Strategi Pemasaran

Bisnis online anda kurang menghasilkan, tidak ada pengunjung, dan jarang ada orderan, mungkin karena strategi pemasaran yang kurang menarik untuk memancing pelanggan. Strategi pemasaran sangat penting bagi orang yang sedang menjalankan bisnis. Dengan strategi pemasaran yang tepat akan membantu meningkatkan penghasilan dan memperlebar jaringan bisnis anda.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis adalah usaha pemasaran, kondisi persaingan, dan strategi pemasaran. Kenapa sih strategi pemasaran itu sangat penting, padahal kan produk yang dijual itu bagus. Ya memang penting, dalam memasarkan produk itu tidak hanya barangnya saja yang bagus tetapi juga strategi pemasarannya harus bagus. Untuk itu, simaklah pembahasannya sebagai berikut.

Baca Juga Bisnis Online Menjanjikan

Strategi Pemasaran Bisnis Online

 

Social Media

pixabay.com

Menggunakan social media sebagai media untuk berbisnis online merupakan strategi yang paling menghasilkan. Dengan social media memungkinkan untuk promosi secara gratis dan murah, hanya dengan membuat konten iklan yang menarik serta internet untuk mengakses social media. Jaringan dari social media sangat luas sekali meliputi teman anda, orang lain dari seluruh dunia, bahkan orang-orang perusahaan juga ada, sehingga anda bisa menemukan pelanggan dari social media.

 

Buatlah Brand

pixabay.com

Semisal produk yang akan anda jual adalah hasil karya sendiri maka buatlah brand (merek) untuk produk anda. Mulailah untuk menentukan merek dan logo sebelum menjualnya dipasaran. Sebab, merek atau brand yang menarik dan unik dapat membantu memancing pelanggan serta meningkatkan reputasi jualan anda. Usahakan jangan gunakan nama yang sulit dan panjang, pelanggan akan susah mengingat brand anda nantinya. Buatlah nama yang unik, menarik, dan mudah diingat.

 

Buatlah Konten Iklan yang Menarik

pixabay.com

Iklan bisa dilakukan dalam berbagai macam bentuk yang baik dalam strategi pemasaran seperti iklan konten, video, dan foto. Seseorang akan mudah terpancing untuk membelinya jika informasi yang ada dalam iklan tersebut baik dan menarik, dibandingkan dengan iklan yang biasa saja dan tidak menarik. Maka, buatlah iklan yang paling baik, paling menarik, dan paling kreatif menurut anda.

 

Partnership

pixabay.com

Karena persaingan yang ketat banyak penjual yang kurang berkomunikasi dengan penjual lainnya. Perlu diketahui, bahwa persaingan yang ketat dapat dijadikan persahabatan yang sehat. Bangunlah kerja sama dengan penjual lainnya karena strategi ini akan sangat membantu. Tentunya carilah partner yang bisa dipercaya, bertanggung jawab, dan sepakat untuk bekerja sama melalui sebuah perjanjian.

 

Bangun Jaringan yang Luas dan Hubungan Baik dengan Pelanggan

pixabay.com

Hal yang paling penting dalam berjualan adalah pelanggan. Pelanggan merupakan aset harus ada dalam berjualan, tanpa pelanggan bisnis tidak akan maju. Untuk itu, bangunlah hubungan yang baik dengan pelanggan, baik pelanggan baru maupun pelanggan lama, jangan buat mereka kecewa yang nantinya dapat memicu pelanggan anda untuk pindah ke yang lain. Sering-seringlah untuk berkenalan dengan banyak orang untuk membangun jaringan yang luas.

 

Memberikan Bukti Untuk Pelanggan

pixabay.com

Terkadang untuk pelanggan yang baru memasuki dunia bisnis online sering ragu-ragu terhadap barang yang dijual. Mereka takut akan barang rusak, barang kurang bagus, dan lainnya. Maka, berikanlah feedback atau bukti testimoni dari pelanggan-pelanggan anda sebelumnya supaya mereka percaya bahwa barang yang anda jual benar-benar barang yang bagus. Ingat!, bisnis online itu harus terpercaya agar tidak menyesal nantinya.

 

Disiplin Terhadap Jadwal

pixabay.com

Buatlah rencana jadwal setiap harinya untuk mengatur jalannya bisnis. Yang paling admin rekomendasikan adalah rencana harian, mingguan, serta bulanan. Semisal jadwal harian untuk promosi, sedangkan jadwal mingguan dan bulanan bisa anda manfaatkan untuk keperluan lainnya. Usahakan disiplin pada jadwal yang telah anda buat karena itu akan sangat berpengaruh terhadap bisnis anda.

 

Perhatikan Karakteristik Konsumen

pixabay.com

Karakter konsumen sangat penting karena setiap orang mulai dari anak-anak, remaja, dan orang dewasa itu berbeda-beda. Jadi, semisal anak remaja adalah target anda maka buatlah konten iklan yang menarik dan sesuai dengan usia anak remaja. Tidak baik jika target remaja promosinya menggunakan bahasa untuk anak-anak, tentu mereka tidak akan tertarik dengan tawaran tersebut.

 

Buatlah Kerjasama dengan Influencer

pixabay.com

Yang dimaksud influencer itu adalah seseorang dengan audience atau followers yang banyak di social media seperti selebgram, vlogger, blogger, youtuber, artis, dan lainnya. Sudah banyak yang menerapkan strategi ini, karena strategi ini melibatkan influencer yang memiliki followers banyak untuk mempromosikan produk anda. Hasilnya pun sangat mantap, banyak pelanggan baru yang bermunculan yang berasal dari pengikut influencer tersebut.

 

Pantang Menyerah

pixabay.com

Strategi selanjutnya adalah pantang menyerah. Janganlah mudah menyerah dalam berbisnis karena semangat yang mudah patah akan memberikan efek yang buruk bagi anda dan juga bisnis anda. Memang yang namanya bisnis itu kadang naik, kadang turun sehingga menimbulkan rasa malas untuk berbisnis. Untuk itu, bangunlah motivasi yang kuat untuk meningkatkan bisnis anda dimasa depan nantinya.

 

Hanya itu saja yang dapat admin sampaikan kali ini terkait strategi pemasaran bisnis online. Jika dari pembaca mempunyai kritik, saran atau ide strategi bisnis lainnya yang mungkin belum admin ketahui, dapat dituliskan pada kolom komentar dibawah. Sekian, semoga sejahtera dan bisnis anda berjalan dengan baik, serta penghasilan yang melimpah.

Baca Juga Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan

Tinggalkan komentar