Manfaat Gula Aren

Gula aren merupakan pemanis buatan yang asalnya dibuat dari nira aren. Selain digunakan sebagai bahan untuk memasak dan bahan minuman, ternyata banyak sekali manfaat gula aren yang belum diketahui oleh orang-orang. Rasanya yang manis dan rendah kalori membuat gula aren sangat cocok untuk hidup lebih sehat, bahan utama gula ini sendiri adalah bahan alami yaitu nira aren.

Di Indonesia sendiri banyak sekali yang menggunakan gula aren dibandingkan dengan gula pasir yang terbuat dari tebu. Hal ini dikarenakan penggunaan gula pasir dapat menyebabkan diabetes sehingga gula aren menjadi alternatif pengganti gula pasir. Gula aren sendiri memiliki beberapa unsur kandungan senyawa yang aman bagi tubuh sebagai berikut.

 

Kandungan Gula Aren

  • Vitamin B kompleks
  • Glukosa
  • Niacin
  • Garam Mineral
  • Kalori yang cukup tinggi
  • Kadar glikemik sekitar 35 GI (Indeks Glikemik)
  • Vitamin C = 0 mg
  • Vitamin B1 = 0 mg
  • Vitamin A = 0 IU
  • Zat Besi = 3 mg
  • Fosfor = 35 mg
  • Energi = 368 kkal
  • Protein = 0 gr
  • Lemak total = 0 gr
  • Kalsium = 75 mg
  • Karbohidrat = 95 gr

Itulah kandungan senyawa yang terdapat di gula aren. Berdasarkan kandungan gula aren yang sangat banyak sekali bagi tubuh, marilah simak manfaat gula aren yang akan dibahas pada artikel berikut.

Baca Juga Manfaat Teh Hijau

Khasiat Gula Aren

 

Bahan Baku Masakan dan Minuman

resepasia.com

Manfaat yang pertama ialah untuk bahan masakan dan minuman. Banyak sekali di Indonesia makanan dan minuman yang menggunakan gula aren sebagai rasa pemanis seperti : es kelapa muda, dawet ayu Banjarnegara, wedang, klepon, putu, gudeg, dan lain-lain. Dengan menggunakan gula aren, makanan dan minuman tersebut akan terasa lebih nikmat dan mempunyai cita rasa yang khas.

 

Membantu Menstabilkan Kolesterol

youtube.com

Kolesterol tentu sangat berbahaya bagi tubuh. Penyakit ini bisa disebabkan karena kebanyakan mengonsumsi lemak dan juga jarang bergerak atau olahraga. Alangkah bahayanya lagi, kolesterol dapat memicu berbagai macam penyakit seperti stroke, sesak nafas, asam urat, tekanan darah tinggi, bahkan serangan jantung. Dengan rutin mengonsumsi gula aren, maka kadar kolesterol dalam tubuh akan stabil, karena kandungan niacin pada gula aren sangat berpengaruh untuk menstabilkan kolesterol.

 

Sebagai Pemanis Rendah Kalori

jualgulajawa.wordpress.com

Bagi yang takut terkena diabetes karena menggunakan gula pasir, bisa dicoba untuk menggunakan gula aren sebagai pemanis. Seperti yang telah disebutkan bahwa gula aren memiliki kelebihan, yaitu rendahnya kalori yang terkandung pada gula aren dibandingkan gula pasir. Untuk penderita diabetes juga masih boleh mengonsumsi yang manis-manis dengan gula aren loh, tetapi dalam batas wajar juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Penambah Tenaga

pixabay.com

Sumber tenaga juga bisa didapatkan melalui gula aren. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa gula aren memiliki kandungan energi sekitar 368 kkal. Oleh karena itu, banyak yang memilih gula aren untuk penambah tenaga karena aman dikonsumsi dan tentunya dari bahan alami. Terkadang seorang pendaki gunung juga membawa gula aren dalam pendakiannya karena manfaatnya yang baik untuk stamina.

