Hidroponik

Tanaman hidroponik sudah sangat banyak peminatnya, karena selain perawatannya yang mudah dan juga bahan yang mudah didapat. Menanam dengan cara hidroponik sangat menguntungkan karena tidak membutuhkan tanah atau lahan yang luas. Bagi yang suka bertani tetapi malas bergelut dengan tanah sangat cocok untuk mencoba cara ini.

Hidroponik hanyalah menggunakan air yang kaya akan nutrisi sehingga hasil panen akan lebih cepat, karena memakai cara ini tanaman akan menyerap nutrisi secara langsung. Akan tetapi, tanaman hidroponik juga harus mendapatkan intensitas cahaya matahari dan juga suhu yang baik bagi tanaman. Berikut akan dibahas metode untuk menanam hidroponik.

Baca Juga Bisnis Online Terbaik

Metode Menanam Hidroponik

 

1. Cara Menanam Dengan Metode NFT (Nutrient Film Technique)

hidroponikpedia.com

Cara ini cukup simpel dan banyak diminati dengan berbahan dasar pipa dan pompa. Berikut langkah-langkahnya:

• Sediakan pipa atau talang beserta pompa.
• Buatlah lubang pada pipa dengan jarak yang sama antara satu dengan yang lain.
• Susunlah menjadi media tempat menanam.
• Sediakan penampung pada bagian ujung pipa yang rendah.
• Pasangkanlah pompa sebagai alat untuk mengalirkan nutrisi.
• Perlu diketahui bahwa metode NFT memiliki konsep untuk menanam akar tanaman sehingga tumbuh melalui lapisan nutrisi, sirkulasinya terjaga agar air, oksigen dan nutrisi yang didapatkan tercukupi.

 

2. Cara Menanam Dengan Metode WICK

bukalapak.com

Menggunakan metode ini merupakan hal yang baik jika dana terbatas, karena bisa dibilang murah meriah dengan bahan bekas yang mudah didapat. Berikut langkah-langkahnya:
• Siapkan botol air mineral merek apa saja, alat untuk memotong, kain flanel atau bisa diganti dengan sumbu kompor, solder atau paku untuk melubangi, air yang berisikan nutrisi.
• Potong botol menjadi 2 bagian, lalu lubangi pada bagian tutup botol.
• Gabungkanlah 2 bagian tadi dengan membalik pucuk botol menghadap pada bagian bawah.
• Pasangkan kain flanel atau sumbu pada lubang tutup botol tadi dan pastikan dapat menyerap nutrisi.
• Pada bagian atas berikanlah tanah secukupnya, sedangkan pada bagian bawah diisi air nutrisi.

Itulah metode-metode cara untuk membuat tanaman hidroponik bagi pemula. Jika ingin bertani yang hemat, cepat, dan sehat cobalah untuk menggunakan teknik hidroponik ini. Selanjutnya perlu diketahui bagaimana langkah-langkah untuk menanam hidroponik ini yang akan dibahas sebagai berikut.

 

Langkah Menanam Tanaman Hidroponik

 

1. Siapkan Benih Tanaman Hidroponik

benih from: bukalapak.com

Siapkan benih unggulan untuk menghasilkan tanaman yang bagus, bisa didapatkan di toko pertanian atau anda juga bisa membuat benih unggulan anda sendiri. Benih tanaman hidroponik yang biasa digunakan adalah sayur dan buah seperti selada, timun, bayam, tomat dan masih banyak lagi. Setelah dapat benih yang bagus selanjutnya adalah penyemaian benih. Penyemaian biasa dilakukan menggunakan rockwool atau spons, karena daya serap airnya tinggi.

 

2. Siapkan Media Untuk Menanam

rockwool from: wintergardenz.co.nz

Sebelum mengetahui media apa yang cocok untuk hidroponik, ketahuilah terlebih dahulu kriteria yang baik untuk media hidroponik. Media tanam yang baik ialah yang mempunyai pori-pori yang bagus, tidak ada sumbatan pada sistem pengairan, dan tidak mengubah sifat larutan nutrisi. Arang sekam, spons, expanded clay, rockwool, dan coir adalah media yang dapat digunakan untuk hidroponik. Akan tetapi, kebanyak orang menggunakan rockwool karena keunggulannya yang baik.

 

3. Proses Pemberian Nutrisi

nutrisi from: hidroponikcasafarm.com

Setelah memilih media apa yang digunakan selanjutnya adalah pemberian nutrisi. Nutrisi sangat penting untuk tanaman hidroponik karena tidak memakai media tanah sehingga membutuhkan nutrisi yang banyak dari luar. Pemberian nutrisi harus sesuai dengan takaran supaya tidak kekurangan atau kelebihan nutrisi pada tanaman. Nutrisi yang sering digunakan pada umumnya adalah Lewatit HD-5, dan Margaflor. Nutrisi tersebut dapat anda peroleh di toko pertanian.

 

4. Perawatan

cek tanaman hidroponik from : globaltekno29.blogspot.com

Setelah langkah diatas selesai maka yang harus anda lakukan adalah merawat tanaman hidroponik. Perawatan meliputi pemberian nutrisi, pengecekan takaran nutrisi, pembersihan hama, pemangkasan tanaman, dan lainnya sesuai dengan teknik pertanian anda.

Baca Juga Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan

Tinggalkan komentar