan untuk mengobati penyakit ini, sifatnya yang antibakteri membuat daun sirsak menjadi alternatif obat dari penyakit paru-paru.

 

  1. Mencegah Infeksi dan Meningkatkan Sistem Imunisasi

Kandungan gizi yang terkandung di dalam daun sirsak ternyata mampu untuk mencegah infeksi dan meningkatkan sistem imunisasi atau sistem kekebalan tubuh. Memang setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda, ada yang rentan terhadap penyakit dan ada yang kebal terhadap penyakit. Anda hanya perlu mengonsumsi air rebusan daun sirsak untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

  1. Meningkatkan Kesuburan

Bagi anda yang sampai saat ini belum dikaruniai seorang anak, cobalah untuk mengonsumsi air rebusan daun sirsak. Terkadang belum mempunyai keturunan bisa disebabkan karena kesuburan yang bermasalah. Daun sirsak sendiri mampu mengatasi permasalahan tersebut. Baik untuk pria maupun wanita sama-sama bisa meningkatkan kesuburan. Produksi jumlah sperma pada pria akan meningkat dan untuk wanita dipercaya bisa membuat rahim lebih kuat.

 

  1. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih biasanya ditandai oleh berbagai gejala antara lain ialah infeksi bakteri yang terjadi pada uretra, ureter, kandung kemih, dan ginjal. Inilah salah satu manfaat daun sirsak yang baik untuk kesehatan, yaitu mampu mengobati infeksi pada saluran kemih. Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak akan mencegah infeksi pada saluran kemih menyerang kembali.

 

  1. Menghilangkan Kutu Rambut

Tak hanya untuk kesehatan, daun sirsak juga dipercaya untuk menghilangkan kutu pada rambut. Daun sirsak mampu untuk menghambat pertumbuhan kutu dan parasit pada rambut sehingga membuat rambut anda menjadi lebih sehat. Gunakanlah air hasil rebusan daun sirsak untuk mencuci rambut secara rutin sehingga hasilnya akan cepat terlihat.

 

  1. Menyehatkan Mata

Mata merupakan panca indera yang sangat penting sekali bagi manusia. Tanpa mata, mungkin segala hal yang ada didunia ini tidak akan terasa indah. Untuk itu sangat penting sekali bagi kita untuk menjaga kesehatan mata. Seperti penelitian yang dilakukan oleh National Eye Institute bahwa daun sirsak sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Terlebih baik lagi jika anda juga mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan beta karoten, vitamin C, dan Vitamin E. Hal ini mampu menurunkan risiko terkena penyakit mata.

 

  1. Mengobati Penyakit Hati

Penyakit hati merupakan penyakit yang bisa dialami oleh siapa saja. Banyak yang tidak mengetahui bahwa penyakit hati tersebut bisa diobati dengan obat herbal yang sangat murah karena mudah ditemukan. Daun sirsak namanya. Daun sirsak akan membantu sel beta pada pankreas sehingga akan memberikan rangsangan pada produksi hormon insulin. Selain itu anda bisa mencampurkan teh dengan daun sirsak agar hasilnya lebih baik lagi.

 

  1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Pernah mengalami insomnia atau susah untuk tidur? Admin yakin pasti anda pernah mengalami susah tidur. Kesulitan tidur bisa terjadi akibat sering begadang sampai larut malam. Tenang saja, sekarang susah tidur bisa diatasi menggunakan daun sirsak loh. Daun sirsak dipercaya mampu membuat tidur lebih nyenyak karena daun sirsak merupakan aromaterapi alami yang membuat tubuh lebih rileks.

Baca Juga : Rahasia Manfaat Air Putih Yang Jarang Diketahui

 

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kecantikan

Gambar via sawitplus.co

Tahukah anda bahwa daun sirsak juga bermanfaat untuk kecantikan. Penasaran? Lanjut baca aja dibawah ini pasti jadi ingin mencobanya.

 

  1. Mengobati Bisul

Bisul merupakan kelainan kulit yang biasanya ditandai dengan rasa sakit luar biasa dan juga bisa menyebabkan infeksi. Tentu jika anda memiliki bisul pada tubuh atau wajah yang menjadi perhatian orang, membuat anda tidak percaya diri karena kulit tidak cantik lagi. Untuk itu, anda bisa mengobati bisul tersebut dengan menggunakan daun sirsak. Caranya ambil beberapa daun sirsak lalu tumbuk hingga halus, setelah itu oleskan pada bisul tersebut.

 

  1. Menghilangkan Jerawat

Bisakah daun sirsak menghilangkan jerawat? Mungkin pertanyaan tersebut muncul pada benak pikiran anda sesaat melihat bahwa daun sirsak bisa menghilangkan jerawat. Muka berjerawat menjadikan wajah tidak tampil maksimal sehingga banyak yang mengeluh bagaimana cara menghilangkan jerawat. Anda bisa menggunakan daun sirsak sebagai masker sebelum tidur agar hasilnya lebih baik.

 

  1. Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam juga sangat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri wanita. Bayangkan jika anda bertemu dengan orang yang anda cintai dan saat itu anda memiliki flek hitam, pasti anda akan minder. Untuk menghilangkan flek hitam cukup menggunakan daun sirsak sebagai masker sebelum tidur sama seperti untuk menghilangkan jerawat.

Cara membuat masker daun sirsak dengan menumbuk beberapa lembar daun sirsak sampai halus, lalu campurkan dengan air mawar, setelah itu bisa anda gunakan sebagai masker.

 

  1. Melangsingkan Tubuh

Wanita mana yang tidak menginginkan tubuh langsing? Tubuh langsing memang menjadi idaman para wanita karena menurut mereka tubuh sepeti inilah yang dianggap ideal. Manfaat daun sirsak memang sangat baik untuk melancarkan pencernaan sehingga buang air menjadi lebih teratur. Hal ini akan membuat lemak yang tertimbun dalam tubuh menghilang dan hasilnya tubuh anda menjadi lebih langsing dan ideal.

 

  1. Mengurangi Komedo

Komedo merupakan salah satu permasalahan yang sering muncul pada wajah. Sama seperti permasalahan lainnya yang membuat kecantikan wajah menjadi berkurang. Gunakanlah daun sirsak sebagai masker sebelum tidur sehingga komedo akan hilang dan tidak akan muncul kembali.

 

  1. Mengencangkan Kulit

Ternyata salah satu manfaat daun sirsak untuk kecantikan juga bermanfaat membuat kulit lebih halus dan kencang. Cukup minum air rebusan daun sirsak secara teratur akan mampu membuat kulit lebih kencang.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan kecantikan pada kali ini. janganlah malas untuk membuat hidup anda menjadi lebih sehat. Selamat mencoba.

Tuliskan Komentarmu