Ikan Hias Air Tawar

Bukanlah hal yang sulit untuk memelihara ikan hias , cukup dengan aquarium, aquascape maupun kolam dihalaman rumah sudah bisa membudidayakan ikan hias  ini. Ikan hias air tawar juga diminati semua kalangan baik dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Selain memiliki bentuk dan warna yang unik, ikan hias air tawar juga sangat bagus sebagai dekorasi rumah baik untuk aquarium atau kolam.

Berikut akan dibahas mengenai macam-macam ikan hias air tawar sebagai referensi jika nantinya pembaca ingin membeli salah satu ikan ini.

Baca Juga : Ikan Hias Air Tawar Termahal

Ikan Hias Air Tawar Paling Populer

  1. Ikan Cupang

Gambar: pixabay.com

Mungkin tidak asing lagi mendengar nama ikan cupang karena ikan ini sangat populer di semua kalangan, bahkan sampai ada Komunitas Cupang Hias Indonesia. Ikan cupang termasuk ikan yang sanggup bertahan hidup tanpa sirkulasi maupun aerator. Dengan bentuk tubuhnya yang kecil, ikan ini dapat dipelihara walaupun hanya dengan botol ataupun toples ukuran kecil. Ikan cupang juga memiliki berbagai macam jenis sehingga banyak pilihan untuk ikan cupang ini.

 

  1. Ikan Koi

Gambar: pixabay.com

Ikan yang sering dijumpai di kolam ini merupakan ikan yang memiliki warna menarik serta memiliki gerakan yang cukup lambat dan juga jinak. Ikan ini saat diberi pakan akan segera menyantapnya secara bergerombol, sehingga menjadi pandangan yang cukup menarik. Ikan koi selain jinak juga memiliki corak warna yang menarik.

 

  1. Ikan Mas Koki

Gambar: pixabay.com

Jangan samakan ikan mas koki dengan ikan koki karena bentuknya berbeda walaupun memiliki corak warna yang sama. Ikan yang masih satu keluarga dengan ikan mas ini berasal dari China dan sudah tersebar di seluruh dunia. Ikan yang memiliki tubuh gemuk yang lucu ini adalah ikan yang membutuhkan banyak oksigen, sehingga perawatannya harus menggunkaan aerator dan juga filter agar aquarium selalu bersih.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula

  1. Ikan Rainbow Fish

Gambar: ar.wikipedia.org

Ikan pelangi itu adalah sebutan lain dari ikan ini karena memiliki warna yang unik seperti pelangi. Ikan ini tersebar di perairan Papua, Sulawesi, bahkan Australia. Rainbow Fish termasuk ikan yang cukup langka sehingga membuat harga ikan ini mahal. Panjang ikan ini sekitar 7-9 Cm sehingga akan sangat bagus jika menjadi hiasan aquarium.

 

  1. Ikan Arwana

Gambar: youtube.com

Ikan yang sering dikenal sebagai ikan naga karena mempunyai sungut di sekitar bibirnya. Ikan ini dapat dijumpai di peraiaran kalimantan atau perairan papua. Akan tetapi, sudah banyak yang membudidayakan ikan ini sehingga tidak perlu ke Kalimantan maupun Papua. Ikan Arwana selain memiliki sungut dan mulut yang lebar, ikan ini memiliki sisik yang unik dan tebal sehingga harga ikan ini bisa dibilang mahal.

 

  1. Ikan Guppy

Gambar: pixabay.com

Ikan ini adalah salah satu ikan yang unik karena memiliki keindahan warna yang sangat beragam. Ikan yang sangat cocok dipelihara pada aquarium besar dan banyak airnya, karena ikan guppy sangat baik jika aquarium itu banyak air. Ikan guppy ini juga dapat dijumpai di toko ikan hias dan harganya juga tidak terlalu mahal.

 

  1. Ikan Louhan

Gambar: haurgeulis.com

Ikan louhan merupakan ikan yang unik karena memiliki ekor panjang dan benjolan di kepalanya. ikan yang berasal dari perairan Amerika ini awal mulanya di ekspor ke Malaysia untuk dibudidayakan. Ikan louhan juga sangat mudah dipelihara di aquarium dan banyak dijumpai di toko ikan hias.

Baca Juga : Panduan Budidaya Ikan Nila Untuk Pemula

Tinggalkan komentar