Usaha Pertanian

Usaha pertanian adalah usaha yang tidak akan pernah mati, melainkan akan terus berkembang dengan seiring dengan perkembangan zaman. Dengan kondisi geografis di Indonesia ini yang terdiri dari banyak kepulauan mulai dari Sabang sampai Merauke. Iklim tropis di Indonesia sangat menguntungkan sekali karena menjadikan tanah Indonesia sangat subur. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha pertanian untuk memajukan tingkat ekonomi di negeri ini.

Pertanian merupakan hal yang sangat penting, sebab dalam pertanian tersebut menyangkut kepada kebutuhan pokok manusia. Saat ini pun banyak penelitian-penelitian yang bertujuan untuk memajukan mengenai seputar pertanian. Salah satu hasil penelitian yang telah banyak dijalankan saat ini adalah pertanian menggunakan sistem hidroponik. Seperti yang anda ketahui sendiri bahwa hidroponik merupakan sistem pertanian tanpa menggunakan media tanah.

Dari uraian diatas bisa digaris bawahi bahwa pertanian akan terus berkembang berdasarkan perkembangan zaman dan teknologi. Untuk itu, pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai apa saja usaha pertanian yang menjanjikan yang akan dibahas sebagai berikut.

Baca Juga Usaha Yang Menjanjikan di Masa Depan

Usaha Pertanian Yang Sangat Menjanjikan

 

  1. Hidroponik

pixabay.com

Usaha pertanian yang menempati urutan pertama adalah hidroponik. Belakangan ini, sistem hidroponik sangat populer dan banyak orang-orang yang sukses menjalankan hidroponik ini. Hidroponik menjadi populer akhir-akhir ini karena bisa dilakukan tanpa menggunakan media tanah, tanpa memiliki lahan yang luas, hasil panennya cepat dan memuaskan. Untuk lebih jelasnya mengenai hidroponik bisa membaca artikel tentang hidroponik pada link biru disini.

 

  1. Pertanian Sayur Organik

pixabay.com

Perkembangan zaman dan teknologi informasi tidak hanya memberikan efek positif tetapi juga memberikan efek negatif. Banyak ditemukan petani-petani yang menggunakan zat kimia pada pertaniannya untuk alasan tertentu. Oleh karena itu, masyarakat menjadi kurang percaya pada hasil pertanian yang akan dibelinya. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan pertanian secara organik, selain aman dan sehat, juga lebih laku dipasaran.

Baca Juga Cara Menanam Cabe

  1. Penyedia Bibit Tanaman Berkualitas Tinggi

pixabay.com

Ini dia salah satu usaha pertanian yang bisa dibilang berpenghasilan tinggi. Terkadang usaha yang satu ini jarang dilakukan oleh petani karena mereka lebih memilih membeli bibit dibandingkan untuk menjual bibit. Untuk itu, usaha menjual bibit bisa anda lakukan dengan cara menjual bibit yang berkualitas kepada pembeli. Bibit yang berkualitas pasti akan mengundang pembeli lain untuk membeli bibit kepada anda.

 

  1. Membuka Toko Alat Pertanian

cendananews.com

Dalam bertani pastinya butuh yang namanya alat-alat pertanian untuk menggarap lahan tani yang sedang dikerjakan. Membuka toko alat pertanian bisa menjadi peluang yang sangat baik untuk dicoba. Untuk membuka satu toko alat pertanian juga tidak membutuhkan modal yang besar, jika modalnya besar pun akan cepat balik modal karena usaha ini sangat menjanjikan di bidang pertanian.

 

  1. Menjual Obat Dan Pupuk Tanaman

dasar-pertanian.blogspot.com

Biasanya toko alat pertanian dan toko yang menjual pupuk itu berbeda, tetapi ada juga yang menjual pupuk dan obat tanaman pada toko alat pertanian tergantung masing-masing. Menjual obat dan pupuk tanaman tidak akan pernah surut karena setiap tahun pasti banyak orang yang butuh pupuk dan obat untuk pertaniannya. Usaha yang satu ini jika sudah berjaya bisa dikembangkan kembali seperti membuka cabang lainnya.

 

  1. Membuka Toko Pertanian Online

pixabay.com

Jangan sampai ketinggalan untuk memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang dengan membangun toko pertanian online anda. Mungkin ini termasuk ke dalam bisnis online yang sangat menguntungkan karena tidak perlu sewa tempat karena bisa dilakukan dirumah menggunakan media online. Untuk menjaring pembeli juga sangat mudah karena toko anda bisa dilihat oleh calon pembeli dari berbagai tempat, tetapi pastikan toko ana memiliki predikat yang baik supaya aman dan terpercaya oleh pembeli.

