Manfaat Omega 3

Manfaat omega 3 memang sudah tidak diragukan lagi, banyak perusahaan-perusahaan obat dan suplemen yang menggunakan omega 3 pada produknya. Tak heran jika mereka menggunakan omega 3 karena manfaat omega 3 telah teruji secara klinis. Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat omega 3, ketahuilah terlebih dahulu apa itu omega 3, dan apa saja kandungan yang terdapat di dalam omega 3.

 

Omega 3 dan Kandungannya

Omega 3 via pixabay.com

 

Omega 3 merupakan jenis asam lemak esensial, dalam artian tidak bisa diproduksi oleh tubuh sendiri sehingga hanya lewat asupan makan saja asam lemak ini dapat terpenuhi. Setidaknya asam lemak esensial ini bisa anda peroleh melalui makanan laut seperti ikan tuna, sarden, salmon, lobster dan udang. Beberapa jenis tanaman juga memiliki asam lemak ini seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Terdapat 3 jenis Omega 3 yang berperan penting bagi tubuh, yaitu:

  • Eicosapentaenoic acid (EPA), merupakan asam lemak omega 3 yang banyak diperoleh dari ikan laut. EPA sangat baik bagi tubuh untuk mengurangi peradangan dan mengurangi depresi.
  • Docosahexaenoic acid (DHA), merupakan asam lemak omega 3 yang bisa diperoleh dari minyak ikan dan rumput laut. DHA juga berperan penting untuk membantu perkembangan otak dan membantu otak berfungsi normal.
  • Alpha-linolenic acid (ALA), merupakan asam lemak omega 3 yang bisa diolah menjadi energi bagi tubuh. ALA bisa anda peroleh melalui kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging berkualitas. Selain itu, ALA juga bisa diubah menjadi EPA atau DHA.

Udah tau kan apa itu omega 3, kandungan apa yang ada di dalamnya, dan juga jenis-jenis omega 3. Namun jangan lupa pembahasan masih berlanjut. Yuk simak selengkapnya tentang manfaat omega 3.

Baca Juga: Menu Lengkap Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Manfaat Omega 3 Untuk Anak

Gambar Bayi via pixabay.com

 

  1. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Ingin anak anak lebih cerdas bisa dicoba nih memberikan asupan omega 3 yang cukup. Hal ini akan membantu untuk menguatkan fungsi otak pada anak sehingga akan lebih fokus, mudah memahami pelajaran, lebih mudah dalam berkonsentrasi, dan tentunya secara tidak langsung kecerdasan anak akan meningkat.

 

  1. Meningkatkan Kemampuan Membaca

Tak hanya membantu meningkatkan fungsi otak, omega 3 juga membantu meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Membaca merupakan hal yang penting bagi anak, karena kemampuan membaca anak akan berpengaruh saat ia mencatat pelajaran atau saat mengerjakan tugas sekolah. Anak yang sering diberikan omega 3 akan lebih baik dalam menyeimbangkan gerakan mata dan tangan.

 

  1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Selain untuk kesehatan fisik, omega 3 juga penting untuk meningkatkan kesehatan mental bagi anak. Berbagai penelitian membuktikan bahwa anak yang sering mengonsumsi omega 3 akan kecil kemungkinannya terkena penyakit mental, misalnya depresi, skizofrenia, dan penyakit bipolar.

 

  1. Mencegah Berbagai Penyakit

Punya anak yang sehat dan kebal terhadap penyakit merupakan hal wajar yang sering di inginkan oleh orang tua. Dengan memberikan asupan omega 3 pada buah hati akan membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuhnya sehingga akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

  1. Meringankan Asma pada Anak

Asma merupakan penyakit pada paru-paru yang ditandai oleh sesak nafas, batuk, dan bengek. Jika dibiarkan saja bisa menjadi serangan asma berat yang bisa disebabkan karena inflamasi, serta pembengkakan pada saluran paru-paru. Omega 3 dipercaya mampu meringankan asma pada anak-anak sehingga penyakit asma tersebut tidak menjadi lebih parah.

 

  1. Mengurangi Gejala ADHD pada Anak

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) merupakan sebuah gangguan yang terjadi pada perkembangan otak sehingga membuat penderitanya menjadi impulsif, hiperaktif, dan susah untuk memusatkan perhatian. Hal ini terjadi karena anak dengan gejala ADHD cenderung memiliki lemak omega 3 yang rendah dibandingkan teman-teman mereka yang lebih sehat. Zat omega 3 dipercaya mampu meningkatkan perhatian, menurunkan impulsif, hiperaktif, sifat agresif dan gelisah pada anak.  

