Peluang Usaha Makanan

Bisnis makanan merupakan hal yang tidak pernah surut karena makanan menjadi kebutuhan pokok manusia. Banyaknya permintaan pasar membuat produksi makanan semakin meningkat. Oleh karena itu, banyak sekali peluang usaha makanan yang sangat menguntungkan. Ide-ide baru tentang makanan sering kali menjadi peluang bisnis yang sangat bagus.

Tentunya siapa yang tidak suka dengan namanya makanan, baik itu makanan pokok atau makanan ringan untuk camilan. Dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua pun suka yang namanya ngemil, jadi tak heran jika bisnis makanan tidak akan pernah surut, malahan semakin banyak pelanggan yang bermunculan.

Usaha makanan di Indonesia sendiri sangat beragam mulai dari makanan ringan dan makanan berat. Oleh karena itu, marilah simak apa saja peluang usaha makanan yang menguntungkan dengan banyak konsumen yang akan dibahas sebagai berikut.

Baca Juga Peluang Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Peluang Usaha Makanan yang Menguntungkan

 

  1. Gorengan

tirto.id

Pada urutan pertama adalah gorengan. Gorengan merupakan makanan yang gurih dan renyah sehingga banyak sekali yang menggemari makanan ini. Walaupun gorengan tidak mengandung gizi dan nilai jualnya juga murah, namun penghasilan dan keuntungan dari bisnis gorengan sangat besar karena angka penjualannya yang sangat tinggi.

Banyak jenis aneka gorengan yang dapat dijual antara lain: gorengan tempe, gorengan dage, bakwan, pisang goreng, ubi goreng, singkong goreng, tahu isi goreng, tempe goreng, dan aneka jenis gorengan lainnya.

 

  1. Kedai Kopi/ Warung Kopi

pixabay.com

Kedai kopi merupakan usaha yang menguntungkan, apalagi bagi masyarakat Indonesia yang kebanyakan suka sekali dengan kopi. Bisnis ini dapat dibuka di mana saja, baik pedesaan maupun perkotaan. Gaya anak muda zaman sekarang yang suka nongkrong dan begadang sampai larut malam membuat kedai kopi sebagai pilihan tempat nongkrong. Pastinya keuntungan yang didapat sangat besar dari bisnis kopi ini.

 

  1. Keripik

pixabay.com

Keripik sangat cocok sekali untuk dijadikan camilan saat santai atau saat ada acara bersama teman atau keluarga karena rasanya yang gurih dan renyah. Jarang ada orang yang tidak menyukai keripik, rata-rata keripik sangat laku dipasaran dan konsumennya juga banyak. Jadi, bisnis keripik sangat cocok sekali untuk dijalankan.

Keripik sendiri banyak sekali jenisnya mulai dari keripik singkong, keripik tempe, keripik pisang, keripik ubi, dan banyak sekali jenis keripik lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

 

  1. Bisnis Aneka Jus

pixabay.com

Bisnis yang satu ini memang sangat mudah, tidak perlu keterampilan khusus, dengan modal yang terjangkau, dan yang pastinya laris manis. Jus sangat cocok sekali dijual pada waktu pagi menjelang siang, siang hari, dan sore hari. Kenapa demikian, karena pada waktu tersebut pelanggan akan berdatangan, apalagi saat musim panas datang dan pada saat bulan puasa, mungkin sampai kebanjiran pelanggan.

 

  1. Minuman Dingin

pixabay.com

Bisnis ini sama saja dengan jus, yaitu pelanggannya cukup banyak. Siapa sih yang tidak suka dengan minuman dingin? Minuman yang dapat menyegarkan tenggorokan saat musim panas tiba. Minuman dingin dapat berupa es jus, es teh, es cream, es kelapa muda, dan lainnya. Waktu penjualan yang paling baik sama seperti bisnis jus diatas.

