Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit, tetapi lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan rambut nih gaes. Lidah buaya atau yang dikenal sebagai Aloe Vera ini memang bisa membuat rambut menjadi sehat dan berkilau seperti halnya perawatan di salon. Jangan heran jika manfaat lidah buaya untuk rambut itu sangat baik sekali, murah, dan mudah didapatkan.

Selain hasil yang sangat baik bagi rambut, perawatan dengan lidah buaya juga terbilang aman dan tidak berbahaya karena kandungan lidah buaya masih alami dan terjaga. Banyak kandungan yang terdapat dalam lidah buaya seperti vitamin dan mineral yang baik bagi rambut antara lain vitamin A, C, E, kalium, kalsium, zinc, magnesium, zat besi, dan juga berperan sebagai zat antioksidan antara lain flavanoid, saponin, dan fenol.

Untuk lebih lengkapnya simaklah ulasan mengenai manfaat lidah buaya untuk rambut sebagai berikut.

Baca Juga :

 

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut Sehat

Lidah Buaya via pixabay.com

 

  1. Mencegah Rambut Rontok

Katakan tidak pada rambut rontok. Memang rambut rontok sangat mengganggu sekali pada penampilan, apalagi jika rambut rontok tersebut benar-benar parah. Jangan khawatir kini rambut rontok bisa anda atasi dengan menggunakan lidah buaya tanpa perlu perawatan yang mahal. Lidah buaya akan menutrisi rambut sampai ke akarnya sehingga rambut akan lebih kuat dan tidak mudah rontok.

 

  1. Merangsang Pertumbuhan Rambut dan Mencegah Kebotakan

Ini nih salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut yang terbilang bagus untuk pertumbuhan rambut. Ternyata rambut juga membutuhkan vitamin dan mineral agar tetap tumbuh dengan normal. Lidah buaya mampu memenuhi semua kebutuhan tersebut karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Jadi dengan menggunakan lidah buaya rambut anda akan tumbuh lebih cepat, kuat, sehat, dan tidak mudah rontok.

 

  1. Mengurangi Gatal dan Membuat Kulit Kepala Nyaman

Kulit kepala terkadang terasa sangat gatal apabila anda tidak pernah merawat kulit kepala. Hal ini biasanya disebabkan oleh dermatitis seboroik yang terjadi akibat kulit kepala meradang sehingga lapisan kulit mengelupas yang dapat menyebabkan ketombe. Semua permasalahan tersebut bisa diatasi dengan lidah buaya karena sifatnya yang anti jamur dan anti bakteri mampu mengatasi peradangan tersebut.

 

  1. Mengatasi Ketombe

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa ketombe itu muncul akibat peradangan yang terjadi pada kulit kepala. Lidah buaya dipercaya sangat efektif untuk mengatasi ketombe yang bisa menyebabkan kulit kepala gatal. Kulit kepala yang terkelupas secara perlahan akan kembali semula dengan menggunakan lidah buaya yang mampu melembapkan kulit kepala. Kulit kepala akan terasa lembap akibat efek dari minyak pelembap yang memberikan sensasi dingin pada kulit kepala.

 

  1. Mengatasi Rambut Rusak dan Bercabang

Rambut rusak merupakan hal yang sangat wajar terjadi pada sebagian orang. Biasanya rambut rontok terjadi akibat rambut kering, kasar, dan bercabang akibat terlalu lama terkena cahaya matahari, atau bisa karena terlalu sering melakukan hair styling dan perawatan yang salah. Disinilah peran lidah buaya untuk rambut karena mampu memperbaiki rambut rusak dan bercabang, serta menjaga rambut tetap lembap dan tidak kering.

  1. Mengatasi Rambut Berminyak

Rambut berminyak menjadikan seseorang sulit untuk menata rambut sesuai keinginannya, sebab minyak berlebih pada rambut akan mengakibatkan rambut cepat lepek dan susah diatur. Lidah buaya sendiri mengandung astringent alami yang mampu mengatasi minyak berlebih pada rambut. Segeralah ditindak lanjut jika rambut anda sangat berminyak karena bisa mengakibatkan masalah lain seperti jerawat.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

 

  1. Menjadikan Rambut Berkilau

Rambut yang sehat dan berkilau memang sangat diinginkan banyak orang terutama oleh wanita. Memang hitam saja tidak, pasti orang lebih menginginkan rambut yang hitam berkilau karena dinilai lebih cantik dan sehat. Untuk mendapatkan rambut berkilau, anda bisa menggunakan lidah buaya yang dicampur dengan madu dan cuka apel sebagai shampoo untuk rambut.