Baca Juga Bisnis Online Terbaik

  1. Usaha Tanaman Hias

pixabay.com

Siapa sih yang tidak suka dengan tanaman hias, tanaman yang biasa dijadikan pilihan untuk menghiasi lingkungan rumah dan menjadi penyejuk mata bagi yang melihatnya. Akhir-akhir ini, permintaan tanaman hias meningkat drastis, baik untuk keperluan rumah individu, kantor, gedung, sekolah, hotel, taman kota, tempat wisata, dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini bisa dijadikan ladang untuk menghasilkan uang bagi anda dengan menjual berbagai macam jenis-jenis tanaman hias yang ada.

Baca Juga Tanaman Hias Gantung

  1. Budidaya Tanaman Buah

pixabay.com

Budidaya tanaman buah usaha pertanian yang sangat menjanjikan bahkan bisa untuk investasi masa depan. Tanaman buah yang telah dibudidayakan bisa memberikan penghasilan pada saat musim panen, bahkan jika tanaman buah yang anda rawat hasilnya bagus mungkin ada yang menginginkan bibitnya nanti. Anda bisa menjual hasil panen tanaman buah kepada pengepul atau menjualnya sendiri. Bahkan saat ini telah berkembang sistem baru yang dinamakan tabulampot (tanaman buah dalam pot).

Baca Juga Tanaman Buah Dalam Pot

  1. Budidaya Tanaman Rempah

pixabay.com

Rempah-rempah juga tak ketinggalan dengan sayur dan buah untuk memberikan penghasilan bagi seseorang. Rempah merupakan bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak dan berbagai macam keperluan lainnya. Di Indonesia sendiri rempah-rempah sangat mudah sekali untuk tumbuh, mungkin hal ini yang mengundang negara-negara lain memasuki wilayah Indonesia untuk mencari rempah-rempah pada masa lampau.

 

  1. Budidaya Tanaman Obat

pixabay.com

Selain usaha pertanian yang telah dijelaskan, sekarang disusul dengan usaha tanaman obat. Banyak pihak-pihak medis yang meminta tanaman obat dalam jumlah besar untuk pembuatan obat herbal. Tetapi tanaman obat mempunyai target pasaran sendiri seperti perusahaan obat herbal karena jika dijual secara umum akan kurang laku. Mungkin dari anda ada yang berminat untuk membudidayakan dan menjual tanaman obat ini.

Baca Juga Manfaat Teh Hijau

  1. Konsultan dan Ahli Pertanian

app.kurio.co.id

Mungkin usaha yang satu ini membutuhkan ilmu pengetahuan tentang pertanian yang tinggi. Tidak ada salahnya jika menjadi konsultan dan ahli pertanian bagi anda yang memiliki pendidikan tinggi karena hal itu akan sangat membantu bagi orang lain. Semisal ada petani yang berkonsultasi tentang masalah pada pertaniannya dan anda tahu solusi yang tepat, maka anda akan sangat berjasa sekali pada petani tersebut dan hasilnya akan saling menguntungkan kedua belah pihak.

 

  1. Menjual Produk Hasil Pertanian

carica.co.id

Menjual produk hasil pertanian adalah hal yang menjadi peluang tetapi belum banyak yang melakukan karena tidak mengetahui ilmunya atau sebab lainnya. Perlu diketahui bahwa hasil produk pertanian akan berharga lebih tinggi dibandingkan hasil panen yang tidak dijadikan suatu produk. Jika anda tidak memiliki skil khusus untuk mengolah hasil pertanian bisa dicoba melakukan kerja sama dengan pihak lain. Contoh produk hasil pertanian semisal kedelai diolah menjadi tempe, tahu, dan susu kedelai yang pasti berharga jauh lebih tinggi.

  1. Membuka Jasa Buruh Pertanian

    patas.id

Di pedesaan mungkin buruh pertanian menjadi sangat laris, biasanya orang-orang desa memiliki lahan yang luas sehingga mereka memilih buruh tani untuk menggarap lahannya. Hal ini bisa anda manfaatkan sebagai peluang usaha pertanian yang cukup bagus untuk dicoba. Hal yang paling penting adalah mempunyai sumber daya yang ingin dikerjakan atau anda yang melakukannya sendiri jika belum memiliki anak buah.

 

Bagaimana tentang artikel diatas, apakah anda sudah menemukan usaha pertanian yang cocok? Jika artikel ini bermanfaat bisa anda bagikan kepada teman atau orang lain agar banyak orang yang terinspirasi untuk memulai usaha pertanian. Jangan lupa nantikan artikel-artikel terbaru dengan mendaftarkan email anda untuk berlangganan artikel yang akan kami kirimkan melalui email.

Baca Juga Peluang Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Tinggalkan komentar