Cara Menghilangkan Bau Mulut

Aktivitasmu di luar sangat padat, sering berjumpa dengan orang lain, tetapi memiliki masalah dengan bau mulut sehingga membuat tidak percaya diri ketika bertemu orang lain. Terkadang bau mulut muncul seketika tanpa diinginkan, bisa karena memakan makanan yang memiliki bau menyengat, atau karena kesehatan gigi dan mulut yang kurang terjaga. Banyak cara menghilangkan bau mulut yang tentunya sangat bermanfaat bagi yang memiliki masalah bau mulut.

Bagaimana sih cara menghilangkan bau mulut tersebut. Untuk itu, simaklah artikel berikut sampai selesai. Sebelum lanjut ke pembahasan, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan bau mulut sebagai berikut.

Baca Juga Manfaat Gula Aren

Penyebab Munculnya Bau Mulut

 

  1. Mulut Kering (Xerostomia)

catatanmini.com

Mulut kering merupakan suatu hal yang dapat menyebabkan bau mulut yang cukup serius. Hal ini dikarenakan menumpuknya bakteri di rongga mulut akibat terjadinya gangguan produksi air liur. Penyebab lainnya bisa karena konsumsi obat-obatan yang membuat mulut kering, bernapas dengan mulut, dan gangguan jaringan sekitar mulut.

 

  1. Masalah Kesehatan

pixabay.com

Kesehatan juga sangat berpengaruh untuk memicu timbulnya bau mulut. Berbagai macam gangguan kesehatan yang menyebabkan bau mulut antara lain gangguan saluran pencernaan, gangguan hati dan ginjal, refluks asam, bronchitis, intoleransi laktosa, diabetes, infeksi sinusitis, infeksi saluran pernapasan, masalah perut seperti maag, infeksi tenggorokan, dan sariawan.

 

  1. Masalah Kesehatan Gigi

artikel.co

Gosok gigi secara teratur mungkin belum dilakukan oleh banyak orang, padahal jika tidak menggosok gigi secara teratur dapat membuat kesehatan gigi semakin buruk. Masalah yang muncul akibat kurang sehatnya gigi adalah karang gigi yang menumpuk dan menyebabkan bau tidak sedap pada mulut.

 

  1. Kebiasaan Merokok

pixabay.com

Penyebab bau mulut selanjutnya ialah merokok. Merokok umumnya dilakukan oleh sebagian besar kaum pria, padahal zat-zat yang terkandung dalam rokok dapat menjadi penyebab bau mulut yang sangat tidak sedap. Tidak hanya menimbulkan bau mulut, tetapi rokok dapat menimbulkan penyakit lainnya yang sangat berbahaya seperti kanker, impotensi, dan serangan jantung.

 

  1. Makanan

hijaz.id

Sumber dari bau mulut yang sering dialami yaitu konsumsi makanan yang memiliki bau menyengat seperti jengkol, petai, ikan, bawang, dan lainnya. Kebanyakan orang memang gemar mengonsumsi makanan yang berbau karena memang rasanya yang enak, tetapi efek lainnya mulut menjadi bau.

 

Itulah berbagai macam penyebab timbulnya bau mulut yang dapat mengurangi rasa percaya diri. Selanjutnya akan dibahas bagaimana cara menghilangkan bau mulut tersebut.

Baca Juga Manfaat Teh Hijau

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Benar

 

  1. Rajin Menggosok Gigi

pixabay.com

Langkah yang paling penting untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan rajin menggosok gigi. Hal ini dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di sela-sela gigi. Plak gigi yang menumpuk akan menyebabkan timbulnya bakteri penyebab bau mulut, sehingga sangat dianjurkan untuk rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari supaya gigi terawat dan terhindar dari bakteri

 

  1. Membersihkan Lidah

smiledrpittsburgh.com

Lidah juga sering menjadi tempat bersarangnya bakteri penyebab bau mulut. Untuk itu, saat menggosok gigi jangan lupa untuk membersihkan bagian lidah. Cara membersihkan lidah bisa dengan alat pembersih lidah, atau sikat gigi yang ada pembersih lidahnya. Gosoklah lidah menggunakan alat tersebut lalu lanjutkan dengan berkumur.