 

  1. Menghitamkan Rambut

Jika sering terkena panas secara perlahan rambut akan berubah warnanya menjadi kemerah-merahan. Akibat dari hal ini rambut menjadi kurang hitam dan tidak indah lagi. Untuk itu mendapatkan rambut yang hitam alami anda bisa mengoleskan lidah buaya ke seluruh rambut sebelum keramas. Jika rutin melakukan hal ini secara perlahan rambut anda akan kembali hitam dan berkilau.

 

  1. Menutrisi Alis dan Bulu Mata

Tak jarang jika alis dan bulu mata mengalami berbagai masalah seperti kerontokan yang bisa membuat alis dan bulu mata berkurang. Oleh karena itu, jangan hanya menjaga kesehatan rambut kepala saja, alis dan bulu mata juga harus dijaga kesehatannya. Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk memberikan nutrisi pada alis dan bulu mata agar lebih sehat, subur, kuat, tebal, dan tidak mudah rontok.

 

  1. Rambut Mudah Diatur

Manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya ialah bermanfaat untuk memudahkan dalam mengatur rambut. Dengan menggunakan lidah buaya rambut akan menjadi lebih halus dan lembap sehingga memudahkan dalam mengatur rambut. Anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai kondisioner alami untuk mendapatkan rambut yang sehat dan lembap.

Baca Juga : Rahasia Manfaat Air Putih Yang Jarang Diketahui

 

Cara Penggunaan Lidah Buaya Untuk Rambut

Lidah Buaya via pixabay.com

 

  1. Pre-Shampoo

Pre-shampoo sangat bermanfaat untuk mengurangi dan mencegah ketombe pada kulit kepala. Hal ini karena kandungan enzim alami pada lidah buaya yang mampu menghancurkan sel kulit mati dan jamur penyebab ketombe pada wajah. Gunakanlah gel lidah buaya secara menyeluruh pada kulit kepala sebelum keramas dan pijat perlahan untuk hasil terbaik.

 

  1. Shampoo

Shampoo yang terbuat dari bahan-bahan kimia terkadang menyebabkan rambut rusak, kering, dan kaku. Sebaiknya anda gunakan shampoo yang mengandung bahan alami seperti lidah buaya. Jika kesulitan, campurkanlah gel lidah buaya pada shampoo yang anda gunakan. Shampoo lidah buaya akan membuat rambut menjadi lebih lembap, sehat, dan kuat.

 

  1. Conditioner

Kondisioner merupakan cara alternatif selain kedua cara diatas. Untuk penerapannya simaklah sebagai berikut:

  • Pilih lidah buaya yang segar dan memiliki batang cukup besar.
  • Potong atau kupas lidah buaya sehingga hanya menyisakan gel dan daging lidah buayanya saja.
  • Haluskan daging lidah buaya tadi hingga bercampur dengan gelnya.
  • Aplikasikan hasil lidah buaya tadi secara menyeluruh ke rambut yang basah.
  • Selanjutnya pijatlah kulit kepala secara perlahan hingga merata.
  • Diamkan sekitar 15-30 menit hingga meresap. Jika perlu bungkuslah rambut menggunakan handuk basah.
  • Setelah itu bersihkan rambut hingga semua lidah buaya tadi hilang.
  • Jika ingin mendapatkan rambut yang sehat bisa melakukan ini setiap dua minggu sekali.

Baca Juga :

 

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat lidah buaya untuk rambut pada kali ini. Sebelum melakukan cara-cara diatas alangkah baiknya berdoa terlebih dahulu menurut kepercayaan masing-masing agar diberi rambut yang sehat dan kuat. Jika artikel ini bermanfaat anda boleh men-share ke sosial media asalkan mencantumkan sumbernya.

Tinggalkan komentar