Makanan Hamster

Hal yang harus diperhatikan dalam merawat hamster adalah memberikan makanan yang sehat dan tentunya aman. Hamster merupakan hewan pengerat yang berbentuk mungil dan sangat lucu, tak heran jika banyak yang memeliharanya. Semua jenis hamster memang memiliki karakteristik yang berbeda, tetapi perlu anda ketahui bahwa makanan hamster semuanya sama.

Bagi pemula terkadang bingung memilih makanan apa yang tepat untuk hamster. Banyak juga keluhan yang didapat seperti hamster kurus dan stress, bisa jadi karena pemberian pakan yang kurang sehat. Untuk itu, simaklah artikel tentang makanan hamster yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Baca Juga: Jenis Hamster Lucu Paling Populer

Makanan Untuk Hamster

  1. Kuaci (Biji Bunga Matahari)

kuaci via lifestyle.okezone.com

Kuaci sangat direkomendasikan, karena kuaci menjadi salah satu makanan favorit dari hamster. Usahakan jangan hanya memberi kuaci saja, walaupun kuaci sebagai makanan favorit hamster tapi hamster juga bisa bosan jika hanya diberi makan kuaci. Jadi, berikan makanan yang variasi supaya hamster tidak bosan.

 

  1. Jagung

jagung via pixabay.com

Jagung merupakan makanan yang baik bagi hamster karena kaya akan karbohidrat. Anda bisa memberikan jagung kering atau bisa juga jagung mentah. Kalau pengalaman pribadi admin memakai jagung mentah, sebab jagung mentah mengandung air, apabila saat ditinggal air dalam botol habis bisa tetap tenang karena masih ada jagung sehingga hamster tidak kehausan.

 

  1. Wortel

wortel via pixabay.com

Tidak hanya kelinci saja yang suka memakan wortel, hamster juga sangat baik jika diberikan makanan wortel. Kandungan vitamin a yang terdapat dalam wortel dapat membantu menjaga kesehatan mata dari hamster. Apabila anda memiliki hamster bermata merah sebaiknya berikan wortel secara rutin karena hamster jenis ini rentan terkena katarak.

 

  1. Kedelai

kedelai via pixabay.com

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan kedelai, bahan baku untuk pembuatan tempe ini juga baik bagi hamster. Kedelai mengandung protein yang sangat tinggi, cocok sekali untuk membantu tumbuh kembang hamster dengan baik dan sehat. Kedelai juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan gigi, sangat baik bagi anakan hamster yang menjelang dewasa.

 

  1. Kacang Tanah

kacang tanah via pixabay.com

Kandungan lemak nabati yang ada dalam kacang tanah dapat membantu hamster untuk menyimpan cadangan energi. Tetapi jika terlalu banyak memberikan kacang tanah sebagai makanan juga tidak baik, hamster bisa saja menjadi obesitas dan rentan terhadap penyakit.

 

  1. Kacang Hijau

kacang hijau via pixabay.com

Tidak hanya menyehatkan manusia, bagi hamster kacang hijau juga berperan penting untuk pertumbuhannya. Kacang hijau sangat kaya akan kandungan vitamin seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Semua itu baik untuk menguatkan tulang dan gigi hewan mungil ini, karena kacang hijau berperan untuk mengatur zat dalam tubuh hamster.

 

  1. Kacang Tolo

kacang tolo via tokopedia.com

Makanan yang bisa anda berikan selanjutnya adalah kacang tolo. kacang tolo atau yang sering disebut kacang tunggak ini memiliki protein dan karbohidrat yang tinggi, sehingga akan membuat pertumbuhan menjadi lebih baik.

 

  1. Padi

padi via pixabay.com

Padi merupakan sumber karbohidrat sama seperti beras tetapi berbeda dengan beras, karena padi masih memiliki kulit yang mengandung pro-vitamin d sebelum digiling menjadi beras. Padi akan membantu pertumbuhan serta dapat memberikan cadangan energi pada hamster setiap harinya.

 

  1. Beras Putih dan Beras Merah

beras merah putih via pixabay.com

Sama halnya padi, beras putih maupun beras merah memiliki karbohidrat yang sangat tinggi. Energi hamster akan tercukupi setiap harinya karena hamster termasuk hewan yang sangat aktif, sangat tidak baik jika hamster kekurangan energi dan akhirnya menjadi sangat kurus. Selain itu, kedua jenis beras ini dapat membantu perkembangan otak sehingga akan menjadi lebih aktif dan cerdas.

