Bisnis Online

Pada zaman milenial ini pertumbuhan internet semakin berkembang. Dengan adanya internet ekonomi suatu negara semakin maju, karena mudahnya akses informasi dengan cepat. Bisa kita lihat negara maju seperti China, mereka mengembangkan suatu bisnis dengan internet atau sering disebut bisnis online.

Di Indonesia sendiri masih belum banyak yang memanfaatkan bisnis online karena berbagai alasan antara lain: masih bingung dengan bisnis online, takut untuk memulai, takut tidak ada yang beli, dan masih banyak lagi. Padahal bisnis online mempunyai banyak keuntungan yang tidak didapat oleh bisnis offline. Berikut keuntungan yang didapat dari bisnis online.

 

Keuntungan Bisnis Online

 

entrepreneurcamp.id

 

  1. Bisnis Online Bisa Dilakukan di Mana dan Kapan Saja

Cukup dengan bermodal gadget dan internet bisnis ini dapat dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Media promosinya juga cukup mudah, dengan menggunakan fitur market place seperti shopee, bukalapak, lazada, dan lainnya. Juga bias dengan media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, dan lainnya.

 

  1. Biaya Operasional sedikit

Keuntungan lainnya yaitu biaya operasional yang sedikit. Tanpa bayar listrik, tanpa bayar sewa tempat, tanpa harus menggaji pegawai, dan lainnya seperti bisnis konvesional yang membutuhkan modal yang besar dan peralatan yang harus diperhatikan kelengkapannya.

 

  1. Praktis

Kenapa praktis, karena bisnis online itu tidak ribet, tidak susah, dan mau bekerja keras pasti membuahkan hasil. Misalnya saja jualan online hanya dengan promosi disosial media, terima pesanan, packing barang, lalu tinggal kirim, praktis bukan.

 

Itulah keuntungan dari bisnis online yang sangat-sangat baik dilakukan bagi segala usia, dan tentunya untung yang lumayan besar. Apa saja sih bisnis online itu, berikut akan dibahas mengenai bisnis online yang menjanjikan.

 

Bisnis Online Yang Menjanjikan

 

pixabay.com

 

  1. Jual Beli Online

Jika anda mempunyai suatu produk maka jual beli online sangat cocok untuk dilakukan. Keuntungan jual beli online sangat bagus karena tanpa meninggalkan aktivitas utama. Jadi, bagi karyawan kantor, mahasiswa, ibu rumah tangga, atau lainnya tetap bisa berjualan secara online. Sosial media bisa dijadikan tempat untuk promosi, dengan cara upload produk yang akan dijual dan cantumkan nomor yang dapat dihubungi supaya mudah untuk komunikasi.

 

  1. Menjadi Dropshipper

Sebenarnya dropship sama dengan jual beli online, tetapi ini lebih mudah karena tidak harus punya produk sendiri. Jadi dropship itu membutuhkan kerja sama dengan supplier untuk memasok barang. Penjual akan  menjual barang dari supplier dengan promosi disosial media, jika ada pesanan cukup dengan memberikan rincian pesanan dan data pribadi calon pembeli pada supplier. Cara ini sangat cocok untuk pemula yang baru terjun ke bisnis online karena tidak terlalu mengambil risiko.

 

  1. Menjadi Reseller

Menjadi reseller cukup menjanjikan karena anda bisa mengatur keuntungan sendiri beda dengan dropship. Barang yang dibeli dari supplier juga dapat kita cek apakah bebas cacat atau tidak, sehingga barang yang akan dijual adalah barang yang benar-benar bagus. Jika pelanggan puas maka anda yang untung, bisa jadi ia langganan kepada anda dan mengundang lebih banyak teman untuk belanja kepada anda.

 

  1. Membuat Blog/Website

Bagi yang pandai menulis blog/website merupakan suatu langkah yang baik untuk di coba. Dengan banyak menulis artikel di website/ blog akan memunculkan banyak pengunjung bagi website anda. Lalu bisa anda daftarkan ke google adsense  dengan sistem PPC (pay per click) untuk pemasangan iklan, semakin banyak pengunjung maka semakin besar kemungkinan iklan anda banyak yang klik. Tidak hanya itu, anda juga dapat menjual suatu barang dengan promosi melalui website.

 

  1. Mendaftar Marketplace

Di Indonesia Marketplace sudah sangat banyak bermunculan. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk berjualan online. Dengan usaha yang maksimal pasti akan lancar. Usahakan untuk kepuasan pelanggan, karena jika toko anda di marketplace terpercaya, maka akan mengundang banyak pembeli baru maupun pembeli yang selalu berlangganan di toko anda.

 

  1. Menjadi Youtuber

Menjadi youtuber sama dengan bisnis website yaitu dengan iklan google adsense. Jika anda adalah seorang yang kreatif maka buatlah video yang mengundang banyak viewers. Semakin banyak trafik yang didapat, semakin besar pula penghasilan yang didapat. Banyak orang yang sukses menjadi youtuber seperti Ria Ricis, Raditya Dika, Atta Halilintar, Bayu Skak, dan masih banyak lagi dengan mengunggah video kreatifnya di youtube.

 

  1. Affiliate Marketer

Bisnis affiliate atau sering disebut afiliasi yaitu bisnis dengan perantara. Semisal anda memasarkan barang orang lain maka anda akan mendapatkan komisi jika nantinya barang itu terjual. Intinya adalah anda menggiring pengunjung/visitor untuk membeli produk yang di promosikan.

 

  1. Freelance Writer

Freelance writer atau yang sering disebut penulis lepas. Bisnis ini sangat populer dan banyak dicari oleh pemilik website yang visitornya sudah banyak. Biasanya seorang blogger akan membutuhkan jasa penulis lepas apabila banyak kesibukan lain atau sudah malas menulis di blog. Penghasilan yang didapat oleh penulis lepas tergantung berapa kata yang ditulisnya.

 

  1. Copywriter

Iklan kreatif yang sering kita lihat itu tidak lain adalah karya dari seorang copywriter. Disini copywriter berperan untuk menulis teks iklan dengan kata-kata yang promotif, yang menarik pelanggan untuk membeli. Seorang copywriter punya peluang penghasilan yang besar karena semakin banyak media online yang membutuhkan jasa copywriter.

 

  1. Menawarkan Jasa

Bagi anda yang memiliki jasa apa saja bisa anda tawarkan secara online. Bisa dari keahlian khusus atau hobby. Pernah dengar mungkin kata-kata “hal yang menyenangkan adalah hobby yang dibayar”, karena selain menyalurkan hobby juga dapat penghasilan. Media sosial bisa anda gunakan untuk menawarkan jasa anda asalkan rutin dan pantang menyerah.

Baca Juga Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan

Tinggalkan komentar