Tanaman Hias Gantung

Setiap orang pasti senang sekali apabila sekitar rumah udaranya sejuk dan segar, dihiasi tanaman hias gantung yang cantik atau bunga pot yang sedang bermekaran, sehingga membuat pemilik rumah tidak bosan. Ya, memang tanaman hias sangat berpengaruh sekali untuk membuat seseorang ceria.

Terkadang permasalahan yang muncul membuat orang ragu untuk merawat tanaman hias, mulai dari tidak adanya lahan atau tempat yang sempit. Maka dari itu, keuntungan tanaman hias gantung sangat banyak, selain hemat tempat, juga tidak kalah menarik dengan bunga pot atau tanaman hias pot lainnya.

Untuk pemula jangan khawatir, karena tanaman hias gantung yang akan dibahas merupakan tanaman hias yang mudah perawatannya. Tentunya yang dapat mempercantik rumah anda dengan warna-warna yang indah dari tanaman gantung ini. Yaps, simak artikel berikut ini untuk mengetahui apa saja jenis tanaman hias tersebut.

Baca Juga : Tips Merawat Anggrek Bulan

Jenis Tanaman Hias Gantung

1. Bunga Anggrek

pixabay.com

Siapa yang tidak mengenal bunga yang sangat populer di seluruh dunia ini. Bunga anggrek banyak diminati karena memiliki daya tarik yang tinggi, juga dipercaya dapat memberikan efek relaksasi karena keindahan dan aromanya yang khas, jadi sangat cocok untuk obat anti-stres dan penghilang rasa bosan.

Perawatan dari bunga ini juga cukup mudah dan sangat cocok sekali bagi pemula. Bibit bunga anggrek dapat dijumpai di seluruh Indonesia, karena mekarnya bunga anggrek yang sangat indah dan cantik, hingga banyak petani-petani yang membudidayakan bunga ini.

 

2. Kembang Anting-Anting

pixabay.com

Dinamakan kembang anting-anting karena tanaman hias yang satu ini sangat cocok ditanam dengan posisi menggantung. Tanaman ini juga memiliki nama latin yaitu Fuschia berasal dari Amerika Selatan. Variasi warna dari tanaman ini juga sangat banyak, mulai dari warna pink, putih, merah, ungu, dan ada juga warna kombinasi, sungguh menarik bukan. Dengan menyiraminya setiap hari serta penempatannya ditempat yang sejuk supaya tanaman ini tidak kekeringan, maka tanaman ini akan tumbuh sehat.

 

3. Bunga Begonia

pixabay.com

Begonia merupakan tanaman hias yang banyak sekali diminati, karena bunga begonia ini mempunyai banyak varian warna yang indah dan cantik. Bunga cantik ini awalnya berasal dari Amerika dan sudah tersebar di Indonesia. Perawatannya juga cukup mudah, karena bunga ini dapat beradaptasi dengan berbagai jenis tanah, juga sangat cocok ditanam pada daerah beriklim tropis atau sub tropis, seperti Indonesia yang beriklim tropis.

 

4. Bunga Lobelia

yandex.com

Bunga yang satu ini sangat dianjurkan untuk dijadikan hiasan rumah. Bentuknya yang unik, menarik, serta warnanya yang bervariasi seperti ungu, biru, merah, dan putih. Bunga ini sangat mudah dirawat tanpa mengenal musim, dengan penyiraman secukupnya serta letakan ditempat yang sejuk supaya tidak kekeringan. Perawatan tersebut diperlukan supaya bunga ini tumbuh sehat dan bebas penyakit.

 

5. Bunga Petunia

pixabay.com

Keindahan bunga yang satu ini memang dapat memikat banyak orang, karena bunga ini sangat rimbun dan memiliki warna-warna yang cantik dan indah, seperti warna putih, merah, kuning, kuning, ungu, dan juga biru. Bentuk dari bunga ini bagaikan terompet, daunnya berbentuk oval atau menyerupai hati, juga terdapat mahkota dari bunga ini. Tetapi, bunga ini sulit untuk tumbuh pada suhu yang cukup panas, karena tanaman ini membutuhkan kesejukan untuk pertumbuhannya.

 

6. Creeping Charlie

dekoruma.com

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan. Bentuk daunnya yang seperti daun mint dan berwarna hijau, cocok sekali untuk mendapatkan nuansa hijau pada sekitar rumah. Biasanya dijadikan sebagai atap taman karena termasuk tanaman menjalar, tetapi juga dapat digunakan sebagai tanaman gantung. Jika sudah cukup besar, tanaman ini akan berbunga, bunganya relatif kecil dan berwarna keunguan.

