Pakan Ikan Nila

Sebelumnya pernah dibahas mengenai budidaya ikan nila, kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui pakan apa yang cocok untuk ikan ini. Kali ini akan membahas mengenai pakan ikan nila yang dipercaya dapat membuat perkembangan ikan nila lebih cepat. Dengan meningkatnya permintaan ikan nila, maka peternak ikan nila harus cerdik untuk memilih pakan.

Umumnya masa panen ikan nila 4-6 bulan setelah penebaran benih. Untuk itu, ikan nila membutuhkan asupan pakan yang seimbang, sehingga pertumbuhannya sesuai target atau bahkan bisa kurang dari 4 bulan sudah panen. Banyak jenis-jenis pakan yang mudah ditemukan dilingkungan sekitar. Penasaran, simak artikel berikut ini yang akan membahas pakan alami maupun buatan.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila Untuk Pemula

Pakan Ikan Nila Alami

1. Azolla

youtube.com

Pakan yang satu ini merupakan jenis tumbuhan air yang banyak ditemui di kolam dan sawah. Ukuran azolla sekitar 1-4 cm dengan bentuk daun yang unik, yaitu berbentuk kotak atau segitiga. Kenapa azolla sangat cocok untuk pakan, karena azolla memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sekitar 31%. Cara pemberian pakan azolla bisa dengan menyebarnya langsung di kolam atau di iris-iris terlebih dahulu.

 

2. Plankton dan Fitoplankton

youtube.com

Keuntungan membuat kolam tanah memang sangat banyak, termasuk dapat menjadi sumber pakan alami ikan nila. Plankton, fitoplankton, atau lainnya dapat tumbuh secara alami saat pembuatan kolam, yaitu setelah pemupukan dan penyiraman air. Kadar protein dari hewan kecil ini juga tinggi sekitar 21-37% jadi sangat cocok sekali untuk ikan nila.

 

3. Artemia

youtube.com

Hewan air berukuran kecil ini sangat membantu pertumbuhan ikan nila, yaitu mulai dari pemberian ke benih ikan nila. Artemia merupakan sejenis plankton yang mengandung protein dan lemak yang tinggi, sehingga kebutuhan gizi ikan nila akan terbantu oleh hewan kecil ini.

 

4. Kutu Air

youtube.com

Sama halnya dengan artemia, hewan ini juga termasuk kerabat plankton yang biasa digunakan sebagai pakan ikan. Kutu air dapat ditemui di sungai, sawah, atau selokan. Jika menurut anda susah untuk mencari di tiga tempat tersebut, sekarang banyak yang menjualnya, bisa anda temukan di penjual ikan hias. Karena ukurannya yang kecil, sangat cocok untuk pakan benih ikan nila.

 

5. Daun Talas

pixabay.com

Tumbuhan yang satu ini sangat-sangat mudah ditemukan, biasanya para petani menanam daun talas disekitar kolam mereka. Daun talas sangat cocok untuk pakan karena bisa menghemat pakan buatan seperti pelet, juga dapat mengurangi kecenderungan ikan nila mengonsumsi pelet. Cara pemberiannya adalah memotong daun talas menjadi kecil-kecil terlebih dahulu supaya merata dan mudah dimakan oleh ikan nila.

 

6. Kangkung

farming.id

Kangkung juga merupakan tanaman yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan nila. Usahakan jangan membeli kangkung yang ada dipasaran, biasanya kangkung yang ada dipasar sudah disemprot berbagai macam bahan kimia. Cara pemberiannya sama seperti daun talas yaitu dipotong kecil-kecil terlebih dahulu.

 

7. Lemna SP

pixabay.com

Tumbuhan kecil yang hidup di air dan hampir mirip dengan azolla. Tanaman ini dapat berkembang dengan cepat sekitar 40% perharinya, sehingga bisa digunakan untuk pakan dan menghemat pakan pelet. Protein yang terkandung dari tanaman ini cukup tinggi sekitar 10-45 %, tentu dapat membantu perkembangan ikan nila lebih cepat.

