Manfaat Minyak Kutus Kutus

Apakah anda pernah mendengar yang namanya minyak kutus-kutus? Minyak kutus-kutus ini berasal dari Bali dengan bahan dasar minyak kelapa yang dicampur dengan tanaman-tanaman herbal lain. Minyak kutus-kutus pertama kali di produksi oleh Bambang Pranoto pada tahun 2012 di Br. Pasedana, desa Bona, Blahbatuh, Kab. Gianyar Bali. Manfaat minyak kutus kutus memang terbukti saat sang pembuat menggunakannya untuk mengobati penyakitnya. Cerita pertama kali minyak kutus-kutus dibuat ialah saat Bambang Pranoto meracik minyak pijit untuk mengobati kakinya yang lumpuh akibat kecelakaan.

Perlu digaris bawahi bahwa minyak kutus-kutus ini 100% terbuat dari bahan alami tanpa campuran bahan kimia apapun. Minyak ini juga dibuat dengan cara tradisional menggunakan konsep rumus 7 x 7 yang memiliki arti 5 unsur dari tumbuhan seperti akar, batang, daun, bunga, serta buah. Dan juga tambahan 2 unsur api dan air yang diperoleh dari minyak kelapa dan minyak esential. Dalam minyak kutus-kutus ini mengandung 49 jenis tanaman obat yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit.

Lantas, apa saja manfaat minyak kutus kutus yang dapat diperoleh? Berikut penjelasannya.

Baca Juga :

 

Manfaat Minyak Kutus Kutus Untuk Kesehatan

Minyak Kutus-kutus via kutuskutustambawaras.com

 

  1. Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian akibat kadar asam urat yang tinggi pada darah meningkat. Biasanya jika kondisi normal asam urat akan larut di dalam darah dan keluar melalui urine. Namun pada kondisi tertentu tubuh bisa saja memproduksi asam urat berlebih sehingga menyebabkan gangguan. Memang kondisi ini sangat menyiksa sekali bagi penderitanya. Tenang saja, kondisi ini bisa anda atasi dengan mengoleskan minyak kutus-kutus pada daerah yang terkena asam urat.

 

  1. Sakit Kepala

Jika anda memiliki sakit kepala yang sangat terasa berat bisa anda redakan dengan menggunakan minyak ini. bahan alami yang terkandung dalam minyak kutus-kutus mampu memberikan efek relaksasi sehingga sakit kepala akan menjadi lebih ringan. Caranya juga cukup mudah, anda tinggal mengoleskan minyak ini pada sekitar pelipis agar aroma minyak memberikan efek relaksasi ke kepala.

 

  1. Mengurangi Stress dan Cemas

Stress dan cemas memang tidak bisa dihindari bagi semua orang, terutama pekerja berat yang setiap hari dikejar target. Hal ini tentu memberikan efek yang kurang baik bagi kesehatan dan bisa menimbulkan penyakit. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa minyak kutus-kutus ini memiliki efek relaksasi. Tidak hanya untuk sakit kepala, efek relaksasi ini juga mampu mengusir cemas dan menurunkan stress.

 

  1. Batuk

Batuk merupakan respon pada tubuh yang tidak mengenal umur, baik anak kecil maupun dewasa bisa terkena batuk. Batuk sendiri terjadi akibat gangguan saluran pernafasan sehingga tubuh akan merespon gangguan tersebut. Ternyata batuk juga bermanfaat untuk membersihkan lendir dan gangguan lain yang menyebabkan iritasi. Untuk mengatasi batuk secara alami anda bisa menggunakan minyak kutus-kutus sebagai obat alami.

 

  1. Mengatasi Gangguan Tidur

Susah tidur atau insomnia sering kali terjadi pada orang dewasa. Ya, memang orang dewasa lebih suka begadang sehingga tubuh akan lebih susah untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Salah satu manfaat minyak kutus kutus ialah mampu memberikan efek nyaman sehingga tidur anda akan lebih pulas dan rileks.

Baca Juga : Manfaat Buah Pinang Yang Jarang Diketahui

 

  1. Sebagai Zat Antioksidan

Tahukah anda bahwa bahan-bahan alami yang ada pada minyak kutus kutus itu banyak sekali macamnya. Dari bahan alami tersebut ada juga loh yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh, antara lain ialah temulawak, bunga lawang, daun neen, dan masih banyak lainnya. Jadi tidak heran apabila minyak kutus-kutus ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari virus, bakteri, dan jamur penyebab infeksi. Tak hanya itu, banyak yang percaya bahwa antioksidan pada minyak kutus-kutus mampu menangkal.

 

  1. Menambah Berat Badan Bayi

Memijat bayi dengan minyak kutus-kutus ternyata memiliki banyak manfaat, antara lain mampu meningkatkan penyerapan lemak pada ASI sehingga berat badan pada bayi bertambah. Selain itu efek relaksasi pada minyak kutus-kutus bisa membuat bayi tertidur lebih nyenyak dan tidak rewel.

 

  1. Sakit Pinggang

Sakit pinggang bisanya dialami oleh orang yang sudah usia lanjut. Rasa sakit yang luar biasa sering kali terjadi pada sekitar tulang lumbar yang terletak antara cakram, saraf tulang punggung, jaringan, otot, dan organ tubuh lain pada daerah panggul dan perut. Terkadang sakit pinggul juga disebabkan kurang olahraga dan duduk terlalu lama. Untuk mengurangi sakit pinggul, anda bisa mengoleskan minyak kutus-kutus pada area pinggul yang sakit agar otot dan saraf menjadi lebih segar.

 

  1. Meningkatkan Vitalitas

Salah satu manfaat minyak kutus kutus yang selanjutnya bermanfaat sekali untuk meningkatkan vitalitas pria maupun wanita. Di dalam minyak kutus-kutus terkandung purwaceng yang merupakan tanaman herbal pembangkit gairah atau afrodisiak. Oleh sebab itu minyak kutus-kutus dipercaya mampu meningkatkan vitalitas pada pria dan wanita karena kandungan purwaceng tersebut.

 

  1. Mengatasi Wasir

Jika anda memiliki penyakit wasir cobalah dahulu untuk mengobatinya menggunakan minyak kutus-kutus ini. Wasir memang sangat banyak sekali di derita oleh masyarakat Indonesia yang tidak bisa dianggap remeh karena membuat si penderita wasir merasakan nyeri pada sekitar anus. Kandungan herbal yang terdapat pada minyak kutus-kutus dipercaya mampu mengatasi penyakit yang satu ini.

Baca Juga : Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan

 

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Mulut yang tidak terjaga kesehatannya bisa memungkinkan terkena berbagai macam gangguan. Berbagai macam gangguan tersebut ialah sariawan, gusi membengkak, dan bau mulut. Minyak kutus-kutus dipercaya bisa mengatasi berbagai permasalahan pada kesehatan mulut diatas. Kandungan antibakteri pada minyak kutus-kutus akan berperan untuk melawan berbagai macam gangguan kesehatan mulut.

 

  1. Memelihara Sistem Pencernaan dan Meningkatkan Nafsu Makan

Sistem pencernaan yang kurang lancar bisa berakibat buruk bagi kesehatan. banyak gangguan yang terjadi jika pencernaan tidak lancar seperti sakit perut, maag, dan berbagai masalah pencernaan lainnya. Dengan minyak kutus-kutus ini pencernaan anda akan lebih sehat dan terjaga. Selain itu, nafsu makan juga akan meningkat akibat manfaat dari minyak kutus-kutus yang digunakan. Tentu hal ini menjadi positif bagi anak-anak yang susah untuk makan.

 

  1. Mengatasi Berbagai Penyakit Serius

Darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung merupakan penyakit serius yang cukup mematikan. Dalam hal ini minyak kutus-kutus berperan sebagai healing oil yang mampu mendorong tubuh untuk melakukan penyembuhan sendiri atau self healing. Oleh karena itu minyak ini sangat bermanfaat untuk melawan berbagai macam penyakit serius dan untuk penyembuhan pada diri sendiri.

Baca Juga :

Itulah penjelasan mengenai manfaat minyak kutus kutus pada kali ini. Untuk cara penggunaannya cukup mudah dengan mengoleskan pada daerah yang bermasalah secukupnya. Beberapa titik yang direkomendasikan untuk kesehatan ialah pada bagian tengkuk, tulang ekor, punggung, jari kaki dan telapak. Oleskan setiap hari agar tubuh lebih sehat, tetapi segera hentikan jika muncul rasa gatal, kulit terasa panas dan melepuh karena bisa jadi anda alergi terhadap kandungan herbal yang ada pada minyak kutus-kutus.

2 pemikiran pada “Manfaat Minyak Kutus Kutus”

Tuliskan Komentarmu