Nama Malaikat

Malaikat merupakan makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT dari nur atau cahaya. Dalam penciptaannya malaikat tidak diberi hawa nafsu seperti manusia, sehingga mereka hanya patuh dan taat kepada Allah. Jumlah malaikat itu tidak ada orang yang mengetahuinya, hanya Allah lah yang mengetahui jumlahnya. Namun ada 10 nama malaikat yang harus diketahui oleh seorang muslim. Tentu sebagai orang muslim pasti wajib mengimani adanya malaikat beserta tugasnya karena terdapat pada rukun iman ke 2 (iman kepada para malaikat).

Setiap malaikat memiliki tugas yang berbeda-beda. Malaikat juga termasuk makhluk ghaib yang tidak bisa dilihat secara kasat mata, kecuali orang-orang pilihan seperti nabi dan rasul. Agar lebih mengenal lebih dalam tentang malaikat. Ketahuilah! Nama malaikat dan tugasnya agar iman kita semakin kokoh dan kuat.

Baca Juga: Khasiat Kayu Kokka (Kayu Bahtera Nabi Nuh AS)

Nama Malaikat Dan Tugasnya

Nama malaikat dan tugasnya via pixabay.com
  1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril disebut juga dengan rajanya para malaikat. Tugas malaikat Jibril ialah menyampaikan wahyu kepada para nabi dan rasul pada masanya. Contohnya ialah saat Rasulullah SAW pertama kali menerima wahyu berupa Al Qur’an lewat perantara malaikat Jibril saat berdiam diri di gua hira. Peristiwa ini sangat bersejarah sekali bagi umat islam, karena Al Qur’an merupakan pedoman umat manusia yang masih terjaga sampai sekarang.

Menurut sebagian ulama, tugas malaikat Jibril yang sekarang adalah membagikan ilmu karena ilmu juga sebagian dari wahyu. Serta meniupkan ruh pada janin yang masih dalam kandungan seorang ibu.

 

  1. Malaikat Mikail

Nama malaikat pada urutan ke dua ialah malaikat Mikail. Malaikat Mikail mendapatkan tugas dari Allah SWT untuk memberikan rizki kepada seluruh makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah. Setiap mahkluk hidup akan diatur rizkinya oleh malaikat Mikail atas seizin dari Allah SWT. Rizki itu sangat bermacam-macam bentuknya, seperti harta, tahta, bahkan rizki yang jarang disadari yaitu kesehatan.

Turunnya hujan, petir, angin, air, dan tanaman yang ada di dunia juga dikendalikan oleh malaikat Mikail. Serta perputaran siang dan malam, perputaran bulan dan bintang yang semestinya terjadi atas kuasa-Nya.

 

  1. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil merupakan malaikat yang ditugaskan oleh Allah untuk meniup terompet/sangkakala. Allah akan memerintahkan malaikat Israfil untuk meniup sangkakala saat hari kiamat tiba. Tiupan pertama akan menyebabkan kepanikan bagi seluruh makhluk hidup. Tiupan kedua akan membuat seluruh makhluk hidup yang bernyawa mati. Terompet sangkakala selalu berada didekat malaikat Israfil sehingga sebagai umat muslim wajib meningkatkan ibadahnya karena tidak ada yang tahu kapan hari akhir datang.

Setelah itu akan ada tiupan ketiga pada hari kebangkitan. Tiupan ketiga ini akan menjadi kebangkitan bagi makhluk hidup setelah kematian. Seluruh ruh yang dibangkitkan akan kembali pada jasadnya sehingga mereka hidup kembali. Setiap tiupan memiliki makna dan tujuan atas ketentuan Allah sehingga kita wajib untuk mengimaninya.

 

  1. Malaikat Izrail

Setiap makhluk hidup yang bernyawa ini pasti akan mati, dan yang bertugas untuk mencabut nyawa dari makhluk hidup adalah malaikat Izrail. Saat manusia hendak menemui ajalnya pasti akan mengalami yang namanya sakaratul maut, mereka yang memiliki amalan dan ibadah yang baik akan dicabut nyawanya secara perlahan oleh malaikat Izrail. Sedangkan mereka yang kurang amal dan ibadahnya serta banyak berbuat jahat semasa hidupnya akan dicabut nyawanya secara kasar sehingga akan merasakan sakit yang luar biasa.

Kelak pada hari kiamat malaikat Izrail akan mencabut nyawa seluruh makhluk hidup sehingga yang tersisa hanyalah malaikat Izrail. Saat itulah Allah memerintahkan malaikat Izrail untuk mencabut nyawanya sendiri hingga merasakan bagaimana dahsyatnya sakaratul maut yang terjadi pada dirinya.

  1. Malaikat Munkar

Setelah seseorang meninggal, ruh akan meninggalkan jasad dan akan pergi ke alam kubur/ alam barzakh. Saat ruh berada di alam kubur, ruh akan diberikan pertanyaan oleh malaikat Munkar dan Nakir yang bertugas menanyai apa saja yang dilakukan seorang manusia semasa hidupnya. Adapun pertanyaan yang akan diberikan oleh malaikat Munkar dan Nakir, yaitu:

  • Siapa Tuhanmu?.
  • Siapa Nabimu?.
  • Apa agamamu?.
  • Apa kitabmu?.
  • Di mana kiblatmu?.
  • Siapa saudaramu?.