 

  1. Jualan Aneka Kue

pixabay.com

Kue menjadi salah satu makanan favorit bagi semua usia. Banyak sekali macam-macam kue yang dijual dipasaran, mulai dari kue basah yang cenderung tidak bertahan lama, dan kue kering yang lebih jauh tahan lama dibanding kue basah. Untuk itu, harus pintar menyusun strategi agar aneka kue yang dijual laris sebelum kue berjamur dan tidak layak konsumsi.

 

  1. Roti Bakar

craftlog.com

Angka penjualan roti bakar juga cukup tinggi apalagi jika penjualannya ditempat keramaian atau pinggir jalan. Modal yang dibutuhkan juga tidak besar dan juga tidak memerlukan keterampilan khusus untuk membuat roti bakar, yang artinya semua orang dapat memulai bisnis roti bakar. Keuntungan yang didapat tidak diragukan lagi sehingga cepat untuk membalikkan modal.

 

  1. Membuka Warung Makan

cateringjakartablog.wordpress.com

Salah satu hal yang banyak dilakukan untuk memulai bisnis makanan adalah membuat warung makan. Usaha warung makan banyak sekali pelanggannya apalagi pada daerah kampus dan tempat ramai seperti pinggir jalan. Buatlah warung makan yang nyaman dan dapat mengundang pelanggan, serta berkesan bagi pelanggan yang berkunjung, karena dari keterlibatan pelanggan usaha ini akan sukses.

 

  1. Pisang Cokelat (Piscok)

daftarkulinerunik.web.id

Selain harganya yang relatif murah, juga rasanya yang enak, dan pembelinya juga sangat banyak membuat bisnis pisang cokelat cocok untuk dicoba. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar, sedangkan omzet dan keuntungan dari penjualan piscok sendiri cukup besar sehingga modal awal akan terlunasi. Tempat yang paling bagus untuk berjualan piscok adalah tempat keramaian dan sekitar kampus atau kost.

 

  1. Singkong Keju

youtube.com

Singkong keju, makanan yang sedang ngehitz yang satu ini memang tidak bisa dianggap remeh penjualannya. Banyak orang yang menyukai makanan dari bahan dasar singkong ini, dengan taburan keju di atasnya membuat rasanya semakin gurih. Namun, walaupun banyak yang suka dengan makanan ini, penjualnya masih jarang sehingga cocok sekali untuk mencoba bisnis ini.

Baca Juga Bisnis Online Terbaik

  1. Seblak

kulineri.com

Mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu seblak. Seblak merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk dengan tekstur yang lunak akibat direndam pada air panas. Tak disangka seblak menjadi sangat populer apalagi bagi kalangan anak muda. Kreativitas penjual seblak juga sangat berpengaruh terhadap penjualan, seperti campuran pada seblak yang bervariasi sehingga dapat menggugah selera makan dan menimbulkan ketagihan.

 

  1. Cilok

cookpad.com

Cilok merupakan jajanan favorit yang pasti ada pada setiap daerah. Makanan yang terbuat dari aci ini sangat nikmat disantap dengan bumbu kacang. Keuntungan lain dari bisnis cilok adalah modal awal yang terbilang murah dan tidak memerlukan banyak peralatan. Sekarang ini, banyak jenis cilok yang dijual dipasaran seperti cilok telor, cilok kuah, dan lainnya.

 

  1. Cireng

beritainfo.web.id

Cireng merupakan jenis makanan yang diambil dari singkatan aci digoreng. Makanan yang satu ini merupakan jajanan yang cukup digemari karena rasanya yang bervariasi mulai dari rasa ayam, sapi, sosis, atau lainnya, yang rata-rata gurih dan nikmat. Cireng sendiri tidak memerlukan modal yang banyak dengan keuntungan yang cukup besar.

 

  1. Martabak

resepkoki.id

Martabak dibagi menjadi dua jenis, yaitu martabak telor dan martabak manis. Peluang usaha martabak ini lumayan besar karena martabak sendiri banyak penggemarnya. Varian rasa dari martabak dapat menarik pelanggan untuk membeli martabak, apalagi jika yang dibuat itu martabak spesial.

