Hewan Peliharaan

Hampir kebanyakan orang memilih hewan peliharaan untuk dipelihara di rumah. Ada yang dipelihara untuk bermain anak-anak, dan juga sebagai teman setia saat mengalami kejenuhan setelah bekerja, karena manusia tidak hanya berinteraksi dengan sesama manusia saja, tetapi juga dapat berinteraksi dengan hewan.

Banyak hewan peliharaan yang menarik, unik, lucu, menggemaskan, jinak, dan memiliki ciri khas tertentu. Hewan tersebut biasanya sangat populer oleh kalangan anak-anak, pencinta binatang, atau lainnya .

Berikut akan dibahas apa saja hewan peliharaan yang paling populer tersebut.

Baca Juga : Hewan Peliharaan Ikan Hias Air Tawar

Hewan Peliharaan Aman dan Populer

  1. Kucing

Gambar: pixabay.com

Hewan lucu yang satu ini merupakan hewan yang paling populer dan paling banyak dipelihara di Indonesia, maupun di seluruh dunia. Banyak jenis-jenis kucing yang memiliki ciri khas tertentu seperti kucing Persia yang memiliki hidung pesek, kucing Anggora yang memiliki bulu yang lebat, kucing Maine Coon yang memiliki tubuh yang besar, dan masih banyak lagi jenis kucing yang tersebar di seluruh dunia.

Untuk memelihara kucing-kucing ini perlu diteliti, karena banyak yang menjual keturunan kucing campuran. Di Indonesia sendiri memiliki kucing asli Nusantara yang sering disebut kucing Domestik atau kucing rumahan. Kebanyakan orang memelihara kucing karena lucu dan kelakuannya yang menggemaskan.

 

  1. Burung

Gambar: pixabay.com

Hewan yang memiliki warna bulu yang indah dan juga suara kicaunya yang merdu. Burung menjadi salah satu hewan peliharaan yang populer di kalangan masyarakat karena semakin indah bulu dan suaranya, semakin tinggi pula nilai jual dari burung tersebut.

Burung sangat cocok untuk dipelihara di rumah, karena setiap hari anda akan mendengar suara kicau indahnya yang menenangkan hati. Banyak juga kontes kicau burung yang sering dilaksanakan di berbagai daerah. Burung yang cantik dan bersuara merdu juga sangat banyak antara lain Murai Batu, Love Bird, Kakaktua, dan masih banyak lagi.

 

  1. Anjing

Gambar: pixabay.com

Anjing tak hanya unik, lucu, dan menggemaskan, juga banyak yang memelihara anjing sebagai sahabat bermain. Anjing juga dibedakan menjadi beberapa yaitu ada anjing peliharaan, ada anjing pelacak, dan anjing pemburu. Jadi perlu di perhatikan untuk memilih anjing yang anda butuhkan, apakah sebagai peliharaan atau lainnya. Jika ingin memelihara anjing yang bersahabat dan mudah dilatih maka pilih saja anjing peliharaan.

 

  1. Ikan

Gambar: pixabay.com

Hewan yang sangat mudah dipelihara dan juga sangat populer sebagai hewan peliharaan. Banyak jenis ikan yang mudah dipelihara antara lain ikan mas, ikan koi, ikan koki, ikan cupang, dan lainnya. Cukup sediakan kolam, atau aquarium dan juga oksigen untuk bernafas ikannya. Keuntungan memelihara ikan adalah corak warnanya yang indah sebagai hiasan rumah, dan penghilang stress.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila Untuk Pemula

  1. Kelinci

Gambar: pixabay.com

Hewan yang satu ini tidak kalah imut dari kucing. Bulunya yang unik dan lembut, lucu, juga menggemaskan, membuat orang menjadikan kelinci sebagai hewan peliharaan. Kelinci termasuk hewan favorit anak-anak karena mudah dijinakan dan dapat menghilangkan stress. Kebersihan juga menjadikan kelebihan hewan ini, kelinci itu suka kebersihan, maka alangkah baiknya rutin membersihkan kandang supaya tidak bau dan tidak gampang sakit.

 

  1.  Hamster

Gambar: pixabay.com

Hamster merupakan hewan bertubuh mungil dan agak gendut. Hewan ini diminati karena lucu, unik, aktif bergerak dan aktif berolahraga. Perawatannya juga cukup mudah, sediakan kandang dengan diberi pasir, sediakan makanan yang cocok (seperti biji-bijian). Hamster juga termasuk hewan yang suka kebersihan, jika kandang kotor maka akan memengaruhi kesehatan hamster tersebut.

Baca Juga : Cara Merawat Hamster Untuk Pemula

  1. Marmut

Gambar: pixabay.com

Marmut menjadi hewan peliharaan yang sangat cocok untuk teman bermain anak-anak. Hewan yang hampir mirip dengan kelinci ini, lebih baik dipelihara sepasang untuk menghindari stress. Pakan utama marmut juga mudah ditemukan dipasaran, karena marmut termasuk hewan Herbivora dan suka makan sayur-sayuran.

 

  1. Landak Mini

Gambar: pixabay.com

Landak pada umumnya mempunyai duri yang beracun dan mematikan. Akan tetapi, landak mini itu spesial, karena duri pada landak mini aman dan tidak beracun. Hewan yang termasuk ke dalam jenis hewan nokturnal, aktif di malam hari dan memilih bersembunyi di siang hari. Landak mini juga sangat bersahabat dengan manusia, sehingga dapat dipelihara untuk teman bermain anak-anak.

 

  1. Sugar Glider

Gambar: pixabay.com

Sugar Glider, hewan yang sangat menyukai nectar bunga, dan makanan manis (sugar), juga sering melayang di hutan dari pohon ke pohon lainnya (glide), jadilah sebuah nama Sugar Glider yang diambil dari kebiasaan hewan tersebut. Hewan ini juga sama seperti landak mini yaitu hewan nokturnal. Hewan ini juga menyukai kebersihan dan bersahabat dengan pemiliknya.

 

  1. Tupai

Gambar: pixabay.com

Tupai termasuk hewan pengerat seperti tikus, tetapi tupai berbeda dengan tikus. Hewan ini cocok dipelihara karena mudah dijinakan dan dapat bersahabat dengan pemiliknya, cocok untuk teman bermain anak-anak jika sudah jinak dan aman. Perawatannya juga harus diperhatikan agar tidak mudah terkena penyakit.

Baca Juga : Ikan Hias Air Tawar Termahal

Itulah beberapa hewan peliharaan paling populer versi uplur. Ada juga video tentang hewan peliharaan paling populer di Indonesia sebagai berikut.

Tinggalkan komentar