 

  1. Mencuci Mulut Dengan Obat Kumur

pixabay.com

Untuk menghilangkan bau mulut bisa dengan cara mencuci mulut menggunakan obat kumur. Banyak sekali manfaat dari obat kumur antara lain menghilangkan bau mulut, menyegarkan napas, juga dapat mengurangi bakteri penyebab bau mulut. Obat kumur dapat anda temui di supermarket terdekat, karena sangat mudah sekali dicari.

 

  1. Mengonsumsi Buah

pixabay.com

Buah merupakan makanan yang sangat dianjurkan untuk mengurangi bau mulut dan juga bermanfaat mencegah bakteri penyebab bau mulut. Dengan mengonsumsi buah kaya akan vitamin seperti apel, stroberi, anggur, jambu biji, jeruk, dan lainnya, akan menghilangkan bau mulut karena saat mengunyah buah tersebut air liur diproduksi lebih banyak, sehingga dapat mengatasi bau mulut.

 

  1. Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut

pixabay.com

Makanan yang tergolong memiliki bau memang sangat sedap untuk disantap. Namun, dibalik rasanya yang sedap dapat membuat mulut menjadi bau yang sangat mengganggu. Untuk itu, hindari makanan yang memiliki bau yang sangat tajam seperti seperti jengkol, petai, ikan, bawang, bawang bombay, dan lainnya.

 

  1. Hindari Makanan Manis

pixabay.com

Makan makanan yang manis dapat menyebabkan gigi menjadi rusak sehingga muncul permasalahan lain seperti bau mulut, apalagi jika mengonsumsi dalam jumlah yang banyak. Maka, hindarilah mengonsumsi makanan manis berlebih supaya gigi anda tetap sehat dan bau mulut tidak akan muncul nantinya.

 

  1. Berhentilah Merokok

pixabay.com

Seperti yang telah dijelaskan pada penyebab bau mulut diatas, bahwa rokok dapat menyebabkan mulut menjadi bau, terutama bagi perokok berat. Mulailah untuk berhenti merokok secara perlahan supaya bau mulut akan hilang dan anda akan kembali memiliki percaya diri yang tinggi, sehingga tidak malu saat berbicara dengan orang lain.

 

  1. Minum Cukup Air Putih

netralnews.com

Terkadang saat seseorang bangun tidur mulut akan terasa bau, hal tersebut karena saat tidur produksi air liur berkurang sehingga bakteri dengan mudahnya tumbuh didalam mulut. Minum air putih secukupnya dapat menghilangkan kotoran seperti sisa makanan dan juga bakteri yang ada dalam mulut.

 

  1. Makan Permen Karet Rendah Gula

pixabay.com

Permen karet bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan bau mulut. Tetapi pilihlah permen karet yang memiliki kadar gula yang rendah, sebab permen karet dengan gula yang tinggi dapat merusak gigi dan menyebabkan bau mulut. Permen karet yang direkomendasikan adalah yang memiliki rasa mint, selain menyegarkan mulut rasanya juga enak.

 

  1. Cek Kesehatan Gigi Ke Dokter

pixabay.com

Setelah cara-cara diatas dilakukan tetapi bau mulut tak kunjung hilang, alangkah baiknya untuk memeriksa kesehatan gigi ke dokter yang ahli dalam permasalahan gigi. Cek kesehatan gigi juga sangat berpengaruh karena dokter tidak hanya mengecek kesehatan gigi, kesehatan gusi dan mulut juga turut di cek oleh dokter ahli gigi tersebut.

 

Dari uraian artikel diatas dapat diambil pelajaran bahwa bau mulut juga dapat dicegah. Jika sudah terlanjur dapat dihilangkan dengan berbagai cara diatas supaya bau mulut cepat hilang. Apabila artikel ini bermanfaat silahkan share dan berikan pendapat pada kolom komentar dibawah.

Baca Juga Cara Diet Secara Alami

Tinggalkan komentar