 

7. Bunga Lantana

home.co.id

Bunga cantik yang satu ini memiliki varian warna yang menarik dan unik, seperti warna merah, putih, ungu, pink, kuning, juga warna kombinasi. Tidak hanya memikat perhatian manusia, kupu-kupu juga terpikat oleh keindahan dan aroma bunga ini. Awalnya bunga ini berasal dari Amerika, sekarang sudah menyebar di Indonesia.

 

8. Bunga Pukul Sembilan

pixabay.com

Bunga ini sangat cocok dijadikan hiasan rumah karena sangat mudah untuk dirawat. Bunga yang sering disebut Portulaca ini memiliki banyak varian warna yang sangat menarik dan unik. Portulaca termasuk tanaman yang lambat masa tumbuhnya, tetapi tanaman ini dapat berbunga dengan cepat, sehingga dekorasi rumah anda nampak asri dan alami.

Baca Juga : Tanaman Buah Dalam Pot Terbaik

9. Bunga Geranium

pixabay.com

Tanaman ini sangat cocok sekali dijadikan tanaman gantung. Awalnya berasal dari Afrika Selatan dan sekarang sudah banyak sekali di Indonesia. Variannya yang unik menjadi ciri khas tersendiri dari tanaman ini, seperti warna pink, merah, putih, ungu dan biru. Tetapi tanaman ini lebih cocok pada daerah yang sejuk, sehingga pertumbuhannya normal. Tanaman dengan nama lain Crane’s Bill ini dipercaya dapat mengusir nyamuk.

 

10. Tanaman Black-Eyed Susan Vine

pixabay.com

Tanaman yang satu ini sangat bagus untuk dekorasi rumah, perawatannya yang cukup mudah menjadikan tanaman ini sebagai tanaman yang populer. Bunga yang sering disebut Thunbergia ini, memiliki warna dan bentuknya pun sangat indah, seperti warna orange, merah, kuning, serta daunnya yang berwarna hijau dan menyerupai hati, membuat suasana lebih indah.

 

11. Lili Paris

pinterest.com

Tanaman gantung selanjutnya ialah lili paris yang berasal dari Afrika Selatan. Keuntungan dari tanaman ini yaitu kebal terhadap panas, sehingga dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Bentuk daunnya yang kecil, panjang, serta meruncing dan memiliki corak putih pada tulang daun menjadikan tanaman ini unik dan indah.

 

12. Bunga Lipstik Merah

bukalapak.com

Tanaman ini dinamakan bunga lipstik merah karena bentuk bunganya yang menyerupai lipstik berwarna merah. Daun bunga ini berbentuk bulat atau lonjong, waktu untuk mekarnya bunga ini juga tidak terlalu lama, membutuhkan waktu kisaran 2-3 minggu. Keuntungan lainnya yaitu tahan terhadap suhu dingin maupun panas, sehingga cocok sekali untuk pemula asalkan tidak lupa merawatnya.

 

13. Sirih Blaster Heart

plantsgalore.co.ke

Sirih juga terdapat jenis hiasnya loh, yaitu sirih blaster heart. Tetapi tanaman ini termasuk tanaman hias gantung yang tidak akan berbunga. Tenang saja, walaupun tidak berbunga sirih jenis ini memiliki jenis daun berbentuk hati yang sangat unik dan indah, juga warnanya yang dominan memiliki gabungan corak hijau dan putih.

 

14. Tanaman Zygocactus

wallpapersfit.com

Tanaman hias ini masih satu keluarga dengan kaktus, tetapi berbeda dengan kaktus pada biasanya yang hanya ada duri, sedangkan zygocactus memiliki bunga yang sangat indah nantinya. Tanaman ini juga tahan terhadap suhu yang tinggi, wajar saja karena masih keluarga kaktus jadi sifatnya juga hampir sama.

 

15. Tanaman Pakis Boston

dekoruma.com

Tanaman ini juga sama seperti sirih hias diatas, yaitu hanya dedaunan tidak memiliki bunga yang indah. Tapi jangan khawatir, pakis boston ini memiliki daun berwarna hijau yang lebat dan tumbuh menjuntai ke bawah, sangat cocok untuk dijadikan tanaman gantung. Peratannya juga mudah, dengan menyiram air secukupnya setiap hari supaya tanaman tetap segar.

Baca Juga : Cara Membuat Bonsai Kelapa

Bagaimana dengan tanaman hias diatas, apakah anda sudah menemukan tanaman yang cocok sebagai hiasan rumah. Untuk itu, cukup pembahasan pada kali ini tentang beberapa jenis tanaman hias gantung yang dapat dijadikan pilihan untuk menjadikan rumah anda bernuansa asri dan alami. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar