Cara Menghapus Akun Gmail

Terkadang suatu kendala mungkin saja terjadi yang membuat kita harus menghapus akun Gmail/Google seperti akun yang sudah tidak bisa digunakan, ingin menjual ponsel karena ingin beli yang baru, serta berbagai masalah lainnya. Cara menghapus akun Gmail sebenarnya cukup mudah, hanya memerlukan beberapa langkah saja untuk menghapusnya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai cara menghapus akun Gmail secara permanent.

Sebelum menghapus akun Gmail anda, sebaiknya ketahui terlebih dahulu akibat yang akan didapatkan jika menghapus akun Gmail anda. Jadi pertimbangkanlah terlebih dahulu karena menghapus akun Gmail akan mengakibatkan berbagai hal sebagai berikut.

  • Anda tidak akan bisa memulihkan kembali akun yang telah dihapus.
  • Data dan konten seperti email, foto, kalender, dan file yang ada pada akun tersebut akan hilang.
  • Layanan dari Google seperti Gmail, Google Drive, Google Play, dan Kalender tidak bisa digunakan lagi jika nantinya akun Gmail/Google yang anda gunakan untuk login berbagai layanan diatas dihapus.
  • Akses konten dan langganan yang dibeli dengan akun itu akan hilang semisal di YouTube atau Google Play seperti film, musik, acara TV, game, dan aplikasi.
  • Bookmark atau informasi lain yang a tersimpan di Chrome akan hilang.
  • Alamat Gmail anda tidak bisa digunakan kembali baik oleh anda sendiri maupun orang lain. Anda tidak bisa mengirim dan menerima email melalui akun tersebut.
  • Daftar kontak di Android yang disimpan dengan akun Gmail tersebut akan hilang.
  • Akun Gmail sudah tidak akan bisa digunakan kembali.

Pertimbangkan terlebih dahulu jika anda ingin menghapus akun Gmail anda karena kemungkinan yang terjadi seperti yang telah dijelaskan diatas. Tetapi tenang saja guys ada cara agar data-data penting yang ada di akun Gmail anda tidak hilang. Caranya dengan backup data-data penting terlebih dahulu dari akun Gmail.

Baca Juga :

 

Cara Backup Data-data Penting dari Gmail

Backup Data: Arsip Pribadi

Backup data itu penting sekali jika ingin menghapus akun Gmail, apalagi jika di dalam akun tersebut terdapat file dan data pribadi yang sangat berharga. Untuk cara backup datanya silahkan ikuti langkah sebagai berikut:

  • Pertama login dulu ke akun Gmail anda lalu kunjungi halaman https://myaccount.google.com/ di browser. Klik tab Data & personalization lalu pilih Download your data.
  • Di halaman Download your data pilihlah data mana yang akan anda backup. Selanjutnya Scroll ke bawah sampai anda menemukan pilihan Next, klik tombol Next tersebut.
  • Setelah itu, anda akan diminta untuk mengatur link yang digunakan untuk backup data seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan Box. Anda juga diminta untuk memilih jenis file dan ukuran arsip. Jika sudah selesai maka klik Create Archive.
  • Langkah terakhir ialah tunggu beberapa saat hingga data yang di backup siap untuk anda download pada link yang telah anda sertakan tadi, baik itu Google Drive atau lainnya.

Baca Juga : Cara Download Video di Facebook

 

Cara Menghapus Akun Gmail Permanent di PC

Hapus Akun Gmail: Arsip Pribadi

Langkah paling mudah untuk menghapus akun Gmail secara permanent ialah di PC. Sebenarnya di Android juga bisa, anda cukup menggunakan browser yang ada di Android untuk menghapus akun Gmail. Namun kali ini yang akan dibahas ialah cara menghapus akun Gmail permanent di PC. Ikuti langkah sebagai berikut untuk menghapus akun Gmail.

  • Login terlebih dahulu ke akun Gmail anda lalu masuk ke halaman https://myaccount.google.com/ di browser. Klik tab Data & personalization lalu pilih Delete a Sevice or your account.
  • Selanjutnya untuk menghapus akun secara permanent klik pada opsi Delete your account.
  • Google akan meminta anda untuk menulis password akun Google untuk memastikan bahwa itu benar-benar anda.
  • Terakhir anda akan di alihkan ke halaman konfirmasi terlebih dahulu sebelum menghapus akun tersebut. Jika telah setuju dan paham maka aktifkan tanda centang lalu tekan Delete Account.
  • Selamat! Akun anda telah berhasil di hapus secara permanent.

Baca Juga :

 

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika artikel ini membantu silahkan share ke teman maupun sahabat anda agar mereka bisa mengetahui bagaimana cara menghapus akun gmail secara permanent ini.

Tuliskan Komentarmu