 

Sebagai Obat Maag

dedaunan.com

Maag merupakan sakit yang cukup menyiksa, karena sakitnya ada di bagian lambung yang membuat penderitanya mengalami sakit seperti teriris, mual, bahkan juga ada yang sakit sampai ke ulu hati. Maag sendiri disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat, telat makan, terlalu banyak makan pedas dan asam. Oleh karena itu, jika maag anda kambuh dan tidak sempat mencari obat, maka gula aren bisa dijadikan obat untuk meredakan maag. Bisa dikonsumsi secara langsung, atau meminumnya dengan cara melarutkannya dengan air hangat.

 

Mengobati Sariawan

youtube.com

Sariawan merupakan penyakit yang menyerang pada bagian luar maupun bagian dalam mulut. Penyakit ini disebabkan karena kekurangan vitamin c, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, luka yang disebabkan karena menggosok gigi atau tidak sengaja bagian mulut tergigit, semua itu bisa menjadikan penyakit yang cukup membuat orang menderita yaitu sariawan. Gula aren dapat anda gunakan untuk mengobati penyakit tersebut dengan cara menempelkan pada bagian yang terkena sariawan.

 

Mencegah Anemia

pond5.com

Kandungan zat besi yang terkandung dalam gula aren memang sangat membantu untuk mencegah penyakit anemia (kekurangan darah). Anemia sendiri dapat menyebabkan gejala penyakit lainnya jika tidak dicegah seperti lemah, letih, lesu, lelah, lemas, mudah terserang penyakit, kurangnya semangat untuk menjalankan aktivitas, dan daya tahan tubuh berkurang. Untuk itu, rutin mengonsumsi gula aren akan sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut.

 

Sebagai Campuran Obat Tradisional

pixabay.com

Banyak sekali di Indonesia penjual obat tradisional seperti jamu. Tentunya jamu mengandung khasiat yang banyak bagi tubuh, terlebih lagi banyak jamu yang dicampur menggunakan gula aren untuk mengurangi rasa pahit tanpa menghilangkan khasiatnya, bahkan menambah khasiat dari jamu tersebut.

 

Memperlancar Peredaran Darah

tgh.org

Peredaran darah yang kurang lancar bisa menurunkan konsentrasi karena kurangnya asupan oksigen ke otak, tubuh cepat lelah dan lemas, gangguan pada organ tubuh yang lain, dan juga membuat jantung bekerja lebih berat. Oleh karena itu, gula aren dapat membantu memperlancar peredaran darah karena mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga mampu meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh.

 

Sebagai Scrub Pengangkat Sel Kulit Mati Wajah

bustle.com

Tampil cantik tentu menjadi idaman terutama bagi wanita, banyak segala yang dilakukan mulai dari facial, scrub, atau lainnya. Kali ini, tidak perlu menggunakan produk yang mahal tapi tidak ada hasilnya, cukup menggunakan gula aren sel kulit mati dan komedo akan terangkat. Cara menggunakannya cukup mudah dengan menumbuk gula aren sampai halus, lalu campurkan dengan air hangat hingga berbentuk pasta dan gosok pada bagian wajah secara perlahan lalu bilas dengan air bersih.

 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

pixabay.com

Daya tahan tubuh yang lemah akan lebih mudah terserang penyakit, mudah lelah, organ tubuh tidak berfungsi secara normal, dan badan terasa loyo. Untuk itu, gula aren sangat disarankan untuk rutin dikonsumsi, karena gula aren sangat berpengaruh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga badan akan terasa segar setiap saat, juga tidak gampang terkena penyakit.

 

Mencegah Penyakit Hepatitis

noticiasaominuto.com

Gula aren dapat mencegah penyakit hepatitis karena mengandung sifat antibakteri yang sangat berguna untuk menghambat dan membunuh bakteri dalam tubuh. Selain itu, gula aren mengandung kolesterol yang rendah dibandingkan gula pasir, sehingga dapat membantu untuk mencegah lemak yang menumpuk pada hati.

 

Itulah berbagai macam manfaat gula aren bagi kehidupan manusia. Saran untuk mengonsumsi gula aren sesuai batas wajar masing-masing dan jangan terlalu banyak, supaya tidak menjadi masalah bagi tubuh dan menimbulkan penyakit. Disamping rutin mengonsumsi gula aren, juga sangat baik disertai makanan yang banyak mengandung vitamin, serat, dan mineral, agar tubuh selalu sehat setiap harinya.

Baca Juga Manfaat Air Putih

Tinggalkan komentar