Tips Diet Saat Puasa

Tak terasa bulan suci ramadhan akan segera hadir di tengah-tengah umat muslim tercinta. Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah karena umat muslim akan berlomba-lomba untuk menunaikan ibadah puasa. Puasa inilah yang banyak dijadikan kesempatan untuk menurunkan berat badan atau diet. Namun, puasa terkadang malah membuat berat badan naik akibat lelah seharian menahan lapar hingga saat berbuka puasa makan semua makanan yang ada. Asalkan kamu tahu tips diet saat puasa pasti akan ada hasil yang cukup bagus untuk menurunkan berat badan.

Menjalankan diet saat berpuasa sebenarnya tidak berbeda seperti diet hari biasa pada umumnya. Mulai dari makanan dan minuman apa saja yang boleh di makan dan menjadi pantangan. Walaupun puasa itu tidak makan dan minum seharian, justru malah mendorong keinginan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang menjadi pantangan. Ini nih yang sebaiknya di hindari. Oleh sebab itu, gimana sih diet yang tepat saat berpuasa?

Baca Juga : Tips! Ampuh Menurunkan Berat Badan

Tips Diet Saat Puasa Ramadhan

  1. Perbanyak Konsumsi Protein dan Serat Saat Sahur dan Buka Puasa

Gambar: pixabay.com

Pastikan kebutuhan protein dan serat sehari-hari terpenuhi dengan cara mengonsumsi makanan yang tinggi serat maupun protein saat sahur dan buka. Makanan-makanan tinggi serat dan protein akan bermanfaat untuk menekan nafsu makan dengan jarak waktu yang cukup lama, jadinya tidak mudah lapar sampai buka puasa tiba.

 

  1. Hindari Gorengan dan Makanan Berlemak

Gambar: pixabay.com

Makanan berlemak seperti gorengan memang memiliki rasa gurih yang menggugah selera untuk memakannya. Seperti mendoan, tahu kribo, bakwan, risol, pastel, dan aneka gorengan lainnya. Akan tetapi gorengan dan makanan berlemak sangat tidak sehat bagi tubuhmu karena bisa mengganggu berat badan, hingga terserang berbagai penyakit. Sebaiknya ganti makanan berlemak jenuh dengan makanan berlemak tak jenuh seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan ikan.

 

  1. Batasi Makanan dan Minuman Manis

Gambar: pixabay.com

Tips diet saat puasa yang satu ini bisa dikatakan tips yang cukup berat, mengingat seharian berpuasa tubuh lemas tak bertenaga hingga memungkinkan makan dan minum yang manis untuk memulihkan tenaga. Boleh mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka puasa dengan catatan porsi yang sedikit dan tidak berlebihan. Atau bisa diganti dengan mengonsumsi buah-buahan manis jika kamu memang berhati-hati, seperti tiga buah kurma yang dianjurkan saat buka dan sahur.

 

  1. Hindari Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Gambar: pixabay.com

Seperti yang teah dijelaskan diatas bahwa puasa menahan lapar seharian bukan berarti kamu balas dendam dengan makan berlebihan saat buka puasa. Tentu hal ini sangat tidak baik bagi tubuhmu, apalagi jika sedang menjalankan diet, bukannya berat badan turun malah semakin menimbun lemak. Untuk itu, makanlah secukupnya saat berbuka puasa agar tubuh sehat dan diet berhasil.

 

  1. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Gambar: pixabay.com

Buah-buahan dan sayuran memang tidak diragukan lagi khasiatnya, apalagi untuk mendukung program dietmu. Pastikan kamu mengonsumsi buah dan sayuran saat sahur maupun saat buka puasa. Buah dan sayur sendiri memiliki kandungan serat yang tinggi dan kadar air yang cukup banyak pada buah-buahan tertentu.

Baca Juga : Menu Makanan Diet Sehat Alami

  1. Hindari Makanan Cepat Saji

Gambar: pixabay.com

Makanan cepat saji seperti mie instan, makanan kaleng, atau junk food memang terasa sangat enak apabila disajikan sebagai menu buka puasa. Akan tetapi makanan-makanan tersebut memiliki kandungan lemak yang tinggi, sodium, pemanis buatan, dan MSG. Sebaiknya konsumsilah makanan sehat yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

 

  1. Makan Perlahan-lahan

Gambar: pixabay.com

Memang segala sesuatu yang dilakukan dengan tergesa-gesa sangat tidak baik, apalagi saat makan karena dapat mengganggu pencernaan hingga naiknya berat badan. Makan secara perlahan-lahan dipercaya sehat untuk tubuh dan perut akan terasa jauh lebih keyang. Semisal saat buka puasa kamu makan makanan ringan seperti buah dan makanan berat setelahnya dengan rentang waktu 15-20 menit.

 

  1. Perbanyak Minum Air putih

Gambar: pixabay.com

Penting sekali untuk memenuhi kebutuhan air putih saat berpuasa minimal 8 gelas sehari. Air putih akan berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Dengan banyak minum air putih metabolisme tubuh juga akan meningkat karena air putih memiliki banyak manfaat. Usahakan konsumsi dua gelas saat sahur, dua gelas saat buka puasa, dua gelas setelah tarawih, dan dua gelas sebelum tidur.

 

  1. Tetap Olahraga

Gambar: pixabay.com

Olahraga saat puasa? Apakah mungkin? Justru olahraga saat berpuasa merupakan langkah mujarab untuk mendukung dietmu. Memang saat berpuasa tubuh akan kurang memiliki energi karena sumber energi ialah gula maupun glukosa. Tubuh yang kekurangan gula akan mencari alternatif sumber energi lain yaitu lemak yang ada pada tubuhmu. Hal ini akan membuat lemak dalam tubuh dibakar, sehingga dianjurkan olahraga yang ringan-ringan saja, jangan olahraga berat yang membebani tubuh.

 

  1. Tidur yang Cukup

Gambar: pixabay.com

Istirahat atau tidur yang cukup memang penting sekali untuk menjaga tubuh tetap sehat. Kurang tidur saat puasa akan mengakibatkan metabolisme tubuh menurun sehingga akan menghambat pembakaran lemak. Bahkan nafsu makan akan semakin bertambah jika kamu kurang tidur karena meningkatnya hormon ghrelin.

Baca Juga : Cara Diet Sehat Alami Hasil Memuaskan

Itulah tips diet saat puasa yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar