Tanaman Buah Dalam Pot

Bagi orang desa bertani merupakan hal yang mudah, tetapi beda dengan orang kota yang tidak mempunyai cukup lahan untuk bertani. Lahan yang sempit menjadi kendala akhir-akhir ini, banyak orang yang ingin menanam tanaman buah tetapi lahan yang dimiliki sangat sempit. Inovasi baru muncul dari permasalahan ini, yaitu dengan menanam tanaman buah dalam pot (tabulampot). Cara ini menggunakan pot sebagai media tanam, tentunya akan lebih efektif ditempatkan pada lahan yang sempit sekalipun.

Emangnya bisa tanaman buah ditanam dalam pot? Mungkin yang baru tahu tentang teknik ini akan bertanya demikian, tentu dengan ilmu pertanian yang semakin berkembang tanaman buah dapat ditanam dalam pot. Akan tetapi, tidak semua tanaman buah cocok untuk ditanam dalam pot. Maka ketahuilah tanaman apa saja yang cocok ditanam dengan teknik tabulampot ini yang akan dijelaskan sebagai berikut.

Baca Juga Tanaman Hias Gantung

Jenis Tanaman Buah Dalam Pot

 

Jeruk

empritkaji.com

Jeruk merupakan buah yang memiliki rasa yang beragam, ada yang rasanya asam dan ada yang manis. Oleh sebab itu, buah jeruk sangat digemari oleh banyak orang baik dalam negeri maupun luar negeri. Sekarang ini, buah jeruk juga bisa ditanam dalam pot loh. Drainase yang baik, tanah yang subur, serta penyiraman dan pemupukan secara teratur menjadikan tanaman jeruk sehat dan juga berbuah nantinya.

 

Buah Tin/Ara

es.wikipedia.org

Bagi orang yang beraga islam pasti tidak asing dengan buah tin karena buah ini telah dijelaskan dalam Al-Quran. Buah tin memang bisa ditanam dalam pot dan sangat cocok pada daerah yang memiliki iklim hangat. Pastinya anda tertarik untuk menanam buah tin ini dalam pot, sebab jika berbuah nanti manfaat buahnya akan sangat baik sekali bagi kesehatan.

 

Nanas

youtube.com

Buah segar, enak, dan sering dibuat rujak ini juga bisa ditanam didalam pot. Untuk perawatannya juga cukup mudah tidak harus dengan perawatan yang khusus. Cukup dengan menempatkan pada tempat yang mendapat cahaya matahari, serta menyiraminya setiap hari agar tumbuh sehat.

 

Buah Kiwi

id.aliexpress.com

Buah kiwi merupakan buah yang terbilang cukup mahal dipasaran, tetapi tenang saja hal ini dapat diatasi jika memiliki tanaman kiwi sendiri di rumah. Kiwi menjadi salah satu buah yang dapat ditanam dalam pot. Oleh karena itu, cukup beli satu paket bibit kiwi bersama potnya sehingga dapat dirawat dirumah.

 

Buah Semangka

youtube.com

Buah yang kaya akan air yang memiliki rasa manis dan menyegarkan ini ternyata bisa juga ditanam dalam pot. Menanam semangka dengan cara ini juga terbilang cukup mudah, berikan media tempat merambat yang kuat agar tanaman semangka tumbuh dengan baik dan berat buah akan tertahan oleh media tempat tersebut.

 

Buah Melon

youtube.com

Melon sama dengan semangka yaitu jenis tanaman merambat. Rasanya yang manis membuat melon banyak digemari oleh masyarakat dan sering dijadikan sebagai sup buah. Tidak perlu repot-repot membeli melon di supermarket, cukup dengan menanam melon dalam pot juga bisa berbuah. Karena melon merupakan tanaman merambat, sebaiknya sediakan media tempat merambat yang kuat.

 

Buah Strawberry

as-garten.de

Mungkin sebagian besar menyebutnya sebagai stroberi, memang sama saja sebenarnya. Strawberry merupakan buah yang memiliki rasa asam manis dan sangat cocok ditanam dalam pot. Dengan menyirami dan memupuknya secara teratur dapat membantu proses pertumbuhan tanaman strawberry ini.

 

Blueberry

produto.mercadolivre.com.br

Tanaman sejenis berry yang cukup mahal dipasaran ini bisa ditanam dalam pot. Blueberry akan terus tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu, tapi jika dengan perawatan dan pemangkasan yang baik dapat memungkinkan tanaman ini tumbuh pendek dan berbuah lebat. Untuk potnya lumayan besar yaitu ukuran 50 cm dan kedalaman 45 cm, penempatan pot juga pada tempat yang terkena sinar matahari agar tumbuh baik dan cepat berbuah.

 

Blackberry

thenaturalrecoveryplan.com

Blackberry masih satu keluarga dengan jenis berry lainnya dan juga bisa ditanam pada pot. Gunakanlah pot berukuran 40 cm agar tumbuh dengan baik serta berikanlah penompang agar batang tanaman ini berdiri dengan baik. Jangan lupa untuk merawatnya secara rutin agar cepat berbuah.

 

Buah Jambu

jurnalasia.com

Terdapat banyak jenis jambu yang ada di Indonesia antara lain jambu biji dan jambu air, keduanya dapat ditanam dalam pot. Tanaman jambu termasuk kedalam tanaman buah tropis sehingga dapat dengan mudah tumbuh dan beradaptasi pada kondisi dan cuaca apapun. Hal yang harus diperhatikan adalah merawat dengan rutin supaya tidak terkena hama seperti ulat.

 

Buah Anggur

manfaat-buah-anggur.blogspot.com

Banyak jenis anggur di Indonesia yang sangat bervariasi mulai dari anggur merah, anggur ungu, dan anggur hijau. Harga anggur juga terbilang cukup tinggi dipasaran, maka hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk bisnis. Anggur merupakan tanaman merambat yang dapat ditanam dalam pot, gunakanlah tempat merambat yang kuat untuk tanaman anggur ini.

Baca Juga Tanaman Hidroponik

Buah Lemon

ockrose.blogspot.com

Lemon juga dapat tumbuh baik seperti jeruk jika ditanam dalam pot. Dengan perawatan yang baik akan membuat tanaman lemon tumbuh subur dan cepat berbuah. Buah ini juga sangat digemari untuk dibuat jus karena rasanya yang sangat menyegarkan apalagi saat musim panas.

 

Buah Delima

tukangtaman.web.id

Buah delima memiliki sistem perakaran yang cenderung lebih pendek dari tanaman buah lainnya sehingga tanaman delima dapat mudah tumbuh dalam pot. Delima memiliki rasa yang sangat khas dari buah lainnya, tentu semua pasti sudah tahu dengan buah yang satu ini karena telah tersebar di seluruh Indonesia.

 

Buah Persik

morristowncab.info

Buah persik memang memiliki varietas yang dapat tumbuh pendek, cocok sekali jika ditanam dalam pot. Pastikan tanaman persik mendapatkan cahaya matahari yang cukup agar tumbuh subur dan sehat. Jangan lupa untuk menyirami dan memberi pupuk agar cepat berbuah.

 

Buah Naga

petanitop.blogspot.com

Buah naga memang tergolong tanaman yang mempunyai ukuran besar, tetapi sekarang ini dapat ditanam pada pot. Banyak sekali bibit buah naga dalam pot yang dijual dipasaran dengan variasi yang berbeda-beda.

 

Buah Sawo

gardenmatrial.com

Buah ini memiliki warna kecokelatan dengan cita rasa yang manis apabila telah matang. Sawo dapat ditanam didalam pot, malahan sekarang kebanyakan orang menanam sawo dengan cara ini karena lebih mudah perawatannya dan cepat berbuah. Hal yang terpenting juga pengendalian hama agar tanaman tidak terganggu pertumbuhannya.

 

Buah Mangga

youtube.com

Buah mangga sering dijadikan sup buah, jus buah, bahkan rujak jika mangganya masih muda. Untuk itu, bagi yang menggemari buah ini dapat mencoba menanamnya dirumah dengan teknik tabulampot. Keuntungan menanam mangga pada pot yaitu selain mudah ditanam, juga cepat berbuah.

 

Buah Srikaya

pixabay.com

Buah srikaya memang buah yang cukup enak dan banyak ditemui di seluruh wilayah Indonesia. Tanaman srikaya tergolong tumbuh dengan tinggi, tetapi semua itu tetap tidak masalah karena bisa dirawat dan dipangkas secara baik agar tidak tumbuh terlalu tinggi didalam pot.

 

Tomat

bukalapak.com

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tomat, buah berwarna merah yang digunakan untuk bahan masakan. Tomat sendiri sangat baik ditanam dalam pot karena mudah untuk tumbuh dan berbuah. Kandungan vitamin yang terkandung dalam tomat juga cukup banyak baik untuk kesehatan, bahkan tomat juga sering dibuat jus. Jika ingin menanam tomat dalam pot, gunakanlah tanah yang subur serta menyiram dan memupuknya secara teratur.

 

Cabai

menanam.com

Si kecil yang bikin selera makan meningkat karena rasa pedas yang didapatkan dari cabai. Cabai dapat ditanam sendiri dirumah dengan menggunakan pot sama seperti tomat. Daripada membeli dipasar dengan harga yang naik turun tak menentu, lebih baik menanamnya sendiri.

 

Terong

youtube.com

Terong buah atau sayur? Kalau menurut admin sendiri terong adalah sayur, tetapi terong dapat tumbuh dengan subur jika ditanam dalam pot. Gunakanlah penyangga yang kuat karena terong termasuk kedalam tanaman merambat.

 

Mentimun

pixabay.com

Mentimun merupakan tanaman merambat sehingga jika ditanam didalam pot harus menggunakan penyangga supaya tanaman tumbuh dengan baik. Mentimun bisa dibilang tanaman sayuran, tetapi seperti buah, atau kata lainnya bisa disebut tanaman sayuran buah.

 

Itulah beberapa jenis tanaman yang dapat ditanam dalam pot walaupun tidak semuanya yang dicantumkan adalah buah. Ya memang tidak semuanya buah ada juga sayur, tetapi tanaman sayur tersebut juga baik ditanam menggunakan pot jadi admin cantumkan kedalam artikel. Jika ada tanaman yang bisa ditanam menggunakan pot tetapi tidak dicantumkan, silakan sebutkan pada kolom komentar dibawah.

Baca Juga Anggrek Bulan

Tinggalkan komentar