Anggrek Bulan

Anggrek bulan menjadi salah satu bunga favorit, banyak orang yang merawatnya. Nama lain dari bunga ini adalah Phalaenopsis amabilis, Orchidaceae, Butterfly orchid, atau puspa pesona. Karena keindahan bunga anggrek yang sangat cantik menjadikannya sebagai bunga nasional di Indonesia. Warna bunga yang bervariasi seperti putih, pink, merah, bahkan juga ada warna ungu menjadikan anggrek bulan cocok sebagai hiasan rumah atau halaman.

Bunga anggrek bulan akan berbunga banyak jika cara merawatnya baik dan benar. Terkadang karena perawatan yang salah membuat bunga menjadi kurang sehat, layu, tidak mau berbunga, bahkan bisa saja bunga anggrek ini mati. Untuk itu, perlu diketahui bagaimana cara menanam dan merawat bunga anggrek bulan supaya berbunga lebat yang akan dibahas sebagai berikut.

Baca Juga : Tanaman Hias Gantung Paling Indah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Bulan

dunia-tumbuhan-q.blogspot.com

1. Pilihlah Bibit Anggrek Bulan yang Bagus

Bibit harus diperhatikan kualitasnya sehingga akan tumbuh subur nantinya. Bibit anggrek yang bagus adalah bibit yang sudah memiliki akar yang kuat, memiliki daun, berusia 1 tahun, dan tidak terkena penyakit. Setelah menemukan bibit yang bagus lalu ditanam pada polybag atau pot ukuran sedang. Usahakan dalam polybag atau pot tersebut telah diisi tanah yang telah diberi pupuk organik sehingga kaya akan nutrisi tanaman.

 

2. Tanam Bunga Anggrek di Tempat yang Baik

Tempat yang baik untuk menanam bunga anggrek ini adalah tempat yang rindang, teduh, dan terhalang dari sinar matahari seperti digantung dibawah atap rumah atau dibawah pohon yang teduh. Sebab anggrek bulan tidak terlalu banyak memerlukan intensitas sinar matahari sekitar 20% – 30% saja setiap hari, karena jika terlalu banyak menerima cahaya matahari akan memengaruhi pertumbuhan dari bunga anggrek ini.

 

3. Suhu Terbaik Untuk Anggrek Bulan

Pertumbuhan anggrek bulan akan semakin baik dan cepat pada suhu 19 – 25 derajat celcius pada siang hari, sedangkan pada malam hari suhu yang baik adalah 15 – 18 derajat celcius. Jadi, tempat itu sangat menentukan suhu untuk anggrek ini, baik atau tidaknya pertumbuhan bunga ini tergantung pada penempatan bunga ini untuk menghasilkan suhu terbaik.

 

4. Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat merupakan salah satu faktor yang penting supaya bunga anggrek tumbuh dengan baik dan berbunga lebat. Anggrek bulan tidak boleh ditempatkan di tempat yang terlalu tinggi dan terlalu rendah karena sirkulasi dan kelembaban dari kedua tempat itu sangat berbeda. Sirkulasi udara yang baik ialah tempat yang memiliki angin kecil, sepoi-sepoi, menyejukan, dan tidak terlalu besar.

 

5. Jagalah Kelembabannya

Terkadang orang beranggapan bahwa bunga akan tumbuh subur dengan menyiraminya secara terus menerus. Perlu anda ketahui, anggrek bulan itu berbeda karena jika bunga ini menerima air yang berlebih akan membuat bunga ini menjadi rusak dan mudah busuk. Tingkat maksimum kelembaban anggrek jenis ini adalah 70% tidak lebih dari itu supaya bakteri dan jamur tidak berkembang biak saat terlalu basah.

Baca Juga : Cara Membuat Bonsai Kelapa

6. Pemupukan dan Nutrisi

Untuk pemberian pupuk dan nutrisi sebaiknya dilakukan 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari setiap 2 minggu sekali. Pupuk yang baik mengandung nutrisi phospor (P), kalium (K), dan kalsium (Ca). Cara pemberian pupuk sebaiknya disemprotkan ke daunnya dengan menggunakan sprayer, karena daun bunga ini lebih cepat menyerap nutrisi daripada pemberian pupuk melalui akar.

 

7. Penyiraman

Bunga ini tidak terlalu suka pada air karena kelebihan air akan membuat bunga ini layu dan busuk. Untuk teknik penyiramannya menggunakan sprayer dengan air bersih secukupnya supaya tidak berlebihan sebanyak 2 kali sehari, jika sedang musim kemarau ditingkatkan menjadi 3 kali sehari saat pagi dan sore hari.

 

8. Perhatikan Anggrek Bulan dari Daunnya

Perawatan anggrek bulan yang baik bisa dilihat dari perubahan pada daunnya. Daun anggrek yang sehat adalah saat daun berwarna hijau karena mendapatkan intensitas cahaya yang cukup. Saat daun berwarna hijau tua tandanya anggrek bulan kekurangan intensitas cahaya matahari. Sedangkan saat daun berwarna kecokelatan seakan terbakar menandakan anggrek terlalu berlebihan menerima intensitas cahaya matahari.

 

9. Cek Batang Bunga Anggrek

Semakin bertambahnya hari, semakin tinggi pula batang pohon anggrek bulan tersebut. Saat bunga ini tumbuh tinggi sangat dianjurkan untuk memberikan penyangga,  bisa dari batang pohon atau bambu, sehingga bunga anggrek ini tidak mudah roboh dan batangnya tetap berdiri dengan tegak.

 

10. Jauhkanlah dari Hama dan Penyakit

Hal yang terkadang diabaikan saat merawat bunga ini adalah hama dan penyakit pada tanaman yang terkadang muncul. Untuk mengatasi hal tersebut, lakukanlah pembasmian hama dengan menyemprotkan fungisida dan insektisida setiap seminggu sekali. Sangat dianjurkan pada waktu sore hari supaya hasil maksimal.

Baca Juga : Tanaman Buah Dalam Pot Berbuah Lebat

Beberapa cara diatas dapat anda coba jika anda ingin merawat bunga anggrek bulan agar berbunga dengan lebat. Apabila anggrek ini terawat dengan baik dan mulai berbunga, akan sangat indah untuk menjadi hiasan rumah dan halaman anda supaya nampak lebih asri dan alami.

Lihat juga video tentang cara merawat anggrek jenis ini sebagai berikut.

Tinggalkan komentar