Menurut berbagai pendapat, seseorang yang memiliki amalan ibadah dan iman yang kuat akan dengan mudah menjawab pertanyaan tersebut. Untuk orang yang tidak memiliki amalan ibadah dan tidak memiliki iman akan kesulitan menjawabnya. Bagi yang bisa menjawabnya akan mendapatkan keluasan dan di terangkan kuburnya sampai hari akhir, bagi yang tidak bisa menjawab akan mendapat siksa sampai hari kebangkitan tiba.

 

  1. Malaikat Nakir

Allah SWT memberikan tugas malaikat Nakir sama dengan tugas malaikat Munkar, yaitu menanyai hal yang dilakukan oleh seorang manusia semasa hidupnya. Saat ruh manusia diberikan pertanyaan oleh malaikat Munkar dan Nakir ia tidak bisa berbohong, sebab semua anggota tubuhnya akan menjadi saksi selama ia hidup didunia.

 

  1. Malaikat Raqib

Selama hidup didunia pastinya seorang manusia pernah berbuat kebaikan walaupun itu sebesar biji jagung. Nah kebaikan-kebaikan tersebut akan dicatat oleh malaikat Raqib yang tugasnya ialah mencatat amal baik. Malaikat Raqib selalu berada bersama manusia sehingga setiap detik, menit, bahkan setiap jam kebaikan apa yang dilakukan akan dicatat dengan sempurna oleh malaikat Raqib.

Sungguh atas kuasa-Nya seorang manusia selalu diawasi oleh malaikat pencatat amal baik (Raqib) dan malaikat pencatat amal buruk (Atid). Semua catatan tersebut akan dipertanggungjawabkan pada saat hari akhir.

 

  1. Malaikat Atid

Sama halnya dengan malaikat Raqib. Malaikat Atid juga ditugasnya untuk mencatat semua hal yang dilakukan oleh manusia berkaitan dengan keburukan. Ya, semua keburukan yang dilakukan oleh manusia akan dicatat oleh malaikat Atid. Jangan lupa bahwa manusia itu diawasi oleh malaikat Raqib dan Atid mulai dari bangun tidur, hingga tidur kembali. Kelak pada hari akhir semua catatan itu akan ditunjukan kepada manusia. Manusia akan mengetahui berapa banyak kebaikan dan berapa banyak keburukan yang telah dilakukan semasa hidupnya.

 

  1. Malaikat Malik

Nama malaikat yang selanjutnya ialah malaikat Malik. Malaikat ini dikenal memiliki tugas yang menyeramkan karena ditugaskan untuk menjaga pintu neraka. Neraka merupakan tempat dimana siksaan itu ada bagi orang-orang yang tidak mau beriman dan beribadah kepada Allah SWT. malaikat Malik juga sangat taat, patuh, dan tegas terhadap tugasnya sebagai penjaga pintu neraka.

Semoga kita selalu diberikan iman dan selalu beribadah kepada Allah supaya terhindar dari api neraka. Aamiin.

 

  1. Malaikat Ridwan

Nama malaikat yang terakhir ialah malaikat Ridwan. Tugas malaikat Ridwan merupakan kebalikan dari tugas malaikat Malik. Jika malaikat Malik ditugaskan menjaga pintu neraka, maka malaikat Ridwan lah yang ditugaskan untuk menjaga pintu surga. Surga merupakan tempat yang sangat indah dan penuh kenikmatan bagi orang-orang yang di izinkan untuk menjadi penghuni surga oleh Allah.

Semoga kita termasuk umat yang beruntung dan kelak diizinkan untuk menjadi penghuni surga. Aamiin.

 

Sifat-sifat Malaikat Allah

Nama malaikat dan tugasnya via pixabay.com

Allah menciptakan malaikat dengan keimanan, kepatuhan, dan ketaatan kepada Allah. Dalam menjalankan tugas-tugasnya, para malaikat mempunyai berbagai macam sifat, antara lain:

  1. Malaikat tidak pernah membantah perintah yang diberikan oleh Allah SWT dan selalu patuh terhadap apa yang diperintahkan.
  2. Malaikat tidak akan pernah membangkang kepada Allah. Mereka akan selalu bersujud, bertasbih, dan beribadah kepada Allah.
  3. Malaikat tidak diberikan hawa nafsu seperti manusia, sehingga malaikat tidak memiliki sifat sombong, marah, dan lainnya. Bertolak belakang dengan manusia yang memiliki perasaan sombong dan merasa amalan yang dilakukannya itu paling benar.
  4. Malaikat tidak pernah melakukan suatu hal yang dilarang oleh Allah.
  5. Malaikat selalu berdzikir dan memohonkan ampun bagi orang yang beriman kepada Allah.
  6. Malaikat memiliki kemampuan berubah wujud menyerupai manusia atau makhluk lainnya atas izin dan kehendak dari Allah.
  7. Saat bulan ramadhan, malaikat akan sangat bahagia sekali jika seorang muslim meraih lailatul qadar.

Walaupun malaikat tidak terlihat secara kasat mata, tetapi sebagai seorang muslim yang baik sudah seharusnya mengimani bahwa mereka itu ada. Dengan mengetahui nama malaikat dan tugasnya, serta sifat-sifatnya merupakan awal yang baik untuk menambah keimanan kita. Manfaat lainnya adalah bisa menambah ilmu dan wawasan karena ilmu itu tidak terhingga, apalagi ilmu agama.

Tuliskan Komentarmu