 

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak Janin dan Bayi

Bagi ibu hamil dan bayi yang ada di dalam kandungannya juga merasakan manfaat omega 3 ini. Omega 3 akan membantu tumbuh kembang otak si bayi. Setidaknya DHA pada omega 3 menyumbangkan asam lemak tak jenuh pada otak sekitar 40%, dan 60% pada retina mata. Tak heran jika nantinya bayi yang akan lahir memiliki kecerdasan yang tinggi dan keterampilan yang baik.

Baca Juga: Manfaat Susu Kedelai (Pengganti Susu Sapi)

Manfaat Omega 3 Untuk Kesehatan

Pria Sehat via pixabay.com

 

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan omega 3 secara rutin dan cukup akan membantu menurunkan kadar trigliserida pada darah. Dengan ini risiko terkena penyakit kardiovaskular dan stroke akan berkurang.

 

  1. Mengatasi Penyakit Mental dan Alzheimer Karena Penuaan

Umur yang terus bertambah pasti akan dialami oleh semua orang. Saat umur sudah mulai tua secara alami fungsi otak juga akan semakin berkurang. Sejumlah pendapat mengatakan bahwa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan omega 3 sangat berpengaruh untuk memperlambat kemunduran fungsi otak, serta dapat mencegah penyakit Alzheimer.

  1. Mengatasi Depresi dan Kecemasan

Depresi atau kecemasan tidak hanya dialami oleh anak-anak, orang dewasa pun juga banyak yang mengalaminya. Gangguan ini memang terkadang tidak bisa dihindari karena bisa terjadi akibat sedih, lesu, khawatir, merasa gugup, bahkan kehilangan orientasi pada kehidupan. Kabar baiknya lemak omega 3 jika dikonsumsi secara rutin akan cenderung membuat seseorang tidak mudah depresi dan cemas.

 

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker, penyakit berbahaya yang banyak sekali merenggut nyawa seseorang. Memang banyak studi yang beradu pendapat mengenai omega 3 terhadap penyakit kanker, salah satunya ialah pendapat yang mengemukakan bahwa omega 3 mampu mengurangi risiko terkena kanker, termasuk kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker payudara bagi wanita.

 

  1. Mengoptimalkan Kesehatan Mata

Salah satu manfaat omega 3 yang sangat baik bagi kesehatan ialah untuk mengoptimalkan kesehatan mata. Kandungan DHA pada omega 3 menjadi poin penting untuk menjaga kesehatan retina mata. Jika asupan DHA tercukupi, mata akan jauh lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah yang bisa mengganggu penglihatan.

  1. Mencegah Demensia

Tahukah anda apa itu demensia? Demensia merupakan permasalahan pada daya ingat, berpikir, dan cara berperilaku seseorang. Dalam hal ini memang masih belum jelas dan simpang siur karena terdapat perbedaan pendapat yang mengatakan bahwa omega 3 mampu mencegah demensia.

 

  1. Mengurangi Lemak di Hati

Omega 3 juga berperan penting untuk mengurangi lemak di hati, bukan patah hati hehe. Mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 akan membantu mengurangi lemak hati yang di derita oleh orang-orang pengidap penyakit hati berlemak. Salah satu penyebab utama penyakit ini ialah penyakit hati kronis, sehingga harus diperhatikan betul bagi yang mengalaminya.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kutus Kutus Yang Jarang Diketahui

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Tidak hanya bermanfaat bagi hati, omega 3 juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Omega 3 akan membantu menurunkan kadar trigliserida pada darah. Trigliserida sendiri berkaitan dengan kolesterol jahat yang bisa menjadi sebab pembekuan darah. Hal inilah yang bisa menimbulkan penyakit jantung, sehingga lebih baik mencegah daripada mengobati.

 

  1. Meredakan Peradangan pada Artritis

Salah satu manfaat omega 3 yang selanjutnya ialah mampu meredakan nyeri sendi bagi penderita artritis. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi minyak ikan juga dipercaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh  penderita rheumatoid arthritis.

 

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Sendi

Kesehatan tulang dan sendi memang menjadi hal yang cukup penting bagi tubuh, pasalnya jika tulang dan sendi lemah akan lebih tinggi terkena risiko osteoporosis dan artritis. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 akan meningkatkan kesehatan tulang dan sendi, sehingga akan lebih kuat dan lebih rendah risikonya terkena dua penyakit diatas.

 

  1. Mencegah Tersumbatnya Pembuluh Darah

Jarang diketahui tetapi sangat berpengaruh bagi pembuluh darah. Omega 3 akan membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis). Selain itu, minyak ikan atau omega 3 ini mampu mencegah peradangan dan menurunkan kolesterol jahat sehingga akan berpengaruh untuk mengurangi risiko penyumbatan pada pembuluh darah.

 

  1. Meringankan Nyeri Menstruasi

Bagi sebagian wanita biasanya saat menstruasi akan mengalami nyeri yang sangat luar biasa pada bagian perut atau pinggul yang bisa menyebar ke bawah punggung sampai paha. Untuk mengurangi nyeri saat menstruasi, anda bisa mencoba untuk mengonsumsi omega 3 secara rutin sampai nyerinya berkurang.

 

  1. Mengurangi Gejala Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik merupakan berbagai macam kondisi seperti obesitas sentral, tekanan darah tinggi, trigliserida tinggi, resistensi insulin, dan kadar HDL rendah. Berbagai macam kondisi tersebut bisa menimbulkan penyakit berat seperti jantung dan diabetes. Untuk itu, omega 3 mampu mengurangi gejala sindrom metabolik.

 

  1. Mengatasi Penyakit Autoimun

Penyakit ini memang sedikit berbeda dari penyakit lain, sebab sel baik akan dianggap sel asing oleh sistem kekebalan tubuh. Contoh penyakit yang disebabkan oleh kesalahan sistem kekebalan tubuh ialah diabetes tipe 1. Penyakit ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh akan menganggap sel penghasil insulin pada pankreas merupakan sel asing yang berbahaya. Penyakit autoimun bisa dicegah sejak dini dengan meningkatkan asupan omega 3 yang cukup.

 

  1. Memperbaiki Kualitas Tidur

Kurang tidur bisa mengakibatkan kesehatan anda menurun. Untuk itu, kualitas tidur sangat penting sekali bagi kesehatan. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur adalah dengan mengonsumsi omega 3. Omega 3 akan membuat tidur anda lebih nyenyak dan lebih berkualitas sehingga tubuh anda akan terasa segar sepanjang hari.

 

  1. Bagus Untuk Kesehatan Kulit

DHA merupakan komponen struktur kulit yang memiliki tanggung jawab terhadap kesehatan membran sel. Membran sel sendiri membentuk sebagian besar kulit sehingga akan menghasilkan kulit yang lembut, lentur, lembab, dan bebas kerutan.

Selain DHA, omega 3 jenis EPA juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kulit, yaitu:

  • Mengatur produksi minyak pada kulit.
  • Mengatur cairan (hidrasi) pada kulit.
  • Mencegah timbulnya jerawat.
  • Mencegah penuaan dini.
  • Mencegah benjolan merah kecil yang terkadang muncul pada bagian atas lengan, atau yang sering disebut hiperkeratinisasi folikel rambut.

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Efek Samping Omega 3

Gambar via pixabay.com

 

Selain memiliki banyak manfaat, omega 3 juga memiliki efek samping yang justru membahayakan apabila mengonsumsi terlalu berlebihan. Efek samping tersebut antara lain:

  • Mengonsumsi omega 3 dalam jumlah yang tinggi akan meningkatkan risiko terkena stroke hemoragik, yaitu pecahnya pembuluh darah di dalam otak.
  • Dapat memengaruhi kinerja obat tertentu seperti obat pengencer darah.
  • Bagi orang yang memiliki risiko terkena penyakit kanker usus besar harus berhati-hati dalam mengonsumsi omega 3. Jika perlu konsultasikan ke dokter karena bisa saja mengakibatkan peningkatan risiko kanker usus besar.
  • Sebagai pemicu gangguan kadar gula darah.
  • Mengonsumsi omega 3 dalam jumlah besar akan mengakibatkan terjadinya toksisitas vitamin A dan vitamin D.
  • Berpengaruh terhadap peningkatan kadar low-density lipoprotein (LDL).
  • Bagi ibu hamil, bayi, dan menyusui untuk mendapatkan manfaat omega 3 disarankan untuk konsumsi ikan kakap merah, ikan tuna segar, dan ikan marlin. Sebab selain ikan tersebut, kandungan merkurinya akan berbahaya bagi kesehatan.
  • Beberapa jenis ikan seperti ikan makarel dan ikan tuna albacore memiliki risiko kandungan racun merkuri yang berbahaya. Belum tentu didalamnya terkandung minyak ikan.
  • Meningkatkan risiko pendarahan jika mengonsumsi diluar batas wajar.
  • Asam lemak omega 3 bisa memengaruhi detak jantung pada pasien transplantasi jantung.
  • Membuat tubuh berbau amis, meningkatkan risiko pendarahan, insomnia, diare, dan obesitas.

Memang secara medis omega 3 memilii banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Namun jangan lupakan efek samping yang terjadi apabila terlalu berlebihan. Untuk ambil amannya, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, apalagi jika anda memiliki suatu kebutuhan khusus dalam kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Air Milagros Untuk Kesehatan

Tuliskan Komentarmu