 

  1. Sate

pixabay.com

Mendengar makanan yang satu ini membuat perut semakin lapar. Sate merupakan makanan yang terbuat dari berbagai macam daging, seperti daging ayam dan kambing. Makanan ini selain nikmat, nilai penjualannya juga tinggi. Sate yang terkenal saat ini dan banyak dijumpai didaerah lain adalah sate Madura. Ya, memang rasa dari sate sendiri sangat enak sehingga bisnis ini perlu dicoba.

 

  1. Bakso

femaleradio.co.id

Popularitas bakso dari dahulu sampai sekarang tidak pernah mengalami penurunan, malahan semakin berkembang dan memunculkan inovasi-inovasi baru. Keuntungan yang didapat dari penjualan bakso sangat besar apalagi jika bakso yang dibuat unik seperti bakso beranak yang sempat viral, sehingga banyak orang yang berbondong-bondong ingin menikmati bakso tersebut.

 

  1. Mie Ayam

pixabay.com

Salah satu makanan favorit yang telah ada sejak dahulu selain bakso adalah mie ayam. Tak heran jika banyak ditemukan penjual mie ayam dipinggir-pinggir jalan. Rasa dari mie ayam juga terbilang nikmat dan enak sehingga dapat menggugah selera makan. Untuk itu, mie ayam menjadi pilihan untuk memulai usaha makanan, modal awal juga tidak terlalu besar juga.

 

  1. Soto

unileverfoodsolutions.co.id

Soto sama seperti bakso dan mie ayam yaitu usaha yang tidak pernah mati alias banyak yang menyukainya. Setiap daerah memiliki jenis soto yang berbeda-beda, seperti soto Sokaraja yang menggunakan ketupat dan soto lainnya yang menggunakan nasi. Tentunya semua itu berdasarkan kreasi masing-masing. Pada daerah perkotaan soto dibilang cukup laris karena di kota jarang sekali ditemukan warung soto.

 

  1. Tahu Bulat

youtube.com

Jajanan ini sempat viral dan juga sempat dibuat versi game. Tahu bulat merupakan makanan yang terbuat dari tahu berbentuk bulat dan digoreng secara dadakan, sehingga menghasilkan tahu masih dalam keadaan hangat. Makanan ini sendiri banyak disukai oleh masyarakat sebagai camilan karena rasanya yang gurih dengan disertai bumbu tabur yang nikmat.

 

  1. Nasi Kotak/ Catering

bukalapak.com

Bisnis yang profit penghasilan dan keuntungannya besar selanjutnya ialah catering. Pastinya banyak orang yang memesan catering untuk acara-acara tertentu, sehingga peluang dari usaha ini sangat bagus untuk dicoba. Keuntungan lain dari catering adalah terciptanya pelanggan setia apabila pelayanan catering baik dan makanannya juga enak.

Baca Juga Strategi Pemasaran

  1. Sosis

gulalives.com

Jajanan yang satu ini memiliki banyak variasi seperti sosis bakar, sosis goreng, dan sosis telor (sostel). Usaha ini sedang trending akhir-akhir ini dan banyak orang yang ingin mencoba makanan yang terbuat dari sosis ini. Untuk itu, peluang ini dapat dijadikan pilihan untuk memulai bisnis makanan.

 

  1. Rujak

epicesdecru.com

Rujak, makanan pedas yang membuatnya ingin makan lagi dan lagi. Makanan ini sendiri terdapat 2 jenis, yaitu rujak sayur dan buah. Ternyata omset yang didapat dari berjualan rujak lumayan besar dengan modal yang relatif kecil. Untuk membuat rujak sendiri tidak terlalu sulit sehingga mudah dipelajari oleh semua orang.