 

  1. Tauge

tauge via pixabay.com

Pastinya sudah banyak mengetahui apa itu tauge. Ya, tauge merupakan kecambah dari biji kacang hijau. Kandungan vitamin k yang terkandung dalam tauge sangat membantu untuk menjaga kesuburan hamster, jadi sangat cocok untuk menjaga kesuburan indukan jantan maupun betina.

Baca Juga: [Panduan Lengkap] Cara Merawat Hamster

  1. Jewawut

jewawut via bukalapak.com

Jewawut juga menjadi salah satu makanan favorit hamster yang kandungan zatnya tidak jauh beda dari jagung dan beras. Jewawut mampu mencukupi kebutuhan energi si kecil mungil ini. makanan ini juga sangat bagus untuk bayi hamster dan indukan hamster yang sedang menyusui.

 

  1. Pelet Hamster

pelet via pixabay.com

Pelet merupakan makanan yang sengaja dibuat untuk makanan hewan, salah satunya adalah pelet hamster. Sebaiknya belilah pelet khusus untuk hamster jangan pelet untuk hewan lain, sebab kandungan didalam setiap pelet itu sangat berbeda. Untuk pemberiannya juga jangan terlalu banyak, supaya hamster tidak obesitas dan menjadi sangat mudah terkena penyakit.

 

  1. Putih Telur Rebus

telur via pixabay.com

Sebagian hamster sangat suka apabila diberikan pakan putih telur rebus. Namun juga ada hamster yang tidak menyukainya. Makanan ini dinilai sangat baik bagi hamster karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Jadi, cocok sekali untuk makanan tambahan bagi hamster anda.

 

  1. Madu

madu via pixabay.com

Madu memiliki rasa yang manis dan juga tekstur yang kental sehingga banyak disukai oleh hamster. Madu memang mudah diserap oleh hamster dan juga akan menambah energi bagi hamster. Tetapi pemberian madu yang berlebihan akan berakibat buruk bagi si hamster. Setidaknya jika ingin memberikan madu cukup satu minggu sekali.

 

  1. Biji Kenari

biji kenari via pixabay.com

Biji kenari juga dikenal sebagai makanan selingan untuk hamster. cara memilih biji kenari yang baik untuk hamster adalah biji berkualitas baik, kering, bersih, tidak berbau, dan tidak berwarna kekuningan.

 

Makanan Hamster (Camilan)

Selain makanan-makanan diatas, terkadang hamster juga perlu diberikan camilan agar hamster tidak terlalu bosan. Apa saja sih camilan untuk hamster? pastinya penasaran kan, yuk lanjutkan bacanya.

  • Popcorn
  • Pisang
  • Kentang rebus
  • Brocoli
  • Apel tanpa biji
  • Blueberry
  • Bunga kol
  • Keju
  • Jangkrik
  • Timun
  • Strawberry
  • Anggur

 

Makanan Yang Dilarang Untuk Hamster

Penjelasan diatas kiranya sudah lengkap, namun terasa kurang lengkap jika anda belum mengetahui apa saja makanan yang dilarang untuk hamster. simak sebagai berikut.

  • Biji apel
  • Cabe
  • Biji sawi
  • Jeruk/ lemon
  • Bawang merah/ putih
  • Cokelat/ permen
  • Susu (laktosa)
  • Makanan dan minuman instan yang berbumbu dan memiliki rasa.
  • Kentang mentah
  • Tomat
  • Makanan manis
  • Makanan asin
  • Sayuran hijau
  • Ikan asin

Baca Juga: Hewan Peliharaan Populer, Lucu dan Menggemaskan

Itulah pembahasan yang dapat admin sampaikan kali ini. Kebanyakan adalah dari keluarga biji-bijian dan sayuran, memang itulah makanan yang disukai hamster. Jika pemberian pakan sesuai aturan dan tidak terlalu berlebihan maka hamster akan tumbuh dengan baik dan sehat. Selain itu, hamster juga bisa diberikan pakan andalan yang menurut anda bagus dan aman.

Tinggalkan komentar