Cara Merawat Hamster

Sering kali banyak pemula yang mengabaikan bagaimana cara merawat hamster, mereka hanya merawat asal-asalan tanpa mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Cara merawat hamster merupakan hal yang harus diperhatikan saat memelihara hamster. Jika salah dalam perawatan hamster bisa mengakibatkan hamster stress dan akhirnya mati. Sayang jika hewan mungil ini mengalami stress dan mati.

Sebelumnya telah dibahas mengenai jenis hamster dan makanan hamster, tentunya kali ini akan membahas mengenai cara merawat hamster dengan baik dan benar agar hamster sehat dan tidak stress. Manfaat yang didapat dari artikel ini yaitu anda akan lebih paham tentang bagaimana cara merawat hamster. Untuk itu, simaklah artikelnya sebagai berikut.

Baca Juga : Jenis Hamster Paling Populer

Cara Merawat Hamster yang Baik dan Benar

  1. Sediakan Kandang yang Tepat

pixabay.com

Hamster memang berukuran kecil, tapi hamster sangat menyukai tempat berukuran besar karena hamster merupakan hewan yang sangat aktif bergerak dan bermain. Gunakanlah kandang dengan ventilasi udara yang baik supaya sirkulasi udara dalam kandang tercukupi. Kandang hamster sangat mudah ditemukan karena sudah banyak yang menjualnya.

Anda bisa menggunakan kandang hamster plastik, kandang hamster kawat, atau bisa dengan aquarium kaca. Kebanyakan orang menggunakan aquarium kaca sebagai kandang karena cukup luas untuk hamster. Jika anda menggunakan aquarium kaca maka tutuplah bagian atasnya dengan tutup yang memiliki lubang ventilasi seperti tutup dari kawat.

 

  1. Sediakan Mainan Hamster

youtube.com

Seperti yang telah anda ketahui bahwa hamster merupakan hewan yang sangat aktif bergerak dan bermain. Oleh karena itu, sediakan mainan hamster seperti roda hamster, tempat tidur hamster, rumah-rumahan, ayunan, kotak hamster, dan lainnya. Anda dapat membeli berbagai macam mainan tersebut di toko hewan. Sangat disarankan untuk ada pada kandang hamster supaya kandang tidak kosong dan hamster tidak stress.

 

  1. Letakan Kandang Pada Tempat Aman

pixabay.com

Hal yang sering diabaikan padahal sangat penting yaitu masalah penempatan kandang. Tempatkan kandang yang jauh dari hewan peliharaan lain seperti anjing dan kucing, agar hamster tidak terganggu dan tidak stress. Usahakan tempatkan pada tempat yang tenang dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

 

  1. Pastikan Hamster Aman dan Tidak Kabur

pixabay.com

Hamster memang sangat cerdas dalam melarikan diri, dengan dibantu tubuh mungilnya akan memudahkannya untuk kabur. Maka, jangan biarkan kandang memiliki celah atau lubang yang dapat dilalui oleh hamster, boleh menggunakan kandang yang memiliki celah, tetapi celah tersebut tidak lebih besar dari tubuh hamster.

 

  1. Sediakan Alas Kandang

pixabay.com

Alas kandang harus ada dalam kandang hamster, jika tidak diberi alas hamster akan kotor, bau, dan kurang sehat akibat kotorannya sendiri. Manfaat alas kandang adalah membantu untuk mengurangi bau dari kotoran hamster karena alas akan membantu menyerapnya. Serutan kayu dan pasir hamster dapat digunakan sebagai alas kandang, jangan gunakan serutan kayu cedar dan pinus karena mengandung minyak yang dapat membahayakan hamster. Saran lain, jangan gunakan alas yang dapat membahayakan kesehatan hamster.

 

  1. Perhatikan Kebersihan Kandang

hamsterhideout.com

Kebersihan kandang harus selalu dicek supaya tidak kotor dan bau, sebab hamster hewan yang menyukai kebersihan, jika kandang kotor hamster tidak akan betah yang nantinya membuat stress dan mudah terserang penyakit. Bersihkanlah kandang secara rutin dan juga mengganti alas kandang jangan sampai terlalu kotor minimal 3 hari sekali.

 

  1. Memberi Makanan dan Air Pada Hamster

pixabay.com

Kebutuhan yang wajib terpenuhi adalah memberi makan hamster secara rutin sesuai aturan, jangan membuat hamster kelaparan yang dapat mengakibatkan hamster kurus dan kurang sehat. Dalam memilih makanan hamster juga harus diperhatikan, untuk itu perlu anda ketahui apa saja makanan hamster yang baik. Untuk pemberian air minum gunakanlah botol air minum khusus untuk hamster, isilah dengan air yang bersih dan sehat

Baca Juga : Makanan Hamster Makanan Hamster Paling Dianjurkan

  1. Hindari Menempatkan Makanan Pada Alas Kandang

youtube.com

Makanan yang bercampur dengan alas akan mempercepat kandang menjadi kotor, makanan yang diberikan juga tercampur oleh kotoran hamster sendiri. Makanan yang tercampur kotoran tentu sangat tidak baik bagi kesehatan hamster. Gunakanlah wadah makanan untuk hamster supaya makanan tidak tersebar kemanan-mana dan kandang tidak akan cepat kotor.

 

  1. Bermain dengan Hamster

ayeey.com

Selain bermain dengan mainan yang telah disediakan, anda juga bisa memulai untuk bermain dengan hamster. Hamster yang aktif berinteraksi dengan pemiliknya secara perlahan akan jinak sehingga hamster tidak akan takut dan betah bermain dengan pemiliknya. Selain itu, hamster akan selalu merasa sehat dan bahagia karena salah satu kebutuhannya terpenuhi.

 

  1. Jangan Memandikan Hamster dengan Air

photobucket.com

Jika melihat hamster kotor, bau dan ingin membersihkannya jangan memandikan dengan air karena dapat membuat hamster sakit dan mati. Berbeda dengan hewan lainnya, hamster tidak perlu dimandikan dengan air, sebab hamster bisa membersihkan dirinya dengan mandi pasir. Pasir hamster sendiri dapat ditemukan di toko hewan atau super market.

 

  1. Jangan Menjemur Hamster

pixabay.com

Hamster kurang menyukai cahaya apalagi jika anda menjemur hamster karena dapat menyebabkan hamster dehidrasi dan terkena penyakit. Pada alam liar, hamster lebih menyukai tempat yang minim cahaya seperti tempat remang-remang, bawah tanah atau lainnya. Oleh karena itu, tempatkan hamster ditempat yang minim cahaya dan jangan menjemurnya.

Baca Juga : Hewan Peliharaan Yang Menggemaskan

Itulah berbagai macam cara merawat hamster yang baik dan benar agar hamster yang anda pelihara tumbuh dengan baik, sehat, dan tidak stress. Jangan lupa untuk memberikan perawatan terbaik anda dalam merawat hamster, baik perwatan untuk sekedar hobi atau untuk ternak.

Tinggalkan komentar