 

  1. Mie Lidi

bukalapak.com

Makanan yang terbuat dari mie yang memiliki rasa yang gurih dan renyah sama seperti keripik. Banyak yang berjualan mie lidi dan tak jarang inovasi baru muncul dari mie lidi ini, seperti mie lidi rasa cokelat, mie lidi rasa keju, dan lainnya. Bahkan mahasiswa juga tidak ketinggalan memulai berjualan mie lidi loh. Memang modal dari mie lidi juga tidak terlalu besar sehingga cocok untuk kantong pelajar.

 

  1. Nasi Goreng

pixabay.com

Makanan yang laris manis ini bisa dijadikan pilihan untuk memulai bisnis makanan. Omset dari penjualan nasi goreng sendiri cukup besar dengan modal yang sedikit, apalagi jika menjualnya pada tempat yang ramai seperti pinggir jalan, daerah kost-kostan, kampus, dan lainnya.

 

  1. Fried Chicken

pixabay.com

Makanan yang terbuat dari ayam dengan berbalutkan tepung ini menjadi salah satu makanan favorit. Omset yang didapatkan dari penjualan fried chicken lumayan besar apalagi jika berjualannya ditempat yang ramai. Bahkan telah ada fried chicken yang telah mendunia seperti KFC. Jadi, tidak ada salahnya mencoba usaha ini siapa tau nantinya bakal laris.

 

  1. Ayam Goreng

pixabay.com

Masih dengan bahan yang sama yaitu ayam. Ayam goreng sangat nikmat dijadikan lauk makan atau dijadikan camilan. Modal dan peralatan yang dibutuhkan juga murah dan mudah sehingga recommend untuk dicoba. Jangan khawatir mengenai pelangganan karena ayam goreng tidak akan pernah surut dari pembeli.

 

  1. Bubur Kacang Hijau

bukalapak.com

Ternyata peluang dari bubur kacang hijau lumayan besar, lantaran banyak orang yang gemar dengan makanan yang satu ini. Modal yang sedikit tetapi keuntungan yang didapat lumayan besar merupakan hal yang wajar bagi penjual bubur kacang hijau. Jika penjualannya ditempat ramai penghasilan yang didapat akan meningkat.

 

  1. Batagor

pakewok.com

Pasti tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Yap, makanan khas Bandung yang merupakan singkatan dari bakso tahu goreng (batagor) mempunyai rasa yang enak dan gurih sehingga tak terlalu sulit untuk mengundang pembeli. Walaupun berasal dari Bandung, penyebaran batagor sangat cepat dan luas, bahkan sampai ke seluruh wilayah Indonesia.

 

  1. Pecel Lele

magazine.job-like.com

Sesuai dengan namanya pecel lele yang berarti makanan ini berbahan dasar lele. Pecel lele sendiri merupakan makanan yang enak dan lezat bahkan sekelas restoran juga menyediakan menu pecel lele. Namun, jika ingin menjalankan usaha ini lebih baik ditempat yang ramai karena omsetnya pasti akan meningkat.

 

  1. Jamur Krispi

makanajib.com

Makanan yang satu ini berbahan dasar jamur yang dibalut dengan tepung. Jamur krispi memiliki rasa yang sangat enak dan gurih sehingga banyak yang suka dijadikan camilan. Untuk bahan dasarnya juga mudah didapat dan modalnya tidak cukup besar sehingga perlu dicoba.

 

Itulah berbagai macam peluang usaha makanan yang memiliki banyak konsumen dan keuntungan yang besar. Sebenarnya banyak sekali peluang usaha makanan yang belum disebutkan, mungkin akan admin bahas lagi lain waktu. Semoga bermanfaat dan tentunya jangan mudah menyerah dalam menjalankan usaha makanan ini, sebab rezeki sudah diatur masing-masing. Selanjutnya harus siap mental dan fisik karena dalam dunia bisnis itu tidak selalu bagus, pasti ada masanya naik dan ada masanya turun.

Baca Juga Bisnis Hidroponik yang Menguntungkan

Tuliskan Komentarmu