 

8. Wolffia

pixabay.com

Mungkin banyak yang belum mendengar tanaman yang satu ini, tanaman ini dapat diberikan sebagai pakan mulai dari pembenihan, karena tanaman ini sering disebut tanaman berbunga terkecil di dunia. Perkembangan dari tanaman ini juga melebihi lemna, dengan perbandingan 4 : 3.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele

9. Daun Singkong

pixabay.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya singkong, tanaman umbi-umbian yang enak dijadikan camilan. Kali ini bukan singkongnya yang digunakan melainkan daunnya. Daun singkong dapat juga digunakan untuk pakan, baik memberikannya secara langsung ke kolam atau dicampur terlebih dahulu dengan tepung ikan.

 

10. Dedak

urbanina.com

Tidak hanya digunakan untuk pakan unggas seperti ayam, dedak juga dapat digunakan untuk ikan nila. Pakan ini dapat diberikan ke ikan nila mulai dari pembenihan, karena pakan ini lembut sesuai dengan ukuran benih ikan nila. Pakan yang merupakan sisa dari gilingan padi ini mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sangat baik bagi pertumbuhan ikan nila.

 

11. Lumut

youtube.com

Lumut merupakan jenis tumbuhan yang dapat ditemui di kolam-kolam, sungai, dan juga sawah. Selain mudah didapat, lumut juga mengandung protein yang cukup tinggi sehingga cukup membantu dalam perkembangan ikan nila.

 

12. Sisa Sayuran

pixabay.com

Sisa sayuran merupakan salah satu pakan jitu untuk ikan nila. Sisa sayuran dapat ditemui dipasar-pasar karena tidak terjual sehingga banyak yang dibuang, atau bisa juga di warung maka, karena sayur yang akan di masak pasti dipilih yang baik dan yang layu atau busuk dibuang. Untuk itu, dapat anda ambil daripada dibuang kan sayang bisa dijadikan pakan ikan.

 

13. Ampas Kelapa

pertanianku.com

Sisa limbah santan ini biasanya tidak terpakai dan akhirnya dibuang, padahal ampas kelapa dapat dijadikan pakan alternatif ikan nila. Ampas kelapa mengandung protein dan karbohidrat yang tinggi sehingga bagus untuk membantu pertumbuhan ikan nila. Ampas kelapa juga mudah dicari dan juga harganya murah.

 

14. Sisa Nasi

pixabay.com

Terkadang makanan sisa sering dibuang secara percuma, mulai sekarang stop membuang sisa nasi karena bisa dimanfaatkan untuk pakan. Seperti yang anda ketahui bahwa nasi merupakan makanan pokok manusia yang mengandung protein dan karbohidrat yang tinggi. Oleh karena itu, jika diberikan kepada ikan nila akan membantu mempercepat pertumbuhan ikan nila.

 

15. Limbah Roti

pixabay.com

Pakan yang satu ini sangat mudah ditemui, biasanya sisa makanan rumah-rumah, sisa pabrik roti atau lainnya. Kenapa banyak sekali limbah roti yang menjadi pakan, karena roti mengandung karbohidrat yang tinggi dan dapat membantu pertumbuhan ikan nila semakin cepat.

Baca Juga : Ikan Hias Air Tawar Paling Populer

Pakan Ikan Nila Buatan

16. Pelet Ikan

pixabay.com

Pelet merupakan pakan ikan yang banyak digunakan oleh peternak ikan. Pelet mengandung banyak gizi karena terbuat dari bahan-bahan pilihan. Banyak sekali merek pelet ikan, tentunya pelet-pelet tersebut mempunyai kelebihan masing-masing. Sayangnya harga pelet relatif mahal, sehingga penggunaan pelet akan membuat pengeluaran dana lebih besar.

Ikan Hias Air Tawar Dengan Harga Termahal

Itulah berbagai macam pakan alami maupun pakan buatan yang bagus versi kami. Untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila, alangkah baiknya untuk mencoba berbagai macam pakan-pakan ikan nila tersebut. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar